Saturday, August 9, 2008

Job Vacancy Indonesia

Job Vacancy Indonesia

Beasiswa untuk freelancer/pekerja rumahan? [Info Beasiswa S1 S2 S3]

Posted: 05 Aug 2008 10:41 PM CDT

dear milis,

salam kenal....udah lama gabung di milis ini, tapi br skrg unjuk suara nh.

saya mau tanya, apakah seorang freelancer...pekerja rumahan kyk saya bs mendapatkan beasiswa? saya lihat di beberapa form beasiswa, pasti ada pertanyaan nama institusi tmpt bekerja, jabatan, job desc, dsb.

nah, apakah beasiswa tdk dimungkinkan untuk org2 yg mandiri, bekerja sendiri spt saya? hiksss....

salam,
melly

JAWAB

Halo, selamat aktif di milis!


>
> saya mau tanya, apakah seorang freelancer...pekerja rumahan kyk saya
bs mendapatkan beasiswa? saya lihat di beberapa form beasiswa, pasti
ada pertanyaan nama institusi tmpt bekerja, jabatan, job desc, dsb.

Bisa saja. Apa lagi jika perkerjaan anda sebagai freelancer bermanfaat
bagi masyarakat banyak. Ini sedikit berbagi testimoni: teman saya cuma
ibu rumah tangga, tapi dia sering memberi les matematika, komputer,
dan bahasa inggris ke anak2 sekitar. Dapat juga dia beasiswa ke
Amerika. Padahal dia cuma lulusan SMA dan sekedar "ibu rumah tangga"
loh! Makanya Franklin sering berpikir: kalau ibu rumah tangga saja
bisa ke Amerika, Franklin yang sudah jadi guru dan sarjana ini
mestinya juga bisa.

>
> nah, apakah beasiswa tdk dimungkinkan untuk org2 yg mandiri, bekerja
sendiri spt saya? hiksss....
>

Ada pepatah yang bilang: either you think you can, or you think you
can't... you are probably right. Saran Franklin, perkaya pengalaman
kerja dan aktifitas anda yang bermanfaat bagi masyarakat banyak.
Franklin tidak bilang anda mesti bergabung dengan organisasi seperti
LSM, tapi seperti teman Franklin yang sering memberi les saja sudah
sangat memberi nilai jual yang tinggi dalam aplikasi beasiswa anda.

Mulailah hidup hemat, menabung dari sekarang. Mau tidak mau, anda
pasti mengeluarkan uang dalam usaha mendapat beasiswa. Jika anda tidak
percaya, bolehlah rekan2 milis disini bertestimoni berapa banyak
waktu, keringat, biaya, tenaga ("berdarah-darah" menurut istilah
beberapa rekan kami disini) sebagai "investasi" kami untuk mendapat
beasiswa. Kami semua yakin mereka yang menabur benih dengan bercucuran
air mata, kelak akan menuai hasilnya dengan bersorak sorai!

Jangan terpaku pada aplikasi beasiswa "big-scaled" macam Fulbright,
Monbusho, ADS, Erasmus Mundus, dll. Jika anda punya koneksi internet
yang kencang, coba cek langsung ke kampus2 di luar (kalo teman
Franklin itu sering korespondensi dengan dosen di Amerika, baik untuk
tanya2 materi pengajaran maupun peluang beasiswa). Seringkali justru
dosen luar itu yang terkesan dengan kegigihan dan daya juang anda, dan
akan membantu anda untuk kuliah di kampusnya (ini juga jangan terpaku
ke kampus2 top macam MIT, Harvard, Cambridge, Oxford, Toudai, Monash,
dll. Kampus2 kelas menengah banyak juga yang memberi beasiswa yang
cukup jika anda mau hidup layaknya "mahasiswa sejati" yang jelas tidak
selevel gaya hidup "pejabat kaya").

Teman Franklin berjuang sekitar 2-3 tahun-an, dan akhirnya berangkat
ke Amerika. Dia bercita2 jadi guru matematika setelah lulus. Franklin
percaya, saya dan anda juga bisa jika mau berusaha. Mengapa tidak?

> salam,
> melly

salam juga,
Franklin

Mencari peneliti linguistik bahasa indonesia [Info Beasiswa S1 S2 S3]

Posted: 05 Aug 2008 10:39 PM CDT

mencari peneliti linguistik perkembangan "bahasa indonesia" untuk anak sekolah dasar

dear beasiswa milister,

saya ingin bertanya,diantara sekian ribu pengikuti milis, apakah ada yang menggeluti "linguistik" untuk anak sekolah dasar? atau psikolinguistik untuk anak sekolah dasar?

bila ada bolehkan saya meminta contact person ibu/bapak/mas/mbak untuk berdiskusi, sebelumnya terima kasih banyak.

saat ini saya sedang praktek kerja profesi/bekerja dibeberapa sekolah (tk, sd, smp, sma, slb) untuk memenuhi persyaratan menjadi psikolog. kebetulan di sekolah dasar, saya menangani anak yang mengalami gangguan menulis dan membaca.
karena bidang saya psikologi, saya sangat membutuhkan bantuan dari rekan yang menggeluti bidang bahasa indonesia. banyak sekali hal-hal yang berkaitan dengan "pembentukan" bahasa indonesia pada anak, yang belum saya ketahui.

kebetulan, saat ini saya sedang kuliah di magister profesi psikologi pendidikan. minat saya psikolinguistik untuk anak sekolah dasar. rencana thesis saya akan mengangkat mengenai gangguan menulis (dysgrafia) pada anak sekolah dasar.

karena bidang yang hendak saya geluti perkawinan antara ilmu psikologi dan ilmu linguistik (bahasa indonesia), serta neurolog anak. oleh karena itu saya sangat membutuhkan bantuan rekan-rekan yang bergeluti di bidang linguistik. atau mungkin malah saya bisa bertemu rekan-rekan yang menggeluti bidang yang nyerempet dengan bidang yang hendak saya geluti.

sebenarnya, begitu banyak hal yang sebenarnya menjadi pertanyaan saya. seperti:

1. perkembangan bahasa anak indonesia itu bagaimana? karena selama ini teori yang ada selalu membahas perkembangan bahasa di dunia barat. sementara dari karakteristik bahasanya sendiri sudah berbeda. ya, ini hanya asumsi saya saja, bahwa ada perbedaan perkembangan bahasa antara anak di indonesia dan di dunia barat. atau mungkin asumsi saya ini sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian linguistik di indonesia, hanya saya saja yang belum tahu. ya, oleh karena itu saya mohon bantuan informasi melalui milis ini. siapa tahu ada rekan yang bisa membantu saya tentang.

2. selama ini apakah pemerintah terutama depdiknas sudah berperan atau memiliki program untuk anak-anak yang mengalami gangguan menulis dan membaca? karena seperti yang kita tahu bahwa pendidikan di indonesia masih paper and pencil test, semua diukur di atas hitam dan putih. tentu saja bagi anak-anak yang mengalami language difficulties akan mengalami frutasi dan berpotensi menjadi siswa yang "tidak berprestasi." padahal mereka memiliki potensi yang lain.

3. sebenarnya penyusunan buku-buku bahasa indonesia untuk kelas 1 dan 2 SD berdasarkan dari penelitian perkembangan linguistik bahasa indonesia anak atau tidak? karena, saya melihat ada kecenderungan "bahasa" yang digunakan kok agak tinggi. alias agak sulit untuk anak-anak usia kelas 1 dan 2 SD.

4. apakah kurikulum untuk pengajaran bahasa indonesia selama ini mempertimbangkan perkembangan linguistik bahasa indonesia anak?

semoga, melalui tulisan ini, saya dapat bertemu dengan peneliti linguistik perkembangan "bahasa indonesia" untuk anak sekolah dasar. atau rekan-rekan yang berminat dalam bidang tersebut. serta rekan-rekan yang memiliki keresahan yang seperti saya rasakan...

ya, mungkin sekedar curhat saja...setiap saya turun ke lapangan dan menemukan anak-anak yang berkesulitan membaca dan menulis...dalam hati kecil saya begitu resah...hingga saya ingin tahu lebih banyak, tentang bagaimana sistem pengajaran "bahasa indonesia" untuk anak sebenarnya (terutama tentang bagaimana asal muasalnya)....

harapan saya, sederhana saja...penelitian psikolinguistik yang hendak-sedang saya lakukan bisa sedikit membawa angin segar untuk perkembangan literasi "bahasa indonesia" anak-anak. hingga, ketika guru kelas 1& 2 sekolah dasar menemui anak-anak mereka berkesulitan dalam membaca dan menulis, mereka tahu apa yang harus dilakukan dan bagaimana penanganannya.


sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

salam hangat,
lusia

Beasiswa S2 IT Telkom [Info Beasiswa S1 S2 S3]

Posted: 05 Aug 2008 10:37 PM CDT

Beasiswa S2 IT Telkom

IT TELKOM program pascasarjana teknik elektro-telekomunikasi menyediakan beasiswa angkatan 08/09 untuk 15 orang.

Peminatan :

1. Wireless communication,

2. telecommunication management.

Persyaratan :

1. Lulusan S1 jurusan teknik elektro, teknik informatika, fisika teknik, fisika, matematika,

2. Lulus seleksi penerimaan, TPA (Test Potensial Akademik), TPK (Keahlian), dan wawancara.

Pendaftaran : 1 Maret-15 Agustus 08,

Pelaksanaan tes : 16 Agustus 08,

Penguman tes : 19 Agustus 2008.

Lengkapnya buka website : www.ittelkom.ac.id/graduate

No comments: