Sunday, July 13, 2008

Job Vacancy Indonesia

Job Vacancy Indonesia

Depag Berikan Beasiswa S2 kepada 2000 Guru Madrasah [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 12 Jul 2008 11:47 PM CDT

Untuk meningkatkan mutu lembaga pendidikan keagamaan, Departemen Agama memberikan beasiswa Sarjana Strata 2 (S2) kepada 2. 000 orang guru Madrasah baik negeri maupun swasta yang mengajar bidang studi Matematika, Kimia, Biologi, Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris. Bea siswa S2 yang diselenggarakan Departemen Agama pada tahun 2007 ini, bekerjasama dengan 14 PTN di Indonesia, di antaranya 7 Perguruan Tinggi Umum dan 7 Perguruan Tinggi Agama.

"Saat ini guru di Madrasah Tsanawiyah maupun Madrasah Aliyah kualifikasinya masih di bawah standar, karena upaya peningkatan kualitas para guru ini terus dilakukan, "ujar Sekjen Departemen Agama Bachrul Hayat saat launching dan penandatangan kerjasama Program Beasiswa S2 dengan PTN, di Auditorium Departemen Agama, Jakarta, Selasa(21/8).

Menurutnya, meski anggaran yang disiapkan untuk meningkatkan kualitas para guru agama ini tidak sedikit, namun program back to campus ini dirasakan lebih efektif ketimbang program pelatihan yang berkali-kali dilakukan.

Lebih lanjut Bachrul menegaskan, pengembangan guru bidang studi pada madrasah ini akan dipersiapkan untuk membina para guru lainnya pada saat membuat gagasan sistem pengajaran di dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).

"Kita sadar untuk pengembangan guru pada bidang studi Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, sangat penting untuk mempunyai master teacher untuk membina guru-guru lainnya, "jelasnya yang juga bertindak sebagai PJ Dirjen Pendidikan Agama Islam.

Seementara itu, Direktur Pendidikan Madrasah Deparetemen Agama Firdaus Basuni mengatakan, setiap guru bidang studi madrasah tsanawiyah dan aliyah yang akan mengikuti program berasiswa S2 ini harus lulus dalam seleksi yang diadakan oleh masing-masing PTN.

"Seleksi kita serahkan kepada perguruan yang bersangkutan, siapapun guru madrasah bisa ikut test, mereka cukup berada didaerahnya, lewat kanwil Depag, "imbuhnya

Ia menambahkan, anggaran yang dikeluarkan untuk program beasiswa S2 untuk guru madrasah ini sebesar 32-34 juta rupiah.

Perguruan Tinggi Negeri yang menjadi mitra program beasiswa S2 ini antara lain, UIN Jakarta, UIN Yogyakarta, UIN Malang, UIN Bandung, IAIN Semarang, UIN Makasar, IAIN Surabaya, UI Jakarta, UGM Yogyakarta, ITB Bandung, IPB, ITS Surabaya, UPI Bandung, UNM Malang. (novel)

Beasiswa S2 S3 Arab Saudi [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 12 Jul 2008 11:46 PM CDT

Beasiswa S2 dan S3 King Saud University

Berita gembira bagi para sarjana Indonesia yang ingin melanjutkan studi pasca sarjana di luar negeri. Saat ini Universitas King Saud di Saudi Arabia menawarkan beasiswa program pasca sarjana di bidang sains dan teknologi. Berita ini disampaikan Duta Besar RI untuk Kerajaan Arab Saudi Dr. Salim Segaf Al-Jufrie, MA bersama Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Drs. Juhdi Syarif, M. Hum, pada hari Minggu, tanggal 29 April 2007 setelah melakukan pertemuan dengan Rektor King Saud University (KSU), di Riyadh. Pada pertemuan tersebut, Rektor KSU, Dr. Abdullah bin Abdurrahman bin Abdullah Al-Uthman menginformasikan bahwa KSU, yang merupakan universitas tertua di Arab Saudi, mulai tahun ajaran 2007 membuka peluang kerjasama dengan Indonesia dalam bidang Sains dan Teknologi pada program pendidikan pascasarjana.

Ditegaskan lebih lanjut bahwa dari sekitar 300 beasiswa yang tersedia setiap tahun di KSU, 10 %-nya akan diberikan untuk mahasiswa Indonesia. Beasiswa tersebut disediakan untuk 20 orang mahasiswa program S2 dan 10 orang mahasiswa program S3. Kuliah disampaikan dengan pengantar bahasa Inggris. Selain itu, mahasiswa juga diminta untuk menjadi asisten peneliti. Kerjasama lain yang ditawarkan UKS adalah program pertukaran dosen.

Bidang-bidang studi yang ditawarkan meliputi Food Sciences & Agriculture, Pharmacy, Physics, Botany dan Microbiology, Zoology, Mathematics, Chemistry, Statistics dan Operational Research. Selain itu, juga ditawarkan program Computer and Information Sciences, Nursing, Society health science, serta juga jurusan teknik seperti Electrical, Civil, Chemical, Mechanical dan Petroleum engineering.

Fasilitas yang diperoleh adalah asrama, uang beasiswa 2,500 Saudi Riyal (sekitar US $ 666) per bulan.

Beberapa persyaratan untuk mendapatkan beasiswa tersebut adalah:

TOEFL dengan skore minimal 550
Ijazah terakhir, transkrip nilai, laporan kesehatan, surat kelakuan baik (semua diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan disahkan oleh penerjemah tersumpah).
Berkas-berkas tersebut dikirimkan ke

KBRI Riyadh: Indonesian Embassy, c/o Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Riyadh, Po Box 94343 Riyadh 11693, Kingdom of Saudi Arabia, Tel. +966 1 4880028/ 4882131 Fax +966 1 4883866

selambat-lambatnya diterima KBRI pada 30 Juni 2007. Informasi lebih lanjut mengenai KSU, dapat diakses di website KSU: http://www.ksu.edu.sa
Baca juga info terkait: KSU Scholarships

Beasiswa S2 Statistika Departemen Agama (Depag) [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 12 Jul 2008 11:44 PM CDT

Mohon diinformasikan bagi yang berminat dan memenuhi persyaratan:
Program Bantuan Beasiswa S2 Statistika (Dep Agama RI)
Departemen Statistika IPB bekerja sama dengan Departemen Agama RI menerima calon mahasiswa Program S2 Statistika dari Dosen PTAI se-Indonesia.

Persyaratan umum :
1. Tenaga Pendidik (Dosen) pada PTAI
2. Mendapat rekomendasi dari pimpinan Perguruan Tinggi tempat pemohon bertugas
3. Permohonan yang diajukan harus disertai lampiran:
a) Daftar Riwayat Hidup
b) Fotokopi SK pertama dan SK terakhir penempatan sebagai dosen;
c) Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku;
d) Fotokopi ijazah dan transkrip dari pendidikan sebelumnya yang telah dilegalisir;
e) Surat Pernyataan tidak sedang menerima bantuan beasiswa dari Departemen Agama atau lembaga lain;
f) Data pendukung lainya;
4. Mengisi formulir pendaftaran sesuai dengan form yang telah ditentukan (FORM BS-2)
5. Memiliki jabatan fungsional minimal sebagai Asisten Ahli
6. Latar belakang pendidikan S1 sesuai (linear) dengan pendidikan S2 yang akan diambil
7. Usia maksimal adalah 45 tahun
8. Mengajukan aplikasi kepada Dekan Sekolah Pascasarjana IPB

Informasi lebih lanjut bisa di lihat pada situs Direktorat Pendidikan
Islam Depag
http://www.ditpertais.net
atau
http://www.ditpertais.net/06/read.asp?newsID=130

Download
1. Panduan :
http://www.ditpertais.net/06/download/bantuan08/panduan.pdf
2. Form Bantuan Studi S2 (BS-2) :
http://www.ditpertais.net/06/download/bantuan08/BS2.xls

Beasiswa S2/S3 Luar Negeri APBN [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 12 Jul 2008 11:42 PM CDT

Nama: Beasiswa S2/S3 Luar Negeri dengan APBN -
Dari: Direktorat Ketenagaan DITJEN DIKTI
Dikirim pada: 08 February 2008
Batas pendaftaran: 31 March 2008
Deskripsi: Untuk memberikan kesempatan studi lanjut, Pemerintah menyediakan beasiswa Luar Negeri untuk jenjang S2 dan S3. Diskripsi Beasiswa serta Persyaratan Calon



Beasiswa S2/S3 Luar Negeri dengan APBN
LATAR BELAKANG
UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dan Permen Nomor 42 Tahun 2007 tentang Sertifikasi Dosen, mewajibkan dosen harus memiliki strata pendidikan minimal satu tingkat lebih tinggi dari para mahasiswa yang diajarnya. Hal ini disebabkan karena Dosen merupakan SDM perguruan tinggi yang memiliki peran yang sangat sentral dan strategis dalam seluruh aktivitas di perguruan tinggi. Tinggi-rendahnya kualitas dosen akan sangat menentukan tinggi-rendahnya kualitas suatu perguruan tinggi.
Untuk memberikan kesempatan studi lanjut, Pemerintah menyediakan dana BPPS bagi dosen untuk melanjutkan studinya di program Pascasarjana Dalam Negeri. Namun, untuk lebih meningkatkan kualitas dosen berskala internasional, mulai tahun 2008, Direktorat Ketenagaan Ditjen Dikti sebagai unit yang mempunyai tugas dalam pembinaan, pelatihan dan pengembangan tenaga akademik, menyediakan beasiswa untuk studi lanjut S-2 dan S-3 di luar negeri.
DESKRIPSI Program beasiswa S2/S3 Luar Negeri yang disediakan oleh Ditjen Dikti ini :
1. Merupakan beasiswa yang berasal dari APBN.
2. Bersifat terbuka untuk semua dosen tetap Perguruan Tinggi, baik PTN maupun PTS di Indonesia.
3. Lama pemberian beasiswa adalah maksimum 3 tahun untuk program S-3 dan 2 tahun untuk program S-2.
4. Komponen biaya yang dapat diberikan meliputi:
- uang kuliah (tuition fee);
- biaya hidup untuk penerima beasiswa (tidak termasuk keluarganya);
- tiket pesawat pergi-pulang dari dan ke bandara internasional terakhir;
- asuransi kesehatan;
- biaya buku;
- biaya kedatangan di negara lain (settling allowance);
- biaya persiapan keberangkatan (visa, cek kesehatan, paspor, fiskal);
- biaya kelebihan bagasi kepulangan;
- biaya program khusus (seminar);
- biaya penelitian atau penulisan tugas akhir;
- biaya pendaftaran ke universitas.
5. Besaran beasiswa disesuaikan dengan kondisi di negara-negara tujuan.
6. Pengalokasian beasiswa "Program Beasiswa Pascasarjana Luar Negeri" (PBPLN) Ditjen Dikti dilakukan melalui Pimpinan Perguruan Tinggi (Rektor untuk PTN, dan Pimpinan Kopertis untuk PTS) dari masing-masing calon penerima beasiswa. Untuk itu, Pimpinan PT/Kopertis menyelenggarakan kontrak kerja dengan Dirjen Dikti.
7. Jika sebagian program kegiatan studi penerima beasiswa dilakukan di Indonesia (misalnya dalam pelaksanaan penelitian), maka besaran biaya hidup selama di Indonesia akan dibayarkan menggunakan standard BPPS.
8. Untuk mempermudah proses administrasi, peserta dianjurkan untuk memulai program studi pada Semester yang dimulai pada bulan September.
- 1 -
http://ditnaga-dikti.org/ditnaga/opendoc.php?page=6&exp=4&id=95&date=2008-02-06%2016:35:25
PERSYARATAN CALON
Syarat melamar beasiswa:
1. Sudah memperoleh Letter of Acceptance yang masih berlaku dari Institusi dan/atau calon pembimbing dari Perguruan Tinggi luar negeri yang berkualitas (diutamakan dari Perguruan Tinggi Negara maju).
2. Mengisi Form A
3. Usia ketika melamar maksimum 50 tahun.
4. Melampirkan copy ijazah dan transkrip (IPK) S1/S2 yang telah dilegalisasi.
5. Melampirkan copy sertifikat bukti kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL institusional 500, IELTS 6,0) atau bahasa asing lainnya sesuai dengan ketentuan dari perguruan tinggi tujuan masing-masing (yang masih berlaku).
6. Untuk pelamar beasiswa S3 melampirkan Usulan Penelitian yang telah disetujui oleh (atau paling tidak sudah dikomunikasikan dengan) calon Pembimbing di PT Luar Negeri.
Berkas dan kelengkapan, disertai surat pengantar dari Pimpinan PT, dikirim ke
Direktorat Ketenagaan Ditjen Dikti
Jln. Jend. Sudirman Pintu Satu Senayan
Jakarta 10002.
MEKANISME SELEKSI
Seleksi akan dimulai dari pemeriksaan kelengkapan dokumen, kemudian dilanjutkan dengan wawancara terhadap mereka yang memenuhi persyaratan administrasi. Wawancara akan dilaksanakan dalam Bahasa Inggris.
JADWAL PENDAFTARAN DAN SELEKSI
Kegiatan dan Waktu
1 Pengiriman berkas lengkap; Akhir Maret
2 Pemeriksaan dokumen; Awal April
3 Wawancara (dalam Bahasa Inggris); Pertengahan April
4 Pengumuman calon yang diterima; Awal Mei
5 Persiapan keberangkatan; Mei-Juli
6 Keberangkatan; Agustus - 2 -
http://ditnaga-dikti.org/ditnaga/opendoc.php?page=6&exp=4&id=95&date=2008-02-06%2016:35:25

Beasiswa Program Pascasarjana [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 12 Jul 2008 11:41 PM CDT

Beasiswa Program Pascasarjana - Departemen Agama



BEASISWA PROGRAM PASCASARJANA
DIREKTORAT PENDIDIKAN MADRASAH DITJEN PENDIDIKAN ISLAM
DEPARTEMEN AGAMA
TAHUN 2006

A. Sasaran :

1. Guru bidang studi matematika, kimia, fisika, biologi, bahasa Arab dan bahasa Inggris pada MTs dan MA negeri maupun swasta, PNS maupun non-PNS.
2. Guru pendidikan agama Islam (PAI) pada MTs, MA, SMP, dan SMA negeri maupun swasta, PNS maupun non-PNS.
3. Pegawai di lingkungan Mapenda pusat dan daerah untuk program studi kurikulum dan evaluasi pendidikan.
4. Pengawas di lingkungan Departemen Agama untuk program pascasarjana bidang manajemen pendidikan.


B. Persyaratan :

- Umum :

1. Mengisi formulir pendaftaran;
2. Berusia maksimal 40 tahun untuk guru bidang studi dan 50 tahun untuk pengawas dan tenaga truktural pada saat pendaftaran;
3. Menyerahkan fotocopy ijazah terakhir dan dilegalisir sebanyak 2 lembar;
4. Melampirkan fotocopy nilai (IPK) minimal 2,75 dan dilegalisir sebanyak 2 lembar;
5. Melampirkan pas photo berwarna ukuran 2 x 3 sebanyak 2 lembar;
6. Melampirkan SK mengajar dari Yayasan/Kepala madrasah/sekolah/Kandepag/Kakanwil;
7. Melampirkan Surat Persetujuan dari kepala madrasah / sekolah / instansi;
8. Sanggup menyelesaikan studi maksimal 2 tahun, dibuktikan dengan surat pernyataan di atas materai Rp. 6.000,- (diminta setelah dinyatakan lulus oleh Perguruan Tinggi yang relevan).

- Khusus:

1. Sedang mengajar di madrasah / sekolah minimal 5 tahun yang dibuktikan dengan surat keterangan kepala madrasah / sekolah yang bersangkutan;
2. Program studi yang dipilih sesuai dengan bidang studi yang diajarkan dan ijazah S1 yang dimiliki, kecuali untuk manajemen pendidikan, evaluasi, dan kurikulum;
3. Selama melaksanakan studi, yang bersangkutan dibebastugaskan dari mengajar atau tugas lainnya.

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan download di sini.

Beasiswa S2 Filsafat dan Tasawuf IAgama slam [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 12 Jul 2008 11:39 PM CDT

Beasiswa S2 Filsafat dan Tasawuf Islam



Program Pasca Sarjana (S2) ICAS - Paramadina Jurusan Tasawuf dan Filsafat Islam

Islamic College for Advanced Studies (ICAS) berpandangan bahwa dunia atau peradaban kontemporer sedang menghadapi beberapa tantangan yang sangat rumit yang membutuhkan perhatian yang mendalam, wawasan yang terus menerus dievaluasi, kearifan yang reflektif, dan pemikiran keagamaan yang sangat mendalam dari dunia Islam.

ICAS berkeyakinan bahwa pendekatan-pendekatan filosofis dan rasional dalam agama, khususnya Islam, akan sangat bermanfaat dalam rangka mencapai tujuan-tujuan yang telah disebutkan di atas. ICAS didirikan di London pada tahun 1999, kemudian tumbuh dan berkembang ke manca negara, termasuk di Jakarta.

ICAS Jakarta mengembangkan riset dan pendidikan dengan pendekatan-pendekatan yang ilmiah, rasional dan filosofis terhadap pemikiran keislaman. Dalam hal ini, ICAS menawarkan sebuah pendidikan Islam level tinggi melalui pengayaan pemikiran dan peradaban Islam dengan pemikiran, kebudayaan dan peradaban kontemporer.

Dialog adalah kata kunci bagi ICAS. Di samping membangun sebuah dialog yang seimbang antara peradaban Islam dan peradaban-peradaban lainnya di dunia ini, ICAS juga mencoba untuk membangun dialog antara filsafat dan agama, filsafat dan sains, agama dan sains, filsafat dan tasawuf, serta tasawuf dan hukum agama (Fikih).

PROGRAM PENDIDIKAN

ICAS menawarkan dua jurusan untuk program magister :
Filsafat Islam
Tasawuf Islam
KURIKULUM

Bahasa pengantar di ICAS dalam seluruh aspek pendidikan adalah bahasa Inggris. Kedua program magister, yang masing-masing terdiri dari 44 SKS (termasuk 8 SKS untuk seminar dan tesis), harus diselesaikan dalam periode empat semester.

Adapun mata kuliah yang dipelajari adalah sebagai berikut :

Mata Kuliah Pengantar
An Introduction to Logic
An Introduction to Islamic Philosophy
The Interpretation of The Quran
An Introduction to Islamic Theology
An Introduction to Islamic Mysticism (Theoretical-practical)
Mata Kuliah Jurusan Islamic Philosophy
A History of Islamic Philosophy I
A History of Islamic Philosophy II
Islamic Epistemoilogy
Islamic Ontology I
Islamic Ontology II
Islamic Mysticism
Islamic Theology
Theology in Transcendent Philosophy
Rational Thinking in The Quran and Sunnah
A History of Islamic Civilization
Contemporary Islamic Philosophy
A History of Greek and Medieval Western Philosophy
A History of Modern Western Philosophy
Philosophy of Religion
Philosophy of Science
Comparative Epistemology
Hermeneutics
Some Critical Approaches to the Islamic Philosophy
Mata Kuliah Jurusan Islamic Mysticism
A History of Islamic Mysticism I
A History of Islamic Mysticism II
Islamic Contemporary Mysticism
A History of Islamic Civilization
Islamic Mysticism I
Islamic Mysticism II
Islamic Practical Mysticism (Al-Irfan Al-'Amali) I
Islamic Practical Mysticism (Al-Irfan Al-'Amali) II
A History of Eastern Mysticism
A History of Western Mysticism
Comparative Mysticism
Philosophy of Mysticism
Islamic Philosophy
Hermeneutics
Islamic Theology
Mystical Interpretation of The Quran
The Relation of Mysticism and Sharee`ah
The Relation of Mysticism and Transcendent Philosophy
BIAYA PERKULIAHAN DAN BEASISWA

Biaya perkuliahan program magister (S2) tasawuf dan filsafat Islam di ICAS ini adalah sebesar Rp 3.500.000. ICAS memberikan beasiswa untuk biaya perkuliahan hanya untuk mahasiswa-mahasiswa yang memenuhi persyaratan. Persyaratan tersaebut didasarkan pada prestasi akademik yang dicapai, yaitu nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Adapun ketentuannya adalah sebagai berikut :
Bagi yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,50 - 4,00 akan menerima beasiswa pendidikan 100% (bebas uang kuliah).
Bagi yang mmemiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,00 - 3,49 akan menerima beasiswa pendidikan 50% dari biaya kuliah. Adapun besarnya biaya kuliah adalah sebesar Rp 3.500.000.
PENDAFTARAN

Persyaratan Masuk
Fotokopi KTP
Pas photo 2 x 3 dan 3 x 4 (masing-masing 2 lembar)
Fotokopi ijazah S1 (legalisir)
Fotokopi transkrip akademik S1 (legalisir)
Mengisi formulir pendaftaran
Membayar uang pendaftaran dan biaya ujian masuk sebesar Rp 50.000
Mengikuti ujian masuk (Ujian tertulis dan wawancara)
Persyaratan Mengikuti Kuliah Semester Persiapan
Pendaftaran ulang
Melunasi biaya kuliah semester persiapan (preliminary semester) sebesar Rp 1.200.000
Membayar dana fasilitas mahasiswa (DFM) sebesar Rp 100.000
Membayar uang anggota perpusatakaan untuk dua tahun sebesar Rp 100.000
Informasi-Informasi Penting Lainnya
Masa Pendaftaran : 21 November 2005 - 5 Januari 2006
Ujian Masuk dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 7 Januari 2006
di Kampus ICAS (Plaza III Pondok Indah, Blok F5, Jln. T.B. Simatupang, Jakarta Selatan, 12310).
Ujian Tertulis : pukul 09.00 - 12.30 WIB
Wawancara : pukul 13.30 - 16.30 WIB
Perkuliahan akan dilaksanakan pada hari Jum'at dan Sabtu.
Perkuliahan (semester persiapan) akan dimulai pada tanggal 3 Maret 2006.
Untuk informasi lebih lanjut, hubungi :
Kampus Islamic College for Advanced Studies (ICAS) Jakarta, Plaza III Pondok Indah, Blok F5, Jln. T.B. Simatupang, Jakarta Selatan, Telp. : (021) 765-1534 (Samanto atau Hasan), Fax. : (021) 765-1601, atau Contact Person : Max (0856-8681555)

Tambang Pertambangan Lowongan Terbaru [Informasi Lowongan Kerja]

Posted: 12 Jul 2008 11:38 PM CDT

One of the biggest coal mining company; 7 positions lowongan tambang pertambangan juli agustus: Sunday, July 13, 2008 Expiry date : Friday, July 18, 2008 COAL MINING VACANCY One of the biggest...

Visit http://lowongankerjas.blogs.ie for details or click the title link above

Beasiswa Guru Agama S2 [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 12 Jul 2008 11:34 PM CDT

DEPARTEMEN AGAMA RI
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM
DIREKTORAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH
Jl. Lapangan Banteng Barat No. 3-4 Jakarta, Kamar A 704
Telp. (021) 3511779 Pswt. 345, Faks. 3811772
JAKARTA
EDARAN
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM
DIREKTORAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH (DITPAIS)
TAHUN 2008
NOMOR: DJ.I.II/PP.00.9/387/2008
Tanggal: 02 Juni 2008
TENTANG
BANTUAN BEASISWA S2
BAGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENGAWAS PAI
Dalam rangka penyempurnaan kualitas pembelajaran pada sekolah, Direktorat Pendidikan Agama Pada Sekolah (DITPAIS) akan menyelenggarakan program peningkatan kualitas guru dan pengawas PAI melalui fasilitasi beasiswa Strata dua (S2), bekerjasama dengan Pengelola Pascasarjana (PPs) pada sejumlah pendidikan tinggi agama Islam (UIN, IAIN dan STAIN) di berbagai Kota di Tanah Air untuk pembinaan Guru PAI dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Bandung untuk pembinaan Pengawas PAI.
I. Tujuan
1. Meningkatkan kompetensi GPAI pada sekolah, sehingga berbakat dan cakap memproses hingga menghasilkan peserta didik yang makin berkualitas di bidang keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia; "sembari mewujudkan nilai dan norma agama akar motivasi dan tolok ukur dalam berilmu, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, hingga menyongsong pergaulan kehidupan dunia internasional";
2. Meningkatkan kompetensi pengawas PAI pada sekolah, sampai berbakat dan cakap memacu kualitas proses pembelajaran pendidikan agama Islam pada sekolah.
II. Ketentuan Beasiswa
- Hak Penerima Beasiswa
1. Memperoleh pendidikan dan pengajaran dari Pendidikan Tinggi Penyelenggara Pascasarna (PPs) S2 Program Studi PAI yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam;
2. Biaya pendidikan disesuaikan dengan ketentuan PPs pendidikan tinggi yang bersangkutan;
3. Biaya hidup dan biaya fotocopy/buku;
4. Biaya pemondokan (asrama);
5. Biaya yang terkait dengan proses perkuliahan disesuaikan dengan ketentuan PPs pendidikan tinggi masing-masing;
6. Rincian dana beasiswa tahun I dan II meliputi:
a. Penyelenggaraan Pendidikan: uang pendaftaran, SPP, ujian;
b. Living Cost: uang buku, biaya hidup, biaya penelitian, asuransi kesehatan, asrama;
c. Transportasi: transport lokal, transport ke lokasi;
d. Kesekretariatan: pembinaan akademik, pelaporan.
- Kewajiban Penerima Beasiswa
1. Mematuhi ketentuan yang berlaku pada PPs pendidikan tinggi dan lembaga pemberi beasiswa;
2. Menjaga nama baik lembaga pemberi beasiswa dan tempat tugas;
3. Belajar dengan sungguh-sungguh dan serius untuk mencapai hasil yang memuaskan serta tepat waktu;
4. Bekerja Kembali ke tempat tugas semula setelah menyelesaikan studinya;
5. Menandatangani surat perjanjian beasiswa S2 di atas materai;
6. Menggunakan dana beasiswa sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan;
7. Sebelum beasiswa diterima, peserta yang dinyatakan sebagai penerima beasiswa menyiapkan biaya akomodasi dan keperluan lainnya;
8. Penerima beasiswa harus melaporkan progress report studinya setiap semester kepada Ditjen Pendidikan Islam Depag RI, Cq. Direktorat Pendidikan Agama Islam pada Sekolah, setiap semester dan akhir pendidikan, dengan tembusan kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Kandepag Kabupaten/Kota masing-masing
- Persyaratan Beasiswa
1. Sekolah
tempat Guru PAI bertugas memiliki kriteria sebagai berikut:
a. Mendapat rekomendasi dari Kandepag/Dinas Kab/Kota;
b. Memiliki potensi pengembangan PAI yang memadai pada sekolah yang bersangkutan, dengan indikator:
1) Jumlah guru PAI 2 (dua) orang;
2) Sarana dan prasarana ibadah yang memadai;
3) Memiliki program Ekstra Kurikuler Pendidikan Agama Islam.
2. Guru PAI
a. Guru mata pelajaran PAI di sekolah jenjang SMA/SMK;
b. Telah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas sebagai guru pendidikan agama Islam jenjang SMA/SMK;
c. Mendapat izin dari pimpinan/atasan langsung;
d. Berusia maksimal 48 tahun;
e. Siap mengikuti program S2 secara penuh di asrama;
f. Mengisi form aplikasi;
g. Bersedia dibebastugaskan sementara sesuai dengan ketentuan kepegawaian yang berlaku;
h. Melampirkan bukti-bukti dokumen pendukung portofolio, seperti daftar riawayat hidup, SK pertama dan terakhir, karya tulis, sertifikat diklat, dan prestasi lain;
i. Melampirkan proposal penelitian tentang pengembangan pembelajaran PAI di sekolah;
3. Pengawas PAI
a. Memiliki SK sebagai pengawas PAI di sekolah jenjang SMP/SMA/SMK;
b. Berusia maksimal 48 tahun;
c. Siap mengikuti program S2 secara penuh di asrama;
d. Mengisi form aplikasi;
e. Bersedia dibebastugaskan sementara sesuai dengan ketentuan kepegawaian yang berlaku;
f. Melampirkan bukti-bukti dokumen pendukung portofolio, seperti daftar riawayat hidup, SK pertama dan terakhir, karya tulis ilmiyah, sertifikat diklat, dan prestasi lain;
g. Melampirkan proposal penelitian tentang pengembangan kepengawasan pembelajaran PAI pada sekolah di Provinsi yang bersangkutan;
- Penghentian Beasiswa
Beasiswa dapat dihentikan apabila peserta:
1. Tidak mampu menyelesaikan studinya dalam waktu yang telah ditentukan;
2. Mengundurkan diri dari program beasiswa atas kemauan sendiri, maka yang bersangkutan berkewajiban mengganti kerugian negara sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
3. Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi, dinilai tidak layak untuk melanjutkan studi karena tidak mampu mencapai standar mutu minimum prestasi;
4. Sakit, cacat atau sebab lain yang menyebabkan yang bersangkutan tidak dapat melanjutkan pendidikan sesuai dengan peraturan perundangan kepegawaian;
5. Meninggal dunia.
III. Rekruitmen Calon Peserta
1. Rekruitmen calon peserta guru PAI dilakukan oleh Kandepag terhadap calon peserta yang didasarkan atas persyaratan dan kelengkapan berkas yang telah ditentukan;
2. Kandepag mendaftarkan 2 calon peserta yang terdiri atas guru PAI pada SMA dan atau SMK di daerahnya ke Kanwil masing-masing paling lambat tanggal 18 Juni 2008;
3. Rekruitmen calon peserta pengawas dilakukan oleh Kanwil terhadap calon peserta yang didasarkan atas persyaratan dan kelengkapan berkas yang telah ditentukan;
4. Kanwil mendaftarkan 3 calon peserta pengawas tiap propinsi;
5. Kanwil merekap dan mengirimkan berkas calon peserta S2 GPAI dan pengawas PAI yang telah mendaftar kepada panitia pusat selambat-lambatnya tanggal 26 Juni 2008;
6. Berkas calon peserta yang melampaui batas akhir waktu penyerahan yang telah ditetapkan tidak dapat diikutsertakan dalam proses seleksi.
IV. Kelengkapan Berkas Pendaftaran
Permohonan ditujukan kepada Direktur Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Ditjen Pendidikan Islam Departemen Agama RI, Jl. Lapangan Banteng Barat No. 3-4 Jakarta Pusat, dengan melampirkan:
1. Daftar Riwayat Hidup;
2. Copy SK pertama dan SK terakhir;
3. Copy kartu tanda penduduk (KTP) yang masih berlaku;
4. Copy ijazah S1 dan transkrip nilai dari pendidikan sebelumnya yang telah dilegalisir dan Akta 4 Guru PAI;
5. Surat persetujuan dan rekomendasi belajar dari atasan langsung (dari Kepala Kandepag Kabupaten/Kota bagi GPAI dan Pengawas PAI NIP 15 dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota bagi GPAI NIP 13 atau NIP daerah); (Kepala Sekolah);
6. Surat pernyataan siap menandatangani perjanjian dengan Departemen Agama jika dinyatakan diterima sebagai penerima beasiswa;
7. Pas foto 2x4 (3 lembar) dan 4x6 (2 lembar)
8. Profil sekolah: Kurikulum, sarana dan fasiltas pembelajaran PAI, dan Kegiatan-kegiatan penunjang PAI (bagi guru).
V. Seleksi Calon Peserta
Seleksi calon peserta dilakukan oleh Tim Panitia Pusat yang terdiri dari Depag RI dan PPs S2 Program Studi PAI Pendidikan Tinggi yang didasarkan atas hal-hal sebagai berikut:
1. Kelengkapan persyaratan dan berkas yang diajukan oleh calon peserta;
2. Penilaian portofolio atas dokumen/berkas calon peserta.
VI. Penempatan Peserta Beasiswa
Penempatan penerima beasiswa ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI, sesuai daftar berikut:
1. GPAI
No
Nama PTAIN
Alamat
Kuota
Asal Propinsi
Alokasi
1
UIN Syarif Hidayatullah,
40
Jawa Tengah
15
Jakarta
Sumsel
6
Jl. Kertamukti No. 5 Pisangan Barat, Cirendeu, Ciputat 15419
Kalbar
12
Malut
7
Sub total
40
2
UIN Sunan Gunung Jati,
39
Banten
6
Bandung
Lampung
10
Jl. A. H. Nasution No. 105 Cibiru Bandung 40614 Tel. (022) 7802844 Fax (022) 7802844
Kepri
6
DKI Jakarta
6
Jawa Barat
11
Sub total
39
3
UIN Sunan Kalijaga,
40
Jawa Timur
20
Yogyakarta
Jawa Barat
10
Jl. Marsda Adisucipto Yogyakarta 55281 Tel. (0274) 589621 Fax. (0274) 586117
Sumut
6
Irjabar
4
Sub total
40
4
UIN Alauddin, Makassar
40
Sulut
9
Sulteng
10
Jl. Sultan Alauddin No. 63 Makassar 90222 Tel. (0411) 864924 Fax. (0411) 864923
Sultra
10
Gorontalo
5
Jawa Timur
6
Sub total
40
5
UIN Malang
40
Bali
9
Jl. Gajayana No. 50 Malang 65144 Tel. (0341) 551354 Fax. (0341) 572533
NTB
9
NTT
16
Jawa Tengah
2
Papua
4
Sub total
40
6
IAIN Sunan Ampel,
30
Sulsel
10
Surabaya
Sulbar
5
Jl. Jend. Ahmad Yani no. 117 Surabaya 60237 Tel. (031) 8410298 Fax. (031) 8413300
Maluku
5
Jawa Tengah
10
Sub total
30
7
IAIN Walisongo,
40
Sumbar
13
Semarang
DIY
5
Jl. Wali Songo No. 3-5 Semarang Jawa Tengah Tel. (024) 7604554 Fax (024) 7601293
Jawa Timur
5
Sulsel
13
Jambi
4
Sub total
40
8
IAIN Sumatera Utara
40
NAD
21
Sumbar
6
Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate Medan 20931 Telp. (061) 66222925 Fax. (061) 6615683
Sumsel
8
Riau
5
Sub total
40
9
IAIN Raden Intan,
32
Babel
7
Lampung
Riau
6
Jl. Yulius Usman No. 12 Labuhanratu Kedaton Bandar Lampung
Jambi
6
Bengkulu
9
Jawa Barat
4
Sub total
32
10
IAIN Antasari,
40
Kalteng
14
Banjarmasin
Kalsel
13
Jl. Jend. Ahmad Yani km. 4.5 Banjarmasin 70235 Tel. (0511) 3254251 Fax. (0511) 354344
Kaltim
13
Sub total
40
11
STAIN Cirebon
36
Jawa Timur
7
Jl. Perjuangan Cirebon Telp. (0231) 8491 641
Sumut
19
Jawa Tengah
8
Sub total
36
2. Pengawas
No
Nama PTAIN
Alamat
Kuota
Asal Propinsi
Alokasi
12
UPI Bandung
40
Se-Indonesia
40
Jl. Dr. Setiabudi No. 229 Bandung 40154, Tel (022) 2001197, 2002320, 2013163 faks 2005090
Sub total
40
Total keseluruhan (GPAI dan Pengawas)=
455
XII. Jadual Kegiatan
No.
Uraian Kegiatan
Waktu Pelaksanaan
1
Konsultasi dengan PPs Pendidikan Tinggi Penyelenggaran S2 PAI
14-15 April 2008
2
Sosialisasi dan koordinasi dengan Kanwil Terkat
24-26 April 2008
3
Pengumuman beasiswa
26 Mei 2008
4
Rekruitmen peserta di Kandepag
28 Mei-17 Juni 2008
5
Batas akhir pengiriman berkas dari Kandepag ke Kanwil
25 Juni 2008
6
Rekap calon peserta di tiap propinsi & berkas oleh Kanwil
25 Juni 2008
7
Batas akhir pengiriman rekap calon peserta dan berkas dari provinsi ke Depag Pusat
07 Juli 2008
8
Penilaian berkas dan dokumen portofolio
14-18 Juli 2008
9
Pengumuman peserta lulus seleksi
22 Juli 2008
10
Penandatanganan MoU antara calon penerima beasiswa & Depag
27 Juli 2008
11
Kegiatan perkuliahan
September 2008

Weatherford; QA/QC Technician Lowongan Teknik [Info Lowongan Kerja]

Posted: 12 Jul 2008 11:32 PM CDT

Weatherford; QA/QC Technician Posting date : Saturday, July 12, 2008 Expiry date : Saturday, July 26, 2008 Weatherford We are a multi-national company who are involved in the drilling and production sectors of oil, gas and geothermal projects worldwide, are seeking an enthusiastic, hard-working and motivated individual to fill the position of: QA/QC Technician Responsible [...]

Kunjungi http://kerja.blogs.ie untuk info lebih detail

BEASISWA PUSBINDIKLATREN BAPPENAS 2008 2009 2010 [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 12 Jul 2008 11:10 PM CDT

Deadline : 1 Agustus 2008
NFORMASI BEASISWA GELAR PUSBINDIKLATREN BAPPENAS TAHUN 2009
Dalam rangka meningkatkan kapasitas institusi perencanaan pemerintah pusat dan pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota melalui peningkatan potensi SDM di dalamnya serta sejalan dengan fungsi Bappenas sebagai Instansi Pembina Jabatan Fungsional Perencana, maka Bappenas pada Anggaran Tahun Dinas 2009 Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Perencana (Pusbindiklatren) Bappenas kembali memberikan kesempatan yang sebesar-besarnya bagi staf perencana yang bekerja di Bappenas, Unit Perencanaan di Departemen/LPND, Bappeda atau nama lain,
dan unit perencanaan di Dinas Teknis pada Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota untuk memperoleh Beasiswa Gelar Pusbindiklatren Bappenas Tahun 2008 untuk program :
(a) S2 Dalam Negeri 13 Bulan;
(b) S2 Double Degree, (c) S2 Luar Negeri, S3 Dalam Negeri dan
(d) S3 Linkage.

Untuk seleksi beasiswa tahun 2009 dan seterusnya, Pusbindiklatren Bappenas membuka kesempatan menyampaikan usulan calon peserta melalui pendaftaran sepanjang tahun. Dengan demikian, dimulai dengan seleksi yang akan dilaksanakan pada tahun 2008 ini, selanjutnya Pusbindiklatren Bappenas akan memiliki jadwal tetap, yaitu untuk pelaksanaan TPA setiap bulan Agustus dan pelaksanaan TOEFL setiap bulan September.

Untuk Selengkapnya silahkan download dibawah ini.

1. Informasi Diklat Gelar Tahun 2009
http://www.pusbindiklatren.bappenas.go.id/files/editor/File/Tahun%202009/INFORMASI%20DIKLAT%20GELAR%20TAHUN%202009.pdf

2. Formulir Pendaftaran
http://www.pusbindiklatren.bappenas.go.id/files/editor/File/Tahun%202009/form%20gelar%202009.pdf

Biaya Studi ke Jerman [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 12 Jul 2008 11:03 PM CDT

New Financial Regulation utk sekolah studi kuliah belajar biasiswa beasiswa bea siswa ke Jerman

Dear sahabat-sahabat milist beasiswa,

Saya mau berbagi informasi mengenai adanya regulasi finansial baru dari kedutaan jerman perihal studi ke jerman. Beberapa minggu ini kebetulan saya sering ke kedutaan untuk pengurusan passport student saya. Regulasi finansial itu adalah mengenai uang jaminan (living cost) selama di jerman untuk 1 tahun. Aturan lama sponsor kita mempunya uang setara dengan EUR 7070 di rekening salah satu bank (biasanya Bank mandiri) dan selanjutnya akan di blok (tidak bisa dipakai). Kemudian sesampainya kita di Jerman, kita buka account bank di jerman (Deutsch Bank) kemudian uang yang ada di Bank Mandiri tersebut di transfer ke rekening kita di Deutsch Bank.

Dengan regulasi baru, kita harus membuka rekening DB langsung (kita harus minta pengantar dari kedutaan dan biayanya sekitar 20-25 EUR) kemudian berkas kita kirim via pos (DHL) langsung ke DB Hamburg. Setelah beberapa hari (1-2 minggu) DB akan memberi konfirmasi kepada kita mengenai no account kita, selanjutnya sponsor langsung transfer dana tersebut ke rekening DB kita.

Setelah mendapatkan konfirmasi dari DB bahwa uang sudah diterima dan dengan membawa bukti transfer dari bank kita ke kedutaan lagi untuk meminta financial statement (biayanya kalo tidak salah 26 EUR). Untuk pengurusan finansial statement ini hanya memakan waktu satu hari. Dan dilanjutkan dengan pengurusan VISA Student yang memakan waktu 3-6 minggu dengan biaya 60 EUR (o iya harganya sudah naik di website hanya 30 EUR mungkin selaras dengan harga BBM yang juga naik he he he).

Semoga penjelasan di atas bisa membantu teman-teman seperjuangan yang ingin menggapai cita-citanya di Jerman !!!.

Mohon informasinya apakah ada PPI di Darmstadt dan Duissburg dan bagaimana cara menghubunginya ??? terima kasih.

Wassallam,

Sharief

Post Doc in adaptive biosensor-based assistance module, Uni Bremen, Germany [Beasiswa Indonesia Scholarship]

Posted: 12 Jul 2008 10:57 PM CDT

http://www.stellen.uni-bremen.de/a111-08.php3 *Research Assistant/* * Postdoctoral Researcher *in the EU-funded project *SHARE-it: Supported Human Autonomy for Recovery and Enhancement of Cognitive and Motor Abilities Using Information Technologies* (TV-L 13, approx. € 35,000 to € 50,000 p.a. gross) The position is available from 01 August 2008 until 31 December 2009 (extension is possible) and are under condition of job release. The goal of the project SHARE-it [...]

For details and more daily-updated scholarship visit: http://beasiswa.blogsome.com

Post doc in Spatial Cognition, Uni Bremen, Germany [Informasi Beasiswa Indonesia]

Posted: 12 Jul 2008 10:57 PM CDT

*The Transregional Collaborative Research Center* *SFB/TR 8 Spatial Cognition: Reasoning, Action, Interaction at the Universities of Bremen and Freiburg, Germany* pursues interdisciplinary long-term research in Spatial Cognition. Particular emphasis is given to: - *Action in Space: *Cognitive robotics, explorative localization and mapping, robot navigation, human navigation and wayfinding, sensorimotor representations of spatio-temporal structures, embodied cognition; [...]

Baca info beasiswa selengkapnya di http://beasiswa.blogs.ie atau klik link judul di atas.

No comments: