Thursday, August 7, 2008

Job Vacancy Indonesia

Job Vacancy Indonesia

LOWONGAN CPNS BPK 2008 [Info Beasiswa S1 S2 S3]

Posted: 07 Aug 2008 06:59 AM CDT

Mengisi Formulir Lamaran yang tersedia secara online pada website CPNS BPK-RI mulai tanggal 19 Desember 2007 sampai dengan tanggal 29 Desember 2007 untuk memperoleh bukti registrasi pendaftaran yang print out-nya harus dilampirkan bersama berkas lamaran.
Mengirimkan Berkas Lamaran yang dilampiri print out bukti registrasi pendaftaran dan diterima Panitia selambat-lambatnya tanggal 8 Januari 2008 serta ditujukan kepada :

PANITIA PENYARINGAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
BADAN PEMERIKSA KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
PO BOX 1401
JKP 10210

Silahkan Klik DISINI untuk melihat pengumuman
Klik juga INI untuk download dalam bentuk pdf
Klik juga YANG INI untuk download Formulir Daftar Riwayat Hidup
Klik YANG INI untuk Formulir Pendaftaran Online

SMAN 3 Bandar Lampung: Juara Sinema Pelajar [Info Beasiswa S1 S2 S3]

Posted: 07 Aug 2008 06:56 AM CDT

Sinema: 'Beautiful' Juara Lomba Film Pelajar BANDAR LAMPUNG (Lampost): Film "Beautiful" produksi Good n Community dari SMAN 3 Bandar Lampung memenangi Lomba Film Pelajar yang digelar Subdin Kebudayaan Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, 13--15 Desember 2007.

Dewan juri yang terdiri dari Daniel Rudi Haryanto, Hermansyah G.A., Irwan Wahyudi, Ibrahim Wardin, dan Dede Safara juga menetapkan "Senja Terakhir" dari Teater Sebelas dari SMAN 11 Bandar Lampung dan "Angin dari Barat" produksi Teater Cupido dari SMAN 1 Sumberjaya Lampung Barat sebagai juara kedua dan ketiga.
Sedangkan untuk juara harapan kesatu, kedua, dan ketiga diraih masing--masing oleh "Perjuangan Sang Generasi" dari Sanggar Prista SMA Perintis 1 Bandar Lampung, "Kejora" dari Sanggar Saraswati SMAN 1 Gadingrejo, dan "Save Mady's Soul" dari SMA YP Unila.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung Hermansyah, M.U.R.P. didampingi Ketua Pelaksana A. Murad Noer dalam sambutannya sebelum menyerahkan piala dan dana pembinaan mengatakan film pelajar ini dari segi ide, penggarapan, dan imajinya sangat membanggakan. "Ini membuktikan para pelajar Lampung memiliki kemampuan yang tak kalah baik itu dari konsepsi maupun estetik dengan para praktisi film profesional."
Hermansyah mencontohkan pada "Beautiful", film ini tidak saja menyajikan konsepsi artistik melalui sudut pengambilan gambar yang tak biasa. "Tetapi di sini juga disajikan perenungan dalam menghadapi proses kematian. Pun dengan 'Senja Terakhir' yang menyajikan satu sentuhan dramatik yang memukau," katanya.
Sedangkan untuk film "Angin dari Barat", kata dia, berhasil mengolaborasikan beragam kreasi hasil kebudayaan yang patut terus dijaga dan dilestarikan. "Film-film yang meraih prestasi dalam ajang apresiasi film pelajar tahun ini memang memiliki kekuatan masing-masing. Dengan modal inilah garapannya akan muncul sineas muda Lampung yang bakal mewarnai perkembangan dunia perfilman Indonesia."
Sementara Ketua Umum Farfi Lampung Hermansyah G.A. mengemukakan bahwa perkembangan dunia film di Lampung cukup menggembirakan. Dia berharap gelaran apresiasi film pelajar yang diselenggarakan Subdin Kebudayaan Dinas Pendidikan Provinsi Lampung akan menjadi satu agenda tahunan.
"Ini merupakan langkah strategis untuk menyalurkan bakat-bakat pelajar di bidang sinematografi. Sehingga ke depan dunia perfilman Lampung akan melesat hingga tingkat nasional," ujar Hermansyah yang juga merupakan anggota DPRD Kabupaten Tanggamus ini.
Kegiatan ini sendiri diikuti sebanyak 10 sanggar seni pelajar dari SMA se-Provinsi Lampung. Pada hari pertama penyelenggaraan, Kamis (13-12) diputar enam film peserta yakni "Senja Terakhir" karya SMAN 11 Bandar Lampung, "Kejora" dari SMAN 1 Gading Rejo, "Beautiful" dari SMAN 3 Bandar Lampung, "Anggin dari Barat" dari SMAN 1 Sumber Jaya, "Perjuangan Sang Generasi" dari SMA Perintis 1 Bandar Lampung dan "Pena Kurniasih" dari SMAN 1 Gading Rejo.
Sedangkan pada hari kedua penyelenggaraan, Jumat (14-12) akan diputar empat film yakni "Say No To Late" dari SMAN 3 Bandar Lampung, "Save Mady's Soul" dari SMA YP Unila, "Rudi Nggak Sekolah" dari SMA Al Kautsar, dan "Kabut Hitam di Atas Sekolah" dari SMA Taman Siswa Teluk Betung. Selain akan digelar pemutaran film, pada hari kedua akan dilakukan diskusi. n TYO/K-1
Sumber: Lampung Post, Senin, 17 Desember 2007

Informasi Beasiswa S1 S2 S3 [Info Beasiswa S1 S2 S3]

Posted: 07 Aug 2008 06:52 AM CDT

Informasi Beasiswa S1, S2, S3 Dalam dan Luar Negeri Terbaru

Di dalam dunia pendidikan baik di Indonesia maupun luar negeri, sebenarnya banyak banget tersedia beasiswa yang difasilitasi oleh pemerintah, para kedutaan besar, LSM, yayasan, universitas luar negeri, ataupun para perusahaan yang berkomitmen untuk berperan dalam memajukan dunia pendidikan. Untuk itu tidak ada salahnya jika kawan-kawan memanfaatkan beasiswa tersebut untuk membantu mengenyam pendidikan yang lebih tinggi lagi.

Berikut ada beberapa informasi beasiswa dari berbagai sumber yang diperuntukkan bagi para siswa, mahasiswa, dosen, praktisi dunia pendidikan dan masyarakat Indonesia :)

Beasiswa Monbukagakusho
Kementrian Pendidikan Kebudayaan Olahraga Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang, menawarkan 6 program beasiswa setiap tahunnya. Biasanya beasiswa diberikan secara penuh tanpa adanya ikatan apapun, juga termasuk tiket pesawat, bebas biaya ujian masuk, biaya kuliah, dan matrikulasi. Tunjangan kedatangan sebesar 25.000 Yen diberikan saat tiba di Jepang. Setiap penerima beasiswa diikutsertakan dalam asuransi, program subsidi biaya kesehatan AIEJ, kursus Bahasa Jepang, dan asrama.
- Info : http://www.id.emb-japan.go.jp/

Australian University Scholarships
Beasiswa ini disediakan oleh setiap Universitas di Australia. Program yang disediakan mulai dari S1, S2, hingga S3. Bidang studi atau penelitian yang didanai biasanya ditentukan oleh institusi masing-masing tersebut.
- Info : http://www.austembjak.or.id/

Beasiswa Sampoerna Foundation (SF)
Yayasan pendidikan nirlaba ini bertujuan membantu dan menyediakan beasiswa untuk tingkatan studi dari siswa hingga pascasarjana. Yayasan Sampoerna ini juga memberi dukungan penuh kepada mereka yang ingin belajar dalam bidang ekonomi, baik ke universitas dalam maupun luar negeri.
- Info : http://www.sampoernafoundation.org/
- Email : scholarship@sampoernafoundation.org

Panasonic Scholarship
Program Scholarship dari Panasonic ini mengundang para lulusan perguruan tinggi di Indonesia di bidang matematika, IPA, teknik, teknologi informasi, dan bioteknologi untuk memperoleh beasiswa. Penerima beasiswa berpeluang melakukan riset di sejumlah universitas terkemuka di Jepang. Hanya ada 5 posisi untuk tiap tahunnya. Syarat : Usia di bawah 28 tahun, TOEFL minimal 500, IPK minimal 3,00, berpotensi kepemimpinan, peduli terhadap kepentingan masyarakat, berapresiasi budaya antar bangsa, dan punya wawasan luas.
- Info : http://www.panasonic.co.id/

American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF)
Merupakan bantuan dari Yayasan AMINEF untuk pelajar Indonesia dalam mempersiapkan diri sebelum belajar di perguruan tinggi yang berakreditasi di Amerika. Ada banyak bidang ilmu yang ditawarkan. Persyaratan : S1 dengan IPK minimal 3,0 (skala 1-4), TOEFL minimal 575, berusia di bawah 35 tahun, punya pekerjaan tetap dan berpengalaman minimal 24 bulan, berpotensi kepemimpinan, peduli kepentingan masyarakat Indonesia, memahami budaya antar bangsa.
- Info : http://www.usembassyjakarta.org/aminef
- Email : ppiamdn@idola.net.id

Beasiswa Yayasan Toyota & Astra
Yayasan Toyota dan Astra (YTA), merupakan organisasi nirlaba yang ingin membantu pemerintah Indonesia dalam bidang pendidikan. Tiap tahunnya YTA memberikan beasiswa kepada mahasiswa-mahasiswa dan kalangan akademisi lain. Sejak tahun 1976, sudah 6000 lebih mahasiswa yang mendapat bantuan beasiswa tersebut.
- Info : http://www.toyota.astra.co.id/welcome/
- Email : yta@toyota.astra.co.id

The Netherlands Education Centre (NEC)
NEC menyediakan beasiswa untuk calon mahasiswa dari Indonesia yang ingin berkuliah di Belanda. Persyaratan : fotocopy ijazah S1 + transkrip nilai dan terjemahannya dalam bahasa Inggris yang telah dilegalisasi, TOEFL minimal 550, CV, motivation statement, rekomendasi dosen, hasil tes kesehatan, fotocopy akta kelahiran, fotocopy paspor, pas foto 4x6, dan persyaratan tambahan lainnya.
- Info : http://www.more.at/nec
- Email : general@nec.or.id

The British Chevening Awards
Merupakan program beasiswa yang disponsori oleh pemerintah Inggris. Seluruh proses administrasi ditangani oleh The British Council. Persyaratan : Usia di bawah 40 tahun, Lulus S1 dengan IPK minimal 2,70, dapat berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Inggris, berpengalaman kerja minimal 2 tahun, punya prospek karir yang cemerlang, berkomitmen mengembangkan karier, mampu menunjukkan motivasi, sesuai dengan latar belakang S1-nya, dan berpotensi mengembangkan hubungan kerja sama dengan Inggris di masa datang. Proses seleksi biasanya dimulai pada bulan April-Juni.
- Info : http://www.britishcouncil.org/
- Email : chevening@britishcouncil.or.id

Public Interest Research And Advocacy Center (PIRAC)
PIRAC merupakan lembaga swadaya masyarakat nirlaba dan independen. Program beasiswa diperuntukkan bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia yang dirasa berbakat di bidang penulisan (S1). Beasiswa diberikan untuk 1 semester sebesar Rp. 600 ribu, dan perpanjangan hanya dapat dilakukan jika tulisan yang bersangkutan termuat di media massa minimal 3 kali selama 6 bulan. Biasanya pendaftaran dibuka pada bulan Juni.
- Info : http://www.pirac.or.id/
- Email : pirac@ypb.or.id

Australian Development Scholarships (ADS)
Program beasiswa dari ADS ini ditujukan bagi mereka yang mengambil Program Pascasarjana S2 dan S3. Disediakan sekitar 360 beasiswa per-tahunnya untuk Indonesia. Persyaratan : IPK minimal 2,9, dan standar hasil IELTS minimal 5,0 atau TOEFL > 500. Biasanya pendaftaran dibuka setiap bulan Juli dan ditutup pada pertengahan September.
- Info : http://www.ausaid.gov.au/

Australia Asia Awards
Merupakan program pemerintah Australia melalui Departemen Pendidikannya (DEST). Jumlah beasiswa yang ditawarkan 2-3 per-tahun. Dibuka untuk program Masters (S2) dan Post Doctoral (S3). Beasiswa diutamakan bagi mereka yang berbasis penelitian, berupa biaya studi dan biaya hidup yang ditanggung penuh. Biasanya pendaftaran dibuka antara Maret-Juni setiap tahun. Syarat umum dengan IPK 2,5. Skor IELTS minimal 6,5. Dan memiliki bidang yang relevan dengan kebutuhan Indonesia.
- Info : http://aei.dest.gov.au/

International Postgraduate Research Scholarship (IPRS)
Menyediakan 300 beasiswa pemerintah Australia untuk program pascasarjana (S2 dan S3). Diprioritaskan bagi pemohon melalui jalur penelitian dengan bidang studi bebas. Biaya studi dan asuransi kesehatan ditanggung penuh. Setiap Universitas menawarkan jatah yang berbeda sesuai dengan penerimaan.
- Info : http://www.dest.gov.au/

Beasiswa Dompet Dhuafa Republika (DD Republika)
Merupakan beasiswa yang diambil dari 2,5 % gaji para wartawan Republika. Berdiri sejak September 1994, berusaha mengangkat harkat sosial kemanusiaan dengan memanfaatkan dana yang terkumpul dari para donatur. Beasiswa pendidikan diberikan kepada mereka yang benar-benar tidak mampu di bidang keuangan, namun mampu belajar dan meraih prestasi.
- Info : http://www.dompetdhuafa.or.id/
- Email : dompetdhuafa@cbn.net.id

Deutsher Akademischer Austauschdienst (DAAD)
DAAD merupakan pemberi beasiswa terbesar di Jerman. DAAD menawarkan beasiswa bagi sarjana, staf pengajar perguruan tinggi, serta pegawai lembaga penelitian. Ada 3 jenis beasiswa, yakni beasiswa tahunan, beasiswa sandwich, dan untuk studi pascasarjana. DAAD juga melayani konsultasi untuk kuliah di Jerman.
- Info : http://www.daad.org/

Beasiswa Dirjen DIKTI
Merupakan program beasiswa untuk membantu mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi, tetapi berkemampuan akademik (indeks prestasi tinggi). Bantuan diberikan kepada sekitar 45.000 mahasiswa setiap tahunnya.
- Info : http://dikti.org/beasiswa

Forum Indonesia-Nederland (FINED)
Merupakan perkumpulan swasta nirlaba yang bekerjasama dengan FNI dan mitra Belanda yang lain. Program ini berjangka waktu 3-6 bulan pada perusahaan swasta dan lembaga pemerintahan Belanda. Ruang lingkupnya meliputi sektor-sektor bisnis, sosial-budaya, kesehatan, ilmu pengetahuan, pendidikan, lingkungan hidup, dan bidang pemerintahan.
- Info : http://www.fni.nl/
- Email : fined@dnet.net.id

The Swedish International Development Co-operation Agency (Sida) and Swedish Institute
Beasiswa ini diberikan oleh The Swedish International Development Co-operation Agency (Sida) dan Swedish Institute yang memperkenalkan beberapa program pendidikan terbaru di Swedia. Dimaksudkan untuk merangsang minat bagi mereka dari negara berkembang yang ingin mendapatkan pendidikan S2 dan S3 di Swedish Universities. Biasanya pendaftaran dibuka sekitar bulan Januari.
- Info : http://www.sweden.se/

Beasiswa Supersemar
Yayasan Supersemar memberikan beasiswa kepada mahasiswa PTN dan PTS di Indonesia. Syarat : Pemohon berkelakuan baik, IPK minimal 2,5 untuk eksaktda dan 2,70 untuk ilmu sosial. Diprioritaskan bagi mahasiswa yang orang tuanya kurang mampu. Biasanya diberikan mulai bulan April-Maret.
- Info : http://www.supersemar.or.id/

Beasiswa Yayasan PT. Teijin Indonesia Fiber Corporation (TIFICO)
Merupakan beasiswa hasil kepedulian dari PT. Teijin Indonesia Fiber Corporation (Tifico). Beasiswa diberikan setiap 3 bulan sekali. Penyerahan beasiswa biasa dilakukan pada bulan September. Persyaratan : Harus dari keluarga tak mampu, berkeinginan tetap melanjutkan sekolah, memiliki prestasi yang bagus. Permohonan dilakukan melalui perguruan tinggi yang bersangkutan.
- Info : http://www.fiber-indonesia.com/members/tifico/

Beasiswa Mizan
Penerbit Mizan berkesempatan memberi beasiswa bagi mahasiswa di seluruh Indonesia. Beasiswa diberikan kepada 2 orang untuk tiap program. Pada program S1 menerima Rp. 3 juta dan Rp. 2,25 juta, S2 sebesar Rp. 4 juta dan Rp. 3 juta, sedangkan untuk S3 menerima sebesar Rp. 5 juta dan Rp. 3,75 juta.
- Info : http://www.mizan.com/index.jsp
- Email : promosi@mizan.com

Informasi-informasi beasiswa diatas suatu saat bisa berubah tergantung kebijakan para penyedia beasiswa yang bersangkutan.
Yup, semoga bermanfaat. Amien… :)

Tags : beasiswa di belanda, informasi beasiswa terbaru, beasiswa perguruan tinggi, info beasiswa di inggris, beasiswa untuk mahasiswa kurang mampu, bantuan belajar, beasiswa pemerintah amerika, beasiswa luar negri, beasiswa kuliah di jepang, college scholarships, dapat beasiswa malaysia, beasiswa swedia, duta besar australia, beasiswa di jerman, duta besar jepang, beasiswa kuliah di australia, kuliah di luar negeri, beasiswa siswa prestasi, cara mendapatkan beasiswa, pengumuman beasiswa, supersemar, alamat kedutaan besar asing di indonesia, beasiswa dikti, yayasan beasiswa.

Lowongan Tax & Accounting Staff [Job Career Vacancy]

Posted: 06 Aug 2008 11:23 PM CDT

PT J&S Utama Indonesia. We are manufacture Company Majoring Food & Beverages Equipment Machinery in Korea, looking the suitable position for:

Tax & Accounting Staff

Requirements:
* Female
* Maximum age 25 years old
(more…)

Lowongan Kerja S1 Hukum [Indonesia Job Vacancy]

Posted: 06 Aug 2008 11:18 PM CDT

We are Fast Moving Consumer Goods Company looking for young, energetic and ambitious professionals to join our Outstanding Team. We offer exciting opportunities and attractive remuneration to all professionals who pursue a challenging career. Lowongan Kerja S1 Hukum LEGAL STAFF Requirements: * Male, age max 27 years old * Min. University degree majoring in Law with min. GPA 3.00

Visit lowongankerjas.com for complete story, other content and more...

Toshiba Lowongan Kerja Agustus 2008 [Informasi Lowongan Kerja]

Posted: 06 Aug 2008 11:03 PM CDT

URGENTLY REQUIRED Toshiba Lowongan Kerja Agustus 2008 PT. Toshiba Consumer Products Indonesia requires the excellent candidates Asst. Buyer Qualifications are as below: * Educational Background:...

Visit http://lowongankerjas.blogs.ie for details or click the title link above

Lowongan Kerja Agustus 2008 Terbaru [Info Lowongan Kerja]

Posted: 06 Aug 2008 10:53 PM CDT

PT Karinda Sumber Daya; Human Resources Manager lowongan kerja agustus 2009, August 04, 2008 Expiry date : Monday, August 18, 2008 PT KARINDA SUMBER DAYA Cooperates with national and international scale oil and gas companies. We have vacant position for: Human Resources Manager Responsibilities: • Directly report to General Manager and dotted line report to the Head of [...]

Kunjungi http://kerja.blogs.ie untuk info lebih detail

Beasiswa Unggulan untuk mahasiswa teknik elektro ITB [Info Beasiswa S1 S2 S3]

Posted: 06 Aug 2008 10:31 PM CDT

Kawan-kawan milis beasiswa tercinta,

Jika ada yang punya kawan, anak, adik, saudara, dll yang ingin masuk
perguruan tinggi negeri (PTN), jangan takut dengan uang kuliah dan uang
pendaftaran.
Ada banyak beasiswa di sana, ini adalah salah satu contohnya.
Rata-rata PTN di Indonesia memiliki tekad bahwa tidak ada mahasiswa yang
drop-out (DO) karena masalah finansial.

Jika baru lulus ujian masuk perguruan tinggi negeri yang berbentuk nasional,
dan pada saat melakukan pendaftaran di kampus, biasanya calon mahasiswa akan
berurusan dengan banyak meja. Nah, ketika menghadap meja yang berurusan
dengan keuangan, mahasiswa yang merasa butuh bantuan finansial atau
beasiswa, cukup bertanya mengenai bagaimana mendapatkan bantuan finansial di
meja tersebut. Mereka akan menyuruh pindah ke meja yang lain yang berurusan
dengan bantuan finansial dan penundaan pembayaran uang pendaftaran dan uang
kuliah. Ajukan permohonan beasiswa atau bantuan finansial lainnya. Setelah
dapat surat keterangan, kembali ke meja yang berurusan dengan keuangan lalu
melanjutkan urusan birokrasi berikutnya. Lalu tunggu surat dari kampus yang
menyatakan bahwa mahasiswa tersebut memang layak mendapat bantuan finansial.

Jika sudah menjadi mahasiswa, maka di bawah ini adalah contoh bahwa dalam
PTN ada banyak beasiswa.

Condro


Dibuka pendaftaran untuk program beasiswa tahap sarjana TANPA Ikatan Dinas
untuk 10 orang mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Angkatan 2007 dengan
persyaratan:

- Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro.

- Telah Lulus Tahap Persiapan Bersama.

- Bersedia melakukan Tugas Akhir di KK Teknik Komputer, KK Sistem
Kendali & Komputer, KK Teknologi Informasi dengan topik-topik yang terkait
dengan Teknologi Media Digital Interaktif, Animasi & Film serta Game dengan
pembimbing-pembimbing yang ditunjuk.

- Bersedia mengikuti kegiatan-kegiatan yang dipersyaratkan.

Beasiswa ini adalah beasiswa yang akan terdiri atas:

- biaya pendidikan & biaya hidup (36 bulan),

- biaya tugas akhir

- biaya kegiatan-kegiatan yang dipersyaratkan

Direncanakan pula beberapa mahasiswa yang berprestasi akan dikirimkan ke
perguruan tinggi di Korea selama 6-12 bulan dalam rangka Kerja Praktek,
Tugas Akhir maupun melanjutkan ke jenjang magister.

Untuk pendaftaran dapat menghubungi, Bpk Kusmiadi di Kantor STEI - ITB
dengan mengumpulkan hal-hal berikut paling lambat tanggal 8 Agustus 2008:

- Transkrip TPB

- Karangan 1 halaman A4 tentang Industri Kreatif, Teknologi Digital
Media, Film, Animasi & Game

Beasiswa ini merupakan program kerjasama antara STEI-ITB dengan BPKLN,
Depdiknas. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Dr. Ary Setijadi
Prihatmanto / LSKK-Labtek VIII Lt 2 R.82L/ Telp. 2500960-107 /
asetijadi@lskk.ee.itb.ac.id

TEMU RIKSA BAHASA II 2008/2009 [Info Beasiswa S1 S2 S3]

Posted: 06 Aug 2008 10:28 PM CDT

TEMU RIKSA BAHASA II: PELUANG DAN TANTANGAN PENGAJARAN BAHASA INDONESIA PADA ERA KESEJAGATAN DALAM SITUASI MULTIKULTUR

TEMU RIKSA BAHASA II

Seminar dan Lokakarya Nasional

PELUANG DAN TANTANGAN PENGAJARAN BAHASA INDONESIA PADA ERA KESEJAGATAN DALAM
SITUASI MULTIKULTUR

Sekretariat Panitia:
Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia
Sekolah Pascasarjana (SPs)
Universitas Pendidikan Indonesia
Gd. Sekolah Pascasarjana (SPs) Lt.3 Ruang 303
Jln. Dr. Setiabudhi 229 Bandung 40154
Tlp. 022-70767904, Fax 022-2005090
Pos-el: panitiaseminar_bi@yahoo.co.id

DASAR PEMIKIRAN
Era kesejagatan merupakan awal persiapan semua bangsa untuk menyambut
perubahan di berbagai bidang kehidupan, baik di bidang politik, ekonomi,
sosial, budaya, IPTEKS, maupun bidang bahasa. Perubahan itu merupakan
sebuah tantangan yang sangat kompleks, terlebih bagi sebuah negera
berkembang seperti Indonesia. Era kesejagatan pun akan memberikan dampak
besar bagi perkembangan bahasa Indonesia. Oleh karena itu, sebagai pemilik
bahasa Indonesia, kita harus siap sedia dalam menyambut riksa
(mengantisipasi) pengaruh bahasa lain bagi perkembangan bahasa Indonesia
saat ini dan masa yang akan datang.

Dalam perkembangannya, bahasa Indonesia, yang merupakan bahasa resmi
nasional, mengalami beragam hambatan. Mulai dari hambatan para penuturnya
yang enggan berbahasa Indonesia dengan benar, pengaruh asing yang
menyebabkan lunturnya kebanggaan berbahasa Indonesia, hingga munculnya
berbagai program yang tanpa disadari meminggirkan posisi dan peran bahasa
Indonesia di tengah masyarakat penggunanya. Melihat kondisi demikian, bahasa
Indonesia perlu dikukuhkan sebagai bahasa yang bermartabat dan bahasa yang
mencerminkan jati diri bangsa. Salah satu solusi untuk mengembalikan bahasa
Indonesia sebagai jati diri bangsa adalah dengan melakukan riksa bahasa
Indonesia dari pengaruh luar yang menghambat perkembangannya.

Sebagai konsekuensi logis atas perkembangan zaman yang semakin cepat, bidang
pendidikan pun menuntut akreditasi agar sejajar dengan bangsa lain yang jauh
lebih maju. Dengan disahkannya Undang-Undang 14 Tahun 2005 tentang Guru dan
Dosen diharapkan mampu meningkatkan mutu pendidikan nasional, termasuk mutu
guru bahasa Indonesia. Kondisi ini membutuhkan sebuah kesiapan baik dari
segi sumber daya guru maupun format sertifikasi yang terakreditasi. Perlu
sebuah wahana yang akan memunculkan permasalahan, ide, pemikiran, serta
solusi atas tantangan tersebut. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah
dengan menyosialisasikan ide-ide, pemikiran, dan upaya-upaya sambut riksa
peluang dan tantangan agar permasalahan yang dihadapi dapat dipahami lebih
baik untuk kemudian mencari solusi terbaik. Oleh karena itu, sesuai dengan
kapasitas dan relevansi bidang keilmuan, kami merencanakan untuk
melaksanakan Temu Riksa Bahasa II dalam bentuk seminar dan lokakarya
nasional dengan tema "Peluang dan Tantangan Pengajaran Bahasa Indonesia pada
Era Kesejagatan dalam Situasi Multikultur".

TUJUAN

Kegiatan ini bertujuan:

a. menyambut riksa peluang dan tantangan serta pengaruh asing bagi
perkembangan bahasa Indonesia;

b. menyambut riksa peluang pengajaran bahasa Indonesia untuk penutur
asing;

c. menyambut riksa perubahan dan perkembangan dunia pendidikan dalam
hubungannya dengan bahasa Indonesia.

NAMA DAN TEMA
Nama kegiatan ini adalah Temu Riksa Bahasa II

Tema kegiatan adalah "Peluang dan Tantangan Pengajaran Bahasa Indonesia pada
Era Kesejagatan dalam Situasi Multikultur"

BENTUK
Bentuk kegiatan adalah seminar dan lokarya nasional dengan menghadirkan
pakar-pakar bahasa di bidang BIPA dan multikultur.

PEMBICARA
1. Jerome Samuel, Ph.D. (Ketua Jurusan Bahasa Indonesia INALCO Universite
de Douphine, Paris Perancis)
Topik: Pembelajaran Bahasa Indonesia di Luar Negeri (Perancis)

2. Dr. Dendy Sugono (Kepala Pusat Bahasa Jakarta)
Topik: Pengukuhan Jatidiri Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Pengantar
pada Dunia Pendidikan dalam Situasi Multikultur

3. Pangesti Wiedarti, Ph.D. (Dosen UNY dan Mantan Koordinator BIPA BPKLN
Depdiknas)
Topik: Strategi Pengembangan Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur
Asing

4. Prof.Dr. Yoyo Mulyana, M.Ed. (Dosen Pascasarjana UPI dan Ketua Umum
APBIPA)
Topik: Peran Asosiasi BIPA dalam Memperkuat Posisi Bahasa Indonesia
pada Masyarakat Internasional

PELAKSANA
Panitia pelaksana kegiatan adalah Program Studi Pendidikan Bahasa
Indonesia Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Bandung.

Gd. Sekolah Pascasarjana (SPs) Lt.3 Ruang 303
Jln. Dr. Setiabudhi 229 Bandung 40154
Tlp. 022-70767904, Fax 022-2005090
Pos-el: panitiaseminar_bi@yahoo.co.id

PESERTA
Peserta seminar dan lokakarya nasional adalah para guru, dosen, mahasiswa,
dan para pemerhati bahasa Indonesia.

TEMPAT DAN TANGGAL
Acara seminar dilaksanakan di Gedung JICA Universitas Pendidikan Indonesia
(UPI) Bandung pada hari Sabtu, 30 Agustus 2008.

BIAYA DAN FASILITAS
Setiap peserta dikenai biaya sebesar Rp 100.000,00. Peserta mendapatkan
fasilitas seminar kit, buku, makan siang, dan kudapan.

Seminar PPWI di Gedung Dewan Pers [Info Beasiswa S1 S2 S3]

Posted: 06 Aug 2008 10:27 PM CDT

Seminar PPWI di Gedung Dewan Pers (For Jakarta sekitarnya)

Dear Teman-teman PPWI,

Bagaimana keadaan teman-teman semua? Semoga dalam keadaan baik dan
sehat serta sukses selalu dalam tugas, kegiatan, aktivitas, dan
pekerjaan masing-masing.

Informasi terbaru untuk teman-teman bahwa PPWI Pusat bekerjasama
dengan Young Enterprises akan melaksanakan seminar PPWI yang
mengkombinasikan beberapa aspek yakni Trend Citizen Journalism,
Menumbuhkan Inspirasi/imajinasi, dan kegiatan keagamaan (Berpuasa).
Seminar tersebut rencananya akan dilaksanakan pada:

Hari/tanggal: Sabtu, 20 September 2008
Pukul: 09.00 - 17.00 (dilanjutkan acara buka puasa bersama)
Tempat: Ruang Aula Serbaguna, Gedung Dewan Pers - Jakarta Media
Centre, Jl. Kebon Sirih No. 32-34 Menteng Jakarta Pusat.
Pembicara:
1. Wilson Lalengke, M.Sc, MA (Ketua Umum PPWI)
2. Rudy Lim (Inspirator Muda No. 1 Indonesia)

Materi: Trend Citizen Reporter dan Memaksimalkan Kekuatan Pikiran
Bawah Sadar Manusia

Bagi setiap peserta akan disediakan:
1. Materi seminar kit dan sertifikat;
2. Voucher foto dari sponsor senilai 200.000,- (dua ratus ribu rupiah);
3. Tabloid Explore Indonesia edisi September 2008;
4. Citizen Reporter ID Card (Kartu PPWI) bagi yang belum memilikinya;
5. Makanan untuk berbuka.

Sekalian pada saat itu, kita adakan gathering pertama anggota PPWI,
untuk konsolidasi dan bertukar pendapat mengenai organisasi PPWI ke
depan.

Oya, untuk kelancaran kegiatan ini, setiap peserta diharapkan
kontibusi sebesar Rp. 200.000,- (dua ratus ribu rupiah) untuk anggota
PPWI yang sudah memiliki ID Card, dan Rp. 275.000,- (dua ratus tujuh
puluh lima ribu rupiah) untuk umum. Harga ini berlaku bagi teman-teman
yang mendaftar sebelum 1 September 2008. Jadi lebih cepat lebih baik,
hehehe.

Untuk keterangan lebih lengkap bisa dilihat di
http://www.explore-indo.com/Becoming-Extraordinary.jpg

Bagi teman-teman di daerah, kegiatan serupa ini juga dapat kita
persiapkan dan laksanakan di tempat masing-masing. Silahkan diinisiasi
pelaksanaannya dan PPWI Pusat siap untuk hadir ke sana bersama mitra
kerja kita The Young Spirit. Untuk koordinasi lebih lanjut, silahkan
menghubungi sekretariat PPWI Pusat atau langsung ke Ketua Umum, Wilson
Lalengke, di 081371549165, email shony_01@yahoo.com.

Demikian informasi ini disampaikan atas perhatian, respon dan
keikutsertaan teman-teman semua, diucapkan terima kasih.

Salam PPWI,
Fredy A. Tewu - Jakarta

PS. Mohon bantuannya untuk menforward informasi ini ke rekan atau
kenalan teman-teman, manatau berminat untuk mengikuti acara ini.

--
Sekretariat Pengurus Pusat PPWI
Gedung Dewan Pers Lt. 5 Jl. Kebon Sirih 32-34
Menteng, Jakarta Pusat 10110
Phone: +62-21-3441766, 5705101
Fax: +62-21-5742554
http://www.pewarta-indonesia.com

Contoh Interview IELSP [Info Beasiswa S1 S2 S3]

Posted: 06 Aug 2008 10:26 PM CDT

TANYA

Maaf sebelumnya, mungkin saya mengulang pertanyaan sebelumnya. Kemarin
saya dihubungi pihak IIEF bahwa saya lolos untuk interview IELSP pada
6 Aug 2008 di UI Salemba. Terus-terang saya nervous menghadapi
wawancara ini. Kalau bisa saya minta tolong teman2 yang pernah ikut
IELSP untuk memberikan penjelasan yang agak detail ttg proses
wawancaranya.

Kemarin pernah ditulis bahwa untuk wawancara, apa yang ditanyakan
umumnya berkisar atas apa yang ditulis, isu yang berkembang yang
ditanggapi, prestasi yang anda miliki, seputar kegiatan dan
pertanyaan lain yang berkaitan/tercantum di aplication form yang
dikumpulkan. kalau memungkinkan, saya minta contohnya.
Saya kemarin ngisi application, mengatakan bahwa saya ingin jadi great
scientist, program IELTS akan berguna utk melanjutkan ke graduate
study ke amerika, isu yang berkembang yg saya angkat adalh ttg
lemahnya sains di Indonesia.

Saya juga pernah diwawancara dlm b.ing, saya ditanya ttg latar belakng
saya, saya jelaskan dari masa kecil saya sampai kul, makan waktu 3-5
menit, kmudian saya ditanya 1 atau 2 pertanyaan lagi, trus disuruh
kluar, hasilnya saya ga lolos. waktu itu saya bertanya2 apa kekurangan
saya.

saya juga mikir klo diinterview in english itu gimana mau mikir
grammar, malah vocab aja sering lupa krn gugup, sehingga sering
tersendat2. teman2 mungkin ada yg punya tips and triknya?

Regards
Harry

JAWAB

contoh pertanyaan interview IELSP,,,,,
ini seingat saya,,,, jadi bisa aja beda,,,,:

di email anda,,,, pengen jadi ilmuan,,,, nah pertanyaan bisa gn,,,,
1. kira2 anda bisa wujudin itu?
2. kriteria apa yang anda punya untuk bisa seperti itu,,,,?
3. 5 - 10 tahun kedepan bisa anda ceritakan anda akan seperti apa,,,,?
4. hal tersedih yang pernah terjadi dalam hidup anda (ni pertanyaan kadang ada kadang gak)
5. ceritakan soal keluarga anda?
6. permasalahan sosial apa yang sedang terjadi di indonesia / daerah anda,,,,?
7. bagaimana solving masalah tersebut,,,,,?
8. apakah anda memiliki jiwa kepemimpinan dalam diri anda,,,,? beserta contoh konkritnya sehari2 ,,,,(jangan muluk2,,,, bilang aja km yang sering koordinir orang rumah bt kerja2 bersih rumah jg dah ok kok,,,,^^)?

gn,,,,, sebenarnya pertanyaan itu tergantung jawaban anda,,,,, karena si interviewer model pertanyaannya berkembang sesui dengan jawaban anda,,,,, jadi sebenarnya hati - hati dalam menjawab agar tidak timbul pertanyaan yang akan menjebak anda,,,,

yang utama anda yakin dengan jawaban anda (percaya diri),,,, karena klo dah gugup malah salah ngomong,,,, yang utama anda harus selalu BERDOA,,,,

semoga berhasil dalam interview kawan,,,, lets build Indonesia better than nowdays,,,,,^^

Tuhan Memberkati

Best Regards,,,,

Iwan Indra Kurniawan
Mahasiswa FISIP Universitas Mulawarman
Samarinda, Kalimantan Timur
IELSP Batch IV 2008

Soal TOEFL [Info Beasiswa S1 S2 S3]

Posted: 06 Aug 2008 10:25 PM CDT

TANYA

dear Rekans and Temans,

Saya lagi mempersiapkan Beasiswa untuk S2, tapi Toefl saya tidak nyampe2, alias cuma dapat 492...kira 2 bisa bisa bantu...dimana tempat yang dapat membantu saya untuk mendapatkan TOEFL yang lebih baik lagi.

Thanx atas sarannya.
Amelia

JAWAB

aya pernah mengikuti preparation TOEFL di NEC Nurul Fikri. Metode pengajarannya lebih bagus dibandingkan lembaga kursus lain yg pernah saya ikuti. TOEFL saya naik meskipun tidak terlalu signifikan. Tp beberapa teman saya ada yang naik sangat pesat, bahkan yg sebelumnya dibawah 500, setelah les di NEC naik jd di atas 550. Di sana kita diberi strategi2 dalam menjawab soal2 TOEFL. Selain itu pengajarnya pun asyik, cara penyampaiannya mudah dimengerti.
Semoga bermanfaat. Kalau boleh tau, mau melanjutkan S2 dimana?


Deny Hamdani
Industrial Engineering Department
Faculty of Engineering
University of Indonesia
Phone: 0852-185-00-232 / 021-999-11-232
E-mail: deny_tiui2004@yahoo.com

Mba Amelia,

Nasib kita sama tuh, saya dulu susah banget mau naikin nilai TOEFL ..padahal cuma 20 point lagi deh
Tes melulu, hasilnya muter-muter di situ saja. Sebenernya nilai TOEFL saya sudah mencukupi untuk apply, tapi saya pikir pasti akan dengan mudah ditendang dengan yang nilainya lebih tinggi..Frustasi juga sih, tapi akhirnya saya coba switch ke test lainnya IELTS..Alhamdulillah scorenya bagus.

Saya pikir mungkin karena kita melakukan test yang sama berulang kali, ketelitian kita dalam belajar menurun. "ah lha wong sudah belajar berulang kali kok" ..menggampangkan gitu...

Jadi saran saya, mungkin ada baiknya rehat sejenak dulu, merefresh pikiran..atau seperti saya switch ke IELTS.

Good Luck!

Alf

Biasanya di tiap tempat les inggris terkemuka seperti LIA, ILP dll ada kelas khusus TOEFL. Kamu bisa ikutan kelas ini untuk meningkatkan score TOEFL dan mendapatkan trik-trik dalam mengerjakan soal-soal TOEFL.

Leili

Hi

Kebetulan, dulu juga TOEFL saya dibawah standard 550... akhirnya
banting stir ambil IELTS....lah langsung lulus.... mungkin karena
saya tdk suka mendengarkan american accent pada saat listening
test....:)

Dulu saya ambil IELTS Preparation di IALF Rasuna Said, kursus
intensive 1,5 jam setiap hari, selama lima minggu, dan juga dijual
kaset and practice test-nya. Kalo tertarik dgn IELTS (jika tidak
apply S2 ke USA) bisa ambil di sana. http://www.ialf.edu/ielts.html

Iwan

Halo,
Kasus nilai IELTS lebih baik daripada TOEFL juga dialami oleh rekan saya. Setelah TOEFL IBT nya berskor rendah, blio ditentir habis-habisan oleh rekan lain, seminggu sebelum ujian IELTS. Alhasil, skor IELTS blio bagus dan langsung lolos masuk S2 di sebuah PT di Australia. Jadi tenteeran ato mempelajari trik untuk mengerjakan soal-soal IELTS seperti yang Sdr. Iwan dan Alf dapatkan di tempat kursus memang perlu.

Namun, kebalikan dari sdr. Iwan dan Alf, nilai TOEFL saya malah lebih baik daripada IELTS.
Saya belajar TOEFL dari buku TOEFL, terutama bagian soal latihan. Kosakata baru saya serap dengan membaca novel dan nonton film berbahasa Inggris, biar lebih menyenangkan. Kadang-kadang mendengarkan warta berita dalam bahasa Inggris yang membicarakan masalah lokal dan beritanya tidak dimuat di media Indonesia. Ini yang menantang, karena penyiarnya ngomong tanpa ekspresi dan konteksnya kadang tidak bisa kita ketahui. Hal ini lain dengan film-film yang bisa ditebak jalan ceritanya sehingga bahasa Inggris di film-film bisa dikira-kira artinya. Namun, biarpun banyak latihan menjelang test, nilai-nilai TOEFL (paper-based, tanpa writing, tanpa speaking) saya baik yang internasional, institusional maupun prediction, memang ya berkisar dari skor itu ke itu juga: 580 - 610.

Kemudian saya coba belajar IELTS dari buku IELTS, eh, nilai tes saya malah tidak memuaskan: rata-rata 7. Writing dan speakingnya jeblok, masing-masing skornya 6. Saya ditolak untuk masuk sebuah PT di Australia.
Mungkin skor rendah ini terjadi karena selama sekolah di Indo saya tidak pernah dilatih aktif ngobrol dan nulis dalam bahasa Inggris, sehingga pas diajak ngobrol interviewer bule dan nulis essay yang temanya dadakan, jadi kelabakan.

Ketika les Inggris di US, begitu selesai ujian tulis penentuan kelas saya langsung ditempatkan di level tertinggi. Walopun begitu, saya benar-benar gelagapan ngomong Inggris. Di kelas, guru saya dan teman-teman les sampe ga sabar nungguin saya ngomong. Nilai essay saya lumayan bagus lah, karena bisa dikerjakan di rumah dan bisa diedit berulangkali.

Jadi, keputusan untuk mau mengambil TOEFL atau IELTS juga tergantung pada kesiapan kita masing-masing. Kalo ga siap berbicara dalam bahasa Inggris seperti saya, mending ambil TOEFL yang prediction ato institutional ato international yang paper-based, jika sekolah yang anda lamar hanya perlu TOEFL semacam itu (btw, masih adakah paper-based international TOEFL?). Kalo siap berbicara dalam bahasa Inggris, IELTS mungkin akan banyak menolong anda.

Semoga membantu,
Sri

online chat, baca buku novel berbahasa inggris.
mungkin terkesan main main tapi bener membantu melatih english skill.

zam.

Ada banyak informasi yg berguna di milis ini�untuk melatih�English�: Free-English-Course@yahoogroups.com

salam,

Jo

Dulu kasusku sama, TOEFL cuma 490. Kalau reading sih biasanya lumayan, cuma listening comprehension dan structure yanga agak kacau nilainya. Pemecahan versiku gini, kebetulan aku suka banget ama game dan film. Nah, biasanya kan dari barat tuch. Kalau game, aku berusaha baca walkthrough(petunjuk)-nya, kalau film aku berusaha cari film yang ga ada textnya. Aku lalu berusaha keras untuk mengerti apa yang mereka katakan. Akhirnya alhamdulillah enam bulan kemudian listeningku naik drastis. Sekarang TOEFLku sudah sekitar 540. Karena listening, kita sekaligus belajar grammar, walaupun kadang mereka ngomongnya juga pake bahasa slang. Nah, tinggal naikin structure, sekarang aku masih berusaha. Kalau structure banyak belajar aja, bisa koq belajar sendiri. Eh, aku ga pernah ikut les apapun lho.
Satu tips lagi, biasakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Misal kalau nyatet apa2 pake Inggris, atau kalau ngomong (sama orang yang tau tentunya), juga pake bahasa Inggris. Itu juga melatih writing, grammar, plus speaking juga. Jadi kita ga bingung2 lagi kalau nyusun kalimat dalam bahasa Inggris.
Semoga sukses.

KONGRES GURU INDONESIA (KGI) 2008: JAKARTA, 27-28 NOVEMBER 2008 [Info Beasiswa S1 S2 S3]

Posted: 06 Aug 2008 10:21 PM CDT

"THINK GLOBAL ACT LOCAL"
KONGRES GURU INDONESIA (KGI) 2008
JAKARTA, 27-28 NOVEMBER 2008
UNDANGAN PENGIRIMAN MAKALAH

Sampoerna Foundation Teacher Institute mengundang kepala sekolah, guru,
dosen, pemerhati dan praktisi pendidikan untuk berpartisipasi dalam KGI
2008, dengan mengirimkan makalah Anda kepada kami. Penulis makalah yang
lolos seleksi akan kami undang sebagai pembicara di KGI 2008.

SUB TEMA YANG DAPAT DIPILIH
Global Perspectives within the Local Context Karakteristik pengajaran
berkualitas di dunia internasional yang dapat diterapkan dalam konteks
lokal.
Exploring Standards for Teaching and Learning Standardisasi belajar
mengajar: penilaian hasil belajar siswa dan korelasinya terhadap kurikulum;
kinerja guru dan kesetaraan standar pengajaran di dalam dan luar negeri.
Developing Tolerance and Understanding of Diversity Upaya sekolah untuk
dapat memberi pemahaman kepada siswa tentang keanekaragaman di Indonesia dan
di dunia internasional.
Using Education Technologies for Teaching and Learning Pembahasan tentang
produk teknologi sebagai alat bantu pengajaran serta keahlian yang
diperlukan oleh guru sebagai pengguna.
Problem-Based Learning Pembahasan tentang pentingnya membekali siswa dengan
keterampilan memecahkan masalah untuk dapat berperan aktif di masa depan
secara global.

Petunjuk penulisan makalah dapat Anda download di www.sf-teacher.org

Batas akhir pengiriman makalah adalah 17 Oktober 2008

INFORMASI DAN PENDAFTARAN
Sekertariat KGI 2008
Sampoerna Strategic Square Tower A, 18th Floor
Jl. Jend. Sudirman Kav. 45, Jakarta 12930
Telp. 021-577 2275 - Fax. 021-577 2276
E-mail: info.TI@sampoernafoundation.org

Cara Korespondensi dengan Profesor Pembimbing [Info Beasiswa S1 S2 S3]

Posted: 06 Aug 2008 10:21 PM CDT

iscab:

Ada tips menarik dari Kawan Dina S. Laila mengenai bagaimana cara
berkorespondensi dengan Profesor di negeri seberang kalau ingin studi Ph.D.
atau doktoral, yaitu baca paper-papernya lebih dahulu. Jadi kalau mengirim
email "I am interested in your research in bla... bla.. bla..." tidak asal
nulis akan tetapi mengacu pada paper-papernya.

Ternyata Kawan Dina S Laila juga jadi korban pertanyaan lugu. Dia memberi
info kesempatan Ph.D. di Melbourne, Australia, tapi masih ada juga yang
nanya tentang informasi di negara lain. Kadang-kadang memang orang suka
nanya kaga nyambung.

Tips-tips dari Kawan Dina S. Laila ada di bawah ini.

Condro

- sorry, jangan tanya saya tentang Ph.D., saya masih berjuang lulus master

==

Salam adik-adik dan rekan-rekan civitas,

Pertama-tama, terima kasih Pak Eniman untuk memforward email saya ke
milis civitas dan milis beasiswa.

Saya menerima cukup banyak email dari mereka yang tertarik dengan
informasi yang saya tulis di email sebelumnya. Berhubung banyak
pertanyaan yang bersifat general saya coba reply sekaligus di email ini.

1. (this is a good question)
Q: Saya lulusan S1/S2 kontrol dan berminat dengan research yang
ditawarkan oleh Michael Cantoni. Bagaimana memanfaatkan kesempatan ini?
A: Cek website Michael yang saya forward, coba baca beberapa paper ybs
yang anda rasa menarik. Kemudian kirim email pada ybs dan attach juga CV
dan transkrip anda. Silakan cantumkan juga kalau anda mengetahui beliau
dari saya. Boleh juga anda mengirim pada saya terlebih dahulu email dan
dokumen-dokumen untuk Michael kalau anda ingin saya membantu mengecek.

2. (this is a good question)
Q: Saya tertarik untuk S3 di bidang Z. Bagaimana memulai kontak dengan
professor atau calon supervisor?
A: Ikuti prosedur pada jawaban No. 1. Kalau Z = control enginering,
terutama bidang yang terkait dengan research saya (cek di
http://www3.imperial.ac.uk/people/d.laila) saya bersedia membantu
mengecek email dan dokumen-dokumen anda. Selebihnya, anda bisa mencari
dosen, teman atau kenalan di bidang Z yang mungkin bisa anda mintakan
bantuan.

3.
Q: Apakah beasiswa yang ditawarkan juga available untuk bidang lain,
selain teknik kontrol?
A: Seperti saya tulis di email saya, info beasiswa yang dimuat di
http://cms.services.unimelb.edu.au/scholarships/pgrad
atau

http://cms.services.unimelb.edu.au/scholarships/pgrad/international/available
atau

http://www.ee.unimelb.edu.au/future_students/pgrad/fees_schols.html
tidak membatasi bidang study applicants. Silakan pelajari site-site
tersebut lebih jauh untuk informasi yang lebih detail.

4. (I do not like this question, please read my email carefully before
asking)
Q: Saya bukan dosen, lalu bagaimana saya memanfaatkan informasi ini?
A: Justru informasi ini saya forward karena scholarship yang ditawarkan
tidak terbatas hanya untuk dosen atau peneliti.

5.
Q: Apakah bisa menggunakan TOEFL institutional ITB?
A: Biasanya universitas-universitas di Australia menggunakan IELTS.
Dalam kasus tertentu mereka mungkin menerima TOEFL. Untuk pastinya, coba
tanyakan ke contact person scholarship yang akan di apply.

6. (I do not like this question)
Q: Apakah ada informasi mengenai professor di CalTech, Cambridge,
Oxford, MIT, dan sebagainya?
A: Mohon fokus dan manfaatkan informasi yang tersedia, dan tidak
menanyakan apa yang di luar konteks informasi yang saya kirim.

7.
Q: Saya baru ingin melanjutkan S3 tapi saya belum siap dan tidak
mengerti sama sekali tentang research topik research yang ditawarkan.
A: Jika anda tidak mengerti sama sekali tentang topik reseach yang
ditawarkan, coba banyak mencari informasi dan membaca mengenai topik
ini. Membaca paper-paper dari calon supervisor yang menawarkan topik
research tersebut sangat direkomendasikan.
Syarat penting untuk PhD yang berhasil adalah minat dan kerja keras
(plus doa). Walaupun background anda untuk bidang yang ditawarkan minim,
tapi kalau anda berminat dan bekerja keras, kemungkinan berhasil juga
besar. Tapi, mustahil untuk mengaku berminat kalau kita tidak memiliki
pengetahuan sama sekali tentang apa yang kita claim sebagai sesuatu yang
kita minati.

8.
Q: Saya baru lulus S1, ingin melanjutkan S3 tapi saya tidak siap. Apa
yang harus saya lakukan?
A: Kalau anda baru lulus S1, dan belum siap S3, lanjutkan dulu studi
anda untuk tingkat S2.

9.
Q: Apakah ada beasiswa S2 untuk study di Australia?
A: Informasi beasiswa di site-site yang saya kirim kemarin bukan hanya
untuk S3, tapi juga untuk S2 research. Silakan pelajari lebih dalam
informasi yang tersedia disana.

10.
Q: Saya tertarik dengan informasi di email anda. Apa yang selanjutnya
saya lakukan?
A: Ada sangat banyak informasi yang tercakup di email saya yang lalu.
Yang mana yang menarik bagi anda? Mohon gali lebih jauh informasi yang
ada di email saya dan ajukan pertanyaan yang lebih spesifik.

11.
Q: Saya berminat untuk S3 di bidang Z. Dimana saya mendapat informasi
beasiswa untuk bidang ini?
A: Silakan merefer ke no 3.

Semoga poin-poin QA di atas menjawab pertanyaan-pertanyaan adik-adik dan
rekan-rekan yang datang pada saya.

btw, terus terang sebetulnya saya cukup kecewa dengan sebagian besar
pertanyaan yang saya terima. Walaupun ada pertanyaan yang baik, tapi
sebagian besar bersifat sangat general dan jawaban dari
pertanyaan-pertanyaan itu ada di email saya atau di link-link yang saya
forward di email saya yang lalu.

Saya sebetulnya sudah berusaha untuk memuat informasi selengkapnya di
email saya yang lalu, dengan mengantisipasi pertanyaan yang akan muncul.
Saya akui sebetulnya saya tidak memiliki banyak waktu untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang saya terima, tapi di lain pihak saya ingin
menyampaikan informasi-informasi tersebut pada adik-adik dan rekan-rekan
karena menurut saya sangat baik bila dapat dimanfaatkan. Saya sebetulnya
sangat berharap adik-adik dan rekan-rekan mencoba mengali informasi yang
termuat di email saya lebih jauh dengan "rajin". Saya menekankan kata
"rajin" karena sifat ini sangat diperlukan kalau kita ingin melanjutkan
studi ke jenjang S3.
Juga asumsi saya, mereka yang tidak lagi buta internet dan terutama yang
telah lulus S1 atau bahkan S2 di bidang yang berkaitan dengan EE dan IT
seharusnya memiliki kecakapan memanfaatkan informasi yang diberikan.

Sebetulnya saya berharap menerima pertanyaan-pertanyaan dari anda
seperti misalnya anda sudah menemukan bidang dan calon supervisor yang
cocok, lalu bagaimana mengontak calon supervisor tersebut; atau anda
sudah menyiapkan proposal atau scholarship applications dan anda ingin
saya membantu menilai application/proposal tersebut sebelum dikirim;
atau khususnya untuk anda yang beminat S3 di bidang yang berkaitan
dengan research saya, anda sudah menemukan bidang yang diminati dan siap
untuk S3 di bidang tersebut dan menanyakan siapa yang kira-kira baik
dikontak untuk menjadi calon supervisor. Tapi justru amat sangat jarang
sekali saya menerima pertanyaan demikian. Mungkin karena orang-orang
yang sudah mencapai tahap ini sudah tidak perlu bantuan lagi ya :)

Mohon maaf kalau saya terkesan strict. Tapi perlu anda ketahui kalau
kemampuan menggali informasi ini sangat penting dalam research. Jika
anda ingin melajutkan studi ke jenjang S3, yang isinya adalah research,
pekerjaan menggali informasi ini merupakan sebagian besar dari kegiatan
yang anda akan lakukan hampir setiap hari kalau anda S3 nanti... Kalau
anda merasa tidak suka dengan kegiatan menggali informasi ini, saran
saya anda sebaiknya berpikir dua tiga empat kali untuk melanjutkan studi
ke S3.

Jadi saya mohon dengan sangat untuk selanjutnya, silakan gali lagi
informasi yang sudah saya berikan di ujung jari anda. Manfaatkan google
dan mungkin orang-orang di sekitar anda juga untuk mencari informasi
tambahan. Setelah anda mempelajari lebih jauh informasi tentang Michael
Cantoni dan benar-benar tertarik dengan tawaran ybs, atau untuk yang
lainnya setelah at least 70% siap dengan aplikasi scholarship anda, atau
untuk yang berminat S3 di bidang yang dekat dengan research saya,
setelah anda tahu apa yang anda minati, silakan kontak saya lagi. Insya
Allah dengan senang hati saya bantu untuk tahap selanjutnya.

Salam,
-dina-

--
------------------------------------------
Dr. Dina Shona Laila
Research Associate
Control and Power Research Group
Electrical & Electronic Engineering Dept
Imperial College London
Exhibition Road, London SW7 2AZ, UK
Phone: +44(0)20 7594 6286
Fax: +44(0)20 7594 6282
Email: d.laila@imperial.ac.uk
http://www.imperial.ac.uk/people/d.laila/

Syarat kerjasama Institusi Beasiswa Luar Negeri [Info Beasiswa S1 S2 S3]

Posted: 06 Aug 2008 10:17 PM CDT

Sharing: Masalah Kerjasama Institusi Beasiswa Quota Universitas Oslo, Norway

dear temans,
Belakangan saya banyak dapat email yang nanya tentang syarat kerjasama
institusi untuk apply beasiswa Quota Universitas di Norway. Terus terang
saya kurang tahu sistem di tempat lain, tapi saya bisa sedikit share tentang
sistem yang ada di Uni Oslo tempat saya kuliah.

jadi di form request for application form (
http://www.uio.no/english/academics/admission/quota/index.html) ditulis,
pelamar mesti berasal dari institusi yang ada kerjasama dengan UiO, saya
cuma bisa sarankan buat teman-teman yang emang pengen lamar, LAMAR ajah,
nggak usah terlalu memperdulikan syarat itu.
karena.... di UiO baru ada 1 kerjasama dengan Uni di Indonesia yaitu dengan
UGM yang dibuka kalo nggak salah 1 semester yang lalu, dan itupun kerjasama
untuk program NOMA (dulu namanya NORAD). semester lalu ada 6 students dari
UGM yang kuliah 1 semester disini.
selain UGM, setahu saya tidak ada kerjasama dengan uni di Indonesia.

kemaren saya sempat ngobrol dengan International students advisornya, beliau
bilang, pada prinsipnya kami tidak menutup kemungkinan menerima pelamar dari
institusi yang tidak ada kerjasama dengan UiO tapi kami akan memprioritaskan
mereka yang dari institusi tersebut.

saya jadi ingat syarat yang sama ada waktu saya apply tahun 2005 dulu (untuk
kuliah 2006). waktu itu saya tanya ke int. student advisors, saya bukan dari
kampus dan tentu saja kantor saya nggak ada kerjasama dengan UiO, waktu itu
student advisornya bilang, coba aja lamar, kami bikin syarat itu terutama
untuk menyaring universitas asal pelamar karena di banyak negara banyak
sekali universitasnya.

bagaimana proses seleksinya? nah ini juga banyak pertanyaan..
saya coba jawab yaah, tapi belum tentu ini jawaban yang valid, karena saya
tahu ini dari pengalaman dan obrol2an ajah

jadi nanti yang akan menentukan adalah jurusannya. seperti di jurusan saya (
www.sum.uio.no), ada quota untuk 2 orang beasiswa quota. jadi prof2 disana
yang mutusin siapa yang akan mereka terima. setelah itu baru jurusan akan
kirim nama kita ke international student office, disana diproses (biasanya
sih cuma kirim ke kementrian pendidikannya dan lanekasennya).

Waktu tahun saya (2006-2008) yang keterima saya dari Indonesia dan satu lagi
dari Rusia. saya dan teman saya sama2 bukan dari kampus, kami dulu kerja
proffesional. ketika saya tanya ke prof2 saya apa kriterianya, mereka bilang
jurusan ini targetnya dari practice ke theory jadi kami prefer orang2
lapangan, dan kriteria2 lainnya... kemudian saya tanya tentang kerjasama
institusi tapi prof2 saya bilang, nggak ada kerjasama dan menurut kami nggak
terlalu penting. "lagian kan kalian kesini mo belajar, kami terima siapa aja
yang emang pengen belajar." saya sempat tanya tentang asal institusi saya,
apa nggak ada kekhawatiran, institusi tidak jelas, terus mereka bilang kalo
mereka recognize kampus asal saya :-)
bocoran: saya dan anna, kemudian ngobrol, apa sih yang kita tulis di
motivasi, dan kita baru ngeh kalo kita berdua nulis keinginan buat akademis
cuma 2-3 kalimat sisanya keinginan untuk mendapatkan pengalaman kuliah dan
bergaul dengan siswa international di lingkungan international dll...
tapi ini makes sense banget karena bidang kami adalah culture:-D

jadi singkatnya, maju terus pantang mundur lah...
yang mutusin nanti ada di jurusannya....

Yang dapat beasiswa quota di UiO tahun 2006-2008: saya (backgroundnya kerja
di yayasan dulunya, PTN), yang satu lagi nggak ambil (dari PTN,
backgroundnya engineer).
Tahun 2007-2009 (yang satu dari perusahaan mining and gas, PTN dan yang satu
lagi dari perusahaan periklanan, PTS) dan tidak ada satupun dari institusi
asal kami berempat yang dulunya ada kerjasama institusi dengan UiO.

so good luck yahh.... prinsip saya mah simple, kalo emang buat kita bakal
buat kita kok ^_^

Master Hukum Informatika Hannover Jerman [Info Beasiswa S1 S2 S3]

Posted: 06 Aug 2008 10:14 PM CDT

TANYA

Temans,

Saya diterima di University Hannover - Germany - Master Hukum Informatika program EULISP. Dari milis ini saya mendapat info kalau DAAD tidak menyediakan scholarship untuk master program. Mohon infonya apakah ada yang tahu selain DAAD, organisasi mana yang bisa membantu menyediakan beasiswa untuk program yang saya ambil. Selain itu program yang saya ambil adalah 6 bulan di Hannover dan 6 bulan di partner university dalam hal ini di Leuven - Belgia. Mohon info juga tentang cerita kehidupan di Hannover dan Leuven, barangkali ada teman yang pernah atau sedang mengambil kuliah disana. Terimakasih atas perhatian dan infonya.

Salam,
deassy

JAWAB

Deassy,
tidak benar bahwa DAAD tidak menyediakan beasiswa untuk Master
Program. DAAD menyediakan scholarships for professionals tingkat MSc
untuk bidang studi tertentu. Sayangnya studi kamu tidak termasuk.

Coba cari di website DAAD untuk kemungkinan funding dari badan2 lain.

salam
beatrix

Kuliah GRATIS [Info Beasiswa S1 S2 S3]

Posted: 06 Aug 2008 10:13 PM CDT

Kuliah Gratis ? (Sejak Tahun 2001), nggak percaya !!!
datang saja ke
STIE-TN Jl. Budhi No. 21 Dewi Sartika Cawang Jakarta Timur 13630
Tlp. 021-80883639,
email : humas@stietn.ac.id
KLIK: http://www.stietn.ac.id/

Sampaikan pesan ini demi kejayaan
Tunas-tunas Nusantara !!!!

A. Kuliah Perdana Tanggal: 15 September 2008

B. Pada Program Studi :

1. Manajemen (S-1) dengan konsentrasi:

* Manajemen Industri
* Manajemen Kewirausahaan
* Manajemen Keuangan
* Manajemen Perpajakan
* Sistem Informasi
* Manajemen Pemerintahan
* Manajemen Perbankan Syariah

2. Akuntansi (D-3) dengan konsentrasi:

* Akuntansi Komputer
* Akuntansi Perpajakan
* Akuntansi Keuangan & Auditing

C. Pendaftaran paling lambat tanggal 29 Agustus 2008, dengan
Persyaratan:
1. Lulus SLTA sederajat
2. Umur kurang dari 21 tahun
3. Nilai rata-rata raport 7,0 (2 dari 6 semester "bebas")
4. Mengisi formulir pendaftaran dengan lampiran
5. Lulus Wawancara Tgl : 1 s.d. 4 September 2008 (wawancara
untuk menguji kemauan dan komitment kuliah)

Tawaran Operasi Mata Gratis [Info Beasiswa S1 S2 S3]

Posted: 06 Aug 2008 10:12 PM CDT

RS Fakultas Kedokteran UKI Cawang bekerja sama dengan CBM(Christoffel Blinde Mission), NGO dari Jerman, mengadakan pelayanan Operasi Katarak untuk orang yang kurang mampu. Bagi yang memerlukan pelayanan tersebut, keterangan lebih lanjut dapat menghubungi: dr. Herny P., SpM dr. Elisabeth Telp. (021) 8092317 ext. 313 dan 80870762 (Poli Mata RSU FK UKI). Mohon pesan ini dapat disebarkan ke contact Anda, agar orang-orang yang kurang mampu dapat terbantu. Jika bukan Anda yang memerlukan, Anda tidak keberatan membagi informasi kan? Thanks ... cuma copy paste aja udah ngebantu orang kok.

Mahasiswa indonesia di Reims, Perancis [Info Beasiswa S1 S2 S3]

Posted: 06 Aug 2008 10:11 PM CDT

TANYA

Dear All,
Insyaallah akhir bulan ini saya berangkat ke Reims, Perancis untuk melanjutkan studi master. Karena saya sama sekali tidak mengenal siapapun di kota tersebut, ada teman2 yang punya kenalan mahasiswa indonesia yang sedang belajar di Reims Management School? atau mungkin yang tinggal di Reims? atau jika ada mohon informasi mengenai PPI di reims.
Thanks atas bantuannya.

JAWAB

Utk Dyah!
Setahu saya sih jarang mahasiswa Indonesia yang nyantri di Reims. Jadi bila dyah belajar di Reims bisa dipastikan bakal jadi ketua merangkap sekertaris, bendahara sekaligus anggota... semua diborong deh he..he..

Kalo gambaran secara umum kotanya ada di artikel yang perenah saya tulis
http://luth85.multiply.com/journal/item/4/4

Selamat melanjutkan deh studinya di France.

Salam

Luth
Yang pernah mampir di Reims

Himpunan Mahasiswa Indonesia di kota Miami, Florida [Info Beasiswa S1 S2 S3]

Posted: 06 Aug 2008 10:09 PM CDT

TANYA

Rekan2 milis,

Franklin ingin tahu adakah mahasiswa pascasarjana Indonesia di milis
ini yang masih aktif kuliah di kota Miami, Florida? Ada profesor di
Florida International University (ada di kota Miami) yang sangat
positif dengan aplikasi Franklin. Nah, Franklin mencoba cari
perhimpunan mahasiswa Indonesia di Miami... tetapi nyaris tidak ada
orang Indonesia yang berhasil saya hubungi dari kota Miami. Franklin
khawatir permias-Miami sudah tidak aktif dan bisa dibilang sudah mati
karena nyaris tak ada lagi kabarnya.

Mungkin ada mahasiswa Indonesia di Miami yang bisa beri tips dan saran
untuk bertahan hidup di Miami? Terutama awal2 bulan ketika baru
sampai di Miami ketika uang assistantship belum dibayarkan oleh kampus
FIU? Bagaimana kehidupan di Miami bagi mahasiswa Indonesia secara
keseluruhan? Adakah perhimpunan mahasiswa Indonesia selain permias di
Miami yang masih aktif sekarang?

salam,
Franklin

JAWAB

Hi Franklin,

Sepertinya Permias di Florida memang hidup segan matipun tak mau...:)
Setahu saya 3 tahun terakhir ini, mahasiswa pasca sarjana di Miami
memang hampir tidak ada (tapi mungkin saya salah). Meski demikian, ada
beberapa orang Indonesia di sana yang menikah dengan orang US. Adapula
yang bekerja di Kapal Pesiar. Saya sendiri tinggal di Gainesville,
kurang lebih 6 jam dari Miami. Saya paling malas kalau harus ke Miami,
di mana-mana macet. Biaya hidup di Miami relatif mahal. Sewa apartment
1 kamar $500-700an belum termasuk listrik. Saran saya, Franklin harus
siap-siap membawa uang extra untuk hari-hari pertama. Jangan berpikir
untuk bisa kerja sambilan dulu kalau Franklin masuk ke US dengan visa
pelajar (F1). Mahasiswa dengan visa F1 hanya boleh bekerja di kampus
20 jam perminggu saja. Artinya, jangan berpikir untuk bekerja di luar
kampus e.g waiter dll. Kalau ketahuan, resikonya out-of-status.. dan
bisa disuruh kembali ke pangkuan ibu pertiwi. Kalau ada informasi yang
sekiranya bisa saya bantu silahkan japri saya.

Have a magical day,

Pulung
Phd student in tourism studies
University of Florida
Gainesville, FL

Lowongan Kerja PhD Inggris: PhD Studentship [Beasiswa Indonesia Scholarship]

Posted: 06 Aug 2008 10:01 PM CDT

Lowongan Kerja PhD Inggris: PhD Studentship in Applications of MRI to Skin, University of Surrey UK. A PhD studentship is available within the Soft Condensed Matter physics group, Department of Physics. The studenthip is to work on the development of MRI for applications to human skin. The project will be supervised by Prof Peter McDonald. Applicants should have a 1st [...]

For details and more daily-updated scholarship visit: http://beasiswa.blogsome.com

Beasiswa Doktor Inggris: PhD Studentship in Microwave Technology [Informasi Beasiswa Indonesia]

Posted: 06 Aug 2008 10:00 PM CDT

Beasiswa Doktor Inggris: PhD Studentship in Microwave Technology, University of Surrey UK. 3 years Phd studentship commencing in October within The Advanced Technology Institute (ATI). The student will receive a maintenance stipend of £12,600 per year. The student will join the Microwave Research Group in the ATI and will contribute to the UK Silicon Photonics project. Student will be involved in [...]

Baca info beasiswa selengkapnya di http://beasiswa.blogs.ie atau klik link judul di atas.

1 comment:

fundoo said...

Thanks for the information, we will add this story to our blog, as we have a audience in this sector that loves reading like this” cms services