Saturday, July 19, 2008

Job Vacancy Indonesia

Job Vacancy Indonesia

Mendapat Info Beasiswa dari Milis [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 19 Jul 2008 04:38 AM CDT

Nurul Widyaningrum: Mendapatkan banyak info dari satu pintu
yth pengasuh milis beasiswa,

saya ingin mengucapkan terimakasih atas usaha Anda semua di milis ini. saat ini saya sedang melanjutkan studi di AS dengan beasiswa Fulbright. seperti kebanyakan orang, perjalanan saya juga nggak mulus untuk mendapatkan beasiswa. saya lulus taun 1998 dari itb, dan pada tahun yang sama (dengan nekatnya) nyoba ngelamar beasiswa ADS. bisa ditebak hasilnya: gagal.

tahun berikutnya saya coba daftar ke chevening, juga gagal. tahn 2000 saya memutuskan untuk tidak melamar dulu dan memperdalam pengalaman kerja. karena IP saya tidak tinggi, saya ngerasa harus memperkuat pengalaman kerja saya. trus tahun 2001 saya coba melamar beasiswa chevening dan fulbright, gagal lagi. chevening dan fulbright sebenarnya sudah sampai tahap wawancara, tapi tidak lolos. tahun 2002, saya mencoba lagi untuk stuned, fulbright, dan chevening. hampir saja saya putus asa karena untuk chevening saya bahkan tidak mendapatkan panggilan untuk wawancara, sementara stuned saya tidak diterima di universitasnya. akhirnya datang panggilan wawancara fulbright. saya membrowse semua arsip dari milis ini untuk mencari tips-tips wawancara, saya tulis dan persiapkan jawabannya di rumah. alhamdulillah memang tahun itu saya lolos. juga dalam tahap selanjutna dalam mencari universitas, saya juga terbantu oleh milis ini terutama mencari tips2 menulis statement of purpose.

kegunaan terbesar dari milis ini menurut saya adalah informasi yang dibagikannya, baik informasi beasiswa, maupun berbagai tips dan trik meneruskan sekolah ke luar negeri atau mendapatkan beasiswa. banyak jalan menuju beasiswa, dan milis ini membantu kita untuk mendapatkan banyak informasi ini melalui satu pintu.

jadi sekali lagi terima kasih sebesar-besarnya untuk pengasuh dan semoga selalu sukses!!
salam,
nurul

Manfaat Milis Beasiswa [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 19 Jul 2008 04:38 AM CDT

Suyanto: Media bagi ribuan orang untuk berbagi pengalaman
Dear Moderator,

Saya bergabung dengan milis beasiswa satu tahun yang lalu. Saya merasakan manfaat yang besar dari milis ini. Pertama, milis ini memberi saya informasi tentang program studi, universitas, dan scholarships yang ada di seluruh dunia. Kedua, milis ini menjadi media bagi ribuan orang untuk berbagi pengalaman, baik urusan administrasi, kehidupan di negara lain, teknik bertahan hidup, dan menumbuhkan semangat untuk terus belajar meski dengan biaya minim.

Saya dapat informasi beasiswa di Swedia dari milis ini. Saya ikuti alamat-alamat websites yang relevan dan saya apply bulan Januari 2004. Pada bulan Mei 2004, saya mendapatkan admission letter dari Chalmers University of Technology (CUT) yang menyatakan bahwa saya diterima di International Master bidang Complex Adaptive System. Pada program master tersebut, tidak ada tuition fee. Tetapi saya tidak mendapatkan scholarship dari Swedish Institute untuk menanggung living cost. Dari pengalaman hidup di Swedia yang dialami teman-teman milister, semangat saya semakin besar untuk terus belajar. Melalui milis ini saya bertemu dengan teman-teman dari Indonesia yang diterima juga di CUT, sehingga saya bisa berkoordinasi dengan mereka.

Melalui milis ini juga, saya bisa sharing informasi dengan teman2 Indonesia yang sedang dan sudah selesai kuliah di CUT.

Saya ucapkan terima kasih kepada pengelola milis beasiswa dan teman-teman milister yang bersedia berbagi informasi.

Suyanto

Milis Beasiswa & Pencerahan [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 19 Jul 2008 04:37 AM CDT

Begawan Bestari: Mendapat "pencerahan"
Sedikit Testimonial dari Hamburg

Teman-teman pencari beasiswa, :-)
Saya seorang dokter, internist, saat ini sedang dalam pendidikan Sub Spesialisasi Gastroenterologi (lambung - saluran cerna).

Saya gabung milis ini sekitar 1 tahunan, saat saya diterima menjadi fellow di Dept. of Interdisciplinary Endoscopy, University Hospital Eppendorf, Hamburg, Germany. Sbg international fellow saya tidak mendapat bayaran (berbeda dengan dokter jerman nya sendiri), tetapi saya juga tidak perlu membayar untuk bisa bekerja disana. Oleh karena itu saya harus mencari sumber dana sendiri, dan salah satu nya dengan mencari beasiswa dan ikut di milis ini. Sejak itu, saya berusaha mencari info, baik mengenai beasiswa maupun hal2 yang berkaitan dengan kehidupan di sana.

Milis beasiswa banyak memuat informasi yang saya butuhkan, walaupun pada akhirnya saya tidak dapat dana yang bersumber dari info milis beasiswa, tetapi saya telah mendapat "pencerahan" sebagai bekal saya untuk pergi ke sana.

Untuk moderators, terima kasih atas kerja mulia anda.

Bagi rekan2 yang ingin mencari sumber dana di luar beasiswa, seperti yang saya dapat :-) , silakan email saya lewat japri, will be more than happy to help all of you too.

Salam
Begawan Bestari

Milis membantu mendapatkan beasiswa [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 19 Jul 2008 04:37 AM CDT

Iyan: Milis ini membantu saya mendapatkan beasiswa
Dear All,
Saya juga sangat berterimakasih buat kehadiran milis ini yang telah membantu saya mendapatkan beasiswa STUNED dan terpanggil wawancara buat Chevening,walopun Cheveningnya gagal..

Anyway, saya sudah mencoba beasiswa SELAMA 4 tahun,...Mbak Pangesti benar, JANGAN PERNAH MENYERAH!! Thomas Alva Edison pun gagal 999 kali sebelum menemukan lampu (smoga ini bener ya)...

Saya sendiri sudah hampir 15 kali memasukkan formulir beasiswa di negara mana saja,dan baru tahun 2004 ini ada pencerahan... Semoga yang belum berhasil akan mendapatkan jalan terang, dan semuanya tentu saja buat Indonesia kita, masih banyak loo yang butuh kita di negeri ini...

Maju terus milis beasiswa! Buat SEMUA MODERATOR, THANK'S A LOT!!! Tuhan yang membalas kebaikan anda! Sungguh Senang masih ada orang2 yang mau berbagi di negeri ini seperti anda para moderator!!

Milis Beasiswa banyak membantu [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 19 Jul 2008 04:36 AM CDT

Yusril Eka: Milis ini banyak membantu saya
Dear All,

ini kali pertama saya memberanikan muncul dimilis ini,setelah sekian lama terus mengamati dan mencari informasi beasiswa yang dengan setia muncul dimilis, terkadang ikut gembira jika ada yang berhasil, dan terkadang juga sedih kenapa saya belum, dan entah kapan giliran saya akan datang.

tapi temans, sekarang giliran itu udah datang untuk saya, dengan tetap memegang prinsip "never to give up". Alhamdulillah tahun saya ini berhasil mendapatkan beasiswa ADB,... serta peluang beasiwa lainnya yang sudah dalam tahap final....

Terimakasih Moderator dan temans. Milis ini telah banyak membantu saya, seperti bagaimana menulis CV,Rekomendation Letter, kiat wawancara dlls...nasehat yang sangat berguna... semoga milis ini tambah maju.......

Salam...

Milis Beasiswa Memberi Inspirasi [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 19 Jul 2008 04:35 AM CDT

Dian Nastiti: Milis ini memberikan inspirasi
Dear Owner n Moderators ^_^

Saya sangat tersentuh membaca editorial mbak Pangesti Wiedarti pagi ini. Saya mengerti bahwa memoderatori sebuah milis yang sangat aktif memerlukan begitu banyak kesabaran dan ketekunan. Saya sangat menghargai semua jerih payah moderators yang begitu peduli pada dunia pendidikan di Indonesia.. satu hal yang begitu ingin saya lakukan di kemudian hari...

Milis ini telah banyak membantu saya melalui berbagai cerita dan sharing milister... khususnya membangkitkan semangat saya untuk belajar lagi.. untuk tetap optimis... dan memberikan inspirasi betapa dalam setiap kemauan, Tuhan akan memberi jalan lewat sesuatu yang tidak kita sangka-sangka ...

Alhamdulillah bulan ini adalah bulan terakhir saya bekerja di perusahaan, dan bulan depan saya akan memulai EAP sebagai syarat penerima beasiswa ADS. Saya sangat berterimakasih untuk semua jerih payah dan sharing informasi2 yang diberikan melalui milist, dan semoga Tuhan YME selalu membalas kebaikan yang telah dilakukan oleh milister dan moderators sekalian.

Saya sangat bersyukur 'mengenal' anda2 sekalian meski hanya lewat dunia maya...Semoga Tuhan senantiasa bersama kita.. dan meridhoi cita2 mulia memajukan pendidikan di Indonesia...

Jabat Erat
Dian Nastiti

Arsip milis Beasiswa [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 19 Jul 2008 04:34 AM CDT

Evelin: Archives milis Beasiswa SANGAT berguna!!
Terima kasih Milis Beasiswa!!

Bergabung dengan milis ini sudah lama sekali rasanya, cuma sebagai pembaca setia aja. Perkenankan saya, Evelin, untuk sekedar share.

Tahun 2002, saya baru selesai kuliah S1 dan sejak masih kuliah aja sudah ada di pikiran, kudu apply any beasiswa yang ada. Begitu lulus, bukannya nyari kerja (yang harusnya jadi tujuan utama) eh malah berburu beasiswa. Sibuk urus legalisir ijasah dan surat2 lainya. Kebetulan saat itu beasiswa yang masih buka ya ADS itu. Sejak itu, sering2 liat di milis trus baca2 achives milis yang SANGAT SANGAT berguna sekali!! Kalo ada pertanyaan ato isian di formulir yang tidak ngerti, tanya ke milis juga. Yang jelas, tips and triks buat urusan interview dengan pihak pemberi scholarship bener-bener membantu banget buat saya. Sempat terpikir juga, bener ga sih ada peluang buat yang freshgraduate?(sempat minder juga) Soalnya rata2 beasiswa yang ada mencantumkan, mesti ada pengalaman kerja minimal berapa tahun. Yang jelas, dengan adanya milis ini bener2 membantu saya(yang nekat juga apply), yang akhirnya berhasil mendapatkan beasiswa (Puji Tuhan) ADS tahun 2004 (dengan sekali apply :)) and sekarang saya sedang studi di salah satu universitas di Australia.

Dan satu hal lagi, dengan bantuan dari milis beasiswa ini juga, adik saya yang sedang kuliah di Yogyakarta juga berhasil mendapatkan beasiswa Exxon Mobile, berkat tips dan triks dari milis beasiswa ini.

Terima kasih para moderators dan members milis ini.

Tips Cari Beasiswa S2 [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 19 Jul 2008 04:34 AM CDT

Steve KJ: Just do it
Dear Friends,
Saya secara pribadi sangat salut atas usaha yang dilakukan oleh para moderator
milis beasiswa. Yang saya yakin menyita waktu, pikiran, tenaga. Saya termasuk
salah seorang yang memperoleh manfaat dari milis beasiswa ini.

Saya mau sharing sedikit pengalaman saya tentang Just do it...

Saya selama 2 tahun sejak tahun 2002, telah mencari beasiswa untuk melanjutkan studi ke S2. Saya mencoba melamar ke hampir semua beasiswa yang di tawarkan, mulai dari Stuned, Chevening, Fulbright, NUS-GSA, dll

Bulan Juni 2003, saya mendapatkan NUS-GSA, Singapore. Tapi mendadak saya tidak dapat berangkat karena mendadak ada masalah yang tidak mungkin saya tinggal. Saya minta utk diundurkan di tahun berikutnya 2004, tetapi tidak bisa, dijawab oleh NUS bahwa harus melamar lagi dari awal. Dua bulan berikutnya saya mendadak mendapat kabar bahwa saya mendapatkan Stuned, tapi tetap saya tidak bisa berangkat karena masalah saya belum selesai. Saya pasrah, memang mungkin belum waktu yang Tuhan inginkan. Bulan demi bulan berlalu, Saya tetap berusaha mencoba lagi. Dan akhirnya usaha saya tidak sia-sia. Tahun ini saya mendapatkan lagi NUS-GSA utk jurusan M.Sc (Bldg Sc.). Sempat saya berpikir sebelum melamar lagi, apakah masih bisa dapat? Dulu sudah saya tolak, tapi Nothing to loose, try again. Just do it.....Never give up...

Salam,
SKJ

Pengalaman Penerima beasiswa Monbusho [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 19 Jul 2008 04:33 AM CDT

Suriyati: Hubungan dengan prof itu sangatlah penting!
Halo semuanya,
Saya bergabung dengan beasiswa ini udah cukup lama (2 tahunan), tapi hanya sebagai pembaca setia. Milis ini berguna sekali bagi mereka yang berminat mengajukan beasiswa.

Perkenalkan nama saya Suriyati, saya termasuk salah satu dari 80 orang yang beruntung mendapatkan beasiswa Monbusho U2U untuk program s2. Saya akan berangkat ke Jepang okt 2004. Tahun 2002-2003 saya mendapatkan kesempatan ke jepang sebagai research student. Setelah lulus, saya coba apply beasiswa monbusho, dg rekomendasi prof (yg sama sewaktu sy riset di jepang).

Saya hanya mengisi formulir yang diberikan prof., nulis ttg proposal riset. Waktu apply nya sekitar akhir nov, dan keputusan saya diterima sekitar bulan mei. Cukup lama memang untuk menunggu pengumuman (untung saya sempat kerja). Untuk teman2 yang lain, tidak ada salahnya mencoba. Karena setiap tahunnya jatah monbusho u2u sekitar 80 org, saya kira monbusho G2G juga hampir sama.

Hubungan dengan prof. itu sangatlah penting. Senioritas prof. sangat menentukan apakah kita akan mendapatkan beasiswa ato tidak.

Sukses untuk semuanya.

-Suriyati Wijaya

Mencari Beasiswa Lewat Internet [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 19 Jul 2008 04:32 AM CDT

Phacoel: Mencari Beasiswa Lewat Internet Search Engine
Kepada moderator milis beasiswa,

Terima kasih atas isi mailnya yang bagus. Saya kebetulan tidak terlalu aktif di milis ini, walau kadang2 menerimakiriman mail2 yang sembarangan dan seenaknya membuat saya kesal juga. Saya ucapkan selamat karena masih bisa menahan diri dan mau membantu orang2 yang tergabung di milis ini.

Satu hal yang saya masih herankan adalah masih banyakorang yang tidak mau mencari sendiri terlebih dahulu, padahal dengan memakai search engine seperti yahoo ataupun google, saya yakin mereka paling tidak mendapatkan suatu jalan, entah menemukan jurusan atau universitas yangmereka cari. Satu hal yang memang agak sulit adalah ketersediaan informasi mengenai beasiswa yang tepat, yang sesuai dengan jurusan dan universitas yang kita minati. Dan milis ini saya rasa sebenarnya adalah sarana yang tepat buat mereka2 yang mencari info tersebut, bukan info mengenai jurusan ataupun universitasnya (terlepas dari adanya jurusan dan/atau universitas yang secara spesifik memberikan beasiswa dan dikirim via milis ini).

Mungkin sebaiknya ada panduan awal bagi para milister untuk mencari jurusan dan/atau universitas yang mereka minati memakai search engine (cukup pakai yahoo atau google). Dengan adanya panduan ini, setidaknya orang yangbersangkutan mencari dulu sendiri, apabila tidak menemukan atau kurang paham, baru bertanya di milis ini. *

Kebetulan saya juga menemukan program Master saya dengan cara ini. Sekarang saya mahasiswa Master program Discrete Mathematics and Application (DMA) Technische Universiteit Eindhoven (TU/e) Netherlands, baru masuk september lalu. Kebetulan juga saya mendapat beasiswa DELTA (walaupun parsial) dari universitasnya (mungkin atas kerjasama pemerintahnya, saya kurang tahu). Sekian saja isi surat ini. Terima kasih atas perhatiannya. Mudah2an milis ini selalu berguna buat banyak orang (mudah2an kelak saya juga bisa memperoleh beasiswa dari milis ini :) ).

Salam,
phacoel

Pengalaman Wawancara Beasiswa [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 19 Jul 2008 04:32 AM CDT

Tika: Jangan pernah putus harapan
thank you...
milis ini banyak banyak membantu dalam proses pencarian beasiswa saya, terutama sharing pengalaman member lain dan yg penting reminder tenggat waktu :-)

tadi pagi saya di telepon the british council, dinyatakan mendapatkan kesempatan belajar melalui chevening. padahal saya sempat berhenti berharap karena sejak test bulan juni lalu tidak ada kabar berita sama sekali, tidak lewat email tidak pula lewat surat atau telepon. ternyata memang baru keluar pekan ini keputusan akhirnya.

saya jadi mengingat lagi sesi wawancara yg lumayan menegangkan.
buat yg berminat mencoba chevening tahun depan, sekedar sharing ajah, kira2 selama sesi wawancara saya banyak bercerita tentang "impian" saya. mimpi yg saya konkritkan dalam bentuk target, selama 5 thn kedepan, 10 th kedepan, mau bikin apa, manfaatnya apa, impactnya apa buat kehidupan orang2... dan bagaimana rencana saya untuk mencapai target itu.

oke, selamat mencoba buat teman2 lain,
dan jangan pernah putus harapan .

salam,
tika

Pencapaian yang luar biasa [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 19 Jul 2008 04:31 AM CDT

Arryati: Pencapaian yang luar biasa
Dear milisters and moderators,

Saya bergabung dengan milis beasiswa di awal tahun 2004, nggak lama sebelum saya mengirimkan formulir aplikasi Chevening. Saya sudah mencoba apply beasiswa tersebut dari tahun 1999 dan hanya absen di tahun 2001. Dari lima aplikasi, saya berhasil maju ke interview sebanyak 4 kali termasuk yang ditahun 2004. Setelah 3 kali gagal, Alhamdulillah akhirnya saya dinyatakan sebagai succesful applicant untuk Chevening Awards 2005/2006.

Banyak informasi dan saran2 yang saya ambil dari milis beasiswa, terutama yang berkaitan dengan kiat2 menghadapi wawancara. Dan ternyata memang membantu sekali mengurangi kegugupan dan menambah percaya diri saat interview.

Memang masih panjang perjuangan yang harus saya lalui untuk sampai akhirnya bisa berangkat ke UK dan menyelesaikan studi dengan baik. Tetapi paling tidak, sampai ke tahap ini saja sudah merupakan suatu pencapaian yang luar biasa buat diri sendiri yang hanya "ordinary people" dan merupakan usaha pantang menyerah.

Akhirnya, saya mengucapkan terima kasih untuk moderator dan milister di milis beasiswa ini yg secara tidak langsung sudah membantu saya untuk lulus interview dan maju ke tahap selanjutnya. Bagi yang belum berhasil....NEVER GIVE UP! Coba aja terus....kalau saya yang tergolong biasa2 saja bisa, berarti para milister dengan kualifikasi yang lebih pasti juga bisa.

Thank you.

Salam,
Arryati

Lowongan Kerja Juli Agustus 2008; Talisman Energy [Indonesia Job Vacancy]

Posted: 19 Jul 2008 02:51 AM CDT

Talisman Energy Inc.; 9 positions Posting date : Saturday, July 19, 2008 Expiry date : Saturday, August 02, 2008 Share our passion for Energy Talisman Energy Inc. is an independent, upstream oil and gas company headquartered in Calgary, Alberta, Canada, operating in North America, the North Sea, South East Asia, Australia, North Africa, [...]

Visit lowongankerjas.com for complete story, other content and more...

Piping Engineer job at Ecogreen Oleochemical [Job Career Vacancy]

Posted: 19 Jul 2008 02:48 AM CDT

PT Ecogreen Oleochemical; Piping Engineer
Posting date : Saturday, July 19, 2008 Expiry date : Saturday, July 26, 2008

PT. Ecogreen Oleochemicals is an established company engaged in the manufacturing & marketing of high quality oleochemicals. We urgently seek a highly motivated individual for the following position:
PIPING ENGINEER
(Contractual Basis for 2 years)
(more…)

Lowongan Teknik Juli Agustus Terbaru [Informasi Lowongan Kerja]

Posted: 19 Jul 2008 02:23 AM CDT

PT Tri Wahana Universal; 7 positions lowongan kerja juli agustus 2008 July 19, 2008 Expiry date : Saturday, August 02, 2008 URGENTLY REQUIRED We are a fast growing company, currently building an...

Visit http://lowongankerjas.blogs.ie for details or click the title link above

Lowongan Pekerjaan Teknik Juli Agustus 2008 [Info Lowongan Kerja]

Posted: 19 Jul 2008 02:20 AM CDT

Total; Head of Survey Department Posting date : Saturday, July 19, 2008 Expiry date : Saturday, August 02, 2008 Lowongan Pekerjaan Teknik Juli Agustus 2008 TOTAL URGENTLY REQUIRED HEAD OF SURVEY DEPARTMENT Coordinating all surveys related with Drilling, Project, Construction, and Geosciences activities. Requirements: • Bachelor Degree in any engineering background. • Has minimum 10 years of experience [...]

Kunjungi http://kerja.blogs.ie untuk info lebih detail

Beasiswa Amerika: Postdoctoral Position in Viral/Cancer Pharmacology [Beasiswa Indonesia Scholarship]

Posted: 18 Jul 2008 10:46 PM CDT

USA: Postdoctoral Position in Viral/Cancer Pharmacology, The FAMU College of Pharmacy Beasiswa Amerika: Postdoctoral Position in Viral/Cancer Pharmacology Please kindly mention ScholarshipNet when applying for this position The FAMU College of Pharmacy is seeking a junior level postdoctoral fellow with expertise in cellular techniques to join the Research Centers in Minority Institutions (RCMI), Center for Nanomedicine. The postdoctoral fellow [...]

For details and more daily-updated scholarship visit: http://beasiswa.blogsome.com

Beasiswa S3: PhD Studentship in Molecular Biology [Informasi Beasiswa Indonesia]

Posted: 18 Jul 2008 10:44 PM CDT

Ireland: PhD Studentship in Molecular Biology, Trinity College Dublin Beasiswa S3: PhD Studentship in Molecular Biology A PhD studentship is available to study helminth modulation of allergic responses in the Inflammation and Immunity Research group in Trinity College Dublin, Dublin, Ireland. The Inflammation and Immunity Research team is based in well-equipped laboratories in the Institute of Molecular [...]

Baca info beasiswa selengkapnya di http://beasiswa.blogs.ie atau klik link judul di atas.

Lowongan CPNS Seluruh Departemen [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 18 Jul 2008 08:55 PM CDT

1. Ikuti info lowongan kerja via email, klik di sini untuk bergabung;

2. Join our newsletter to receive job vacancy via email, click here

Ikuti info lowongan kerja, lowongan karir, lowongan pekerjaan terbaru yg diupdate setiap hari. Klik banner animasi di bawah:



*CPNS DEP. PERINDUSTRIAN :*
http://www.dprin.go.id

*CPNS DEP. KESEHATAN :*
http://www.ropeg-depkes.or.id/cpns2005.php

*CPNS DEP. AGAMA :*
http://www.depag.go.id/index.php?menu=page&pageid=85

*CPNS DEP. PEKERJAAN UMUM :*
http://www.kimpraswil.go.id/Publik/Notice2003/PengumumanCPNs_2005-632…

*CPNS DEP. KEHUTANAN :*
http://www.dephut.go.id/informasi/setjen/pegawai/cpns_06.htm

*CPNS DEP. PERDAGANGAN :*
http://www.depdag.go.id

*CPNS DEP. PERHUBUNGAN :*
http://www.dephub.go.id/modules/Upload_File/files/req_pegawai.pdf

*CPNS DEP. ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL :*
http://www.migas.go.id/index.php?option=content&task=view&id=156&Item…

*CPNS DEP. PERTANIAN :*
http://www.deptan.go.id/cpns_website.htm

*CPNS DEP. KELAUTAN DAN PERIKANAN :*
http://www.dkp.go.id/content.php?c=2465

*CPNS DEP. KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA :*
http://www.depkominfo.go.id/download/PENGUMUMAN_DEPKOMINFO.doc

*CPNS DEP. RISET DAN TEKNOLOGI :*
http://www.ristek.go.id/index.php?mod=File&conf=frame&abs=1&file=file…

*CPNS SETNEG (SEKRETARIAT NEGARA) :*
http://www.setneg.ri.go.id/cpns2006.pdf

*CPNS BPS (BADAN PUSAT STATISTIK) :*
http://www.bps.go.id/news/Pengumuman_CPNS_2006.pdf

*CPNS BAPETEN (BADAN PENGAWAS TENAGA NUKLIR) :*
http://www.bapeten.go.id/md/upload/dl/Formasi_Pegawai_2006/Pengumuman…

*CPNS BSN (BADAN STANDARDISASI NASIONAL) :*
http://www.bsn.go.id/Pengumuman/cpns/cpns.cfm

*CPNS BAPPENAS (BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN NASIONAL) :*
http://www.bappenas.go.id/pnData/ContentExpress/37/REKRUITMEN%202005.pdf

*CPNS BMG (BADAN METEOROLOGI DAN GEOFISIKA) :*
http://www.bmg.go.id/info_item.asp?InfoID=7

*CPNS BKN (BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA) :*
http://www.bkn.go.id/formasi/umumbkn.htm

*CPNS BAKOSURTANAL (BADAN KOORDINASI SURVEY DAN PEMETAAN NASIONAL) :*
http://202.155.86.44/news.php?id=93

*CPNS BATAN (BADAN TENAGA NUKLIR NASIONAL) :*
http://202.46.3.51/bsdm /PENGUMUMAN.htm

*CPNS BPN (BADAN PERTANAHAN NASIONAL) :*
http://www.bpn.go.id

*CPNS BKKBN (BADAN KOORDINASI KELUARGA BERENCANA NASIONAL) :*
http://www.bkkbn.go.id/news_detail.php?nid=2207

*CPNS LAPAN (LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL) :*
http://www.lapan.go.id/doc_news/umum.doc

*CPNS PNRI (PERPUSTAKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA) :*
http://www.pnri.go.id/official_v2005.4/activities/announcement/index….

*CPNS POLRI :*
http://www.polri.go.id/lekdik

*CPNS UNIV. PADJADJARAN BANDUNG :*
http://www.unpad.ac.id/agenda_detail.aspx?id=55

*CPNS UNIV. SOEDIRMAN PURWOKERTO :*
http://www.unsoed.ac.id

*CPNS INSTITUT PERTANIAN BOGOR :*
http://www.ipb.ac.id/cpns2006/pengumumancpns2006_umum.html

*CPNS PEMDA DKI :*
*http://www.beritajakarta.com/V_Ind/pengumuman/pcpns_2005-2006.doc*
**
*CPNS PROP. DIY :*
http://www.pemda-diy.go.id/berita/mod/fileman/files/cpns-propinsi.pdf

*CPNS KOTA YOGYAKARTA :*
http://www.pemda-diy.go.id/berita/mod/fileman/files/cpns-kota.pdf

*CPNS KAB. SLEMAN :*
http://tmp.sleman.go.id/download/cpns/cpns_2006.pdf?PHPSESSID=1f27bbd…

*CPNS KAB. BANTUL :*
http://www.bantul.go.id/publikasi/lampiran_cpns_formasi.pdf

*CPNS KAB. GUNUNG KIDUL :*
http://www.pemda-diy.go.id/berita/mod/fileman/files/cpns-gk.pdf

*CPNS KAB. KULONPROGO :*
http://www.kulonprogo.go.id/pengumuman/baca.php?no=11

*CPNS KAB. KEBUMEN :*
ttp://www.kebumen.go.id/pengumuman/cpns2005/umum.pdf< http://www.kebumen.go.id/pengumuman/cpns2005/umum.pdf>

*CPNS KAB. WONOSOBO :*
http://www.wonosobo.go.id/musik/cpns2005wsb.pdf

*CPNS KAB. BOYOLALI :*
http://www.boyolali.go.id/isi/isi.asp?isi=tengah&kode=00003

*CPNS KAB. GARUT :*
http://www.garut.go.id

*CPNS KOTA JAMBI :*
http://kotajambi.go.id/content/view/26/43

*CPNS PROP. JAWA TENGAH :*
http://www.jawatengah.go.id/cpns/CPNS-umum.pdf

*CPNS PROP. KALIMANTAN TIMUR :*
http://kaltim.go.id/agenda/browse.php?agendaid=641

*CPNS KAB. SUMBAWA :*
http://www.sumbawa.go.id/lihatAgenda.php?idNya=11

*CPNS BKPM (BADAN KOORDINASI PENANAMAN MODAL) :*
** Dibuka untuk sarjana S1 jurusan (total dibutuhkan 12 orang)
- Statistic
- Kehutanan
- Ekonomi Manajemen
- Teknik Pertambangan
- Teknik Mesin
- Teknik Elektro
- Teknik Industri
- Hubungan Internasional
- Ilmu Komunikasi Masyarakat
- Hukum Perdata

Dengan menyertakan:

1. Surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam, ditandatangani
sendiri, dibubuhi materai Rp 6,000,00.
2. Cantumkan no telepon dan telepon selular yang bisa dihubungi pada
surat lamaran.
3. Ijazah dan transkrip nilai dilegalisir.
4. Daftar riwayat hidup.
5. Fotokopi KTP yang masih berlaku.
6. SKKB dari Kepolisian.
7. Surat Keterangan Sehat.
8. Fotokopi ijasah khusus (diutamakan berbahasa inggris dan computer).

9. Pas photo 4 X 6 hitam putih 6 lembar.
10. Kartu pencari kerja dari Depnaker (Kartu Kuning).
11. Usia pelamar tidak boleh melebihi 30 tahun per 31 Desember 2005.

Surat lamaran beserta perlengkapan dialamatkan pada :
Panitia Pengadaan Pegawai BKPM
Badan Koordinasi Penanaman Modal
Jl. Jend. Gatot Subroto No. 44 Jakarta

Dan diserahkan langsung ke panitia di ruangan auditorium BKPM pada:
Tanggal 23 - 27 Januari 2006 pukul 10.00 - 15.00 WIB
Seleksi Administrasi: 24 Januari - 3 Februari 2006
Ujian: 11 Februari 2006
Pengumuman: 15 Maret 2006

Pendidikan & Beasiswa di Jepang [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 18 Jul 2008 08:41 PM CDT

Berikut ini adalah versi HTML dari berkas http://www.dikti.go.id/index2.php?option=com_docman&task=doc_view&gid=6&Itemid=57.
G o o g l e membuat versi HTML dari dokumen tersebut secara otomatis pada saat menelusuri web.
Universitas TokyoUniversitas KyushuUniversitas TohokuUniversitas HokkaidoUniversitas Kyoto

2II. SISTEM PENDIDIKAN TINGGI2.1 Sistem Pendidikan di JepangPada prinsipnya sistem pendidikan di Jepang mengikuti pola penjenjangan yang mirip dengan yang ada di Indonesia yaitu pola penjenjangan dengan sistem 6-3-3-4, yaitu enam tahun pendidikan dasar, masing-masing tiga tahun pendidikan menengah pertama dan menengah atas serta empat tahun pendidikan tinggi kecuali bidang kedokteran, kedokteran hewan dan dokter gigi. Untuk jenjang pendidikan pasca sarjana Jepang juga mengikuti pola 2-3, yaitu dua tahun untuk Program Magister dan tiga tahun untuk Program Doktor. Di Jepang ada empat jenis pendidikan tinggi, yakni : 1). Universitas (Daigaku), 4 tahun; 2). Akademi Teknologi (Tanki-daigaku), 5 tahun, minimal 167 kredit; 3). Sekolah Tinggi Teknik (Koto-senmon-gakko); 4). Sekolah Kejuruan (Senmon-gakko). Universitassebagaisuatupusatpendidikanbertujuanuntuk menyelenggarakan pengajaran dan studi untuk bidang-bidang profesional dan seni serta memberi pengetahuan luas dan mengembangkan intelektual, moral dan kemampuan berpraktek. Hal ini tertuang dalam artikel 52 dari Undang-Undang Pendidikan Jepang. Universitas melaksanakan program empat tahun disebut sebagai program sarjana. Tetapi kedokteran, kedokteran gigi, kedokteran hewan memprasyaratkan program pendidikan selama enam tahun.
--------------------------------------------------------------------------------
Page 3
3Pada prinsipnya mereka yang sudah menyelesaikan pelajaran di tingkat sekolah menengah atau yang telah menyelesaikan sekolah selama dua belas tahun sebagai program yang biasa dilakukan, mempunyai kualifikasi untuk melamar ke universitas. Belum semua perguruan tinggi di Jepang telah mempunyai Program Pasca sarjana.Walaupundemikianbeberapaperguruantinggi menyelanggarankan program pascasarjana secara bekerjasama yang dinamakan United Graduate Program atau dalam bahasa Jepangny dikenal sebagai Rengo Daigakuin. Program Pascasarjana di Jepang seperti juga di negara maju lainnya bertujuan untuk menyelenggarakan pendidikan di tingkat yang lebih tinggi (advanced) tentang teori dan penerapan dari suatu bidang keahlian, menguasai secara mendalam bidang keahlian tersebut dan memberikan kontribusi terhadap pengembangan budaya. Hal ini tertulis dalam artikel 65 dari Undang-Undang Pendidikan di Jepang. Pendidikan Pasca sarjana terdiri atas Program Magister (Sushi Katei) selama dua tahun dan Program Doktor (Hakushi Katei) selama tiga tahun. Pada tingkat Magister (Sushi) masih diberikan kuliah tanpa praktikum tetapi pada tingkat program Doktor, umumnya kulia tidak diberikan lagi. Pelaksanaan pendidikan pascasarjana umumnya dilakukan dalam bentuk seminar mingguan di masing-masing Laboratorium Pendidikan (kenyu-shitsu atau secara harfiah kamar studi). Suatu Laboratorium Penedidikan terdiri atas seorang Professor (Kyoju) sebagai Kepala, seorang Associate Professor (Jukyoju) dan satu atau dua orang Asisten (Josyu) Daftar beberapa perguruan tinggi yang menyelenggarakan program pasca sarjana di Jepang dapat dilihat pada Tabel A, Lampiran I.
--------------------------------------------------------------------------------
Page 4
42.2 Jumlah Perguruan Tinggi dan Mahasiswa Asing Pada tahun 1996 di Jepang terdapat 576 universitas yang terdiri dari 98 universitas negeri, 53 universitas yang dimiliki pemerintah daerah atau organisasi publik lokal dan 425 universitas swasta. Disamping itu terdapat 598 akademi dan sekolah tinggi di antaranya 96 dikelola pemerintah pusat, 54 pemerintah daerah dan 498 swasta. Akademi teknologi biasanya menawarkan lima tahun program pendidikan kepada lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dengan tujuan memberi pengetahuan keterampilan yang dapat mengimbangi laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mayoritas akademi menawarkan bidang studi kerekayasaan dan dapat menerima mahasiswa asing yang mendapat beasiswa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Sains Jepang (Monbukagakusho). Akademi dan sekolah tinggi kejuruan mempunyai lama studi satu sampai tiga tahun dengan tujuan untuk memberi latihan kerja kejuruan bagi pesertanya. Pada tanggal 1 Mei 2000, mahasiswa asing yang belajar di Jepang berjumlah 64011 orang, umumnya berasal dari Asia dan sekitar 2.11% (1348 orang) berasal dari Indonesia. Dari jumlah tersebut 864 orang (64.1%) mahasiswa Indnoesia belajar pada tingkat pascasarjana. 2.3 Universitas/Institut, Fakultas, Jurusan dan Program Pascasarjana Universitas atau institut kedua-duanya disebut Daigaku dalam bahasa Jepang. Sebagai contoh, umpamanya Institut Teknologi Tokyo dikenal dengan sebutan Tokyo Kogyo Daigaku atau disingkat dengan Tokodai
--------------------------------------------------------------------------------
Page 5
5sedangkan Universitas Tokyo dikenal sebagai Tokyo Daigaku atau disingkat Todai.Suatu universitas/institut dikepalai oleh seorang presiden universitas/ institut dan dikenal dengan sebutan Gakucho atau Socho. Dalam universitas/institut terdapat pula senat guru besar (Kyojukai) yang juga dipimpin oleh presiden universitas/ institut. Seorang presiden universitas/institut dapat membawahi : - Biro Administrasi - Biro Kemahasiswaan - Pusat Kesehatan - Perpustakaan - Fakultas - Program Pascasarjana - Pusat-pusat penelitian - Fasilitas bersama, dll. Suatu universitas/institut umumnya terdiri dari sejumlah fakultas (gakubu) dan setiap fakultas membawahi beberapa jurusan (gakka) yang terdiri atas beberapa laboratorium (kenkyu-shistsu). Program Pascasarjana (daigakuin) terdiri atas beberapa Bidang kajian (kenkyu-ka) yang meliputi beberapa Program studi (senko) atau Divisi. Jadi suatu Bidang Kajian Ilmu Teknik (Kogaku Kenkyuka) mempunyai beberapa Program Studi seperti Kikai Kogaku Senko (Program Studi Teknik Mesin), Denki Denasi Kogaku Senko ( Program Studi Teknik Listrik dan Elektronik), Joho Kogaku Senko(Program Studi Teknik Informatika), dll.. Umumnya program pasca sarjana di Jepang terintegrasi dengan program Sarjana, sehingga dalam
--------------------------------------------------------------------------------
Page 6
6suatu laboratorium kita dapat melihat ketiga strata pendidikan tadi dilaksanakan secara bersamaan dan terpadu. Dalam suatu laboratorium (kenkyu-shitsu) biasanya terdiri atas seorang guru besar (kyoju), seorang guru besar pembantu (jukyoju), dan satu sampai dua orang asisten (joshu). 2.4 Penerimaan Mahasiswa Penerimaan mahasiswa untuk perguruan tinggi di Jepang dibatasi pada mereka yang telah menyelesaikan 12 tahun pendidikan dasar dan menengah, atau juga kepada mereka yang dapat menunjukkan data pendidikan yang dianggap sama atau ekuivalen. Mahasiswa asing yang telah menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah selama 12 tahun di negaranya serta berkeinginan memasuki perguruan tinggi di Jepang, maka dia harus mempelajari bahasa Jepang selama satu tahun di International Students Institute di Tokyo atau Kansai International Students Institute di Osaka. Penerimaan mahasiswa untuk program pasca sarjana dibatasi kepada mereka yang telah menyelesaikan pendidikan selama 16 tahun yakni lulusan sarjana dengan jumlah kredit (unit) 144 atau kepada mereka yang mempunyai pendidikan sederajat untuk memasuki Program Master dan telah lulus Program Master bagi yang akan masuk Program Doktor. Lulusan Program Sarjana dan Program Master dari Indonesia dapat diakui kesetaraannya oleh sebagian besar perguruan tinggi di Jepang. Mahasiswa riset (Kenkyu-Sei) adalah mahasiswa pasca sarjana yang kegiatan utamanya adalah untuk melakukan riset dan bukan untuk memperolehgelar.Walaupundemikianpenerimabeasiswa
--------------------------------------------------------------------------------
Page 7
7Monbukagakusho, biasanya diterima dahulu sebagai mahasiswa riset dan setelah lulus ujian masuk dapat dialihkan menjadi mahasiswa pasca sarjana untuk program MASTER dan DOKTOR. Selama menjadi mahasiswa riset (Kenkyu-Sei) seorang karyasiswa dapat mempersiapkan diri untuk menempuh ujian masuk pasca sarjana melalui bimbingan/arahan dari seorang pembimbing (Shidokyakan). 2.5 Tahun Akademik dan KurikulumTahun akademik dimulai pada bulan April hingga bulan Maret tahun berikutnya. Perkualiahan diberikan dalam dua semester, semester pertama (Zenki) berlangsung dari bulan Maret sampai dengan bulan September dan semester kedua (Goki) dimulai dari bulan Oktober dan berakhir dalam bulan Maret. Jumlah hari kuliah termasuk hari ujian dalam satu tahun adalah 210 hari atau 35 minggu. Liburan musim panas bervariasi tergantung pada perguruan tinggi penyelenggara, tetapi umumnya dimulai pada pertengahan Juli hingga akhir Agustus. Liburan musim dingin selama dua minggu pada bulan Desember dan Januari. Liburan musim semi kira-kira 40 hari pada bulan Maret dan April. Akhir-akhir ini beberapa perguruan tinggi seperti Tokyo Institute of Technology (Tokodai)membuka program internasional yang tahun akademik dimulai pada bulan Oktober. Pada perguruan tinggi ini biasanya tidak diperlukan ujian masuk. Pada prinsipnya semua perkuliahan pada perguruan tinggi di Jepang dilaksanakan dengan bahasa pengantar bahasa Jepang. Penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar hanya terdapat pada program pasca sarjana dalam jumlah yang sangat terbatas, yang mempunyai program internasional.
--------------------------------------------------------------------------------
Page 8
8Pada Program Master (Sushi Katei) kuliah masih diberikan dengan menggunakan materi yang jauh lebih maju yang didasarkan kepada bahan-bahan dari jurnal ilmiah terakhir. Pada tingkat ini pratikum tidak lagi diberikan, tetapi penelitian mandiri diberikan angka kredit. Selain kuliah seorang peserta pasca sarjana diharuskan mengikuti seminar laboratorium, yang sering juga diikuti oleh mahasiswa sarjana tingkat akhir yang sedang menyelesaikan skripsi pada laboratorium yang bersangkutan. Pada Program Doktor (Hakashe katei) kegiatan kuliah umumnya tidak diperlukan lagi dan ada kecenderungan manghilangkannya sama sekali. Kegiatan utama mahasiswa program Doktor adalah melakukan riset yang hasilnya dipublikasikan pada pertemuan tahunan untuk nantinya dipublikasikan pada Jurnal Ilmiah. Beberapa perguruan tinggi mensyaratkan jumlah publikasi di Jurnal Ilmiah lebih dari tiga buah untuk dapat mengikuti ujian akhir Program Doktor. 2.6 Kredit, Ujian dan Nilai Para mahasiswa pasca sarjana di Jepang seperti halnya di Indonesia harus mengumpulkan sejumlah kredit yang dipersyaratkan dan lulus dari ujian-ujian setiap mata ajaran yang diberikan untuk menyelesaikan studi. Ujian akhir untuk setiap semester biasanya dilakukan pada bulan September atau Oktober yakni setelah liburan musim panas, sedangkan ujian tahap kedua diadakan pada pada bulan Januari atau Pebruari setelah liburan musim dingin. Ujian-ujian umumnya dilakukan secara tertulis. Bila kurang memuaskan, ujian susulan dapat juga diminta dan biasanya dilakukan dengan membuat makalah.
--------------------------------------------------------------------------------
Page 9
9Pemberian nilai didasarkan pada hasil ujian dan paper yang diserahkan, di samping itu kehadiran mengikuti kuliah juga dipertimbangkan. Nilai tersebut adalah sangat memuaskan (A), memuaskan (B), cukup (C), kurang (D). Umumnya A=80-100%; B=70-79%; C=60-69%; D=0-59%. Untuk nilai D tidak diberikan kredit. Pada saat ini masih terdapat perguruan tinggi di Jepang yang memberikan penilaian sebagai berikut : Yu (istimewa), Ryo (bagus), dan Ka (kurang). 2.7 Gelar dan Penganugerahan Ijazah Jumlah kredit (tan'i) yang diperlukan dalam penyelesaian program empat tahun berbeda untuk masing-masing universitas. Tetapi jumlah kredit minimum adalah sebanyak 140 kredit kecuali untuk fakultas kedokteran, fakultas kedokteran gigi dan fakultas kedokteran hewan. Gelar Sarjana (Gakushi) dianugerahkan hanya bagi mereka yang lulus dari suatu universitas. Gelar ini tidak diberikan kepada pendidikan tinggi lainnya di luar universitas. Karena itu dapat disebut bahwa universitas di Jepang adalah suatu badan yang mempunyai wewenang memberikan gelar sarjana (Gakushi). Dapat pula ditambahkan di sini bahwa lulusan dari akademi atau sekolah tinggi teknik dapat diterima di universitas sebagai mahasiswa tingkat II atau III. Gelar MS (Shushi) dianugerahkan kepada mereka yang telah menyelesaikan program dua tahun atau lebih dan telah memperoleh paling sedikit 30 kredit dalam bidang keahlian serta dianyatakan lulus pada ujian akhir dan tesis. Gelar Doktor (Hakushi) mensyaratkan tiga tahun studi setelah Program MASTER. Bagi fakultas kedokteran dan fakultas kedokteran gigi disyaratkan masa studi selama empat tahun untuk dapat
--------------------------------------------------------------------------------
Page 10
10mencapai gelar Doktor. Penganugerahan ijazah Doktor dilakukan setelah mahasiswa yang bersangkutan telah mencapai kredit (tan'i) yang disyaratkan serta dinyatakan lulus setelah mempertahankan disertasinya. Ujian akhir Program Doktor dilakukan hanya sekali yaitu seminar dihadapan para dosen program studi/jurusan dan setelah itu dilanjutkan dengan ujian secara terbatas oleh lima guru besar penguji. Ujian dilakukan secara lisan dan memakan waktu satu sampai dua jam. Di Jepang tidak dilakukan ujian terbuka seperti yang dilakukan di Indonesia. Walaupun demikian sebelum ujian diharuskan agar promovendus menyampaikan seminar disertasinya dihadapan para dosen jurusan sebelum ujian resmi diadakan. Biasanya seminar ini juga menentukan cukup tidaknya materi suatu penelitian disertasi. Umumnya sangat sulit untuk memperoleh gelar doktor di Jepang. Jarang sekali seseorang dapat lulus dalam tiga tahun. Khusus untuk bidang ekonomi penyelesaian program doktor baik bagi mahasiswa Jepang sendiri terasa sangat sulit. Karena itu dianjurkan agar mahasiswa asing tidak usah mengikuti Program Doktor dalam bidang ini di Jepang kecuali bidang-bidang terapan yang dirasakan sangat diperlukan oleh negara kita seperti bidang manajemen, moneter, dll. Dewasa ini ada kecenderungan bahwa penulisan tesis dan disertasi dapat ditulis dalam bahasa Inggris. Bagi mereka yang telah menyelesaikan kuliah, tesis dan lulus ujian akhir Program Master diberikan gelar Shushi, menurutmasing-masing bidang ilmu : - Nogaku Shushi- Magister Ilmu Pertanian - Kagoku Shushi- Magister Ilmu Teknik - Kyoikugagu Shushi - Magister Ilmu Pendidikan
--------------------------------------------------------------------------------
Page 11
11- Rigaku Shushi- Magister MIPA - Keizaigaku Shushi - Magister Ekonomi - dll.Bagi mereka yang telah menyelesaikan kuliah, disertasi dan lulus ujian akhir Program Doktor berhak mendapat Hakushi, menurut masing - masing bidang ilmu : - Nogaku Hakushi- Doktor Ilmu Pertanian - Kogaku Hakushi- Doktor Ilmu Teknik - Kyoikugagu Hakushi - Doktor Ilmu Pendidikan - Rigaku Hakushi- Doktor MIPA - Keizaigaku Hakushi - Doktor Ekonomi - dll. Penganugerahan ijazah untuk program pascasarjana dilakukan hanya sekali dalam setahun yaitu dalam bulan April dilakukan bersama-sama dengan program Master dan program lainnya. BAB III KEGIATAN AKADEMIK 3.1 Bahasa Jepang Kegiatan akademik yang paling awal bagi mahasiswa asing yang akan belajar di Jepang adalah mengikuti kursus bahasa Jepang untuk persiapan masuk ke perguruan tinggi. Setiap mahasiswa asing diharuskan lulus dalam ujian bahasa Jepang sehingga dapat menguasai bahasa tsb. agar dapat mengikuti program pascasarjana. Bagi mereka yang mendapat beasiswa Monbukagakusho biasanya diurus secara terpadu pada berbagai
--------------------------------------------------------------------------------
Page 12
12program bahasa Jepang yang ada, seperti di Osaka University of Foreign Studies (Osaka GaiGodai) atau di masing-masing perguruan tinggi yang mempunyai program bahasa Jepang yang diakui. Kursus bahasa juga diberikan oleh Kokusai Gakuyukai Nihonggo Gakko yang terletak di Kashiwangi, Tokyo. Dalam kursus ini mahasiswa diajarkan untuk dapat menguasai berbagai aspek bahasa Jepang baik yang menyangkut percakapan, penulisan, tata bahasa maupun pengertiannya. Dalam kursus biasanya diharuskan seseorang untuk menguasai ketiga jenis tulisan Jepang yaitu Hiragana, Katakana dan Kanji. 3.2 Ujian Masuk Perguruan Tinggi Bagi Mahasiswa Asing 1). Calon Mahasiswa asing yang akan memasuki perguruan tinggi di Jepang, dapat mengikuti sistem penerimaan mahasiswa baru dengan dua tahap, yakni Ujian Seleksi Bersama Tahap Pertama yang dilaksanakan secara nasional. Bila lulus dari seleksi ini, maka selanjutnya pelamar akan mengikuti wawancara, tes kemampuan, dsb, yang dilakukan oleh perguruan tinggi yang akan dimasuki. Ujian seleksi bersama tersebut adalah Joint First-Stage Achievement Test (JFSAT). 2). Ujian umum bagi mahasiswa asing, dilakukan oleh Association of International Education, Japan (AIEJ) di Tokyo dan Osaka setiap bulan Desember tiap tahun. Disamping itu mahasiswa asing yang ingin mengikuti program sarjana ini diharuskan juga menempuh ujian bahasa Jepang atau yang disebut Japanese Language Proficiency Testyang juga diselenggarakan oleh AIEJ bulan Desember setiap tahun. Hasil dari kedua tes tersebut diteruskan oleh AIEJ ke perguruan tinggi
--------------------------------------------------------------------------------
Page 13
13yang diingini pelamar. Mata kuliah yang akan diuji tergantung pada bidang keahlian yang akan diambil, seperti tercantum pada Tabel 1. 3). Untuk peserta program pasca sarjana, kebutuhan seperti di atas tidak diperlukan. Walaupun demikian mereka harus dapat lulus sesuai dengan program bahasa Jepang yang mereka ikuti. Untuk mengikuti ujian masuk Program Master ataupun Doktor diperlukan penguasaan bahasa Jepang yang memadai. Mata ajaran yang diuji secara tertulis untuk Program Master maupun Doktor adalah : - dua cabang ilmu dasar (umpama matematika dan fisika) bagi bidang ilmu Teknik; - bidang ilmu yang akan ditempuh di program pasca sarjana; - dua bahasa asing (bahasa Jepang dapat pula dianggap sebagai bahasa asing, umpama bahasa Inggeris dan Jerman). Untuk Program Doktor selain ujian di atas diisyaratkan pula, untuk ujian lisan dimana calon mahasiswa diminta menyajikan penelitian tesisnya di hadapan para dosen pada jurusan atau program studi yang akan ditempuh. Persyaratan ini terutama diperuntukkan bagi lulusan Master dari perguruan tinggi lain termasuk Indonesia. Nilai transkrip pada jenjang pendidikan sebelumnya juga merupakan bahan pertimbangan diterima tidaknya seseorang di program pasca sarjana. Ujian masuk biasanya dilaksanakan dalam bulan Agustus dan Oktober atau dalam bulan Pebruari – Maret.
--------------------------------------------------------------------------------
Page 14
14Tabel 1. Mata Ajaran yang diuji Bidang KeahlianMata Kuliah yang diuji Ilmu-ilmu Sosial Pendidikan, Seni, dsb Matematika, Sejarah Dunia, Bahasa Inggris, atau Perancis Bidang eksakta, Teknik, Pertanian, Kedokteran, Kedokteran Gigi, dsb. Matematika, dua dari tiga mata ajaran berikut : Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Inggris, Jerman atau Perancis. Walaupun ujian bahasa Jepang belum melembaga pada ujian masuk programpascasarjanasebaiknyasetiapkaryasiswamenyiapkan kemampuan bahasa Jepangnya sebaik mungkin. Ujian kemampuan bahasa Jepang umunya terdiri dari tiga ketegori, yakni : penulisan dan penguasaan kata-kata, pendengaran, dan membaca berikut tata bahasa. Kriteria jumlah jam belajar untuk bahasa ini dilakukan dalam tingkatan belajar (Tabel 2). Tabel 2. Kriteria jam belajar bahasa Jepang K r i t e r i a TingkatanKanji (kata) Katakana (kata) Jumlah Jam (jam) Kira-kiraKira-kiraKira-kira 4 Dasar I100800150 3 Dasar II3001500300 2 Menengah10006000600 1 Lanjut200010000900
--------------------------------------------------------------------------------
Page 15
15Alamat dari AIEJ adalah : AIEJ, 4-5-29, Komaba, Meguro-ku, Tokyo 153-8503. Japan. Di Jakarta sudah ada Kantor Perwakilan AIEJ dengan alamat: JEIC ( Japan Educational Information Center). Summitmas I, Lt.5, Jl. Jend. Sudirman, Kav. 61-62, Jakarta 12190. Tel. 021-252-1912 dan Fax.: 021-252-1913. E-mail: jeic_jkt@rad.net.iddan Website: http://www. Aiej.or.jp. 3.3 Mahasiswa Riset (Kenkyusei) Kenyusei adalah mahasiswa yang mengikuti program pascasarjana, tetapi tidak untuk tujuan mencapai gelar (non-degree student). Program ini biasanya diikuti oleh Pegawai perusahaan untuk pengembangan produk tertentu atau pelaksanaan penelitian jangka pendek. Program ini dapat pula diikuti oleh para peneliti lembaga penelitian ataupun mahasiswa asing yang akan mengambil program pascasarjana secara terstruktur ataupun program riset mandiri (Ronpaku). Lama program sebagai mahasiswa riset adalah satu atau dua tahun. Setelah selesai mengikuti program bahasa Jepang, mahasiswa asing dapat melamar menjadi mahasiswa riset. Untuk karyasiswa yang menerima beasiswa Monbukagakusho status sebagai mahasiswa riset ini telah ditentukan sebelum mereka meninggalkan Indonesia. Sebagai mahasiswa riset karyasiswa penerima beasiswa Monbukagakusho diharuskan memasuki laboratorium dan menemui profesor yang akan membimbingnya setelah menyelesaikan program bahasa Jepangnya. Biasanya mereka yang telah diterima diberikan meja dan kursi dalam laboratorium bersama sama
--------------------------------------------------------------------------------
Page 16
16mahasiswa riset lain ataupun mahasiswa pascasarjana yang menjadi asuhan profesor pembimbing. 3.4 Kegiatan Kuliah dan Penelitian Pasca sarjanaSetelah lulus dan diterima di program pasca sarjana maka resmilah seorang mahasiwa asing menjadi mahasiswa pasca sarjana. Untuk itu mereka akan diberikan beberapa formulir untuk dilengkapi terutama yang menyangkut kegiatan kuliah dan kartu mahasiswa yang diperoleh dari administrasi program pasca sarjana (Daigakuin Gakari). Kegiatan kuliah pada Program pascasarjana ada yang terjadual ada pula yang tidak terjadual. Kegiatan tidak terjadual seperti penelitian mandiri di laboratorium dapat dihitung sebagai kegiatan akademik dan diberi kredit (unit). Kuliah umumnya diberikan dalam bahasa Jepang. Saat ini sudah banyak perguruan tinggi yang memberi perkuliahan/seminar dalam bahasa Inggeris pada beberapa Program Studi tertentu. Perguruan tinggi yang memberikan kuliah dalam bahasa Inggeris tersebut adalah Universitas Hokkaido (Hokudai), Universitas Saitama, Universitas Tokyo (Todai), Institut Teknologi Tokyo (Tokodai), Universitas Pertanian dan Teknologi Tokyo (Nokodai), Universitas Nasional Yokohama, Universitas Teknologi Nagaoka, Universitas Nagoya, Universitas Kobe, Universitas Shimane, Universitas Hiroshima, Universitas Ehime, Universitas Kyushu (Kyudai), Universitas Saga dan Universitas Ryukyu. Dalam buku Beasiswa Monbukagakusho Untuk Tingkat Pascasarjana yang diterbitkan oleh Kedutaan Besar Jepang di Jakarta (2001) terdapat daftar Program Studi yang memberikan kuliah dalam bahasa Inggeris tsb. Pada Program Doktor kegiatan tak terjadual lebih banyak walaupun masih ada yang memberikan kuliah terstruktur/ terjadual. Penelitian mahasiswa
--------------------------------------------------------------------------------
Page 17
17pascasarjana biasanya dikaitkan dengan program penelitian lab. sehingga mahasiswa tidak perlu memikirkan biaya penelitian. Kadangkala mahasiswa juga diberi kesempatan untuk mengajukan usulan penelitian untuk mendapat dana riset dari Monbukagakusho seperti dana Tokubetsu Kenkyu (riset khusus) atau Shiken Kenkyu (riset eksperimental). Selain itu terdapat pula dana hibah untuk penelitian di luar negeri dan beberapa Professor Jepang telah memanfaatkannya untuk melakukan peneliti di Indonesia. Karena itu bagi karyasiswa yang ingin melakukan penelitiannya di Indonesia, terutama yang menyangkut penelitian yang memang penting bagi kedua negara, dari jauh hari sudah melalkukan komunikasi dengan calaon Professor Jepangnya. 3.5 Bimbingan Tesis/DisertasiSeorang mahasiswa pasca sarjana biasanya selalu berada di laboratoriumnya sepanjang hari dan bahkan sampai larut malam baik untuk kegiatan kuliah, belajar sendiri atau kegiatan penelitian. Tidak jarang mahasiswa pasca sarjana menginap di laboratorium dengan saran seadanya, terutama bila kegiatan percobaan memang memerlukannya. Kelompok studi masalah tertentu yang dilakukan bersama mahasiswa pascasarjana dan asisten dosen sangat membantu dalam memperkaya penguasaan, pengetahuan serta kedalaman kegiatan riset yang akan dan sedang dilakukan.
--------------------------------------------------------------------------------
Page 18
18Gbr. 2. Suasana penelitian di Laboratorium Bimbingan tesis/disertasi biasanya dipercayakan kepada seorang guru besar (Professor). Di Jepang tidak dikenal sistem bimbingan oleh komisi pembimbing. Seorang mahasiswa pascasarjana yang ingin berkonsultasi tentang penelitiannya kepada guru besar lain sebaiknya melakukan hal tersebut setelah mendapat ijin dari guru besarnya. Biasanya guru besar pembimbingnya akan menghubungi guru besar yang kita minta atau membawa kartu nama atau surat pengantar. Walaupun diawasi oleh pembimbing, seorang mahasiswa pascasarjana dituntut kemandirian serta motivasinya dalam menyelesaikan studinya. Seringkali pembimbing membiarkan mahasiswamelakukan inovasi dan kreasi sendiri tanpa bimbingan intensif tetapi akan mendapat banyak masukan dari rekan serta pembimbingnya pada seminar laboratorium yang biasanya dilakukan setiap minggu. Setiap tahun mahasiswa pascasarjana dianjurkan mengikuti pertemuan/ seminar himpunan profesi di mana ia dapat pula menyajikan sebagian hasil penelitian tesis atau disertasinya. Saat ini sudah mulai nampak keikut sertaan mahasiswa pascasarjana dalam berbagai forum seminar
--------------------------------------------------------------------------------
Page 19
19internasioanl di luar Jepang. Sebaiknya pula bagi mahasiswa Indonesia kesempatan ini perlu dimanfaatkan seoptimal mungkin. 3.6 Beasiswa untuk Mahasiswa AsingJenis-jenis beasiswa untuk mahasiswa asing yang diberikan oleh pemerintah atau yayasan di Jepang, adalah : 1). Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho Scholarships) Pemberian beasiswa oleh Pemerintah Jepang melalui Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (sekarang Kementrian Pendidikan Nasional) dilakukan sejak tahun 1954. Sejumlah lebih dari 9400 mahasiswa asing yang berasal dari sekitar 100 negara di dunia telah melakukan studi di Jepang dengan sponsor beasiswa pemerintah ini. Dari Indonesia sampai saat ini jumlah jatah yang diberikan tiap tahun adalah sekitar 70 beasiswa. Tujuan pemberian beasiswa ini adalah untuk memberi kesempatan bagi mahasiswa asing belajar di perguruan tinggi di Jepang, mempromosikan pertukaran internasional dalam bidang pendidikan ilmu dan kebudayaan, serta mempererat hubungan persahabatan antara Jepang dengan negara-negara lain. Besarnya beasiswa Monbukagakusho adalah ¥ 185,500 tiap bulan. Penerima beasiswa Monbukagakusho ini tidak diwajibkan lagi untuk membayar uang kuliah, bench fee, serta biaya pendidikan lainnya. Selain itu diberikan pula beberapa tunjangan lain seperti tunjangan pada saat tiba di Jepang pertama kali, ekskursi dll. Di Indonesia, terdapat 3 jalur pelamaran untuk mendapatkan beasiswa Monbukagakusho untuk tingkat pascasarjana, yaitu jalur a). G to G (government to government), b). U to U ( kerjasama antar universitas) dan c). Departemen Teknis (BPPT, LIPI, LAPAN, Deptan, Dephut, dll).
--------------------------------------------------------------------------------
Page 20
201-1). Berdasarkan perjanjian bilateral antara pemerintah Jepang dan Indonesia, setiap tahun pemerintah Jepang melalui Mombusho menawarkan sekitar 70-an beasiswa untuk belajar di Jepang baik untuk studi tingkat sarjana maupun pascasarjana. Untuk dapat memperoleh beasiswa Mombusho seorang pelamar harus mengikuti prosedur serta persyaratan yang akan dijelaskan secara rinci sbb. Tiap tahun programG to G ditawarkan pada bulan Januari dan penutupannya pada akhir bulan Juni. Setiap usulan G to G harus sudah disetujui oleh Sekretariat Kabinet RI sebelum dikirim ke kedutaan besar jepang di Jakarta. Untuk program G to G dikenal dua cara pelamaran yaitu melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi c.q. Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi, dan yang melalui Intansi/Departemen Teknis. Prosedur pelamaran untuk masing masing cara pelamaran akan dijelaskan pada bagian berikut. 1-1.a. Cara Pelamaran melalui Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi Untuk cara ini diperlukan prosedur berikut: (1). Pelamar dicalonkan oleh masing masing Perguruan Tinggi asal yang disertai surat pengantar atau ijin dari Rektor atau Pembantu Rektor I. (2). Formulir yang telah dilengkapi dan diisi dari masing masing Perguruan Tinggi (P.T.) harus diserahkan kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Departemen Pendidikan Nasional untuk selanjutnya setelah diseleksi diteruskan ke Biro Kerjasama Luar dan kemudian ke Sekretariat Kabinet RI (SETKAB).
--------------------------------------------------------------------------------
Page 21
21(3). Setelah disyahkan oleh SETKAB baru boleh diteruskan ke Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang di Jakarta. (4). Bagi mereka yang lulus praselekasi akan dipanggil oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk mengikuti wawancara Seleksi Bersama (Joint Selection) yang dilakukan oleh Panitya Seleksi yang beranggotakan wakil wakil dari Ditjen Dikti dan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia. (5). Bagi yang telah lulus seleksi bersama akan dipanggil untuk mengikuti POT (pre-overseas training) selama 5-6 bulan untuk mempelajari bahasa Jepang, bahasa Inggeris, Ilmu-ilmu dasar dan terapan, studi di Jepang, kehidupan sehari-hari dan kebudayaan Jepang serta pembekalan lain yang dianggap perlu. (6). Sebelum berangkat pada permulaan bulan April biasanya dilakukan upacara pelepasan oleh Kedutaan Jepang. 1-2). Beasiswa Melalui Jalur U to U Calon yang ingin mendapatkan beasiswa Mombusho dapat pula menggunakan jalur hubungan antar universitas yang juga dikenal sebagai jalur University to University (U to U). Hal ini dimungkinkan bilamana antara universitas asal pelamar telah mempunyai piagam kerjasama (MOU) dengan universitas mitranyadi Jepang atau mendapat rekomendasi dari salah seorang Professor di Jepang yang berwenang membimbing mahasiswa asing sesuai dengan peraturan Mombusho. Pada dasarnya besarnya beasiswa, persyaratan masuk, peraturan yang berlaku serta lama studi tidak berbeda dengan mereka yang menerima beasiswa melalui jalur G to G. Perbedaan yang
--------------------------------------------------------------------------------
Page 22
22terpenting terletak pada prosedur pengajuan lamaran serta pelayanan setibanya di Jepang. Untuk pelamar program jalur U to U segala sesuatunya diurus sendiri dari hal keberangkatan sampai ketibaannya di Jepang termasuk program pelajaran bahasa Jepang. Untuk kesemuanya itu mereka diminta mengadakan komunikasi langsung dengan calon pembimbingnya baik mengenai penjemputan maupun mengenai program bahasa Jepang serta program mahasiswa riset. Untuk dosen perguruan tinggi proses keberangkatan ke luar negeri tetap harus mengikuti alur permintaan ijin dari pimpinan perguruan tingginya, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan SETKAB. 1-3). Cara Pelamaran dari Instansi/Departemen (1). Calon yang melamar dari suatu instansi atau Departemen Teknis harus menyertakan surat pengantar dari Pejabat Instansi/Departemen yang berwenang. (2). Formulir yang telah diisi dan dilengkapi dari Instansi/Departemen harus diserahkan langsung kepada SETKAB dengan surat pengantar dari Instansi/Departemen asal. (3). Setelah disyahkan oleh SETKAB baru boleh diteruskan ke Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang di Jakarta. (4). Bagi mereka yang lulus praselekasi akan dipanggil untuk mengikuti wawancara Seleksi Bersama (Joint Selection) yang dilakukan oleh Panitya Seleksi yang anggota anggotanya ditunjuk oleh Kedutaan Besar Jepang di Indonesia.
--------------------------------------------------------------------------------
Page 23
23(5). Sampai saat ini bagi mereka yang telah lulus dari kelompok ini tidak menerima pembekalan awal seperti halnya mereka yang mengikuti jalur seleksi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2). Beasiswa swasta 2-a). Pelamaran beasiswa di Indonesia. Tidak banyak yayasan pemberi beasiswa yang membolehkan pelamaran untuk studi pascasarjana di Indonesia. Umumnya pemberi beasiswa memperuntukkan beasiswa bagi mahasiswa asing yang sedang studi di Jepang. Tabel berikut adalah daftar tiga pemberi beasiswa yang pelamarannya dapat dilakukan di Indonesia yaitu, The INPEX Foundation, Hitachi Scholarship Foundation dan Okazaki Kaheita International Scholarship. Beasiswa terakhir ini tidak berlaku bagi mereka yang akan belajar dalam bidang Kedoketaran, Kedokteran Gigi atau Kedokteran Hewan. 2-b).Beasiswa yang dapat diperoleh di Jepang Beasiswa yang dapat diperoleh di Jepang diperuntukkan bagi mahasiswa asing yang sedang belajar di perguruan tinggi Jepang. Beberapa di antara yayasan pemberi beasiswa juga terbuka bagi mereka yang mempunyai status non-degree students. Ada dua cara melamar untuk memperoleh beasiswa, yakni : Tabel 3. Daftar pemberi beasiswa dari swasta
--------------------------------------------------------------------------------
Page 24
24Nama Yayasan Pemberi BeasiswaMSDrBidangAlamat: 1.INPEX Foundation*EkstaktaIndonesia Petroleum, Ltd. JakartaOffice,12Fl, Midplaza Bld. Jl. J. Sudirman, Kav. 10-11, Jakarta 2. Hitachi Scholarship Foundation **Eksakta8F. New Marunouchi Bld. 5-1, Marunouchi 1 Chome, Chiyoda-Ku, Tokyo, 100-8220,Japan.Fax:81-33215-2449 3. Okazaki Kaheita International Scholarship Foundation *Semua bidang kecuali kedokteran 3-2-5Kasumigaseki, Chiyoda-Ku, Tokyo 100, Fax: 81-3-3592-6183. a). Lamaran umum : pelamar langsung mengirim permohonan ke yayasan yang bersangkutanb). Rekomendasi universitas : pelamar memasukkan berkas lamaran ke universitas tempat di belajar. Selanjutnya universitas tempat dia belajar. Selanjutnya universitas akan meneruskan lamaran tersebut dengan rekomendasi kepada yayasan yang dituju. Beberapa yayasan yang memberi beasiswa di Jepang antara lain adalah Rotary Club, Toyota Foundation, Tokyu Foundation for Inbound Student, Inpex Foundation, dsb. Daftar nama, jumlah beasiswa yang ditawarkan serta persyaratan bagi mahasiswa yang sedang mengikuti program sarjana
--------------------------------------------------------------------------------
Page 25
25di Jepang, dapat dilihat pada buku yang diterbitkan oleh Asian Students' Cultural Association. (Asian Students' Cultural Association, 1993). 3. Program Ronpaku (Ronbun Hakashe, Dissertation by Research) The Japan Society for the Promotion of Science (JSPS) memberikan beasiswa bagi para dosen perguruan tinggi yang telah bergelar MS atau yang setara untuk mendapatkan gelar Doktor disalah satu perguruan tinggi di Jepang. Program ini di utamakan bagi mereka yang karena umur yang telah melebihi 35 tahun dan sudah banyak menerbitkan hasil penelitiannya di berbagai jurnal yang terakreditasi secara internasional ( kadangkala diperbolehkan pula untuk jurnal nasional yang terakreditasi ). Program ini tidak mengharuskan penerima beasiswa untuk bermukim di Jepang dan mengikuti kuliah di salah satu perguruan tinggi di Jepang. Untuk melakukan konsultasi dan penyelesaian studi penerima beasiswa diberi kesempatan untuk berada di Jepang selama 3 bulan. Biasanya program ini diikuti oleh para peneliti yang ikut pada program kerjasama penelitian (Joint Research Program) melalui program Universitas Inti (Core University Program) dengan tujuan dalam upaya meningkatkan kualitas hasil kegiatan penelitian bersama tsb. Formulir pelamaran untuk program Ronpaku ini dapat diperoleh di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi atau LIPI. 3.7 Biaya Kuliah Bagi penerima beasiswa Monbukagakusho tidak diwajibkan membayar uang registrasi, kuliah, biaya penelitian dll. Umumnya biaya penelitian telah disediakan oleh guru besar yang menerima mahasiswa pascasarjana
--------------------------------------------------------------------------------
Page 26
26melalui dana riset dari Monbukagakusho (Tokubetsu Kenkyu atau Shiken Kenkyu) semacam dana penelitian dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di Indonesia. Rata-rata biaya kuliah dan kursus bahasa yang dibayar pada waktu registrasi pada tahun akademik 1995 adalah seperti Tabel 4. Di beberapa perguruan tinggi negeri, bagi mahasiswa asing, khususnya dengan biaya sendiri dan berprestasi, dapat diberikan keringanan atau reduksi biaya masuk dan biaya kuliah. Keringan biaya ini meliputi keseluruhan biaya maupun setengah dari biaya yang harus dibayar. Tabel 4a. Biaya rata-rata pendidikan tahun pertama pendidikan pasca sarjana untuk berbagai bidang ilmu pada tahun 1995 (dalam yen) Pasca sarjana Bidang Ilmu/Program Pemerintah Pemerintah Daerah Swasta 1. Semua bidang707.6002. Kedokteran gigi799.0001.065.000 3. Kedokteran799.0001.065.000 4. Humaniora753.000971.000 5. Ilmu-ilmu sosial736.000922.000 6. Sains dan teknologi713.0001.185.000 7. Pertanian684.0001.022.000 8. Farmasi684.0001.022.000 Nilai tukar : 1 US$ = 125 ¥ (yen) Tabel 4b. Biaya kursus bahasa Jepang
--------------------------------------------------------------------------------
Page 27
27Lama pendidikan (bulan)Biaya (yen) 6130.000 - 500.000 12330.000 - 1.069.100 18580.000 - 1.632.800 24330.000 - 1.710.000 BAB IV PENGENALAN NEGARA DAN LINTAS BUDAYA 4.1 Geografi dan IklimJepang terletak di lepas pantai timur benua Asia terdiri dari empat pulau utama, yaitu Hokkaido, Honshu, Shikoku dan Kyusyu serta ribuan pulau kecil yang berdekatan. Pulau Honshu terbagi dalam lima chicho (daerah) yaitu dari utara Tohoku, Kanto, Chubu, Kinki dan Chugoku. Luas Jepang sekitar 372.000 km persegi atau kurang lebih seperlima dari luas Indonesia dan dengan panjang + 2.500 km yang terentang dari utara ke selatan. Dataran Jepang sekitar tiga perempatnya terdiri dari pegunungan dan bukit-bukit, sehingga lahan yang tersedia untuk dapat diolah dan dikembangkan amat terbatas. Penduduk Jepang yang berjumlah + 130 juta jiwa menempati lahan yang relatif sempit itu. Ibukota Jepang adalah Tokyo. Jepang merupakan wilayah angin musim yang pada hakekatnya panas tidak terlalu panas dan dingin tidak terlalu dingin. Pembagian musim terdiri dari haru (musim semi) berkisar sekitar Maret – Mei, natsu (musim panas) dari Juni – Agustus aki (musim gugur) sekitar September – Nopember dan fuyu (musim salju) sekitar Desember – Pebruari.
--------------------------------------------------------------------------------
Page 28
28Pergeseran musim amat berpengaruh terhadap pola kehidupan. Mulai dari pakaian, alat rumah tangga hingga makanan/minuman akan berbeda tergantung pada keadaan musim yang bersangkutan. Temperatur terendah bisa mencapai di bawah 0º C sementara temperatur tertinggi tidak lebih dari 33º-34º C. Di Jepang sering terjadi gempa bumi. Bagi orang Jepang peristiwa alam ini tampaknya sudah biasa. Mereka juga sering dilanda angin topan yang setiap tahunnya menghembus Jepang sekitar Juli – September. 4.2 Sejarah Singkat JepangSejarah Jepang bermula dari jaman Jomon + 10750 tahun sebelum masehi berlanjut dengan jaman Yayoi (BC 300 – AD 300), jaman Nara (abad ke-7 – abad ke-8), jaman Heian (abad ke-9 s.d. abad ke-12) Kamakuro (abad ke-12 s.d. abad ke-14), Muromachi (abad ke-14 s.d. abad ke-16) Azuchi-Momoyama (abad ke-15 s.d. abad ke-16), jaman Edo (abad ke-16 s.d. abad ke-19), Meiji (1868 – 9111), Taisho (1912 – 1925), Showa (1925 – 1988) dan dewasa ini adalah periode Heisei yang diawali dengan wafatnya Kaisar Hirohito pada bulan Januari 1998 dan naik tahtanya Kaisar Akihito yang dinobatkan pada bulan Nopember 1990. Dalam perjalanan sejarahnya Jepang pernah mengadakan pembarahuruan budaya secara besar-besaran, yaitu dengan meniru berbagai pranata dan budaya Cina di tahun 645. Pembaharuan ini dikenal dengan pembaharuan Taika. Antara abad ke-7 sampai dengan abad ke-9, Jepang banyak mengirim pemuda-pemudanya untuk belajar di negeri Cina. Di jaman Heian Jepang mulai menciptakan berbagai budaya yang khas Jepang dengan menggunakan rujukan-rujukan dari Cina. Salah satu budaya
--------------------------------------------------------------------------------
Page 29
29ciptaannya yang cukup penting adalah tulisan Kana. Pada periode Edo, Jepang menutup diri dari segala pengaruh asing untuk selama kurun waktu + 3 abad, kecuali Cina dan Belanda selama masa isolasi ini tidak ada yang diperkenankan masuk ke Jepang, begitu pula sebaliknya orang Jepang tidak diperbolehkan ke luar Jepang. Pada tahun 1854 ketertutupan Jepang ini berhasil didobrak oleh Amerika dan sejak 1868 mulailah pembaharuan Jepang lagi yang dilakukan secara besar-besaran pula. Pembaharuan ini dikenal dengan sebutan Restorasi Meiji. Berbeda dengan pembaharuan Taika, dalam pembaharuan Meijikiblat Jepang diarahkan pada Eropa terutama Jepang berusaha meniru Jerman, berusaha menjadikan diri menjadi sebuah negara yang kuat dan kaya. Usaha ini berhasil, namun di dalam perang dunia ke-2 Jepang mengalami kekalahan dan sejak itu Jepang mulai berkiblat ke Amerika. 4.3 PemerintahanPada tahun 1890 DIET (parlemen) kekaisaran dibentuk dan dengan demikian Jepang merupakan negara pertama di Asia yang menerapkan politik parlementer. Meskipun demikian, Majelis Tinggi atau House of Peers dari DIET Kekaisaran terdiri dari wakil-wakil kelas istimewa, khususnya kaum bangsawan. Sementara itu Jepang tetap merupakan sebuah monarki absolut dengan kedaulatan berada di tangan Kaisar. Baru pada bulan November 1946 ketika konstitusi yang sekarang diumumkan secara resmi, kedaulatan beralih ke tangan rakyat dan diberlakukan sistem pemerintahan demokratis. Dewasa ini kedudukan Kaisar adalah sebagai lambang negara, sementara DIET adalah organ tertinggi pemerintahan.
--------------------------------------------------------------------------------
Page 30
30Sistem yang berlaku sekarang berdasarkan pembagian kekuasaan pemerintah menjadi tiga bagian, yaitu Legislatif, Eksekutif, dan Yudikatif yang bertindak mengawasi dan mengimbangi satu sama lainnya. Pemerintahan daerah di tingkat prefektur (ken), setara dengan provinsi di Indonesia, berpusat pada gubernur dan DPRD dari masing-masing 47 prefektur. Gubernur dan para anggota DPRD dipilih langsung oleh penduduk prefektur yang bersangkutan. Sistem pemerintahan daerah kota besar, kota dan desa berada di bawah pemerintahan daerah prefektur yang bersangkutan. 4.4 Kehidupan Sehari-hari1). Pakaian Keadaan iklim dari musim yang berganti-ganti sepanjang tahunnya, sangat berpengaruh besar terhadap pola kehidupan di Jepang. Mulai dari pakaian, makanan, minuman, hingga peralatan rumah tangga untuk kepentingan sehari-hari akan bergantung pada iklimnya. Biasanya orang Jepnag menyesuaikan jenis pakaiannya sesuai dengan musim yang dialamai. Bahan pakaian yang digunakan baik untuk pria maupun wanita adalah wool atau yang sejenisnya yang memungkinkan bisa menyimpan panas di tubuh. Kaos-kaos pakaian dalam (shitagi) yang berlengan panjang atau berkaki panjang (kadang disebut pakaian monyet) dibutuhkan untuk pria maupun wanita. Pada musim dingin baik pria maupun wanita membutuhkan pakaian minimal tiga lapis sekali pakai. Sementara untuk kebutuhan tidur perlu disiapkan kakefuton yaitu kasur untuk selimut atau dua sampai tiga lembar selimut tebal. Untuk
--------------------------------------------------------------------------------
Page 31
31alat pemanas diperlukan sutobu (stove) yaitu alat pemanas yang menggunakan bahan bakar seperti gas, listrik atau minyak tanah. Bagi yang tinggal di ryo (asrama) mungkin tidak perlu mempersiapkan alat ini, karena biasanya telah tersedia. Makanan di Jepang tidak terlalu berbeda dengan di kita, tetapi di musim dingin dibutuhkan makanan-makanan dan minuman yang dapat membantu memanaskan tubuh. Oleh karena itu seperti minuman keras di Jepang amat biasa dan bukan merupakan suatu barang konsumsi yang dilarang. 2). Ofuro – Sentaku (Mandi – Mencuci) Mandi di Jepang, bukan hanya sekedar membersihkan diri, tapi berfungsi untuk menghangatkan badan terutama di musim dingin. Kebiasaan mandi di Jepang adalah satu kali dalam sehari dan biasanya dilakukan pada malam hari. Bagi mereka yang tinggal di apato(apartemen) atau di ryo (asrama) yang dilengkapi dengan ofuro(kamar mandi), persoalan mandi tidak menjadi masalah, tetapi bagi tempat-tempat tinggal yang tidak dilengkapi dengan ofuro (kamar mandi), para penghuninya biasa menggunakan fasilitas sento yaitu kamar mandi umum dengan tarif + ¥ 230 satu kali mandi. Di sento, kamar mandi akan terdiri dari dua pintu, satu pintu untuk laki-laki dan satu pintu untuk perempuan. Sistem mandi di sento adalah mandi bersama. Satu sama lain sama-sama berendam di ofuro (kolam mandi) yang sama. Di Jepang ofuro (kamar mandi), hanya berfungsi benar-benar untuk mandi, bukan untuk buang air kecil/besar. Dalam hal buang air kecil/besar digunakan otearai/toilet dan sebagai pembersih adalah
--------------------------------------------------------------------------------
Page 32
32kertas tisu. Memang di tempat-tempat tertentu atau rumah-rumah tertentu ada juga yang menggunakan fasilitas air sebagai alat pembersih tapi tetap juga memakai tisu, sehingga sangat perlu bagi karyasiswa untuk senantiasa mengantongi tisu setiap saat sebagai persiapan. Di musim-musim dingin biasanya mandi tidak dilakukan tiap hari, mencuci pakaian kecuali pakaian dalam, pakaian lain seperti jas, pantolan, rok dan baju-baju dingin lainnya tidak setiap kali diculi. Terutama over coat biasanya cukup setelah musim dingin berakhir dan dicuci di dry-cleaning. Untuk mencuci pakaian sehari-hari dapat dilakukan di tempat cuci umum yang biasanya tersedia di asrama atau di kota-kota besar. Tempat cuci pakaian otomatis ini menggunakan uang logam seratusan (koin) baik untuk cuci dan pengeringan. Jadi anda cukup membawa pakaian kotor dalam tas dan sekitar 2 jam anda dapat membawa pulang kembali dalam keadaan kering dan bersih. 3). Tata Pergaulan Dalam pergaulan sehari-hari di lingkungan kampus antara mahasiswa dan dosen atau di antara sesama mahasiswa berbeda dengan di kita. Antara mahasiswa dan dosen berlaku tata tertib, sopan santun yang cukup ketat. Terhadap guru/dosen atau yang digurukan berlaku julukan sensei, sementara di antara sesama mahasiswa dengan ketat sistem sempai-kohai atau senior-yunior dijalankan. Untuk memanggil nama sensei atau guru selalu dengan menyebut nama keluarganya, misalnya Tanaka sensei, Sato sensei dan seterusnya, nama kecil tidak pernah muncul dalam panggilan terhadap guru. Terhadap teman terutama sempai (senior) panggilan selalu dengan nama keluarganya
--------------------------------------------------------------------------------
Page 33
33dengan tambahan san, sedangkan terhadap kohai atau seangkatannya bergantung dari akrab tidaknya, bisa pula memanggil nama kecil dengan tambahan san. Sebutan atau panggilan terhadap orang-orang di dalam atau di luar lingkungan kampus selain dari sensei berlaku panggilan san, baik terhadap pria maupun wanita. Dalam berinteraksi dengan orang Jepang secara langsung ataupun tidak langsung ada hal-hal yang perlu diperhatikan seperti orei (rasa terima kasih yang sering diungkapkan dengan ucapan arigato). Jika kita menerima jasa baik apakah itu kecil atau besar perlu mengucapkan arigato. Ucapan itu biasanya bukan saja pada waktu peristiwa terjadi, tetapi sering dikemukan setiap berjumpa lagi dengan si pemberi jasa dengan menyampaikan ucapan kono aida arigato gozaimashita (waktu itu terima kasih). Selain Orei, orang Jepang juga sangat memperhatikan okaeshi, yaitu pemberian kembali jasa kita memberi sesuatu kenang-kenangan pada orang Jepang, maka cepat atau lambat pasti si orang Jepang itu akan membalas kembali pemberian itu. Dalam pergaulan sehari-hari akan sering terkesan orang Jepang menunjukkan sikap respect terhadap orang-orang barat (kulit putih) atau orang yang dapat berbahasa Inggeris, bahkan tidak jarang pula terbaca sikapnya seperti mereka sendiri adalah orang barat dalam berhadapan dengan orang-orang yang datang dari Asia atau berkulit hitam.
--------------------------------------------------------------------------------
Page 34
34Hal ini mungkin disebabkan kuatnya pandangan orang Jepang dalam menilai superioritas barat ditambah lagi dengan kekuatan ekonomi yang mereka miliki. 4.5 Agama dan Tradisi1). Agama dan Perkawinan Pada umumnya orang Jepang adalah penganut agama Shinto, Budha atau agama-agama baru yang berafiliasi pada Shinto dan Budha dan sejumlah kecil sekali penganut Kristen. Jika ditanyakan kepada orang Jepang "anda agamanya apa?", maka jawaban yang sering kali diperoleh adalah "saya tidak beragama"atau "agama tidak perlu bagi orang Jepang" atau jawaban yang semacamnya. Memang sulit untuk mengukur keagamaan orang Jepang. Di rumah-rumah mereka biasanya bukan saja butsudan (altar Budha) yang akan kita temukan, tapi di rumah yang sama juga akan bisa kita lihat kamidana (altar Shinto). Dalam perkawinan, mereka tidak mempersoalkan agama. Perkawinan antar agama apapun bisa dengan mudah terjadi. Seseorang yang beragama Budha bisa menikah dengan penganut Shinto atau penganut Kristen atau sebaliknya. Begitu pula dalam menyelenggarakan akad nikah mereka dengan bebas memilih cara yang mereka ingini. Apakah dengan cara Shinto di jinja (kuil Shinto) atau dengan cara Budha di tera (kuil Budha) atau di Kyokai (gereja), namun disaat kematian biasanya mereka meminta bantuan tera (kuil Budha), karena di kuil Shinto tidak menerima penyelenggaraan kematian.
--------------------------------------------------------------------------------
Page 35
35Jika dilihat dari angka sensus penduduk beragama di Jepang, biasanya menunjukkan jumlah angka penduduk beragama yang mencapai satu setengah kali jumlah penduduk Jepang yang sesungguhnya. Dalam upacara kematian biasanya orang Jepang mengungkapkan turut berduka citanya dengan memberi okoden yaitu uang bela sungkawa yang besarnya berkisar antara ¥ 5.000 – 10.000. Sementara jika diundang perkawinan orang Jepang akan memberikan semacam hadiah tanda selamat yang disebut oiwai berupa uang dengan jumlah berkisar antara ¥ 10.000 – 20.000 atau lebih, bergantung dari dimana resepsi perkawinan itu diselenggarakan. Dari dimana resepsi perkawinan itu diselenggarakan. Orang Jepang di dalam kehidupannya amat menyukai matsuri. Matsuri adalah upacara-upacara yang dilakukan orang Jepang yang sifatnya keagamaan atau keyakinan. Matsuri-matsuri ini ada yang diselenggarakan secara periodik, ada pula yang sifatnya aksidental. Penyelenggaraan matsuri merupakan medan pertemuan antara warga desa ataupun warga kota sesamanya. Contoh-contoh matsuri yang amat terkenal antara Gion matsuri, Tanabata matsuri, Nebuta matsuridan lain-lain. 4.6 Masalah Kerja Sambilan Mahasiswa asing di Jepang dapat bekerja secara part-time tanpa mengajukan permohonan ijin, bila memenuhi tiga syarat berikut : Pertama, tujuannya adalah mencari uang untuk membayar uang kuliah dan biaya-biaya lain yang diperlukan selama periode belajar di Jepang. Kedua, jumlah jam tidak melebihi 28 jam per minggu (tidak termasuk pekerjaan
--------------------------------------------------------------------------------
Page 36
36pada hari Minggu dan hari-hari libur nasional dan selama hari-hari libur universitas). Sedangkan syarat terakhir yaitu, jenis pekerjaan tidak terkena hukum pengawasan perusahaan hiburan atau melanggar hukum atau peraturan-peraturan umum lain. Bila mahasiswa asing ingin bekerja secara part-time di luar ruang lingkup syarat-syarat ini, harus mendapat ijin dari Kantor Imigrasi Regional terdekat. Mahasiswa asing dengan status 4-1-16-3 harus mendapat ijin dari Kantor Imigrasi untuk kerja part-time, sekalipun kurang dari 28 jam per minggu. Tarip per jam biasanya untuk kerja part-time adalah sekitar 600 – 700. Seksi kesejahteraan universitas-universitas dari Naigai Gakusei Center(pusat mahasiswa dalam/luar negeri). Menyediakan informasi tentang kerja part-time untuk mahasiswa asing. Dalam hal kerja sambilan ini untuk para mahasiswa penerima beasiswa dari pemerintah/swasta agar memperhatikan ketentuan-ketentuan yang ditetapkan oleh lembaga-lembaga tersebut, karena ada juga ketentuan-ketentuan lembaga- lembaga tersebut, pemberi beasiswa yang tidak mengijinkan penerima beasiswanya untuk bekerja sambilan. 4.7 Karyasiswa Wanita di Jepang Untuk membantu dalam beradaptasi dengan lingkungan baru dan memperlancar proses belajar bagi karyasiswa wanita yang akan ke Jepang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, selain beberapa butir perhatian yang telah dikemukakan di atas.
--------------------------------------------------------------------------------
Page 37
37Wanita di Jepang meskipun di dalam aturan hukumnya tidak dibedakan dari pria, namun dalam banyak hal secara langsung ataupun tidak di dalam kehidupan sehari-hari, wanita dipandang menempati kedudukan setelah pria. Di Jepang dalam banyak hal tidak berlaku aturan lady first. Pandangandan pola pikir seperti di atas ini tampaknya sering diberlakukan pula terhadap kaum wanita asing. Misalnya di dalam kenkyushitsu (di ruang jurusan), sudah menjadi kebiasaan yang wanita membuat air untuk teman prianya. Di dalam basu (bis) atau densha (kereta listrik) yang penuh sesak akan langka kita temui pria Jepang yang mempersilahkan duduk bagi wanita, apalagi jika wanita itu wanita muda. Bahkan di dalam kehidupan keluarga Jepang sendiri hirarki kedudukan bapak-ibu, anak laki-laki, anak perempuan tampak berbeda dengan jelas. Dalam hal makan, menggunakan ofuro, bapak dan anak laki-laki mendapat prioritas utama. Oleh karena itu jika terjadi seorang wanita tinggal di kos di keluarga Jepang, maka bukan mustahil ia akan diberi giliran paling belakang untuk menggunakan ofuro. Di dalam lingkungan dalam ataupun luar kampus, tampaknya sikap wanita yang ideal yang dinginkan adalah low profile dalam arti tidak mulut besar dalam bertutur kata, tidak menyolok dan ramai dalam berpakaian, tapi mengikuti ilmu padi, makin berisi makin runduk. Satu hal lain yang juga akan kurang mendapt respect jika wanita itu bersikap kemenak-menakan. Insan kampus di Jepang meskipun memandang kaum wanita di belakang laki-laki, namun dalam hal pengakuan kemampuan akademik mereka sportif. Di beberapa kota besar seperti Tokyo, Osaka, Kobe, Hiroshima, Matsuyama, Kyoto, Fukuoka, Sapporo, dan lain-lain tersedia asrama bagi
--------------------------------------------------------------------------------
Page 38
38mahasiswa. Biasanya lama tinggal di asrama (gakuseiryo) dibatasi selama satu tahun untuk memberi tempat kepada mahasiswa baru, karena itu secara dini usaha pencarian tempat tinggal di apartemen sangat membantu kita pada saat diperlukan nanti. Umpamanya, bila ada rekan yang akan selesai studinya maka tempat tinggalnya dapat diisi tanpa harus membayar biaya uang kunci, dll. persyaratan bagi pencari apartemen baru. Khususnya bagi karyasiswa wanita hal ini sangat penting agar dapat tinggal di daerah yang tidak jauh dari perguruan tingginya. Umumnya mahasiswa Jepang tinggal sekitar satu jam naik kereta api dari perguruan tinggi dan berada di perguruan tinggi sampai jauh malam. Walaupun Jepang terkenal aman dalam hal kejahatan, sehingga jarang atau tidak pernah terdengar karyasiswa asing mendapat kesulitan untuk bepergian malam hari. Walaupun demikian melihat angka statistik kejahatan yang semakin meningkat pada beberpa tahun belakangan ini, kewaspadaan akan keselamatan patut diperhatikan.Pergaulan antara wanita-pria di Jepang cenderung bebas seperti juga terjadi di negara kita akhir-akhir ini. Walaupun demikian suasana serta adat ketimuran masih tetap terpelihara dilingkungan masyarakat Jepang pada umumnya. Pada saat ini jumlah mahasiswa asing di Jepang makin bertambah dan tidak hanya mereka yang datang dari Asia tetapi juga banyak pula mahasiswa yang datang dari Eropah maupun Amerika. Masalah perkawinan memang menjadi tanggung jawab masing-masing, tetapi bagi mereka yang berstatus pegawai negeri khususnya karyasiswa wanita, perkawinan antar bangsa yang sangat mungkin terjadi selama studi di Jepang, hendaknya dihindari karena tentunya akan merugikan negara kita.
--------------------------------------------------------------------------------
Page 39
394.8 TransportasiTransportasi di Jepang bisa ditempuh pula dengan densha (kereta listrik), basu (bis) dan takushi atau taksi. 1). Angkutan Kereta Api (Densha) Perusahaan umum Kereta Api Nasional Jepang (Japan National Railway atau disingkat JNR) adalah perusahaan kereta api tunggal yang terbesar di Jepang. Namun disebabkan oleh keadaan keuangan yang cukup memprihatinkan, maka sejak tanggal 1 April 1987 perusahaan ini dilimpahkan ke pihak swasta dan diganti nama menjadi Japan Railway atau disingkat JR. JR mengoperasikan salah satu jenis kereta api tercepat di dunia, yakni jenis kereta api shinkansen (yang secara harfiah berarti lin utama yang baru). Shinkansen dioperasikan pertama kalinya pada tanggal 1 Oktober 1964 untuk jurusan Tokyo-Osaka sepanjang 552,6 km, yang yang dapat ditempuh dalam waktu 3 jam 10 menit. Kemudian pada tanggal 10 Maret 1975, dibuka lin baru untuk jurusan Osaka-Hakata di pulau Kyusu. Jarak antara Tokyo-Hakata yang menghubungkan dengan kota-kota yang terletak di bagian selatan Jepang, adanya juga jalur utara yaitu jalur yang menghubungkan Tokyo dengan kota-kota di Jepang Barat Laut dan Jepang Timur Laut. Kereta api Tohoku Shinkansen menghubungkan Tokyo dengan kota Marioka (sebuah kota di Jepang Timur Laut) sejauh 496 km, sedangkan kereta api Joetsu Shinkansen menghubungkan Tokyo dengan kota Niigata sepanjang 270 km. Kareta api Tohoku Shinkansen bulan November 1982. Terminal akhir untuk jalur Tokyo-Hakata di kawasan Tokyo
--------------------------------------------------------------------------------
Page 40
40adalah stasiun Tokyo, sedangkan terminal akhir untuk Joetsu Shinkansen dan Tohoku Shinkansen adalah stasiun Ueno yang terletak empat stasiun dari stasiun Tokyo ke arah utara. Selain lin-lin yang dioperasikan oleh JR, layanan kereta api daerah juga disediakan oleh berbagai badan pemerintah daerah maupun perusahaan-perusahaan swasta lainnya. Perusahaan-perusahaan kereta api swasta ini mengangkut sekitar 39,7% dari total penumpang kereta api shinkansen ataupun kereta express lainnya, baik yang dikelola oleh JR maupun oleh perusahaan, maka selain tiket kereta api untuk tujuan yang diinginkan juga harus membeli tiket untuk shinkansen ataupun tiket expressnya. Selain kereta Shinkansen, kereta express dan kereta api biasa yang bergerak di atas permukaan tanah, ada juga lin kereta api bawah tanah (chikatetsu=subway) yang melayani delapan kota besar yaitu kota Fukuoka, Kobe, Kyoto, Osaka, Nagoya, Yokohama, Tokyo dan Sapporo. Di kota Tokyo ada sepuluh lin kereta api bawah tanah yang mencakup total jarak lebih kurang 200 km. Dengan demikian, Tokyo menduduki tempat keempat setelah London, New York dan Paris dalam total panjang lin kereta api bawah tanah. Kereta api di Jepang pada umumnya dibagi menjadi dua kelas/gerbong, yaitu gerbong hijau (green cars) dan gerbong biasa (ordinary cars). Naik green cars jelas biayanya lebih mahal dibandingkan dengan naik gerbong biasa, karena harus membeli special tickets untuk bisa naik green cars. Tiket-tiket tersebut, baik tiket untuk shinkansen, tiket untuk green cars, maupun tiket reservedseat biasanya dapat dipesan sebulan sebelum hari keberangkatan.
--------------------------------------------------------------------------------
Page 41
41Apabila akan bepergian jauh (ke luar kota), sebaiknya memesan tiket tersebut secepat mungkin. Student discount diberikan kepada mahasiswa yang akan bepergian jauh, biasanya untuk liburan musim panas, liburan tahun baru, ataupun untuk mengikuti seminar-seminar. Formulir untuk mendapatkan student discount dapat diperoleh di universitasnya masing-masing. Potongan ini biasanya sebesar 20% dari harga tiket, dan hanya berlaku untuk tiket kereta api saja, tidak berlaku untuk express ticket. Sebagian besar mahasiswa (termasuk siswa SD, SLTP dan SLTA) dan pegawai menggunakan kartu pass/kartu langganan (teikiken) untuk pergi pulang ke sekolah dan kantor masing-masing. Adapun dua jenis teikiken, yaitu teikiken untuk pelajar dan teikiken untuk pegawai. Apabila status anda masih sebagai research student, maka anda tidak bisa membeli teikiken untuk pelajar, yang bisa anda beli adalah teikiken untuk pegawai. Dengan memakai teikiken, kita akan menghemat lebih kurang 75% (untuk pelajar) dan 50% (untuk pegawai) dibandingkan apabila kita membeli tiket eceran setiap hari. Masa berlakunya teikiken ada yang satu bulan, tiga bulan dan enam bulan. Makin lama periode teikiken tersebut adalah kita bisa naik-turun kereta api disetiap stasiun yang dikehendaki tanpa harus membeli tiket lagi, asalkan stasiun-stasiun tersebut masih berada pada jalur yang tertulis pada teikiken. Kereta api di Jepang beroperasi dari jam 5:30 sampai jam 12:00 malam, kecuali malam tahun baru di mana semua jalur kereta api beroperasi selama 24 jam.
--------------------------------------------------------------------------------
Page 42
422).Angkutan Bis (Basu) Untuk jalur-jalur yang tidak dilalui kereta api biasanya dilayani oleh angkutan bis. Angkutan bis sebagian besar dikelola oleh perusahaan swasta. Selain beroperasi di dalam kota, bis juga melayani jalur-jalur ke arah suburb. Di setiap stasiun kereta api biasanya terdapat terminal bis yang melayani baik untuk jalur dalam kota maupun untuk jalur suburb. Seperti pada kereta api, untuk angkutan bis juga ada sistem teikiken. Teikiken bis dapat dibeli pada kantor-kantor perwakilan perusahaan angkutan bis yang bersangkutan (biasanya ada di dekat stasiun kereta api). Perlu diketahui bahwa bis kota di Jepang tidak menggunakan kondektur maupun kernet. Sistem pembayaran langsung di dalam bis (ada kotak khusus dekat sopir untuk menyimpan uang/karcis) baik dengan tiket maupun dengan uang kontan. Selain bis kota, ada juga bis-bis untuk jurusan luar kota, seperti jurusanTokyo-Nagoya,Tokyo-Osaka,Tokyo-Hiroshimadan sebagainya. Bis-bis untuk jurusan luar kota ada yang beroperasi pada siang hari, dan ada juga yang beroperasi pada malam hari. Dibandingkan dengan naik kereta api shinkansen, naik bis memang jauh lebih murah, akan tetapi waktunya lebih lama. Sebagai contoh, dari Tokyo-Nagoya, apabila naik kereta api shinkansen hanya memerlukan waktu sekitar 2 jam, tetapi dengan bis bisa mencapai enam jam lebih. Disamping itu ada juga bis-bis wisata (kanko bus) yang bisa dicarter per paket, biasanya sekitar 2-4 jam per paket perjalanan, tergantung dari tujuan wisata. Bis wisata ini biasanya dimanfaatkan oleh turis-
--------------------------------------------------------------------------------
Page 43
43turis asing yang bersight-seeing di dalam kota maupun obyek-obyek turis yang terdapat di sekitar kota yang bersangkutan. 3). Angkutan Taksi Disetiap stasiun kereta api terdapat terminal taksi yang melayani baik untuk jurusan dalam kota maupun ke arah suburb. Apabila anda akan pergi ke suatu tempat (di dalam kota) yang tidak tahu persis lokasinya, lebih baik naik taksi saja. Namun karena sebagian besar supir taksi tidak bisa berbahasa Inggris, maka sebaiknya anda menyiapkan nama dan alamat yang dimaksudkan dalam bahasa Jepang, lalu diperlihatkan kepada sopir taksi tersebut. Dengan cara ini maka anda akan diantar oleh sopir taksi sampai ke tujuan yang dimaksud. Perlu diketahui bahwa semua taksi di Jepang menggunakan argometer. Ada dua jenis taksi, yaitu taksi besar dan taksi kecil yang ongkosnya berbeda. Di luar kota biasanya ongkos taksi lebih mahal. Taksi beroperasi selama 24 jam, dari jam 11 malam sampai jam 05.00 pagi, ongkos taksi dinaikkan 20% lebih mahal. 4). Mobil Penumpang Di Jepang, tujuh dari sepuluh rumah tangga mempunyai sebuah mobil. Bagi keluarga yang tidak memiliki mobil biasanya menyewa di tempat persewaan mobil, yang banyak tersebar di seluruh negeri. Anda juga bisa menyewa mobil di tempat-tempat tersebut. Caranya mudah, hanya dengan menunjukkan SIM anda kepada petugas persewaan tersebut. Mobil-mobil tersebut biasanya disewa per jam, per tiga jam, per enam jam, atau per 24 jam. Hampir di tiap kota terdapat tempat-tempat persewaan mobil, yang cukup di kenal adalah Nippon Rent
--------------------------------------------------------------------------------
Page 44
44Car. Bagi anda yang mempunyai SIM dari Indonesia bisa ditukar dengan SIM Jepang. SIM Indonesia tersebut diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang, selanjutnya didaftarkan ke kantor polisi yang terdekat dengan tempat tinggal anda. 5. Angkutan Udara Untuk perjalanan di dalam negeri, selain menggunakan jalan darat, juga bisa menggunakan pesawat terbang yang dilayani oleh perusahaan penerbangan dalam negeri, antara lain JL (Japan Air Lines), ANA (All Nippon Airways), dan TDA (Toa Domestic Airlines). Hampir semua kota propinsi dapat didatangi oleh pesawat terbang. Beberapa kota mempunyai fasilitas lapangan terbang untuk jalur penerbangan internasional, antara lain yaitu Tokyo, Osaka, Fukuoka dan lainnya. Di Tokyo sendiri, ada dua lapangan terbang yaitu Narita International Airport (untuk penerbangan internasional) dan Haneda Airport (untuk penerbangan international dan domestik). Apabila akan bepergian dengan pesawat terbang, anda bisa memesan tiket sebulan sebelum keberangkatan di JTB (Japan Travel Bureau) ataupun di agen-agen perjalanan yang tersebar di tiap kota. 6. Angkutan Laut Apabila anda ingin bepergian dengan biaya lebih murah, anda bisa menggunakan kapal laut, yang melayani jalur luar kota, antara lain dari Hokkaido-Kobe, Kobe-Kyushu, Kobe-Shikoku, Shikoku-Kyushu dan jalur-jalur lainnya. Di samping itu ada juga kapal ferry yang banyak digunakan untuk menyeberang dari satu tempat ke tampat lain.
--------------------------------------------------------------------------------
Page 45
454.9 Ijin Tinggal di Jepang Sebelum sampai kepada permasalahan utama yang ingin penulis sampaikan di dalam bab berikutnya ada baiknya bila kita bicarakan dulu di sini tentang status orang asing/mahasiswa asing yang akan tinggal di Jepang. Oleh sebab itu di dalam bab ini akan dibicarakan dua hal penting yaitu : (1) visa dan (2) cara memperoleh kartu penduduk di Jepang. 4.9.1 Visa Bagi Mahasiswa yang Dibiayai oleh MonbukagakushoAda dua macam ijin yang diberikan oleh pemerintah Jepang terhadap mereka yang akan masuk dan akan tinggal selama kurun waktu tertentu di negara tersebut. Pertama ijin memasuki negara Jepang; ijin ini diberikan oleh Kantor Perwakilan Negara Jepang yang ada di Indonesia. Kantor perwakilan ini memberikan ijin tinggal untuk selama kurun waktu tertentu, ijin tinggal biasanya diberikan oleh pemerintah Jepang itu ada yang untuk selama 180 hari (Short-term-visa), dan untuk satu tahun dan tiga tahun (Long-term-visa). Untuk para mahasiswa yang akan belajar di Jepang, ijin tinggal ini diberikan untuk satu tahun dengan kode status 4-1-6. Dengan demikian, bagi mereka yang akan belajar di sana lebih dari satu tahun, mereka harus memperpanjang visanya setiap tahun. Cara-cara memperpanjang visa ini biasanya diberikan nanti oleh Foreigh Student Service yang ada di dalam universitas dimana para mahasiswa belajar. Penyelesaian perpanjangan visa ini seluruhnya harus dikerjakan sendiri.
--------------------------------------------------------------------------------
Page 46
46Untuk memperoleh visa yang pertama dari Kedutaan Besar Jepang di Indonesia pada saat akan berangkat, biasanya untuk program G to G dikerjakan secara kolektif oleh instansi yang berwenang, sedangkan untuk program U to U biasanya harus dikerjakan sendiri setelah yang bersangkutan memperoleh surat ijin dari Menteri Kehakiman Jepang yang dikirim melalui profesor yang akan menjadi pembimbingnya nanti. Persyaratan untuk memperoleh visa dari Kedutaan Besar Jepang di Indonesia ini adalah sebagai berikut : 1. Paspor dinas yang belum kadaluwarsa 2. Application Form yang telah diisi oleh pemohon. Form ini akan diberikan oleh bagian visa, Kedutaan Besar Jepang di Indonesia3. Dua lembar pasfoto terbaru ukuran 5 x 5 cm 4. Beberapa dokumenyang dikirim dari Jepang (untuk para mahasiswa biasanya dokumen tersebut dikirim oleh Departemen Kehakiman). Bagi para mahasiswa yang akan membawa keluarga, visa untuk keluarga ini diberikan secara tersendiri dengan persyaratan yang agak berbeda, tidak seperti persyaratan yang diperlukan bagi mereka yang akan belajar. Visa untuk keluarga ini biasanya diberikan dengan kode status 4-1-6 (15) dan berlaku untuk satu tahun. Untuk perpanjangan visa bagi keluarga ini harus dilakukan sendiri di Jepang dimana informasinya akan diberikan nanti oleh Foreigh Student Service. Persyaratan untuk memperoleh visa bagi keluarga dari Kedutaan Besar Jepang di Indonesia adalah sebagai berikut : 1. Paspor biasa yang belum kadaluwarsa
--------------------------------------------------------------------------------
Page 47
472. Application Form yang telah diisi oleh pemohon. Form ini akan diberikan oleh bagian visa, Kedutaan Besar Jepang di Indonesia 3. Dua lembar pasfoto terbaru ukuran 5 x 5 cm 4. Surat jaminan dari profesor yang membimbing mahasiswa yang akan membawa keluarganya. Dalam surat jaminan ini perlu disebutkan jumlah dan nama-nama keluarga yang akan dibawa 5. Paspor dinas (fotokopi) dari mahasiswa yang akan membawa keluarganya 6. Fotokopi kartu penduduk (alien registration) dari mahasiswa yang akan membawa keluarganya. 7. Membayar uang visa Berdasarkan ketujuh persyaratan tersebut, disarankan agar keluarga dari mahasiswa (bagi mereka yang merencanakan untuk membawa keluarga) keberangkatan-nya ke Jepang menyusul setelah mahasiswa program degree. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan memperoleh persyaratan visanya, terutama untuk persyaratan No. 4, 5, dan 6. Di samping itu juga seorang mahasiswa harus mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk sarana pemondokannya, sebelum keluarganya datang. 4.9.2 Memperoleh Kartu PendudukBerdasarkan peraturan yang ada bagi mereka yang akan tinggal di Jepang lebih dari 90 hari harus mendaftarkan diri secepat mungkin di Kuyakusho (semacam kecamatan) atau Shiyakusho (semacam kotamadya) dimana mereka tinggal untuk memperoleh kartu penduduk/alien registration yang dalam bahasa Jepangnya disebut Gaijin Toroku Shomeisho. Untuk memperoleh kartu penduduk ini,
--------------------------------------------------------------------------------
Page 48
48pemohon harus datang sendiri ke Kuyakusho atau Shiyakushodengan membawa paspor dan 3 (tiga) lembar pasfoto ukuran 5 x 5 cm. Untuk anak-anak di bawah umur 14 tahun, kartu penduduk tersebut harus dibuatkan oleh orang tua, dan untuk anak-anak ini pasfoto tidak diperlukan. Untuk memperoleh kartu penduduk ini, selain persyaratan tersebut di atas, bagi mereka yang akan tinggal lebih dari satu tahun dan atau yang berumur lebih dari 14 tahun harus bersedia diminta sidik jarinya (fingerprinted). Sedangkan bagi mereka yang akan tinggal di Jepang selama kurang dari satu tahun dan atau anak-anak yang berumur kurang dari 14 tahun (meskipun anak-anak ini akan tinggal lebih dari satu tahun bersama orang tuanya) sidik jari tidak diperlukan. Perlu juga disampaikan disini bahwa bila seseorang pindah alamat maka bersangkutan dalam waktu 14 hari setelah pindah harus sudah melapor diri ke Kuyakusho atau Shiyakusho dimana alamat baru tersebut berada. Dalam hal ini kartu penduduk harus dibawa, sebab petugas di Kuyakusho atau di Shiyakusho akan mengganti alamat lama yang tertulis dalam kartu penduduk menjadi alamat baru. Disarankan agar pada saat perubahan alamat ini paspor juga harus dibawa, sebab petugas di Kuyakusho atau di Shiyakusho kadang-kadang menanyakannya. Perubahan alamat ini penting diketahui oleh Kuyakusho atau Shiyakusho sebab para petugasnya harus segera melapor ke Instansi lain untuk keperluan yang bersangkutan sendiri, misalnya pemberitahuan ke Kantor Pos, Polisi, dan sebagainya.
--------------------------------------------------------------------------------
Page 49
49Demikian juga setelah seseorang selesai memperpanjang visanya, yang bersangkutan dalam waktu 14 hari setelah memperpanjang visanya itu harus segera melapor ke Kuyakusho atau Shiyakushodengan membawa kartu penduduk dan paspornya untuk didaftarkan kembali sebagai warga daerah dimana yang bersangkutan berada. 4.10 PemondokanBagi orang asing begitu tiba di Jepang, salah satu permasalahan yang sering dihadapi adalah sarana pemondokan, terutama bagi mereka yang akan tinggal di kota-kota besar seperti Tokyo, Kyoto, Osaka, dan Yokohama. Masalah pemondokan di kota-kota besar ini bukan saja harga sewanya yang sangat mahal, tetapi juga sulitnya mencari tempat pemondokan yang cukup strategis bagi si pendatang tersebut. Bagi para mahasiswa asing yang sedang belajar di Jepang kesulitan tersebut akan makin terasa karena mereka harus pandai-pandai mengatur keuangannya yang mereka terima dari sponsor, dimana uang yang diterimanya tersebut bukan saja hanya untuk keperluan pembayaran sewa rumahnya tetapi juga untuk kebutuhan hidup sehari-hari yang biayanya cukup mahal. Namun demikian untuk para mahasiswa asing penerima beasiswa Monbukagakusho yang begitu datang diharuskan belajar dulu mengenai bahasa Jepang, biasanya mereka ini ditampung di suatu asrama yang harga sewanya relatif murah dengan sarana yang relatif lengkap. Selama belajar bahasa, fasilitas asrama hanya dikhususkan bagi mereka yang tidak membawa keluarga. Setelah mahasiswa selesai berlajar bahasa, mereka langsung disebar ke setiap universitas tempat mereka belajar dalam bidang keahliannya masing-masing. Lama kursus bahasa ini adalah 6 bulan. Jadi bila para mahasiswa datang pada bulan April maka kursus bahasa harus
--------------------------------------------------------------------------------
Page 50
50sudah selesai pada bulan September. Dengan demikian para mahasiswa harus sudah meninggalkan tempat pemondokannya (asrama) pada "akhir" bulan September. Oleh karena pendidikan di Jepang, termasuk pendidikan di Universitas, dimulai pada bulan April maka selama enam bulan pertama sejak ia diterima di suatu universitas (bulan Oktober sampai dengan Maret) setiap mahasiswa akan diterima di masing-masing universitas sebagi mahasiswa riset (kenkyusei). Untuk dapat diterima sebagi mahasiswa pascasarjana(daigakuin-sei)tergantungdarikemampuanyang bersangkutan selama menjadi kenkyusei dari hasil ujian masuk. Selain asrama di masing-masing perguruan tinggi, AIEJ, Center for Domestic and Foreign Students atau lembaga lainnya juga menyediakan asrama bagi mahasiswa asing. Bila terdapat masalah dalam mencari asrama atau pemondokan disarankan agar mahasiswa yang bersangkutan menghubungi PPI (persatuan Pelajar Indonesia) yang cabangnya ada diberbagai kota besar di jepang atau langsung konsultasi dengan bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang di Megura, Tokyo. Begitu mahasiswa yang datang di universitas, untuk mempelajari bidang keahliannya, biasanya yang menerima mahasiswa tersebut adalah guru besar (Kyoju), guru besar pembantu (Jukyo-ju) atau Asistan (Joshu) yang akan membimbing yang bersangkutan. Semua urusan yang berhubungan dengan masalah pendidikannya akan dibantu sepenuhnya oleh Kyoju, Jukyo-ju ataupun Joshu. Sedangkan masalah yang berhubungan dengan administrasi kemahasiswaannya akan dibantu oleh Bagian Mahasiswa Asing (Ryugakusei Gakari) yang ada dalam universitas tersebut. Pada tahun-tahun pertama Ryugakusei Gakari ini dapat mengusahakan juga tempat pemondokan.
--------------------------------------------------------------------------------
Page 51
51Meskipun setiap universitas di Jepang mempunyai fasilitas asrama yang cukup besar namun kdang-kadang jumlah mahasiswa yang akan menempati asrama ini melebihi daya tampung dari asrama tersebut. Sehingga tidak sedikit para mahasiswa asing yang baru datang tidak dapat diterima di asrama dan terpaksa harus mencari pemondokan lain. Bila seandainya universitas, tempat para mahasiswa belajar, berada di daerah (bukan di kota-kota besar) masalah mencari tempat pemondokan ini tidak begitu sulit dan harga sewanya pun relatif murah. Sedangkan bagi mereka yang ada di kota-kota besar, untuk mencari pemondokan yang harga sewanya murah terpaksa harus mencari ke tempat yang agak jauh dari universitas. Sebelum sampai kepada usaha bagaimana cara mencari pemondokan yang murah dan dekat dengan universitas, ada baiknya mengemukakan dulu tipe-tipe pemondokan yang ada di Jepang (selain asrama kepunyaan universitas) yaitu : (1) mansions, (2) apartmen (apato) dan (3) gesshuku. Bagi mereka yang akan menghuni tipe-tipe pemondokan ini di samping harus membayar uang sewa tiap bulannya, terlebih dahulu mereka harus membayar reikin 1 2 bulan sewa (uang kunci) dan shikin sebesar 1 2 bulan uang sewa (uang deposit) dimana besarnya untuk setiap tipe pemondokan tersebut bervariasi tergantungan dari lokasi pemondokannya. Uang reikin merupakan uang bayaran yang tidak dikembalikan. Selain pembayaran tadi penyewa dimintakan untuk membayar sekitar satu bulan sewa kepada real-estate. 1). MansionsDi Jepang, istilah mansions adalah bangunan-bangunan yang terdiri dari beberapa lantai dan mempunyai banyak tempat tinggal.
--------------------------------------------------------------------------------
Page 52
52Umumnya keluarga-keluarga yang tinggal di sini termasuk ke dalam kategori high-class. Bangunan ini terbuat dari feroconcrete dengan tata ruang yang sangat baik. Biasanya jumlah ruangan untuk setiap keluarga terdiri dari tiga kamar, satu kamar mandi dan WC, dan satu ruangan dapur. Saluran listrik, gas dan air sudah tersedia, dan kadang-kadang heater pun untuk setiap ruangan sudah dipasang kecuali di kamar mandi dan WC. Bagi mereka yang berminat untuk menyewa mansions ini di haruskan membayar reikin dan shikikin antara ¥ 600.000 sampai dengan ¥ 1.000.000 tergantung dari besar-kecilnya ruangan dan lokasi dari mansions itu sendiri. Demikian pula perbandingan besarnya reikin dan shikikin tidak sama untuk setiap mansions. Untuk reikin ini biasanya hanya berlaku untuk setiap dua tahun. Jadi bila ingin diperpanjang lagi para penghuninya setelah dua tahun harus membayar kembali reikin. Kemudian untuk shikikin untuk setiap dua tahun akan dikembalikan dengan memperhitungkan dulu kerusakan ruangan yang ada, sehingga jumlah uang shikikin yang akan dikembalikan kepada si penyewa sering menjadi berkurang karena adanya klaim dari yang punya mansions atas kerusakan yang ada tersebut. Uang sewa setiap bulan untuk mansions ini juga sangat mahal. Uang sewa ini bervariasi antara ¥ 75.000 sampai ¥ 150.000 dan tidak termasuk untuk pembayaran listrik, gas, dan air. Bisa dibayangkan bagaimana kalau mahasiswa penerima beasiswa Monbukagakusho yang menerima sekitar ¥ 180.000 per bulannya menyewa mansionsdengan reikin dan shikikin serta uang sewa per bulannya yang demikian mahalnya. Biasanya yang menyewa mansions ini adalah
--------------------------------------------------------------------------------
Page 53
53para pekerja perusahaan (kaisha-in) yang sudah mempunyai kedudukan. 2). Apartments (Apato)Istilah apato adalah satu atau dua bangunan yang terdiri dari dua lantai, dan biasanya dibuat dari kayu. Di Jepang ada dua macam apatoyaitu : (1) yang mempunyai dua atau satu kamar ditambah dengan kamar mandi dan WC dan (2) yang mempunyai dua atau satu kamar, ditambah dengan WC saja (tanpa kamar mandi). Kedua macam apato tersebut dilengkapi dengan satu ruangan dapur. Tentunya yang mempunyai kamar mandi dan tanpa kamar mandi berbeda dalam soal pembayaran reikin dan shikikin serta uang sewa per bulannya. Apato yang tanpa kamar mandi pembayarannya lebih murah, namun bagi mereka yang akan menyewa apato ini untuk mandinya harus pergi ke sento (tempat mandi umum). Untuk sekali mandi harus bayar ¥ 230 (pada tahun 1988). Di sento ini kadang-kadang ada sauna (ruangan untuk memanaskan badan). Untuk masuk ke sauna ini tidak perlu membayar lagi. Umumnya untuk apato yang tidak ada kamar mandinya terletak berdekatan dengan sento. Pembayaran reikin dan shikikin untuk kedua macam apatotersebut bervariasi dari ¥ 100.000 sampai dengan ¥ 500.000, dan sewa per bulannya antara ¥ 25.000 sampai dengan ¥ 60.000. Adanya variasi harga ini tergantung dari ada atau tidaknya kamar mandi, jumlah kamar, dan jarak ke kota. Di Jepang umumnya apatodigunakan oleh kebanyakan orang yang berpenghasilan rendah hingga menengah.
--------------------------------------------------------------------------------
Page 54
54Bagi mahasiswa yang ingin menyewa apato ini disarankan untuk mahasiswa yang membawa keluarga dengan anak maksimum dua orang. Perlu juga dipikirkan bahwa pada waktu mencari apato harus sedikit bersabar dan banyak bertanya kepada orang lain, apakah itu orang Indonesia yang sudah lama di Jepang maupun kepada orang Jepang sendiri. Demikian pula meminta pertolongan kepada ryugakusei-gakari perlu dilakukan. Semua usaha ini dimaksudkan untuk memperoleh apato dengan reikin dan shikikin serta sewa per bulannya yang murah, tetapi di dalam apato tersebut ada kamar mandi dan WC-nya. Apato yang jauh dari universitas umumnya relatif murah dan terdiri dari dua kamar (6 jo atau 19,8 m²) serta di samping ada WC-nya juga ada kamar mandinya. Kisaran untuk reikin dan shikikin-nya sekitar ¥ 100.000 hingga ¥ 250.000 (di kota dengan keadaan apato yang sama umumnya berkisar antara ¥ 250.000 hingga ¥ 500.000). Pengertian jauh dari universitas ini adalah jarak dari apato ke universitas harus ditempuh dengan memakai sepeda-Kereta Rel Listrik-sepeda atau dengan jalan kaki-Kereta Rel Listrik-jalan kaki. Untuk sewa per bulannya apato yang jauh dari universitas ini berkisar antara ¥ 25.000 hingga ¥ 40.000 (di kota, daerah yang dekat dengan universitas, berkisar antara ¥ 40.000 hingga ¥ 60.000). Bagi mereka yang ingin tinggal di tempat yang relatif dekat dengan universitas disarankan agar menyewa apato dengan satu kamar (4,5 jo) dan satu ruang dapur serta mempunyai kamar mandi dan WC. Bila yang diinginkan apato dengan reikin dan shikikin serta sewa per bulannya yang relatif lebih murah lagi mahasiswa harus mencari yang
--------------------------------------------------------------------------------
Page 55
55tidak ada kamar mandinya. Apato dengan satu kamar ini sebaiknya digunakan bagi mereka yang membawa istri/suami tanpa anak. Reikin dan shikikin untuk apato yang ada di kota dengan satu kamar dan satu dapur serta ada kamar mandi dan WC-nya adalah berkisar antara ¥ 150.000 hingga ¥ 250.000 dengan sewa per bulannya berkisar antara ¥ 30.000 sampai ¥ 40.000. Sedangkan untuk apato yang keadaannya hampir sama tetapi tanpa kamar mandi, reikin dan shikikin-nya berkisar antara ¥ 100.000 sampai ¥ 200.000 dengan sewa per bulannya berkisar antara ¥ 25.000 sampai ¥ 35.000. Di dalam masalah penyelesaian reikin dan shikikin untuk seluruh jenis apato tersebut di atas pada prinsipnya sama dengan untuk mansions. Dengan demikian bila keluarga yang menyewa ingin terus tinggal, setelah dua tahun Reikin harus dibayar kembali. Pengembalian shikikin kepada si penyewa juga akan sangat tergantung dari kerusakan apato yang disewa. Berdasarkan keterangan tersebut di atas dapat dikemukakan bahwa apato sebaiknya digunakan bagi mahasiswa yang membawa keluarga. Bagi mereka yang tidak membawa atau belum mempunyai anak, apato yang disewa disarankan agar yang cukup besar untuk berdua. Apato yang demikian ini kemungkinan bisa diperoleh dilokasi yang dekat dengan universitas karena ditinjau dari segi reikin dan shikikin-nya serta uang sewa per bulannya relatif masih bisa terjangkau. Sedangkan bagi keluarga yang membawa anak (anak sebaiknya maksimum dua orang), apato yang disewa disarankan agar yang cukup besar. Mengingat apato yang ada di kota ini cukup mahal
--------------------------------------------------------------------------------
Page 56
56meskipun cukup memadai bagi mereka yang membawa keluarga (termasuk 2 anak) maka ada baiknya bila keluarga ini tinggal di daerah yang agak jauh dari universitas. Di luar kota biaya untuk keperluan sehari-hari dan biaya untuk sekolah anak-anak, khususnya untuk sekolah Taman Kanak-Kanak sangat murah bila dibandingkan dengan di kota. Sebagai bahan informasi, perlu juga disampaikan di sini bahwa biaya perlengkapan rumah tangga suatu keluarga dengan dua anak memerlukan jumlah yang sangat besar dan ini perlu diperhitungkan dalam biaya pengeluaran secara keseluruhan. 3). GesshukuSistem Gesshuku atau indekos membolehkan mahasiswa tinggal bersama dengan pemilik rumah (Oya-san). Mahasiswa yang memilih gesshuku ini biasanya disediakan kamar tersendiri dan bagi rumah yang bertingkat tempat gesshuku biasanya diletakkan pada tingkat dua dan mempunyai pintu masuk dan keluar tersendiri terpisah dari pemilik rumah. Dulunya gesshuku ini hanya diperuntukan bagi mahasiswa Jepang. Akan tetapi baru-baru ini mahasiswa asingpun, sampai dengan jumlah tertentu, sudah bisa menyewanya. Namun demikian mahasiswa dan mahasiswi tidak diperbolehkan berada dalam satu gesshuku. Demikian pula mahasiswa yang membawa keluarganya tidak diperkenankan tinggal dalam Gesshuku ini. Semua aktivitas di gesshuku yang melibatkan orang lain (di luar penghuni gesshuku) harus sepengatahuan Oya-san.
--------------------------------------------------------------------------------
Page 57
57Fasilitas yang ada dalam gesshuku ini adalah selain kamar untuk setiap penghuni, tetapi juga dilengkapi dengan alat mencuci pakaian dan WC yang dapat digunakan oleh seluruh penghuni. Tidak semua gesshuku mempunyai dapur umum dan kamar mandi. Dengan demikian untuk gesshuku yang tidak ada kamar mandinya maka bila penghuni ingin mandi terpaksa harus pergi ke pemandian umum(Osento). Pada Osento ini sudah tersedia semua perlengkapan untuk mandi seperti handuk kecil, sabun, hair dryer dll. Pria dan wanita mempunyai kamar mandi yang terpisah. Orang Jepang biasanya mandi bersama sama dalam satu kamar baik dalam kamar mandi pria maupun wanita. Dalam tiap kamar mandi disediakan tempat duduk plastik untuk mandi yang dilengkapi shower untuk air dingin dan air panas. Selain shower disediakan bak air panas yang disebut ofuro dengan ukuran tergantung lokasi dan biasanya dapat diisi oleh lebih dari 10 orang. Dalam ofuro inilah biasanya orang Jepang mandi bersama-sama. 4.10.1 ProsedurPenyelesaianAdministrasiKontrakSewa PemondokanCara penyelesaian kontrak sewa pemondokan antara mahasiswa asing dengan pemilik, baik untuk apato maupun gesshuku, pada dasarnya sama. Ada tiga pihak yang terlibat dalam penyelesaian kontrak ini yaitu : pihak (1) penyewa (mahasiswa asing), (2) yang menyewakan (pemilik apatoatau gesshuku), dan (3) penanggung jawab dari pihak mahasiswa asing (advisor dan ryugakusei-gakari).
--------------------------------------------------------------------------------
Page 58
58Bila mahasiswa telah menemui pemondokan yang kira-kira cocok untuk ditempatinya, tahapan berikut didalam menyelesaikan kontrak sewanya adalah sebagai berikut : 1. Mendatangi pemilik untuk menanyakan apakah apato atau gesshuku yang telah dipilih itu sudah ada yang memesan atau belum. 2. Bila belum, pada waktu itu juga secara langsung harus menanyakan berapa reikin dan shikikin-nya serta berapa sewa per bulannya. 3. Setelah diketahui tentang persoalan seperti yang ditanyakan pada butir 2, sebaiknya konsultasikan dulu kepada Kyoju/advisor dan staf Ryugakusei-gakari. Bila mereka setuju baru kembali lagi ke pemilik apato atau gesshuku. 4. Memastikan bahwa apato atau gesshuku yang telah ditanyakan terdahulu akan ditempati. Pada saat itu juga supaya diminta dari pemilik mengenai form surat kontrak sewanya. 5. Form surat kontrak, kemudian diisi oleh penyewa (mahasiswa) selanjutnya form tersebut dibawa ke advisor atau staf Ryugakusei-gakari, sebagai penanggung jawab mahasiswa, untuk dibubuhi tanda tangan mereka. 6. Untuk memperoleh "sebagian dana" sebagai bantuan dari Monbukagakusho guna pembayaran reikin dan shikikin, dari Ryugakusei-gakari ada form yang harus diisi oleh pemilik apato atau gesshuku. Sampai dengan tahun 1988 dana bantuan ini adalah sebasar ¥ 50.000.
--------------------------------------------------------------------------------
Page 59
597. Form (dalam butir 6) kemudian dibawa ke pemilik. Pada saat itu surat kontrak yang telah diisi dengan lengkap diserahkan kembali kepada pemilik. form dari Ryugakusei-gakari pada saat itu pula harus diisi lengkap dibawa kembali ke Ryugakusei-gakari untuk pemprosesan lebih lanjut. Dana bantuan dari Monbukagakusho biasanya akan diterima setelah sekitar 3 bulan kemudian. 8. Kemudian tetapkan kapan akan mengisi pemondokan baru tersebut. 9. Jangan lupa, penyewa harus menyiapkan peralatan rumah tangga sebelum mengisi pemondokan baru itu. Cara-carapenyelesaiankontrakuntuk mansionstidak dikemukakan di sini karena mahasiswa tidak mungkin untuk dapat menyewa dan biasanya mahasiswa tidak menyenangi suatu yang mahal. 4.11 Biaya Hidup Jepang termasuk negara dengan biaya hidup yang tinggi terutama mereka yang akan mengikuti pendidikan di daerah Tokyo dan sekitarnya. Berdasarkan data tahun 1995 rata-rata biaya hidup mahasiswa perbulannya dapat dilihat pada Table 5. 4.12 Pelayanan KesehatanSecara keseluruhan di Jepang pelayanan kesehatan sangat baik, namun demikian janganlah kaget bila si pasien harus membayar kepada rumah
--------------------------------------------------------------------------------
Page 60
60sakit yang melayani kesehatan itu dengan sangat mahal. Hal ini tentunya apabila si pasien tidak mempunyai asuransi, Untuk mengurangi beban pembayaran kesehatan yang sangat mahal itu, di Jepang tiap anggota keluarga sangat dianjurkan untuk masuk asuransi. Pemerintah akan menjamin sepenuhnya bila si pasien sakit tetapi mempunyai asuransi, untuk dilayani dengan sebaik-baiknya di rumah sakit tanpa si pasien harus memikirkan pembayaran yang sangat mahal. Tabel 5. Rata-rata biaya hidup per bulan bagi mahasiswa asing menurut daerah tahun 1995 Daerah Biaya per bulan (yen) 1. Hokkaido135.591 2. Tohoku118.375 3. Kanto168.182 4. Tokyo171.920 5. Chubu129.539 6. Kinki145.676 7. Chugoku115.009 8. Shikoku98.238 9. Kyushu123.602 Rata-rata151.359 US $ 1 = 125 ¥ (yen) Demikian pula bagi mahasiswa asing untuk masuk asuransi ini sangat dianjurkan terutama untuk mahasiswa yang membawa keluarga. Untuk
--------------------------------------------------------------------------------
Page 61
61mahasiswa asing ini meskipun telah memperoleh asuransi dari Monbukagakusho sebaiknya yang bersangkutan masuk lagi ke dalam asuransi yang lain seperti misalnya Asuransi Penduduk (Kokumin Hoken). Asuransi dari Monbukagakusho hanya berlaku bagi yang belajar saja, tidak termasuk untuk keluarga. Untuk pembayaran kokumin hoken di kota memang jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan di daerah. Sebagai contoh, pembayaran kokumin hoken bagi mereka yang tinggal di kota Kyoto adalah sekitar ¥ 40.000 per tahun per orang, sedangkan di daerah hanya sekitar ¥ 24.000 per tahun per keluarga. Jumlah keluarga yang diasuransikan di sini adalah untuk kepala keluarga, istri ditambah maksimum dua orang anak. Pembayaran asuransi ini dilakukan dengan dicicil setiap dua bulan. 4.12.1 Keuntungan Mempunyai "Kokumin Hoken"Asuransi dari Monbukagakusho meskipun bisa di klaim tetapi uang penggantinya, sebanyak lebih kurang 80% akan diberikan setelah 1 2 bulan kemudian. Hal ini membawa konsekwensi terhadap para mahasiswa bahwa untuk setiap berobat harus membayar dulu dari uang sendiri. Padahal sekali berobat di Jepang, untuk penyakit flu saja misalnya, tidak kurang dari ¥ 10.000 sedangkan kalau mempunyai kokumin hoken hanya membayar sekitar ¥ 1.000. Uang pembayaran untuk berobat berdasarkan kokumin hoken ini bisa diklaim kembali kepada asuransi dari Monbukagakusho. Dengan demikian dari yang seharusnya membayar ¥ 10.000 pada akhir si mahasiswa secara riil hanya membayar ¥ 200. Penggantian biaya pengobatan bagi mahasiswa asing diberikan apabila mereka mengikuti National Health Insurance dan telah
--------------------------------------------------------------------------------
Page 62
62mendaftarkan diri ke AIEJ melalui bagian mahasiswa asing di perguruan tinggi masing-masing. 4.12.2 Hal-hal yang tidak dapat diklaim dalam Sistem Asuransi di Jepang Di negara yang sudah maju, termasuk, termasuk Jepang, tidak semua pembayaran untuk berobat dapat diklaim kepada Asuransi. Seperti misalnya biaya untuk berobat pada waktu hamil, berobat untuk keperluan kecantikan, mengganti dua gigi yang paling depan (gigi seri), dan frame untuk kacamata jangan sekali-kali diklaim asuransi. 4.12.3 Pencegahan Penyakit Para mahasiswa yang belajar di luar negeri tentunya mempunyai tujuan untuk memperdalam ilmu di bidang keahliannya. Karena mempunyai tujuan ini maka para mahasiswa perlu melakukan pencegahan penyakit secara dini sebab bila sekali terkena penyakit berat sudah barang tentu akan mengganggu di dalam program studinya. Dari pengalaman mahasiswa Jepang sendiri, salah satu pencegahan terhadap penyakit ini dilakukan berdasarkan disiplin terhadap waktu makan. Pada umumnya orang Jepang berpendapat bahwa makan itu jangan karena lapar tetapi karena suatu keharusan. Jadi disiplin terhadap waktu makan harus tetap dipertahankan. Seperti diketahui di negara-negara sub tropis yang mempunyai 4 musim. Adanya perubahan iklim ini sering mengakibatkan para mahasiswa dari daerah tropis beserta keluarganya mengalami stress, dan tidak jarang di antara anggota keluarga mahasiswa tersebut ada yang sampai mengalami sakit cukup berat. Keadaan ini sebenarnya bisa diatasi bila makan dari makanan yang cukup bergizi secara terus diusahakan.
--------------------------------------------------------------------------------
Page 63
634.12.4 Laporan Kedatangan Setiba karyasiswa di Jepang harus segera melaporkan diri ke Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo, mengisi formulir yang telah disediakan, menunjukkan paspor serta menyerahkan pasfoto. Kepustakaan Association of International Education, Japan, 1996. Panduan Mahasiswa ke Jepang. Asahi Shinbun, 1997. Japan Almanak. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 1999. Penuntun Pengajuan Lamaran Beasiswa Monbukagakusho untuk Studi di Jepang. Asian Student's Cultural Association, 1993. Scholarship for foregign students in Japan. Dobunkan Shuppan Co., Ltd. Kementerian Pendidikan, Sains dan Olah Raga, 1996. Outline of the student exchange system in Japan. Kedutaaan Besar Jepang, 2001. Beasiswa Monbukagakusho Untuk Tingkat Pascasarjana. Tokyo Tosho Co., LTd., 1995. Daigakuin Annai (Pedoman Program Pascasarjana)
--------------------------------------------------------------------------------
Page 64
64Gbr.3. Kegiatan penelitian di Jepang
--------------------------------------------------------------------------------
Page 65
65Lampiran E. Hari-hari Libur Nasional 1996 Tanggal Perayaan 1 Januari Oshogatsu (Tahun baru) 15 Januari Seijin shiki (hari menanjak dewasa) 11 Februari Kenkoku Kinenbi (hari kebangkitan Jepang) 20 Maret Shunbun no hi (puncak musim semi) 29 April Midori no hi (hari hijau) 3 Mei Kenpokinen bi (hari konstitusi) 4 Mei Furikai kyujitsu (libur nasional) 5 Mei Kodomo no hi (hari anak-anak) 20 Juli Umi no hi (hari kelautan) 15 September Keiro no hi (hari orang lanjut usia) 23 September Shuubun no hi (hari puncak musim gugur) 10 Oktober Taiiku no hi (hari kesehatan dan olah raga) 3 November Bunka no hi (hari kebudayaan) 23 November Kinro kansha no hi (hari menghormati orang kerja) 23 Desember Ternno tanjo bi (hari ulang tahun kaisar)
--------------------------------------------------------------------------------
Page 66
66Lampiran F. Persyaratan calon penerima beasiswa Monbukagakusho Persyaratan utama untuk calon penerima beasiswa Mombusho ini ditentukan sbb.: (1). Warganegara RI (2). Sehat jasmani dan rohani (3). Berstatus sebagai pegawai negeri sipil (4). Berumur tidak boleh melebihi 35 tahun pada bulan April dari tahun mulai berlakunya beasiswa Mombusho tsb. (5). Latar belakang pendidikan: tamatan perguruan tinggi dan untuk karyasiswa yang ingin melanjutkan studinya ke program Magister (shushi) harus telah menyelesaikan pendidikan formal minimal selama 16 tahun. (6). Bidang studi: harus sama dan merupakan lanjutan dari penelitian sebelumnya. (7). Bahasa Jepang: seorang karyasiswa harus mampu berbahasa Jepang dan mengikuti kuliah dalam bahasa Jepang. (8). Ketibaan di Jepang: Karyasiswa yang berhasil diterima sebagai penerima beasiswa Mombusho harus tiba di Jepang antara tanggal 1 - 7 April atau antara tanggal 1 dan 7 Oktober . (9).Lain-lain: -beasiswa Mombusho tidak diberikan kepada mereka yang bertugas sebagai militer (angkatan bersenjata) atau mereka yang sedang aktip bekerja sebagai pegawai pada dinas militer.
--------------------------------------------------------------------------------
Page 67
67-beasiswa Mombusho akan dicabut bilamana karyasiswa tidak memenuhi tanggal ketibaan di Jepang. -beasiswa Mombusho tidak diberikan kepada mereka yang suami atau istrinya telah mendapatkan beasiswa yang sama sebelumnya atau pada saat mengajukan lamaran salah satu diantaranya sedang berada di Jepang dengan beasiswa Mombusho atau secara bersamaan mengajukan lamaran beasiswa Mombusho. -beasiswa Mombusho tidak diberikan kepada mereka yang telah menerima beasiswa Mombusho sebelumnya dan setelah kembali belum melakukan kegiatan riset atau pengajaran kurang dari 3 (tiga) tahun. -beasiswa Mombusho tidak berlaku bagi pelamar yang sedang aktip mengikuti pendidikan di jepang pada saat pengajuan lamaran. Dokumen yang diperlukan untuk melamar beasiswa Mombusho Semua calon penerima beasiswa Mombusho diharuskan mengajukan dokumen yang rinciannya akan dijelaskan dibawah ini kepada Kedutaan Besar Jepang di Jakarta pada waktu yang telah ditentukan. Semua dokumen yang diajukan tidak dapat diminta kembali. Adapun jenis dokumen yang perlu disiapkan adalah sbb.: (1). Formulir Mombusho yang diisi dalam bahasa Inggeris atau Bahasa Jepang bagi mereka yang sudah menguasai bahasa atau satra Jepang.....(asli 2x, fotokopi 5 x) (2). Pasfoto ukuran 4 x 6 yang ditempelkan pada tempat yang telah disediakan disudut kanan atas formulir......... (asli 2x , fotokopi 5x) (3). Fotokopi ijazah sarjana atau Magister (atau yang setara) dalam bahasa Inggeris yang
--------------------------------------------------------------------------------
Page 68
68disyahkan oleh pejabat yang berwenang..........(asli 1x, forokopi 5x). (4). Fotokopi nilai / transkrip dalam bahasa Inggeris......( asli 1x, fotokopi 5x) (5). Surat kesediaan membimbing dari Professor pembimbing di Jepang (bila ada). (6). Surat rekomendasi dari perguruan tinggi atau instansi asal pelamar. (7). Ringkasan skripsi atau tesis (8). Ukuran kertas tambahan atau dokumen lainnya yang dilampirkan menggunakan ukuran yang sama dengan ukuran formulir Mombusho. (9). Formulir kesehatan yang diisi oleh dokter dengan dibubuhi tanda tangan serta cap/stempel klinik dimana dokter bekerja. (10). Sudah mempunyai NIP dan Karpeg. Akhir-akhir ini dosen Kopertis sudah mulai diijinkan untuk melamar beasiswa Monbukagakusho.
--------------------------------------------------------------------------------
Page 69
69Lampiran G. Alamat Penting: 1. Kedutaan Besar Jepang a. Bagian Pendidikan Pendidikan : Gd. Menara Thamrin Lt.7. Jl. M.H. Thamrin Kav. 3, Jakarta 10340. Tel. 021-324308 (hunting). Buka Senin-Jumat. b. Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya Jl. Raya Darmo Permai II No.17, Surabaya, Tel. 031-7314047, 031-7347961. c. Konsulat Jenderal Jepang di Medan Jl. Suryo No.12, Medan. Tel. 061-4531192. d. Konsulat Jenderal Jepang di Makassar Jl. Jend. Sudirman No.31, Makassar, Telp. 0411-871030 2. Alamat KBRI di Tokyo: 5-2-9 Higashi Gotanda, Shinagawa-Ku, Tokyo 141-0022 Tel: 03-3441-4201-3. 3. Akomodasi yang disediakan AIEJ a. Komaba International Student House: 4-5-29, Komaba, Meguro-Ku, Tokyo, 153-8530 Tel: 03-3454-5222 b. Soshigaya International Student House: 4-24-1 Kami Soshigaya, Setagaya-Ku, Tokyo 157-0065 Tel: 03-5384-1201.
--------------------------------------------------------------------------------
Page 70
70c. Tokyo Academic Park Residence Halls for International Students and Researchers (nama sementara): 2-79 Aomi, Koto-Ku, Tokyo 135-0064 d. Kansai International Student House: 3-3 Tsukumodai, Suita-shi, Osaka 565-0862 Tel: 06-6871-2882 e. Hyogo International Students House: 1-2-8, Wakinohama-Cho, Chuo-Ku, Kobe-Shi, Hyogo, 651-0072. Tel: 078-242-1741.

Tips Mendapat Beasiswa Gratis [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 18 Jul 2008 08:37 PM CDT

Menjemput Beasiswa

Dari beberapa diskusi ada beberapa pertanyaan tentang beasiswa. Saya ingin membagi pengalaman menjemput beasiswa. Paling tidak sejak SPG (Sekolah Pendidikan Guru) sampai mengambil pendidikan Ph.D saya selalu mendapatkan beasiswa.

1. Pada saat SPG (setingkat SMA) saya menerima beasiswa selama 2 tahun terakhir. Kualifikasi mudah sekali selama kita bisa menunjukkan ranking 1 sampai 3, kita mendapatkan beasiswa. Ada juga scheme beasiswa untuk orang miskin.

2. Pada saat pendidikan Sarjana di FISIP UI, saya menerima beasiswa dari Diknas sejak tingkat 2, setelah tentu saja kita menunjukkan prestasi akademik.

3. Pada saat saya menjadi anggota Senat Mahasiswa FISIP UI, dengan Ketua Senat sdr. Imam Prasodjo, kebetulan saya memegang posisi ketua bidang pendidikan. Saya baru melihat ada ketidakadilan dalam proses transparansi beasiswa. Saya memiliki teman yang kaya-raya mendapatkan beasiswa dari Toyota Foundations yang sebulannya mendapatkan 50 ribu rupiah (bandingkan dengan beasiswa dari Diknas yang 9 ribu rupiah saja).
Biaya tinggal di Wismarini (asrama UI) hanya 3 (tiga) ribu rupiah. Saya langsung protes ke PD III, agar beasiswa harus diumumkan jauh hari ke mahasiswa. Akhirnya saya dapat pindah beasiswa ke Toyota Foundation.

Maka saya sangat kaya saat menjadi mahasiswa waktu itu. Penguasa, termasuk di universitas, biasanya tidak memberikan informasi jauh hari kepada mahasiswa. seringkali tinggal beberapa hari, sehingga kita tidak dapat mengurus beasiswa tersebut karena sudah ditutup.

4. Pada saat yang sama saat di SM FISIP UI, saya juga menjadi Sekretaris Komisariat HMI FISIP UI. Saya melihat bahwa banyak anggota HMI ternyata miskin-miskin. Bersamaan dengan program SM FISIP UI, saya yang miskin dan sudah dapat beasiswa, saya panggil orang-orang miskin tsb dan membuat strategi untuk mendapatkan beasiswa. Belajar diperbaiki, kualifikasi akademik diperbaiki. Alhamdulillah kita yang miskin-miskin akhirnya menjadi pinter-pinter dan mendapatkan beasiswa.

5. Pada saat selesai kuliah saya ingin ke luar negeri. Posisi Sekretaris Jurusan Ilmu Politik FISIP UI saya manfaatkan untuk membangun relasi dengan berbagai lembaga beasiswa. Saat itu juga saya memiliki teman anak Menteri Pendidikan. Saya bilang bahwa saya membutuhkan beasiswa. Dia mau bantu, tapi saya menolaknya. Saya katakan kalau 3 kali saya menjemput beasiswa dan gagal barulah saya akan meminta katabelece dari teman yang anak Menteri Pendidikan tsb.

6. saya mendapatkan beasiswa dari Australia Indonesia Institute untuk mengambil MPhil Houners Degree di Sydney University. AII ini sebetulnya tidak tertarik untuk memberikan program beasiswa yang lama (2 tahun).
Program AII menurut saya hanya untuk mendapatkan nama di media sehingga programnya lebih berupa short visit, seperti memberi beasiswa kepada Christine Hakim, Gunawan Muhammad dkk mereka. Alhamdulillah saya mendapatkan beasiswa tersebut selama 2 tahun dan itu satu-satunya program AII sampai saat ini.

7. Saya menyadari kebencian saya terhadap bahasa Inggris, karena dari SPG Lamongan, kuliah di FISIP UI, teman-teman saya kalau dilihat tempat lahirnya, London, Washington, Manila, Maroko, Amsterdam. Nah, sebagai orang ndeso Babat tembak langsung ke Jakarta, sebel juga saya dengan Bahasa Inggris, walau di mata kuliah Bahasa Inggris tetap mendapat angka 8 (delapan). Sangat disadari bahasa inggris yang pas-pasan tersebut.
Alhamdulillah saya lumayan IELTS nya. Setelah 5 bulan benar-benar konsentrasi belajar bahasa Inggris, meninggalkan aktivitas LSM dan lain-2nya. Untuk dapat masuk di Sydney University paling tidak harus 7,5 IELTS yang harus didapatkan. Saya termasuk yang tidak mendapatkan 7,5, saya lupa mungkin hanya 6,5 IELTS tapi tetap dapat masuk di Sydney University (the first university in Australia).

8. Satu tahun di program Department of Government (Politics), saya ditawari untuk upgrade ke Ph.D Program yang kebetulan ketua Departemen-nya Prof. Michael Leigh adalah ahli Asia Tenggara (Malaysia) istrinya ahli Aceh. Saya tinggal dengan keluarga tersebut. Supervisor saya tidak mengerti Indonesia, karenanya saya menulis tentang Urban Politics in Australia. Secara administrasi saya tidak mendapatkan surat dari Dikti. Saya sudah menunggu setiap hari selama 2 minggu tapi Dikti tidak memberikannya. Saya bilang ya sudah, langsung ke Kedutaan Australia, saya katakan masalah saya, dan langsung dibuatkan surat. Saya mendapatkan tambahan 5 tahun beasiswa dari AUSAID. Saya tidak memiliki degree Master tapi langsung mendapatkan Ph.D walau pada awalnya bahasa inggris pas-pasan.

9. bagaimana dapat terus-menerus berhasil mendapatkan beasiswa?

Disambung di tulisan ke dua.

Melbourne, 13 April 2008

Wassalam,
Chusnul Mar'iyah
www.chusnulmariyah.or.id


--------------------------------------------------------------------------------

Bagian 2

Menjemput beasiswa (2): Informasi beasiswa tidak merata

1. Sebagai Ketua Program Pascasarjana Ilmu Politik FISIP UI 2000-2003, saya mencoba untuk secara afirmatif membantu mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa dengan mencarikan melalui kerjasama maupun mencarikan informasi dari lembaga-lembaga beasiswa yang ada. Alhamdulillah, pada periode saya menjadi Ketua Program Pascasarjana, banyak mahasiswa yang mendapatkan
beasiswa. Kalau tidak bisa memperoleh beasiswa, saya punya program mahasiswa dapat hutang ke Program Pascasarjana dan kemudian membayarnya secara bertahap. Kalau tidak bisa membayar, saya memberikan pekerjaan di Program Pascarasjana supaya hutangnya bisa dilunasi.

2. Beasiswa dari USAID, saya melihatnya sangat elitist. Tapi saya belum pernah mencoba. Pertama, yang mendapatkan beasiswa adalah mereka yang memiliki bahasa inggris sangat bagus. Tidak ada program untuk training Bahasa Inggris, sepengetahuan saya. Mungkin saya salah. Itu info yang dahulu kala saya akan coba. Kedua, koneksi menjadi sangat penting,
sirkulasi elit sangat penting (sirkulasinya elit terbatas). Silahkan dari teman-teman yang telah mendapatkan beasiswa dari USAID dapat share.
Saya sendiri setelah selesai mendapat Ph.D baru mendapatkan beasiswa ke Amerika Serikat untuk short course program yang 3 bulanan tentang Federalism and Scholarly Aproaches pada tahun 1997. Pada waktu itu di kantor USAID di washington saya katakan perlunya untuk memperluas target beasiswa agar merata untuk Indonesia dari Merauke sampai Sabang.

3. Beasiswa ke Inggris, koneksi menjadi penting, selain Bhs Inggris juga penting. Saya membantu beberapa asisten dosen saya baik yang bahasa Inggrisnya pas-pasan maupun yang sudah bagus untuk dapat beasiswa ke Inggris. Alhamdulillah sebagian besar lolos.

4. Beasiswa ke Australia, memiliki model target yang lebih jelas, 50% untuk perempuan, Bhs Inggris so so, karena Australia memiliki program untuk memberikan training bhs Inggris sampai 5 bulan di Indonesia. Bahkan masih dapat ditambah 8 minggu Bridging Course di Australia. Konteks dari Indonesia Timur dan Aceh (sekarang banyak sekali beasiswa untuk Aceh baik ke Australia maupun ke Amerika). Walaupun akhirnya bukan orang Aceh yang mendapatkannya.

Koneksi atau rekomendasi dari dosen di Australia menjadi sangat penting untuk keberhasilan beasiswa tersebut. Bagaimana caranya, tulis email saja langsung dengan professor atau dosen di perguruan tinggi Australia yang topiknya mirip dengan studi yang akan diambil. Kemampuan untuk membuat proposal yang akan dinilai. Apakah topiknya seksi atau tidak?

Contoh, akan mudah mendapatkan beasiswa kalau anda mengambil topik tentang politik Papua, Timor Timur atau Aceh. Ada kawan saya yang mengambil topik pemikiran politik berkali-kali tidak pernah bisa lolos. Dengan peta politik isu terorisme menjadi isu primadona untuk penerima beasiswa. Apalagi sekarang, baik AUSAID maupun USAID kelihatannya sangat senang untuk memberikan beasiswa dari IAIN atau kelompok Islam. Anda yang dari HMI dapat menggunakan kesempatan ini. Di Australia, sebagian besar yang ambil Master dan Ph.D Ilmu Politik berlatar-belakang dari IAIN.

5. Makanya dalam Miriam Budiardjo Lecture yang diselenggarakan oleh IAIPI di LIPI bulan lalu, saya dalam lecture tersebut mengatakan bahwa profesi Ilmu Politik sudah diambil alih oleh IAIN, bahkan anggota KPU diketuai oleh Doktor dari IAIN (dari dua prof di KPU, satu IAIN satunya lagi pertanian). Mudah-2an 3 lulusan IAIN di KPU tersebut Iqra terlebih dahulu.

Bagi anda yang lulusan IAIN sekarang sedang seksi sekali karena Islam dianggap sumber "teroris" so, mereka akan memberikan beasiswa untuk topik-2 politik Islam. Itu analisa saya. There is no such thing like free lunch. Beasiswa juga demikian. Penerima beasiswa harus percaya diri, jangan kemudian lupa kepada akar dan bangsanya sendiri.

6. Saya pernah menjadi bagian untuk menentukan beasiswa dari Belanda.
Sayangnya saya harus berhenti karena mereka menganggap saya koruptor di KPU. Anyway, Belanda juga memiliki program untuk kelompok Islam dari Ambon, tapi tidak banyak informasi tersebut yang sampai ke kelompok Islam. Menurut mereka, mereka menyadari memberikan beasiswa hanya kepada kelompok Kristen tidak menjawab persoalan konflik Islam-Kristen di Ambon. Belanda melalui Studenet-nya cukup banyak memiliki beasiswa untuk program-program pendek yang dapat dirancang sendiri. Walaupun ke Belanda juga harus tetap memiliki bahasa inggris minimal.

7. Dari berbagai Negara, Perancis, Jepang, Jerman, negara Skandinavia (seperti Swedia, Norwegia, Denmark, Finlandia), keberhasilan studi di negara-negara yang bukan berbahasa inggris adalah kemampuan kita untuk secara cepat belajar bahasa setempat. Seperti di Jepang, kalau kita belajar social sciences, perpustakaan yang ada dalam bahasa Jepang semua. Tentu saja mereka juga punya bahasa inggris. Kecuali bagi mereka yang belajar science dan technology. Demikian pula di Jerman, adik saya yang katanya sebelum berangkat dikatakan 50% akan menggunakan bahasa inggris, pada prakteknya 75% bahasa Jerman. Silahkan teman-teman yang lulusan dari negara tersebut berbagi pengalamannya. saya sendiri pernah ke Jepang ke Hosei University hanya untuk program pendek saja.

8. Dari negara-negara Timur Tengah, saya tidak terlalu tahu, kecuali saya pernah berbicara dengan kedutaan Iran untuk memberikan beasiswa untuk mempelajari politik Iran. Sayang belum sempat saya lanjutkan pembicaraan tersebut.

9. Beasiswa dari lembaga-lembaga dalam negeri, dulu ada OTO Bapenas (loan sifatnya, tapi negara yang membayar). Saya pernah untuk beberapa tahun terlibat untuk menentukan beasiswa dari Ford Foundation. OSI (Open Society Institute) juga memberikan beasiswa untuk Master ke Budapest (Central European University) dsb.

10. Masih ingat beasiswa BPPT dari sejak Lulus SMA? itu sifatnya hutang atau loan. Negara memang yang membayar bukan penerima beasiswa. Ke mana lulusannya? Menurut saya mustinya lulusan beasiswa tersebut harus dapat melakukan kerja dengan disebar ke kabupaten/kota, dan negara memberi insentif dan program untuk teknologi terapan. Bisa anda bayangkan para insinyur lulusan luar negeri membangun teknologi di kabupaten/kota di Indonesia? Dengan demikian kabupaten/kota se Indonesia akan berkembang.
Daripada di kantor BPPT dan di Bandung (perusahaan pesawat terbang yang selalu demo terus-menerus). Tidak tahu bagaimana pemerintah menyelesaikan masalah tersebut? Kenapa tidak ditawarkan ke daerah-daerah saja? Kasihan Pak Habibie terpaksa harus mencarikan kerja bagi mereka di Jerman, Perancis atau Belanda? Padahal mereka dibayar oleh uang rakyat Indonesia, bukan?

Salam,
Chusnul Mar'iyah
www.chusnulmariyah.or.id


--------------------------------------------------------------------------------

Bagian 3 (terakhir)

Sukses mendapatkan beasiswa dan sukses studinya

1. Untuk sukses studi terdapat berbagai factor, di antaranya dapat memilih topik yang sedang diminati oleh kebijakan dari negara pemberi beasiswa. Hal tersebut terutama untuk social sciences. Apa yang sedang diminati dan membuat topik yang sesuai dengan yang diminati serta sesuai dengan minat kita. Paling tidak harus ada kompromi. Menulis proposal harus pula jelas dan tajam. Jangan malu-malu bertanya.

2. Bahasa Inggris, menjadi hambatan untuk kita yang biasanya dari daerah-2. Nah, kita perlu belajar dengan rajin mendengarkan berita dalam bahasa Inggris, misalnya. Juga harus ada keinginan yang besar dan niat yang kuat untuk bisa bahasa Inggris. Saya yakin kita semua bisa. Apalagi yang memiliki kemampuan multi bahasa, ada bahasa Jawa, bahasa Indonesia, bahasa Arab, atau bhs lainnya. Belajar bahasa Inggris tidak sulit.

3. Saya sendiri berangkat dengan bahasa Inggris pas-pasan. Bahkan ada professor serta teman mengatakan, kamu berani sekali mengambil Ph.D dengan bahasa Inggris pas-pasan. Well .. jangan takut, EGP saya dapat beasiswa kok. Asal anda mau belajar, semua menjadi mudah. Saya punya strategi sendiri. Setelah di Australia, saya tidak tinggal dengan orang Indonesia, ya kalau orang Indonesia numpang beberapa waktu di tempat saya iya juga, tapi tidak lama. Tidak terlalu banyak bermain dengan orang Indonesia.

Maaf, walau sering dianggap sombong, wah ya biarkan saja. Ini mau belajar, bahasa Inggris yang pas-pasan itu, kalau dengan
orang Indonesia ya bahasa Inggrisnya tidak maju-maju. Termasuk saya dapat memaksa para ahli Indonesia tidak berbicara bahasa Indonesia dengan saya.

Masuk di kelas malam sebelumnya harus banyak membaca supaya besoknya mengerti apa yang sedang dibicarakan oleh dosennya. Harus ada minat yang kuat dan mempraktekkan bahasa tsb. Jangan takut salah. Bisa dihitung satu dua saja orang asing yang menulis tesis dalam bahasa Indonesia, kita menulis tesis dalam bahasa Inggris. Jadi masih lebih bagus kan? Percaya diri harus bisa bahasa Inggris. Tapi jangan sok pinter. Intinya belajar, belajar, dan belajar, baca, baca dan baca.

Bangun pagi alarmnya, news dalam bahasa Inggris. Paling tidak membutuhkan 6 bulan proses tersebut. Setelah 6 bulan, alhamdulillah membaca buku, artikel, berteman dengan orang Indonesia dan bicara Bhs Indonesia, sudah tidak takut bahasa inggrisnya hilang. Bahkan pada semester 3 saya sudah ditawari untuk menjadi tutor mata kuliah South East Asian Politics di Sydney University (selama lima tahun) yang memiliki mahasiswa sampai 70 orang, artinya sampai memiliki 5 kelas tutorial. Nah, terpaksa harus berbicara bahasa Inggris kan? Gramar salah tidak usah takut, tapi tetap harus belajar.

4. Menulis disertasi atau tesis itu sendirian, lama dan lonely, makanya memang harus memilih topik yang menarik. Menulis disertasi di luar negeri harus mengubah budaya di Indonesia. Mahasiswa kebiasaannya hanya menulis pada satu tahun terakhir. Di luar negeri, kalau bisa sejak berada di negeri tersebut imannya harus kuat, topik jangan berubah-ubah namun boleh terus-menerus dipertajam, menulis langsung dalam bahasa inggris, jangan bahasa Indonesia terus diterjemahkan. Jangan menggunakan kamus Inggris-Indonesia, tapi gunakan kamus Inggris-Inggris. Hal tersebut akan membantu anda dalam menulis dan memahami. Cintailah bahasa inggris tersebut supaya lebih cepat dapat mengerti.

5. Rekomendasi menjadi penting. Contoh, kenapa dari kelompok pemuda NU sekarang banyak yang sekolah ke luar negeri dibandingkan pemuda Muhamadiyah? Kelompok laki-lakinya tentu lebih banyak dari perempuan? Kelompok Kristen lebih banyak dibanding Muslim (secara prosentase)?
Sekarang IAIN mendapatkan prioritas diterima. Kesemuanya itu adalah berhubungan dengan rekomendasi, baik dari Indonesia maupun dari team dari negara pemberi beasiswa. Saya yakin kelompok HMI memiliki akses rekomendasi di seluruh dunia. Di sini penting bagaimana rekomendasi tersebut dapat menarik atau dapat "menjual diri" dengan baik.

Saya dahulu karena rekomendasi dari Prof. Richard Chauvel, bahkan beliau sampai mencarikan siapa yang akan menjadi pembimbing saya. Prof. Richard Chauvel adalah dosen tamu yang mengajar politik Australia di UI selama 4 tahun. Pertemanan dengan beliau sudah banyak menghasilkan lulusan Australia.

6. Menurut saya para alumni harus membangun institusionalisasi beasiswa dengan membuat lembaga pemberi beasiswa, atau dapat berbicara dengan negara pemberi beasiswa. Oleh karena itu perlu dimulai pembentukan lembaga untuk mengumpulkan dana abadi untuk dapat memberi beasiswa. Saya agak risi kalau setiap awal semester harus meyakinkan kepada senior bahwa mahasiswa ini membutuhkan beasiswa untuk membayar uang SPP kalau tidak akan di DO.

7. Alumni yang ada di pemerintahan dapat pula bernegosiasi untuk membangun network dengan negara pemberi beasiswa. Hal ini dapat dilakukan melalui kegiatan2 selain diskusi-2 seperti biasanya. Contoh, Wakil Presiden dan para direktur-2nya. Katakan, kalau AUSAID memberi sampai 500 beasiswa, kenapa tidak Wakil Presiden meminta 10 saja dengan menentukan scheme sendiri. Untuk Australia bisa ada scheme ADS, ALA, APS, Alison Sudrajat, atau yang langsung dengan universitas yang bersangkutan. Ada beasiswa lengkap dengan biaya hidup, ada yang hanya tuition fee. Demikian pula dengan beasiswa dari berbagai departemen seperti Departemen Keuangan yang sangat kaya itu. Mustinya semua departemen melakukannya. Kenapa jadinya Departemen Pendidikan bingung menghabiskan dana 20% APBN? Saat ini Departemen Pendidikan sedang memberikan beasiswa yang sangat banyak bagi model Sandwich program 1 tahun di luar negeri untuk S3 atau S2 juga? Lembaga dapat memberikan fasilitas untuk informasi tersebut.

8. Sebagai Ketua Program Pascasarjana Politik FISIP UI pada tahun 2000-2003 dulu, saya seringkali dikeluhkesahi oleh mahasiswa yang tidak dapat uang dari senior-seniornya. Saya berfikir kenapa senior lebih suka memberi uang kepada mahasiswa sekali-kali, dibandingkan kepada lembaga yang memberikan beasiswa tersebut? Mungkin senior akan dapat membangun
konstituen atau klik atau apa saja dengan memberikan uang kepada mahasiswa tersebut, semacam balas budi? Kenapa tidak dilakukan institusionalisasi untuk dapat memberikan beasiswa dengan visi dan misinya? Tentu saja tidak dilarang tetap memberikan zakat berupa beasiswa kepada mahasiswa tertentu.

9. Beasiswa untuk program jangka pendek sangat banyak sekali. Silahkan rajin-rajin mengikuti program pendek tersebut. Bahkan saat ini setelah selesai dengan KPU, saya mendapatkan ALA Research Fellowship di Victoria University, Melbourne. Karena seorang kolega saya (lagi-lagi Prof. Richard Chauvel) sangat prihatin dengan kondisi saya di KPU pasca pemilu
2004. Beliau dengan Prof. Michael Meigh dan Dr. Barbara Leigh mencarikan jalan untuk dapat mengundang saya ke Australia, untuk disuruh membaca, menulis dan memberi kuliah. Mereka sangat menghargai pengalaman politik kita, walau saya berfikir kok bangsa sendiri malah seringnya hanya menghujat dan meremehkan ya? Itu namanya nasib dan takdir barangkali ya?

10. Semua beasiswa dari negara-negara maju dapat diakses melalui internet. Silahkan cek saja melalui Google, anda akan mendapatkan informasi beasiswa apapun. Jangan terlambat. Saya yakin banyak orang yang memiliki pengalaman yang sama dalam hal ini dapat share pengalamannya.

Bagi mereka yang ingin mendapatkan beasiswa dan sekedar bertanya dengan senang hati dapat langsung beremail kepada saya. Selamat untuk menjemput beasiswa dan selamat belajar.

Salam,
Chusnul Mar'iyah
www.chusnulmariyah.or.id

Cara melanjutkan kuliah di Jepang [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 18 Jul 2008 08:35 PM CDT

Salah satu cara melanjutkan kuliah di Jepang


format untuk printer
Jepang merupakan negara maju didunia dimana banyak teknologi modern yang dilahirkan dari negara ini. Salah satu pendorong utama dari kemajuan ini adalah kualitas pendidikan yang baik, sehingga tidaklah mengherankan banyak berdatangan mahasiswa dari penjuru dunia untuk menimba ilmu di negeri sakura ini. Tulisan berikut sesuai judulnya merupakan salah satu cara, saya sebut demikian karena memang berbeda dari jalan yang biasa ditempuh mahasiswa pada umumnya, yaitu dengan mendapatkan beasiswa seperti Monbusho, Panasonic, JICA dll.

Singkat cerita bulan Juni 2002 saya menginjakkan kaki pertama kali di Jepang sebagai salah satu peserta Kenshusei IMM Japan angkatan 112. Modal bahasa dan budaya jepang yang hanya 4 bulan di tanah air dan sebulan di Saitama mengharuskan kami para kenshusei untuk langsung bergabung di perusahaan-perusahaan kecil dan menengah di seluruh Jepang. Sebelum datang ke Jepang saya punya keinginan yang kuat, yaitu ingin melanjutkan kuliah di sini. Waktu itu saya ditempatkan di kota Toyota, Prefektur Aichi. Hari-hari kerja yang keras memaksa saya tidak bisa konsentrasi untuk belajar bahasa lagi, namun cita-cita untuk kuliah makin kuat. Malam hari sepulang bekerja saya buat catatan kecil tentang kosakata baru yang saya temui hasil dari percakapan dengan orang jepang ataupun yang tertulis di tempat kerja. Hari minggu sesekali diajak oleh senior untuk jalan-jalan ke Nagoya. Kesempatan ini saya manfaatkan untuk mampir ke toko buku dan membeli beberapa buah untuk meningkatkan kemampuan bahasa jepang. Dari informasi teman-teman jepang di kota toyota ada kursus bahasa jepang gratis tiap hari minggu yang diajarkan oleh para volunteer bahasa, namun tempat yang jauh pulang pergi menghabiskan 1000 yen dengan naik bus, hampir mengurungkan niat untuk ikut kursus tsb. Akhirnya dapat ide yaitu dengan membeli sepeda dan jadilah tiap minggu bersama kawan-kawan ikut kursus bahasa tsb dengan naik sepeda, membutuhkan waktu sekitar satu jam sekali jalan.

Menginjak tahun kedua kemauan untuk kuliah makin kuat. Pepatah "siapa berkawan dengan penjual minyak wangi akan ikut memperoleh bau wanginya" menginspirasi saya untuk memperluas relasi dan jadilah saya berteman dengan mahasiswa dari Nagoya, Gifu, Mie dan aktif bergabung teman-teman kenshusei membuat semacam pengajian bulanan yang diberi nama Umin Japan . Dari bantuan dan informasi teman-teman mahasiswa ini akhirnya mendapat saran untuk mencari Lab dan Sensei yang tepat. Akhirnya mendapatkan sensei di Gifu University. Tahun ketiga saya konsentrasi penuh keinginan untuk kuliah. Saya bilang terus terang ke orang tua dikampung sehingga kiriman uang agak terhenti, hal ini karena uang gaji saya tabung demi melanjutkan kuliah nanti. Beberapa kali saya bolos kerja untuk ikut acara-acara di Lab calon Sensei saya tersebut bahkan beberapa kali sempat ikut seminar disitu. Hal ini sempat membuat pimpinan di tempat kerja mulai curiga, namun saya bisa menyimpan rahasia ini dengan baik. Sejak itu saya terus kontak dengan Sensei dan mulai mencari bahan bacaan yang sesuai dengan bidang Sensei tsb. Melihat motivasi dan semangat yang saya tunjukkan akhirnya Sensei setuju, setelah selesai magang nanti saya bisa bergabung di Lab beliau. Awal Januari 2005 dengan diantar Sensei saya datang ke bagian administrasi untuk didaftarkan menjadi mahasiswa Gifu University . Melihat persaingan yang ketat saya coba untuk berburu ke universitas lain dan akhirnya Mie University sebagai pilihan kedua, dan di Mie ini juga Alhamdulillah dipertemukan oleh Allah SWT dengan mahasiswi Indonesia yang sedang kuliah di Mie University yang sekarang menjadi ibu dari putra saya. Di Mie lewat Senpai yang saya temui di masjid kampus, saya juga berhasil meyakinkan Sensei untuk kuliah di lab beliau, namun nasib belum berpihak rupanya. Saya terbentur dengan sistem administrasi kampus yang menginginkan minimal dua orang jepang sebagai penjamin keuangan. Persyaratan inilah yang sulit dipenuhi, akhirnya konsentrasi penuh saya pusatkan ujian di Gifu. Hal ini menjadi pelajaran yang berharga, yaitu jangan terpaku pada satu tempat karena ternyata persyaratan antara perguruan tinggi satu dengan lainnya berbeda. Jalan ke arah menjadi mahasiswa di Gifu University ternyata masih banyak rintangan yang harus saya lalui termasuk dalam hal pengurusan visa, urusan keluarga dll.namun Alhamdulillah semuanya bisa dilalui dengan baik dan sejak April 2007 resmi menjadi mahasiswa S2 Gifu University.

Untuk rekan2 kenshusei yang berkeinginan kuat melanjutkan kuliah ada beberapa saran sbb :

Niat
Niat yang kuat untuk kuliah. Walaupun kelihatan sepele namun ini memegang peranan yang sangat penting. Jangan berharap jalan menuju kesana akan lancar dan mulus. Banyak sekali hambatan yang akan muncul, terus kuat dan nyalakan semangat ini sampai keinginan tsb menjadi nyata.

Bahasa Jepang
Hal ini terutama bagi yang ingin masuk jenjang S1 sebisa mungkin mencapai level 1, kalaupun hanya level 2 masih ada jalan, namun harus ganbatte. Sedangkan bagi yang masuk jenjang S2 lebih ringan lagi, tidak perlu bahasa jepang yang handal, asal bisa percakapan sehari-hari sudah cukup, karena kebanyakan akan menggunakan bahasa inggris.

Keuangan
Bersiaplah mulai menabung dari sekarang karena nanti biaya akan kita tanggung sendiri, walaupun ada beberapa beasiswa nantinya keuangan yang memadai akan lebih baik. Dan juga siap2 untuk mandiri, kerja baito dsb akan kita jalani sehabis masuk kuliah nanti.

Perluas informasi
Informasi bisa diperoleh darimana saja baik itu lewat internet maupun lewat teman-teman mahasiswa. Perbanyak bergaul dan seringlah bergabung dengan kegiatan kegiatan mahasiswa. Cari Sensei yang cocok dengan bidang kita. Dan kalau bisa jangan satu orang. Persyaratan satu kampus dengan kampus lainnya bisa berbeda. Demikian juga dengan yang mau tes masuk S1. Seandainya tanggal ujian berbeda bisa ikut tes di dua kampus, karena kita tidak tahu tingkat persaingan dan persyaratan masuknya.

* Siswoyo

Mahasiswa S2 Gifu University, Jepang.

Sumber: http://www.ppi-jepang.org

Informasi Beasiswa [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 18 Jul 2008 08:33 PM CDT

Bagi anda yang ingin mendapatkan informasi beasiswa secara lengkap, baik untuk ke dalam maupun luar negeri, baik untuk tingkat SMA, S1, S2, maupun S3, dapat mengakses link berikut ini, selamat mencoba!

1. Beasiswa KPT untuk Lulusan SMA, SMK, D3, S1, D1, D2, dsb.

2. Beasiswa Unggulan S1, S2, S3, D1, D2, D3, D4 - Depdiknas RI
3. Beasiswa ASEAN untuk Pelajar/Siswa SMP & SMA
4. Beasiswa SMA, S1, S2, S3 dari Pemerintah Jerman (DAAD)
5. Beasiswa S1, S2, S3 di Luar Negeri - Info Depdiknas RI
6. Beasiswa Jepang - Monbukagakusho, dsb
7. Beasiswa Perancis - Edufrance-Indonesia_com
8. Beasiswa Yayasan Sampoerna
9. Beasiswa Panasonic - panasonic_co_id
10. Beasiswa Bank Dunia - Worldbank_org
11. Beasiswa Belanda - The Netherlands Fellowship Progr.(NFP)
12. Beasiswa S3 The Habibie Center
13. Beasiswa Malaysia, Brunei, Inggris, dsb - csfp-online_org
14. —– Link ke Kedutaan Besar berbagai Negara di Indonesia —
15. —– Link website Negara/Pemerintahan di seluruh Dunia —
16. Beasiswa Australia - Australianscholarships_gov_au
17. » Beasiswa Depdiknas Australia - Dest_gov_au
18. » Beasiswa Kemitraan Indonesia - Australia
19. » Beasiswa Australia - Ausaid_gov_au
20. » Beasiswa Pemb. Australia (ADS) S2 / S3 Australia
21. » Beasiswa Indonesia untuk Warga Australia
22. Beasiswa Inggris - chevening_com
23. » Beasiswa Inggris & USA - rhodesscholar_org (Oxford, dsb)
24. » Beasiswa Inggris - University of Cambridge
25. » Beasiswa Inggris - universitiesuk_ac_uk
26. Beasiswa Amerika Serikat - Depdiknas USA
27. » Beasiswa Amerika Serikat - aminef_or_id
28. » Beasiswa Amerika Serikat - scholarshipamerica_org
29. » Beasiswa Amerika Serikat - Fulbright Scholarship - iie_org
30. Beasiswa Singapura - National University of Singapore
31. » Beasiswa Singapura - Nanyang Techn.University
32. Beasiswa Jepang - JDS Program
33. » Beasiswa S2, S3 Jepang - Asiaseed_org
34. Beasiswa Berbagai Negara - fulbrightonline_org
35. Beasiswa S1, S2, S3 Dalam/Luar Negeri - Info beasiswa_us
36. Beasiswa S1, S2, S3 Dalam/Luar Negeri - Info iief_or_id
37. Beasiswa bagi PNS - Info vergina_papilaya
38. Beasiswa Jerman - USA
39. Info Beasiswa di - Universitas Brawijaya Malang
40. Info Beasiswa di - Online-Degrees-Scholarships-com
41. Info Beasiswa di - college-scholarships
42. Info Beasiswa di - IMF-org
43. Info Beasiswa di - Scholarshipexperts-com
44. Info Beasiswa di - Guaranteed-Scholarships-com
45. Info Beasiswa di - Giantexplorer-com
46. Info Beasiswa di - Blogspot-com
47. Beasiswa Wusgermany-de
48. Beasiswa Universitat Hannover
49. Beasiswa the IMF Institute Scholarship Program
50. Beasiswa The General Sir John Monash Awards
51. Beasiswa The Endeavour Lang.Teac.Fellows.(ELTF)
52. Beasiswa the Australia IMF Scholarship Prog.for Asia
53. Beasiswa Temasek / APEC Scholarship, dsb-ny;
54. Beasiswa SSRC (Social Science Research Council)
55. Beasiswa S2 / S3 di Jerman
56. Beasiswa PPI Hiroshima
57. Beasiswa NFP Fellowship
58. Beasiswa - International Study Programs Scholarships
59. Beasiswa Luar Negeri - Info Internationalstudentloan-com
60. Beasiswa Luar Negeri - Info internationalscholarships
61. Beasiswa Luar Negeri - info East-West Center
62. Beasiswa Kuliah di Jepang atau Malaysia
63. Beasiswa Jepang - IUJ (Intern.University of Japan)
64. Beasiswa ITC
65. Beasiswa di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
66. Beasiswa di Boston University
67. Beasiswa Depdiknas Australia
68. Beasiswa Belanda - WDISF
69. Beasiswa Australia - ADS in Indonesia
70. Beasiswa Australia - Melbourne Scholarship
71. Beasiswa Asian scholarship Fondation
72. Beasiswa Amerika Serikat - Wesleyan University
73. Beasiswa Amerika Serikat - W.W.N.Fellowship
74. Beasiswa Amerika Serikat - T.J.Watson Fellowship
75. Beasiswa Amerika Serikat - H.Truman Scholarship
76. Beasiswa Amerika Serikat - B.M.Goldwater Scholars.
77. Beasiswa Amerika Serikat - M.K.Udall F.Scholarship
78. Beasiswa Amerika Serikat-Irlandia- G.J.M.Scholars.
79. Beasiswa Amerika Serikat-Inggris-Marshall Scholars.
80. Beasiswa Amerika Serikat - info ETS
81. Beasiswa Amerika Serikat - Beinecke Scholarship
82. Beasiswa ADB (Asian Dev.Bank) - Japan Scholars.P.
83. Mailing List Beasiswa - Diskusi & tukar info beasiswa
84. Search Beasiswa (scholarship) di - Wdisf-net
85. Search Beasiswa (scholarship) di - Brokescholar-com
86. Search Beasiswa (scholarship) di - di Allscholar-com
87. Beasiswa S2 / S3 di Luar Negeri - Info amwibowo
88. Info Beasiswa di - Gpsjakarta-com
Masih seputar info beasiswa:
PhD Research FelIow at University of Bergen
Donatur: University of Bergen

PhD Research FelIow at the Department of MathematicsAt the Department of Mathematics, University of Bergen we have an openposition for 3 years.In collaboration with the Interventional Centre (www.ivs.no) atRikshospitaletRadiu mhospitalet and the Centre of Mathematics forApplications (CMA, www.cma.uio. no), we have been granted the eVitaproject &laq..
detail
SUMITRO FELLOWS
Donatur: The United States IndonesiaSociety

SUMITRO FELLOWS2008 GRANT APPLICATIONSDeadline November 2, 2007The United States IndonesiaSociety (USINDO) invitesapplications for its 2008 travel/study grantforpost-doctoral scholars, Ph.D. candidates, senioracademics, and otherwiseprofession ally qualifiedcandidates to engage in field research in Indonesiaonan economic or political-economic topic..
detail
Beasiswa Pemerintah Taiwan
Donatur: Beasiswa Pemerintah Taiwan

Beasiswa Pemerintah Taiwan Aplikasi beasiswa Pemerintah Taiwan ini dimulai bulan January setiap tahunnya dengan menghubungi kantor perwakilan Taiwan di masing-masing negara. Pada tahun 2006-2007 disediakan 500 beasiswa baru dan 588 beasiswa pembaharuan. Jenis beasiswa : Beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Taiwan meliputi untuk program st..
detail
BEASISWA DI KING SAUD UNIVERSITY - RIYADH, ARAB SAUDI
Donatur: DI KING SAUD UNIVERSITY - RIYADH, ARAB SAUDI

KESEMPATAN BEASISWA BAGI PARA MAHASISWA INDONESIAUNTUK KULIAH PROGRAM PASCA SARJANA S2 DAN S3DI KING SAUD UNIVERSITY - RIYADH, ARAB SAUDIDuta Besar RI untuk Kerajaan Arab Saudi Dr. Salim Segaf Al-Jufrie, MAbersama Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Drs. Juhdi Syarif, M. Hum,pada hari Minggu, tanggal 29 April 2007 telah melakukan pertemuandengan Rekto..
detail
PENGUMUMAN SELEKSI BEASISWA UNGGULAN
Donatur: ITB

PENGUMUMANSELEKSI BEASISWA UNGGULANTAHUN AJARAN 2007/2008Program Magister Teknik Elektro Bidang Khusus1. Digital Media & Game Technology (jumlah peserta 80 mhs)2. Teknologi Informasi (40 mhs)Dengan ketentuan Depdiknas sebagai berikut1. wajib kerja di daerah asal selama 2n + 1 (5 tahun)2. lama beasiswa maksimum 4 semester3. beasiswa mencakup SPP..
detail
THE ITALIAN INSTITUTE OF CULTURE
Donatur: THE ITALIAN INSTITUTE OF CULTURE

SCHOLARSHIPS FOR INDONESIAN CITIZENS The Government of Italy offers scholarships to Indonesian citizens wishing to pursue their studies in Italy. The selection is held annually by a Selection Committee consisting of competent authorities and expert representing both Italy and Indonesia. This Scholarship grants are distributed for students, professi..
detail
National Taipei University of Technology (NTUT)
Donatur: National Taipei University of Technology (NTUT)

A Prestigious University with Glorious HistoryNational Taipei University of Technology (NTUT) was found in 1912, theyear when the Republic of China came into existence, as a pioneeringacademic institute dedicated to industrial education. Since 1912, over80,000 students have graduated from the University. NTUT ranks at the top amongst over 150 colle..
detail
Beasiswa Habibie Center
Donatur: Habibie Center

Informasi beasiswa S-3 dari Yayasan SDM dalam IPTEK (Habibie Center). Bidang Studi yang ditawarkan adalah : Ilmu Dasar, Ilmu Kedokteran dan Bioteknologi, Ilmu Rekayasa, Ilmu Sosial, Ekonomi, Politik, dan Hukum, Ilmu Filsafat, Agama dan Kebudayaan.Batas waktu penyampaian kelengkapan berkas calon adalah tanggal 16 April 2007 dan disampaikan melalui K..
detail
Beasiswa PPA dan BBM Tahun 2007
Donatur: Kopertis Wilayah VI

Jenis BeasiswaBeasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM) Alokasi BeasiswaAlokasi pnerima beasiswa untuk Universitas Muhammadiyah Purworejo sebanyak 42, dengan rincian Beasiswa PPA : 18 Mahasiswa dan Beasiswa BBM : 24 mahasiswa. Ketentuan dan Prosedur Pengajuan BeasiswaBesar dan lamanya..
detail
Mannheim Business School
Donatur: Mannheim Business School

Good news from Mannheim Business School! Our twelve-month full-time program 'The European MBA' is offering four new full scholarships and a number of partial scholarships. Four ambitious professionals from Asia, Latin America, Eastern Europe and Germany will have the fees of 21,800 Euros waived completely for the class of 2008, which starts in Sept..
detail
Magister Teknologi Informasi UGM
Donatur: DepKominfo RI

Magister Teknologi Informasi UGM bekerjasama dengan DepartemenKomunikasi dan Informatika Republik Indonesia menawarkan bantuanfinansial melalui program beasiswa bagi para calon mahasiswa terpilihyang memiliki outstanding knowledge dan/atau skill dan bermotivasibesar untuk berkontribusi dalam pengembangan e-Government di Indonesia.Program CIO (Chief..
detail
Beasiswa Yayasan Onassis
Donatur: Yayasan Onassis

Yayasan Onassis menawarkan beasiswa, antara lain untuk bidang ilmuekonomi dengan kategori:- Dana penelitian untuk guru besar (10)- Dana Penelitian untuk Dosen S3 (10)- Beasiswa untuk guru/pengajar (5)- Beasiswa untuk mahasiswa S2 dan kandidat doktor (10)Yayasan Onassis akan mengggung biaya tikt pesawat pp, akomodasi, uangsaku, dll. Batas waktu pend..
detail
Panasonic Scholarship 2008
Donatur: Panasonic Scholarship

Panasonic Scholarship 2008 Deadline: 10 March 2007 In commemoration of its 80th anniversary in 1998, Matsushita Electric decided to launch Panasonic Scholarship Program for privately-financed students from Asian countries to pursue mater's course in Japan. We hope this scholarship will provide them with a good oppurtunity to do research at graduate..
detail
Beasiswa Pemerintah Cina
Donatur: Pemerintah Cina

Bersama ini kami sampaikan informasi mengenai tawaran beasiswa dari Pemerintah Cina untuk mahasiswa Indonesia yang berminat untuk belajar ke Cina untuk tahun akademik 2007/2008. Beasiswa ini ditujukan bagi para mahasiswa yang berminat melanjutkan studi ke program sarjana, master, doktor dan bagi mahasiswa yang berminat mengikuti program bahasa Cina..
detail
The Okazaki Kaheita International Scholarship
Donatur: The Okazaki Kaheita International Scholarship

The Okazaki Kaheita International Scholarship menawarkan beasiswa bagi para mahasiswa dan staf pengajar di semua bidang studi kecuali ilmu-ilmu kedokteran yang berminat melanjutkan studi ke program master di salah satu universitas di Jepang. Beasiswa yang diberikan mencakup: biaya kuliah, biaya hidup, tiket perjalanan, tempat tinggal, dll. Persyara..
detail
Asian Youth Fellowship (AYF) Program
Donatur: Asian Youth Fellowship (AYF)

Asian Youth Fellowship (AYF) Program aims to nurture human networking among ASEAN countries, Bangladesh and Japan. The AYF preparatory course before entering JapaneseGraduateSchool as Japanese Government (Monbukagakusho) scholarship student is offered by The Japan Foundation. AYF program is open to university graduates in the region who wish ..
detail
Informasi Beasiswa Tahun 2007
Donatur: Departemen Komunikasi dan Informatika

A. UMUM1. Beasiswa disediakan Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) bagi PNS, dosen atau pegawai lembaga pendidikan, pegawai industri teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta masyarakat umum.Keterangan:Yang dimaksud PNS adalah pegawai negeri sipil yang ditempatkan di lembaga lembaga departemen, non departemen, baik di lingkungan ..
detail
Beasiswa Australian Development Scholarships (ADS)
Donatur: Australian Development Scholarships (ADS)

Beasiswa Australian Development Scholarships (ADS) dibiayai oleh pemerintah Australia untuk program studi Pasca Sarjana di universitas-universitas Australia. Tujuan utama dari beasiswa ADS adalah untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang akan mendukung: · Perbaikan manajemen ekonomi; · ..
detail
The British Chevening Awards
Donatur: The British Chevening Awards

Merupakan program beasiswa yang disponsori oleh pemerintah Inggris. Seluruh proses administrasi ditangani oleh The British Council. Persyaratan : Usia di bawah 40 tahun, Lulus S1 dengan IPK minimal 2,70., dapat berkomunikasi dengan dalam bahasa Inggris dengan baik, berpengalaman kerja minimal 2 tahun, punya prospek karir yang cemerlang, berkomi..
detail
Dompet Dhuafa Republika (DD Republika)
Donatur: Dompet Dhuafa Republika (DD Republika)

Merupakan beasiswa yang diambil dari 2,5 % gaji para wartawan Republika. Berdiri sejak September 1994, berusaha mengangkat harkat sosial kemanusiaan dengan memanfaatkan dana yang terkumpul dari para donatur. Beasiswa pendidikan diberikan kepada mereka yang benar-benar tidak mampu di bidang keuangan, namun mampu belajar dan meraih prestasi. emai..
detail
American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF)
Donatur: American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF)

Merupakan bantuan dari Yayasan AMINEF untuk pelajar Indonesia dalam mempersiapkan diri sebelum belajar di perguruan tinggi yang berakreditasi di Amerika. Ada banyak bidang ilmu yang ditawarkan. Persyaratan : S1 dengan IPK minimal 3,0 (skala 1-4), TOEFL minimal 575, berusia di bawah 35 tahun, punya pekerjaan tetap dan berpengalaman minimal 24 bu..
detail
Public Interest Research And Advocacy Center (PIRAC)
Donatur: Public Interest Research And Advocacy Center (PIRAC)

Merupakan lembaga swadaya masyarakat nirlaba dan independen. Program diperuntukkan bagi mahasiswa PTN dan PTS di Indonesia yang dirasa berbakat di bidang penulisan (S1). Beasiswa diberikan untuk 1 semester sebesar Rp. 600 ribu, dan perpanjangan hanya dapat dilakukan jika tulisan yang bersangkutan termuat di media massa minimal 3 kali selama 6 b..
detail
Beasiswa Yayasan Toyota & Astra
Donatur: Yayasan Toyota & Astra

Yayasan Toyota dan Astra (YTA), merupakan organisasi nirlaba yang ingin membantu pemerintah Indonesia di bidang pendidikan. Tiap tahun YTA memberikan beasiswa kepada mahasiswa dan kalangan akademisi lain. Sejak tahun 1976, sudah 6000 lebih mahasiswa yang mendapat bantuan.email : yta@toyota.astra.co.id..
detail

Beasiswa Luar Negeri [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 18 Jul 2008 08:31 PM CDT

Beasiswa (rss)
Beasiswa Dalam Negeri (rss)
Beasiswa Indonesia (rss)
Beasiswa Kedokteran (rss)
Beasiswa Luar Negeri (rss)
Beasiswa Manajemen (rss)
Beasiswa Non-PNS (rss)
Beasiswa PNS (rss)
Beasiswa S1 (rss)
Beasiswa S2 (rss)
Beasiswa S3 (rss)
Fellowship (rss)
Google News (rss)
Indonesian Scholarship (rss)
Informasi Beasiswa (rss)
Job Vacancy (rss)
Lembaga Beasiswa (rss)
Lowongan Kerja (rss)
Negara Pemberi Beasiswa (rss)
PhD Scholarship (rss)
Posdoc (rss)
Post-graduate (rss)
Scholarship Indonesia (rss)
Scholarship Info (rss)
Scholarship Resources (rss)
Undergraduate (rss)
Yayasan Beasiswa (rss)
Article Categories
Beasiswa Indonesia
Beasiswa S1 S2 S3
Scholarship for Indonesian
News
Beasiswa Indonesia (scholarship) dalam negeri dan luar negeri beasiswa sekolah diploma S1 (bachelor) S2 (master) S3 (PhD) Postdoc dan short-course Email: informasi.beasiswa-at-gmail-com Silahkan kunjungi Situs beasiswa lebih lengkap berikut, http://www.beasiswas.com/
Beasiswa Luar Negeri (RSS)
Beasiswa Luar Negeri
UK: School of Computer Science Scholarships
Kategori: Beasiswa s2 luar negeri (pascasarjana) Ilmu Komputer di Inggris (University of Birmingham)School of Computer Science ScholarshipsHome/EU and International StudentsBursaries Bursaries, paid on an hourly basis, will be awarded to Masters students Read More
posted Saturday, February 11, 2006 9:53 PM by beasiswa with 0 Comments

Beasiswa Luar Negeri
Info beasiswa luar negeri s1 s2 s3 lebih detail, klik di sini AMINEF Fulbright Scholarship Program PROGRAM BEASISWA FULBRIGHTTAHUN AKADEMIK 2002/2003 INFORMASI UMUM: American-Indonesian Exchange Foundation (AMINEF)mengundang para sarjana Indonesia Read More
posted Wednesday, February 08, 2006 3:57 PM by beasiswa with 0 Comments

UK: PhD Medicines Management
Kategori: beasiswa manajemen S3 kedokteran UK: PhD Medicines Management PhD Studentship - University of Hertfordshire: Medicines Management in DiabetesMSD PhD Research Studentship in Medicines Management in Diabetes Health andHuman Sciences Research Read More
posted Saturday, January 28, 2006 3:06 AM by beasiswa with 0 Comments

France: Post-graduate Scholarship
France: Post-graduate Scholarship Kategori: Beasiswa S2 Luar Negeri (Prancis).Master Degree Scholarships In France The French Embassy in Indonesia and SFERE invite candidates for Master degree studies in France. The French Higher Education System, Read More
posted Saturday, January 21, 2006 8:05 PM by beasiswa with 0 Comments

Germany: IT Postgraduate Program
Germany: IT Postgraduate Program Kategori: beasiswa s2 luar negeri di Jerman NIT - The Unique Combination The Northern Institute of Technology is located in Hamburg, Germany's second largest city. Hamburg is also called "The gate to the world". Read More
posted Saturday, January 21, 2006 8:03 PM by beasiswa with 0 Comments

China: Scholarship Program
China: Scholarship Program Kategori: Beasiswa Luar Negeri program S1 S2 S3 (undergraduate, postgrad, phd)BEASISWA DARI PEMERINTAH TIONGKOK Cina1st scholarship for overseas studentsChinanews, Beijing, Dec. 26 (By Wu Qingcai) -Beijing Municipal Commission Read More
posted Saturday, January 21, 2006 8:00 PM by beasiswa with 0 Comments

UK: Postgraduate in Psychology
UK: Postgraduate in Psychology Kategori: Beasiswa S2 psikologi luar negeri (Inggris)Current Postgraduate ScholarshipsFor the period from 2002-2007 the School has been awarded full "1+3" ESRC recognition status for both full-time and part-time registrations. Read More
posted Saturday, January 21, 2006 4:09 AM by beasiswa with 0 Comments

Singapore: Scholarship for Indonesia
Singapore: Scholarship for Indonesia Kategori: Beasiswa luar negeri dari pemerintah SingapuraThe ASEAN Scholarships for Indonesia is tenable for 4 years leading to the award of the Singapore-Cambridge General Certificate of Education 'Advanced' Read More
posted Saturday, January 21, 2006 4:06 AM by beasiswa with 0 Comments

Norway: Postgraduate Scholarship 2006-2007
Norway: Postgraduate Scholarship 2006-2007 Kategori: Beasiswa s2 luar negeri di & dari pemerintah NorwegiaScholarship programmes in NorwayScholarship-, exchange- and language and culture programmes for international students in higher education1. Read More
posted Saturday, January 21, 2006 4:03 AM by beasiswa with 0 Comments

Beasiswa Malaysia
Beasiswa Malaysia Informasi beasiswa Indonesia dalam negeri & luar negeri S1 S2 S3 & post-doctorate klik di sini Pemerintah Malaysia menyediakan beasiswa untuk mengikuti program Scholarship for Post-Graduate Studies in Malaysia Academic Read More
posted Saturday, January 14, 2006 5:30 PM by beasiswa with 0 Comments

BEASISWA DI BRUNEI DARUSSALAM
BEASISWA DI BRUNEI DARUSSALAMInformasi beasiswa Indonesia dalam negeri & luar negeri S1 S2 S3 & post-doctorate klik di siniSaya adalah mahasiswa Universiti Brunei Darussalam, penerima beasiswa Asian dari kerajaan Brunei Darussalam saya ingin berbagi Read More
posted Friday, January 13, 2006 6:49 PM by beasiswa with 0 Comments

Ford Scholarships Indonesia
Kategori: beasiswa luar negeri s1 s2 s3 fellowships Informasi beasiswa Indonesia dalam negeri & luar negeri S1 S2 S3 & post-doctorate klik di sini Grants and Program-Related Investments to OrganizationsBefore a request is made for a grant or Read More
posted Friday, January 06, 2006 11:15 PM by beasiswa with 0 Comments

Beasiswa Yayasan Sampoerna
Indonesia: Yayasan Sampoerna Informasi beasiswa Indonesia dalam negeri & luar negeri S1 S2 S3 & post-doctorate klik di sini Kategori: Beasiswa SMP SMA S1 S2Program KamiPrimary Level ScholarshipsPemerintah Indonesia telah menerapkan program Read More
posted Friday, January 06, 2006 4:17 PM by beasiswa with 0 Comments

Beasiswa Yayasan Supersemar
Info beasiswa Indonesia dalam negeri dan luar negeri sekolah s1 s2 s3 diploma klik di sini Indonesia: Yayasan Supersemar BEASISWA SUPERSEMARBeasiswa Supersemar ialah bantuan dana pendidikan yang diberikan oleh Yayasan Supersemar kepada pelajar Read More
posted Thursday, December 29, 2005 1:24 PM by beasiswa with 0 Comments

Belanda: Beasiswa Stuned 2006
Informasi beasiswa dalam negri & luar negeri S1 S2 S3 & post-doctorate Belanda: Beasiswa Stuned 2006 StuNed Scholarship ProgrammeKesempatan untuk Meningkatkan Peran Serta dalamPembangunan IndonesiaApakah StuNed?StuNed, Studeren in Nederland Read More
posted Thursday, December 29, 2005 12:55 PM by beasiswa with 0 Comments

Japan: Asian Youth Fellowship 2006
Informasi beasiswa dalam negri & luar negeri S1 S2 S3 & post-doctorate Japan: Asian Youth Fellowship 2006 Japan: Asian Youth Fellowship 2006Asian Youth FellowshipInformation for 2006 The Japan Foundation offers scholarship to study the Read More
posted Wednesday, December 28, 2005 5:35 PM by beasiswa with 0 Comments

Fullbright Scholarships 2006-2007
Informasi beasiswa dalam negeri & luar negeri S1 S2 S3 & post-doctorate Fullbright Scholarships 2006-2007Fullbright Scholarship 2007 - 2008 Master Degree FULBRIGHT DOCTORAL DEGREE PROGRAM Fullbright Doctoral Dissertation Research Program Read More
posted Wednesday, December 28, 2005 5:27 PM by beasiswa with 0 Comments

USA: Fullbright Scholarship 2007 - 2008 Master Degree
Informasi beasiswa dalam negeri & luar negeri S1 S2 S3 & post-doctorate USA: Fullbright Scholarship 2007 - 2008 Master DegreeUSA: FULBRIGHT SCHOLARSHIP PROGRAM 2007 - 2008ACADEMIC YEARdeadline: May 31, 2006 The American Indonesia Exchange Foundation Read More
posted Wednesday, December 28, 2005 5:25 PM by beasiswa with 0 Comments

Indonesia: Beasiswa IIEF
Informasi beasiswa dalam negeri & luar negeri S1 S2 S3 & post-doctorate Scholarship from IIEF (Indonesian International Education Foundation) The Indonesian International Education Foundation (IIEF), organisasi nirlaba Indonesia yang bergerak Read More
posted Tuesday, November 01, 2005 5:26 PM by beasiswa with 0 Comments

Beasiswa Kedokteran
Informasi beasiswa s1 s2 s3 dalam negeri dan luar negeri klik di sini Jenis Beasiswa & SumberSumber Isi TawaranTujuanBatas Waktu Keterangan 1 Beasiswa Master & Ph.D. Keio University Master Program 2006 International Graduate Programs Read More
posted Tuesday, November 01, 2005 5:13 PM by beasiswa with 0 Comments

Indonesia: Yayasan Beasiswa Supersemar
Info beasiswa dalam negeri dan luar negeri lebih lengkap klik di sini Indonesia: Yayasan Supersemar BEASISWA SUPERSEMARBeasiswa Supersemar ialah bantuan dana pendidikan yang diberikan oleh Yayasan Supersemar kepada pelajar dan mahasiswa dengan Read More
posted Tuesday, November 01, 2005 3:27 AM by beasiswa with 0 Comments

Jerman: DAAD
Kantor Perwakilan Dinas Pertukaran Akademis Jerman Jakarta – Pusat DAAD di Indonesia Oleh: Silke Stratmann "Studi di Jerman itu gratis, bukan ?" Beasiswa DAAD untuk Orang Indonesia:Program Klasik dan Khusus Para mahasiswa Read More
posted Friday, October 28, 2005 3:19 AM by beasiswa with 0 Comments

Strategi Mencari Beasiswa di Jepang
Strategi Mencari Beasiswa di Jepang download versi PDF Danardono Dwi Antono Mahasiswa Program Doktor di Tokyo University Lulus SMA, mendapat kesempatan studi ke luar negeri dengan beasiswa yang cukup merupakan impian sejak kecil. Apalagi dengan Read More
posted Friday, October 28, 2005 12:31 AM by beasiswa with 0 Comments

Belanda: beasiswa Stuned 2006
StuNed Scholarship Programmebeasiswa stuned belanda 2006 Kesempatan untuk Meningkatkan Peran Serta dalam Pembangunan IndonesiaApakah StuNed?StuNed, Studeren in Nederland atau studi di Belanda, adalah program beasiswa yang bertujuan membantu pembangunan Read More
posted Thursday, October 27, 2005 5:54 PM by beasiswa with 0 Comments

Malaysia: beasiswa Ilmu Optik dan Ilmu (bisnis) Retail
INSTITUT OPTOPRENEUR MALAYSIA (www.optopreneur.com)bekerjasama denganASEAN BUSINESS ADVISORY COUNCIL (www.asean-bac.org) Mengundang pemuda-pemudi Aceh untuk ikut serta dalam seleksiBEASISWA ILMU OPTIK DAN ILMU (BISNIS) RETAILdari INSTITUT Read More
posted Thursday, October 27, 2005 3:31 PM by beasiswa with 0 Comments

Studi dan Beasiswa di Jerman
Info beasiswa dalam negeri dan luar negeri lebih lengkap klik di sini Study fees and Scholarship in Germany BIAYA STUDI DAN BEASISWA Biaya StudiSemua mahasiswa internasional dikenakan biaya pengajaran tahunan yang ditetapkan untuk masa waktu program Read More
posted Tuesday, October 18, 2005 1:41 PM by beasiswa with 0 Comments

BEASISWA SEAMEO SEARCA
Informasi beasiswa luar negeri lengkap klik di sini BEASISWA SEAMEO SEARCAProgram Master dan Doktor di beberapa perguruan tinggi anggota konsorsium SEAMEO SEARCA Tahun Akademik 2005/2006Diinformasikan beasiswa SEAMEO-SEARCA Tahun Akademik 2005/2006, Read More
posted Friday, October 14, 2005 1:35 PM by beasiswa with 0 Comments

Beasiswa Malaysia (2)
Info lengkap beasiswa klik di sini Training Multimedia MTCP di Malaysia Multimedia UniversityKami informasikan tawaran untuk mengikuti Malaysian Technical Cooperation Program (MTCP) 2005 sebagai berikut :Pemerintah Malaysia melalui Malaysian Technical Read More
posted Friday, October 14, 2005 1:30 PM by beasiswa with 0 Comments

Beasiswa Malaysia
Info beasiswa dalam negeri dan luar negeri lebih lengkap klik di sini BEASISWA PEMERINTAH MALAYSIA Dipublikasi pada Monday, 06 September 2004 Pemerintah Malaysia menyediakan beasiswa untuk mengikuti program Scholarship for Post-Graduate Studies in Malaysia Read More
posted Friday, October 14, 2005 1:26 PM by beasiswa with 0 Comments

Beasiswa PANASONIC
Informasi beasiswa lengkap dalam negeri dan luar negeri klik di sini PRELUDE PANASONIC SCHOLARSHIP PROSPECTUS Matsushita Electric Industrial Co., Ltd. was founded in 1918 when Konosuke Matsushita made and marketed an improved attachment plug. Read More
posted Thursday, October 13, 2005 7:21 PM by beasiswa with 0 Comments

THC The Habibie Center
Informasi lebih lengkap beasiswa dalam negeri dan luar negeri S1 S2 S3 KLIK DI SINI Beasiswa 20/08/2003Last Update: 20/04/2005 Yayasan Sumber Daya Manusia dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Yayasan SDM-IPTEK) didirikan oleh Read More
posted Thursday, October 13, 2005 7:09 PM by beasiswa with 0 Comments

Beasiswa Yayasan Trikora
Info lebih lengkap beasiswa dalam negeri dan luar negeri klik di sini Visi dan Misi Mengusahakan dan memberikan bantuan beasiswa bagi anak yatim dan anak yatim piatu dari para anggota Angkatan Bersenjata dan lain-lain, yang telah gugur, mengorbankan Read More
posted Thursday, October 13, 2005 7:02 PM by beasiswa with 0 Comments

Beasiswa Yayasan Supersemar
Informasi lebih lengkap beasiswa dalam negeri dan luar negeri Visi dan Misi Yayasan bermaksud membantu/membina siswa dan mahasiswa yang cakap danberbakat, yang mampu membiayai kelangsungan studinya. Yayasan bertujuan membantuPemerintah di dalam upaya Read More
posted Thursday, October 13, 2005 6:54 PM by beasiswa with 0 Comments

Swiss Scholarship for Indonesian
Swiss Scholarship Offer for Indonesian CitizensThe Swiss Government through the Federal Commission for Scholarships for Foreign Students (FCS) is granting a limited number of scholarships to developing countries, among which Indonesia is included.These Read More
posted Tuesday, October 11, 2005 11:10 PM by beasiswa with 0 Comments

Beasiswa Belanda
Informasi Beasiswa Lebih Lengkap klik di sini PETUNJUK MENGIKUTI PROGRAM BEASISWADARI PEMERINTAH BELANDA MELALUITHE NETHERLANDS EDUCATION CENTRE Attention: semua korespondensi dengan kami mengenai beasiswa hanya melalui e-mail dan harus dicantumkan Read More
posted Monday, October 10, 2005 5:43 PM by beasiswa with 0 Comments

Beasiswa S2 dan S3 Luar Negeri
Untuk informasi beasiswa lebih lengkap klik di sini Berikut ini adalah beberapa teknik-teknik mendapatkan sekolah untuk jenjang S2 dan S3 'gratis' di luar negeri. Pengantar Penulis sering ditanya bagaimana caranya bisa bersekolah 'gratis' di luar Read More
posted Wednesday, October 05, 2005 4:05 PM by beasiswa with 0 Comments

Beasiswa short-course di Jepang
Nama Beasiswa : JICA Indonesia. Sumber Beasiswa : Pemerintah Jepang Katagori Beasiswa : Short Course Jenis Pelatihan yang ditawarkan : 1. Pelatihan Teknik 2. Petaltihan Internasional di Negara Berkembang Read More
posted Wednesday, October 05, 2005 3:58 PM by beasiswa with 0 Comments

Beasiswa S1 (undergraduate) dalam negeri
Ketentuan Penerima Beasiswa Ketentuan Umum: Dikhususkan untuk Mahasiswa program Sarjana (S-1) yang memiliki prestasi akademik, duduk di semester 5 (lima) s.d. 9 (sembilan) dibuktikan dengan transkrip nilai. Aktif sebagai relawan/ Read More
posted Wednesday, October 05, 2005 3:10 PM by beasiswa with 0 Comments

Beasiswa British Chevening Scholarship
The British Chevening Awards Informasi Umum & Persyaratan Umum Adalah program beasiswa yang sangat bergengsi yang di sponsori oleh pemerintah Inggris (Foreign Commonwealth Office), dan seluruh proses administrasi ditangani oleh Read More
posted Sunday, October 02, 2005 2:02 AM by beasiswa with 0 Comments

International Summer School, University of Oslo
Informasi beasiswa lebih detail klik di sini International Summer School, University of OsloDipublikasi pada Thursday, 30 December 2004 Pemerintah Norwegia menawarkan beasiswa untuk mengikuti program International Summer School.....Program tersebut akan Read More
posted Sunday, October 02, 2005 12:59 AM by beasiswa with 0 Comments

BEASISWA ASEA UNINET 2005
Informasi beasiswa lebih detail klik di sini BEASISWA ASEA UNINET 2005Dipublikasi pada Thursday, 30 December 2004 Berdasarkan informasi dari Asisten Direktur Kemitraan/Koordinator ASEA-UNINET Indonesia tanggal 24 November 2004, bersama ini kami sampaikan Read More
posted Sunday, October 02, 2005 12:52 AM by beasiswa with 0 Comments

Beasiswa StuNed Belanda (Netherlands)
SCHOLARSHIPS StuNed ROAD SHOW JavaOutside Java Looking for scholarships? Are you the talented, capable and highly motivated person we are looking for? Be confident! Try to obtain one of the scholarships offered by the Dutch Government!Scholarships Read More
posted Sunday, October 02, 2005 12:17 AM by beasiswa with 0 Comments

Beasiswa Yayasan Toyota-Astra
Informasi beasiswa lebih lengkap, klik di sini Yayasan Toyota Astra 02 January 2004Activities ACTIVITIES BANTUAN PADA KEGIATAN PENDIDIKANProgram ini sebagai manifestasi Yayasan Toyota & Astra untuk membantu menunjang kegiatan-kegiatan Read More
posted Tuesday, September 27, 2005 12:27 AM by beasiswa with 0 Comments

Beasiswa PIRAC
Ketentuan Penerima Beasiswa Ketentuan Umum: Dikhususkan untuk Mahasiswa program Sarjana (S-1) yang memiliki prestasi akademik, duduk di semester 5 (lima) s.d. 9 (sembilan) dibuktikan dengan transkrip nilai. Aktif sebagai relawan/ volunteer di LSM/ Read More
posted Thursday, September 22, 2005 6:48 PM by beasiswa with 0 Comments

Beasiswa Pundi Amal SCTV
Untuk Mahasiswa Asal NAD yang Orang Tuanya Meninggal/Hilang Terkena Bencana Tsunami" Kriteria: 1. Mahasiswa/i D3 atau S1 asal NAD di seluruh Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang menjadi korban bencana tsunami. 2. Salah satu atau kedua orang Read More
posted Thursday, September 22, 2005 1:29 PM by beasiswa with 0 Comments

Daftar Yayasan beasiswa Dalam Negeri
Peluang Beasiswa Yayasan Toyota & AstraYayasan Toyota dan Astra (YTA), merupakan organisasi nirlaba yang ingin membantu pemerintah Indonesia di bidang pendidikan. Tiap tahun YTA memberikan beasiswa kepada mahasiswa dan kalangan akademisi Read More
posted Thursday, September 22, 2005 12:48 AM by beasiswa with 0 Comments

Beasiswa Australia (3)
Program Beasiswa Lainnya Berbagai program beasiswa ditawarkan oleh banyak institusi pendidikan Australia, baik untuk program studi di sekolah-sekolah tingkat lanjutan maupun di perguruan tinggi. Perlu diingat bahwa di beberapa institusi pendidikan, jumlah Read More
posted Wednesday, September 21, 2005 11:07 PM by beasiswa with 0 Comments

Beasiswa Australia (2)
INTERNATIONAL POSTGRADUATE RESEARCH SCHOLARSHIP SCHEME (IPRS) Program beasiswa ini diperuntukkan bagi siswa internasional dari berbagai negara (kecuali New Zealand), yang akan mengambil bidang studi Pascasarjana (Full Time Research) di perguruan tinggi Read More
posted Wednesday, September 21, 2005 11:00 PM by beasiswa with 0 Comments

Beasiswa Australia (1)
AUSTRALIAN DEVELOPMENT SCHOLARSHIPS (ADS) ADS adalah program beasiswa yang disediakan oleh AusAID (Australian Agency for International Development). Program beasiswa ini diperuntukkan bagi mereka yang akan mengambil program studi Pascasarjana (S2 dan Read More
posted Wednesday, September 21, 2005 10:53 PM by beasiswa with 0 Comments

Peluang Beasiswa
Peluang Beasiswa Yayasan Toyota & Astra Yayasan Toyota dan Astra (YTA), merupakan organisasi nirlaba yang ingin membantu pemerintah Indonesia di bidang pendidikan. Tiap tahun YTA memberikan beasiswa kepada mahasiswa dan kalangan akademisi lain. Read More
posted Wednesday, September 21, 2005 9:26 AM by beasiswa with 0 Comments

DAAD Scholarships for Academic Year 2006/2007
DAAD Scholarships for Academic Year 2006/2007for Master and Doctoral Programs for Academics and Scientistsfrom Indonesian Universities and Research InstitutesClosing date: November 23, 2005Application deadline for study fields of Architecture and Music, Read More
posted Wednesday, September 21, 2005 12:45 AM by beasiswa with 0 Comments

STUNED SCHOLARSHIP the Netherlands
Beasiswa Stuned Belanda STUNED SCHOLARSHIP PROGRAMMEA chance to increase your contribution to the development of IndonesiaWhat is StuNed?StuNed, Studeren in Nederland, is a scholarship programme that aims to contribute to the development of Indonesia Read More
posted Saturday, September 17, 2005 3:32 PM by beasiswa with 0 Comments

Yayasan Habibie Center
Yayasan Habibie Center The Habibie Center only for Ph.D (S-3) The Habibie Center founded by the former Indonesian President B.J. Habibie also offers schorlaship in all kind of studies: social, religion, cultural as well as science.Unfortunately, Read More
posted Saturday, September 17, 2005 3:29 PM by beasiswa with 0 Comments

Sampoerna Foundation
Sampoerna Foundation Many visitors ask me about getting scholarship in and from Indonesia foundations. To entertain those who have the same queries, i intend to post several Indonesia Foundations who have scholarship programme. To start with, Sampoerna Read More
posted Saturday, September 17, 2005 3:28 PM by beasiswa with 0 Comments

SPE Java Indonesia Scholarship
SPE Java Indonesia Scholarship Committee MemberObjective of Scholarship:The SPE Java Scholarship program has been established since 1987 to support students pursuing studies related to petroleum industry. An amount of around $15,000 US per year was spent Read More
posted Saturday, September 17, 2005 3:06 PM by beasiswa with 0 Comments

Peluang Beasiswa [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 18 Jul 2008 08:29 PM CDT

Peluang Beasiswa
Peluang Beasiswa Yayasan Toyota & Astra Yayasan Toyota dan Astra (YTA), merupakan organisasi nirlaba yang ingin membantu pemerintah Indonesia di bidang pendidikan. Tiap tahun YTA memberikan beasiswa kepada mahasiswa dan kalangan akademisi lain. Sejak tahun 1976, sudah 6000 lebih mahasiswa yang mendapat bantuan. email : yta@toyota.astra.co.id Public Interest Research And Advocacy Center (PIRAC) Merupakan lembaga swadaya masyarakat nirlaba dan independen. Program diperuntukkan bagi mahasiswa PTN dan PTS di Indonesia yang dirasa berbakat di bidang penulisan (S1). Beasiswa diberikan untuk 1 semester sebesar Rp. 600 ribu, dan perpanjangan hanya dapat dilakukan jika tulisan yang bersangkutan termuat di media massa minimal 3 kali selama 6 bulan. Biasanya pendaftaran dibuka pada bulan Juni. email : pirac@ypb.or.id Australian Development Scholarships (ADS) Program beasiswa ini ditujukan bagi mereka yang mengambil Program Pascasarjana S2 dan S3. Disediakan sekitar 360 beasiswa per tahun untuk Indonesia. Syarat IPK minimal 2,9, dan standar hasil IELTS minimal 5,0 atau TOEFL > 500. Biasanya pendaftaran dibuka setiap bulan Juli dan ditutup pada pertengahan September. email : Australia Asia Awards Merupakan program pemerintah Australia melalui Departemen Pendidikannya (DEST). Jumlah beasiswa yang ditawarkan 2-3 per tahun. Dibuka untuk program Masters (S2) dan Post Doctoral (S3). Beasiswa diutamakan bagi mereka yang berbasis penelitian, berupa biaya studi dan biaya hidup yang ditanggung penuh. Biasanya pendaftaran dibuka antara Maret-Juni setiap tahun. Syarat umum dengan IPK 2,5. Skor IELTS minimal 6,5. Dan memiliki bidang yang relevan dengan kebutuhan Indonesia. email : International Postgraduate Research Scholarship (IPRS) Menyediakan 300 beasiswa pemerintah Australia untuk program pascasarjana (S2 dan S3). Diprioritaskan bagi pemohon melalui jalur penelitian dengan bidang studi bebas. Biaya studi dan asuransi kesehatan ditanggung penuh. Setiap Universitas menawarkan jatah yang berbeda sesuai dengan penerimaan. email : American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) Merupakan bantuan dari Yayasan AMINEF untuk pelajar Indonesia dalam mempersiapkan diri sebelum belajar di perguruan tinggi yang berakreditasi di Amerika. Ada banyak bidang ilmu yang ditawarkan. Persyaratan : S1 dengan IPK minimal 3,0 (skala 1-4), TOEFL minimal 575, berusia di bawah 35 tahun, punya pekerjaan tetap dan berpengalaman minimal 24 bulan, berpotensi kepemimpinan, peduli kepentingan masyarakat Indonesia, memahami budaya antar bangsa, serta seusai pendidikan siap untuk kembali di tempat semula. email : ppiamdn@idola.net.id Australian University Scholarships Disediakan oleh setiap Universitas di Australia. Program yang disediakan mulai dari S1,S2, hingga S3. Bidang studi atau penelitian yang didanai ditentukan oleh institusi masing-masing. email : Dompet Dhuafa Republika (DD Republika) Merupakan beasiswa yang diambil dari 2,5 % gaji para wartawan Republika. Berdiri sejak September 1994, berusaha mengangkat harkat sosial kemanusiaan dengan memanfaatkan dana yang terkumpul dari para donatur. Beasiswa pendidikan diberikan kepada mereka yang benar-benar tidak mampu di bidang keuangan, namun mampu belajar dan meraih prestasi. email : dompetdhuafa@cbn.net.id Deutsher Akademischer Austauschdienst (DAAD) DAAD merupakan pemeberi beasiswa terbesar di Jerman. DAAD menawarkan beasiswa bagi sarjana, staf pengajar perguruan tinggi, serta pegawai lembaga penelitian. Ada 3 jenis beasiswa, yakni beasiswa tahunan, beasiswa sandwich, dan untuk studi pascasarjana. DAAD juga melayani konsultasi untuk kuliah di Jerman. email : The British Chevening Awards Merupakan program beasiswa yang disponsori oleh pemerintah Inggris. Seluruh proses administrasi ditangani oleh The British Council. Persyaratan : Usia di bawah 40 tahun, Lulus S1 dengan IPK minimal 2,70., dapat berkomunikasi dengan dalam bahasa Inggris dengan baik, berpengalaman kerja minimal 2 tahun, punya prospek karir yang cemerlang, berkomitmen mengembangkan karier, mampu menunjukkan motivasi, sesuai dengan latar belakang S1-nya, dan berpotensi mengembangkan hubungan kerja sama dengan Inggris di masa datang. Proses seleksi biasanya dimulai pada bulan April-Juni. email : chevening@britishcouncil.or.id Dirjen DIKTI Merupakan program untuk membantu mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi, tetapi berkemampuan akademik (indeks prestasi tinggi). Bantuan diberikan kepada sekitar 45.000 mahasiswa setiap tahunnya. email : Forum Indonesia-Nederland (FINED) Merupakan perkumpulan swasta nirlaba yang bekerjasama dengan FNI dan mitra Belanda yang lain. Program ini berjangka waktu 3-6 bulan pad perusahaan swasta dan lembaga pemerintahan Belanda. Ruang lingkupnya meliputi sektor-sektor bisnis, sosial-budaya, kesehatan, ilmu pengetahuan, pendidikan, lingkungan hidup, dan bidang pemerintahan. email : fined@dnet.net.id Beasiswa Monbukagakusho Kementrian pendidikan, kebudayaan, olah raga, ilmu pengetahuan dan tekmologi Jepang, menawarkan 6 program beasiswa setiap tahunnya. Beasiswa diberikan secara penuh tanpa adanya ikatan apapun juga, termasuk tiket pesawat, bebas biaya ujian masuk, biaya kuliah, dan matrikulasi. Tunjangan kedatangan sebesar 25.000 Yen diberikan saat tiba di Jepang. Setiap penerima beasiswa diikutsertakan dalam asuransi, program subsidi biaya kesehatan AIEJ, kursus bahasa Jepang, dan asrama. email : Beasiswa Mizan Penerbit Mizan berkesempatan memberi beasiswa bagi mahasiswa di seluruh Indonesia. Beasiswa diberikan kepada 2 orang untuk tiap program. Pada program S1 menerima Rp. 3 juta dan Rp. 2,25 juta, S2 sebesar Rp. 4 juta dan Rp. 3 juta, sedangkan untuk S3 menerima sebesar Rp. 5 juta dan Rp. 3,75 juta. email : promosi@mizan.com Panasonic Scholarship Program ini mengundang lulusan perguruan tinggi di Indonesia bidang matematika, IPA, teknik, teknologi informasi, dan bioteknologi untuk memperoleh beasiswa. Diperuntukkan bagi mereka yang melanjutkan studi S2. Penerima beasiswa berpeluang melakukan riset di sejumlah Universitas terkemuka di Jepang. Hanya ada 5 posisi untuk tiap tahunnya. Syarat : Usia di bawah 28 tahun, TOEFL minimal 500, IPK minimal 3,00., berpotensi kepemimpinan, peduli kepentingan masyarakat, berapresiasi budaya antar bangsa, dan punya wawasan luas. email : Beasiswa Pertamina Dana beasiswa dihimpun dari para kontraktor yang ditetapkan berdasar hasil produksi yang bersangkutan. Ada du jenis beasiswa yang ditawarkan, yaitu : Beasiswa Dalam Negeri (NSDN) serta Beasiswa Beawiyata. Khusus untuk Beawiyata diperuntukkan bagi jenjang S2/S3. Persyaratan : Bagi S1 harus semester V ke atas, diseleksi oleh perguruan tinggi yang bersangkutan, dan penetapan dilakukan berdasarkan kuota. email : The Netherlands Education Centre (NEC) NEC menyediakan beasiswa untuk calon mahasiswa Indonesia yang ingin berkuliah di Belanda. Persyaratan : fotocopy ijazah S1 + transkrip nilai dan terjemahannya dalam bahasa Inggris yang telah dilegalisasi, TOEFL minimal 550, CV, motivation statement, rekomendasi dosen, hasil tes kesehatan, fotocopy akta kelahiran, fotocopy paspor, pas foto 4x6, dan persyaratan tambahan lainnya. email : general@nec.or.id Unilever Indonesia Diberikan oleh PT Unilever Indonesia, khususnya bagi mahasiswa PTN. Sudah sejak pertengahan tahun 1950-an PT Unilever Indonesia menaruh perhatian pada dunia pendidikan. Rata-rata diberikan kepada 100 orang mahasiswa per tahun. email : Sampoerna Foundation (SF) Yayasan pendidikan nirlaba ini bertujuan membantu dan menyediakan beasiswa untuk tingkatan studi dari siswa hingga pascasarjana. SF juga memberi dukungan penuh bagi mereka yang ingin belajar bidang ekonomi, baik ke Universitas dalam maupun luar negeri. email : scholarship@sampoernafoundation.org Beasiswa Supersemar Hampir seluruh perguruan tinggi di Indonesia pernah menikmati beasiswa ini. Yayasan Supersemar memberikan beasiswa kepada mahasiswa PTN dan PTS di Indonesia. Syarat : Pemohon berkelakuan baik, IPK minimal 2,5 untuk eksaktda dan 2,70 untuk ilmu sosial. Diprioritaskan bagi mahasiswa yang orang tuanya kurang mampu. Biasanya diberikan mulai bulan April-Maret. email : Yayasan TIFICO Merupakan beasiswa hasil kepedulian dari PT Teijin Indonesia Fiber Corporation (Tifico). Beasiswa diberikan setiap 3 bulan sekali. Penyerahan beasiswa biasa dilakukan pada bulan September. Persyaratan : Harus dari keluarga tak mampu, berkeinginan tetap melanjutkan sekolah, memiliki prestasi yang bagus. Permohonan dilakukan melalui perguruan tinggi yang bersangkutan. email : Sida and Swedish Institute Beasiswa ini diberikan oleh The Swedish International Development Co-operation Agency (Sida) dan Swedish Institute yang memperkenalkan beberapa program pendidikan terbaru di Swedia. Dimaksudkan untuk merangsang minat bagi mereka dari negara berkembang yang ingin mengenyam pendidikan S2 dan S3 di Swedish Universities. Biasanya pendaftaran dibuka sekitar bulan Januari email : For more info click here

Beasiswa PPA & BBM 2008 STIKOM Bali [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 18 Jul 2008 07:41 PM CDT

Pengumuman Beasiswa PPA & BBM 2008
Friday, 11 April 2008
Berdasarkan surat dari KOPERTIS Wilayah VIII NO. 0602/008/KM/208, mengenai beasiswa PPA ( Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik). Untuk itu bagi mahasiswa/i STIKOM Bali yang berminat mencari beasiswa agar segera mendaftarkan diri dan mengumpulkan persyaratan beasiswanya ke PK III paling lambat tanggal 19 APRIL 2008 Adapun persyaratannya sebagai berikut :

Mahasiswa/i S1 dan D3 yang duduk di semester II
Mengumpulkan surat keterangan kurang mampu sebanyak 2 lembar
Surat keterangan masih aktif kuliah sebanyak 2 lembar
Fotocopy KRS ( Kartu Rencana Studi) sebanyak 2 lembar
Fotocopy KTM sebanyak 2 lembar
Surat pernyataan belum pernah menerima beasiswa sebanyak 2 lembar
Indeks Prestasi minimal 2.50

Beasiswa BBM (Beasiswa Bantuan Mahasiswa)

Berdasarkan surat dari KOPERTIS Wilayah VIII NO. 0602/008/KM/208, mengenai beasiswa BBM (Beasiswa Bantuan Mahasiswa). Beasiswa ini diperuntukan bagi mahasiswa/i STIKOM Bali yang sedang mengambil tugas akhir atau skripsi. Untuk itu bagi mahasiswa/i STIKOM Bali yang berminat mencari beasiswa agar segera mendaftarkan diri dan mengumpulkan persyaratan beasiswanya ke PK III paling lambat tanggal 19 APRIL 2008

Adapun persyaratannya sebagai berikut :

Mahasiswa/i S1 dan D3 yang duduk di semester akhir
Mengumpulkan surat keterangan kurang mampu sebanyak 2 lembar
Surat keterangan masih aktif kuliah pada semester akhir sebanyak 2 lembar
Fotocopy KRS ( Kartu Rencana Studi) sebanyak 2 lembar
Fotocopy KTM sebanyak 2 lembar
Surat pernyataan belum pernah menerima beasiswa sebanyak 2 lembar
Melampirkan proposal yang sudah disahkan (telah ditandatangan).
Demikian pengumuman ini untuk dilaksanakan.

TTD



Pjs. Pembantu Ketua III STIKOM Bali



I Wayan Budi Sentana, ST

PERMOHONAN BEASISWA PPA TAHUN 2008 FH UNUD BALI [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 18 Jul 2008 07:39 PM CDT

REKAPITULASI BERKAS PERMOHONAN BEASISWA PPA TAHUN 2008 SWA BBBM TAHUN 2008
FAKULTAS / PROGRAM STUDI : ILMU HUKUM

NO N A M A NIM FAK / PS Jurusan Smtr IPK SEHAT SKKB TDK MENERIMA BEA COPY KTM AKTIF ORGANISASI NO REK. BNI JENIS KELAMIN AGAMA
1 Berliana 0503005128 Hukum Ilmu Hukum VI 3,15 v v v v - 90390843 P Hindu
2 Sulistyo Hanggari 0503005212 Hukum Ilmu Hukum VI 2,61 v v v v - 0099644281 L Islam
3 Dennys Ismail Monoarfa 0603005213 Hukum Ilmu Hukum IV 2,29 v v v v - 0122788071 L Islam
4 A.A.Ngr Surya Winata 0603005025 Hukum Ilmu Hukum IV 2,76 v v v v - 0124234202 L Hindu
5 Made Diana Dewi Rinjani 0503005035 Hukum Ilmu Hukum VI 3,26 v v v v - 0145404362 P Islam
6 Putu Ayu Sriasih Wesna 0603005133 Hukum Ilmu Hukum IV 3,27 v v v v - 0145267084 P Hindu
7 Ayu Putu Denta Dellia Saraswati 0603005192 Hukum Ilmu Hukum IV 3,23 v v v v - 0145227835 P Hindu
8 Ni Luh Putu Nandini 0503005019 Hukum Ilmu Hukum VI 2,66 v v v v - 0099642400 P Hindu
9 Ida Ayu Putri Laksmi 0503005061 Hukum Ilmu Hukum VI 2,.9 v v v v - 0099642807 P Hindu
10 Igs.Ag.Bgs.Hendra Praditya 0503005140 Hukum Ilmu Hukum VI 2,94 v v v v - 9964367-2 L Hindu
11 I Gede Arya Wijaya 0703005072 Hukum Ilmu Hukum II 2,9 v v v v - 0145810806 L Hindu
12 Tjok.Gde Dharmapramana 0503005171 Hukum Ilmu Hukum VI 2,80 v v v v - 9964387-7 L Hindu
13 I Ketut Ali Wardana 0503005096 Hukum Ilmu Hukum VI 2,9 v v v v - 0099643152 L Hindu
14 Ni Made Asri Mandalini 0603005158 Hukum Ilmu Hukum IV 3,34 v v v v - 0145773941 P Hindu
15 Bima Arioseno 0703005233 Hukum Ilmu Hukum II 2,52 v v v v - 0145088298 L Islam
16 I Gusti Agung Rai Rahmayuda 0503005036 Hukum Ilmu Hukum VI 2,61 v v v v - 0145413796 L Hindu
17 Kadek Krisna Sintia Dewi 0703005003 Hukum Ilmu Hukum II 3,19 v v v v - 0145001996 P Hindu
18 Kadek Dewi Setiawati 0503005017 Hukum Ilmu Hukum VI 2,82 v v v v - 0145163641 P Hindu
19 Santo Sinaga 0503005155 Hukum Ilmu Hukum VI 2,53 v v v v - 9036-2522 L Kristen
20 Yogo Iswara Sunu Graha P 0503005142 Hukum Ilmu Hukum VI 2,77 v v v v - 9964359-4 L Hindu
21 Ni Kadek Dewi Ayu Januarika 0503005093 Hukum Ilmu Hukum VI 2,65 v v v v - 0145043857 P Hindu
22 Anna Listyaningwicaksana 0603005197 Hukum Ilmu Hukum IV 3,08 v v v v - 0145188055 P Katolik
23 Nyoman Bayu Bumi Ratnata 0503005120 Hukum Ilmu Hukum VI 3,18 v v v v - 0145322682 L Hindu
24 I Putu Sastra Adi Wicaksana 0503005192 Hukum Ilmu Hukum VI 2,76 v v v v - 0145363979 L Hindu
25 Yayan Aprilia Prihansiwy 0603005169 Hukum Ilmu Hukum IV 2,94 v v v v - 0110742380 P Hindu
26 Andini Issabela W.Tewu 0603005195 Hukum Ilmu Hukum IV 3,24 v v v v - 0110805046 P Hindu
27 A.A.Putri Aprilina 0503005034 Hukum Ilmu Hukum VI 3,25 v v v v - 0099642557 P Hindu
28 Claudia Deborah 0503005189 Hukum Ilmu Hukum VI 2,56 v v v v - 0099644054 P Kristen
29 Putu Mas Maya Ramanti 0503005031 Hukum Ilmu Hukum VI 3,05 v v v v - 0145424924 P Hindu
30 I Made Gde Bamaxs Wira Wibowo 0503005069 Hukum Ilmu Hukum VI 3,14 v v v v - 0144731050 L Hindu
31 Ranny Indra MS 0503005160 Hukum Ilmu Hukum VI 2,72 v v v v - 0099643764 P Islam
32 Ni Kadek Wiwin Udisumertha 0503005200 Hukum Ilmu Hukum VI 3,24 v v v v - 0099644167 P Hindu
33 I Gd Ngurah Surya Kusuma 0603005009 Hukum Ilmu Hukum IV 2,52 v v v v - 55272313 L Hindu
34 I.B.Suryacana 0603005093 Hukum Ilmu Hukum IV 2,58 v v v v - 144577018 L Hindu
35 I.B..Nym Dedy Andiwinata 0503005195 Hukum Ilmu Hukum VI 2,68 v v v v - 145262701 L Hindu
36 Rikardus Kurniawan 0603005041 Hukum Ilmu Hukum IV 2,57 v v v v - 121549588 L Katolik
37 Yanthi Ermawati 0603005116 Hukum Ilmu Hukum IV 2,95 v v v v - 146608105 P Islam
38 Ni Kadek Yuni Anggreni 0603005142 Hukum Ilmu Hukum IV 3,35 v v v v - 146623236 P Hindu

Denpasar,28 Mei 2008
An. Dekan
Pembantu Dekan IIII


I Ketut Tjukup,SH.MH
NIP130888262

Mahasiswa Dapat Beasiswa BBM' [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 18 Jul 2008 07:36 PM CDT

Republika : Rabu, 28 Mei 2008
'Mahasiswa Dapat Beasiswa BBM'
Sebanyak 400 Ribu Mahasiswa akan Dapat Beasiswa
JAKARTA -- Pemerintah akan memberikan beasiswa kepada 400 ribu mahasiswa tak mampu, baik di
perguruan tinggi negeri maupun swasta. Bantuan khusus mahasiswa (BKM) sebesar Rp 500 ribu per
semester itu merupakan bagian dari kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).
''Beasiswa akan diberikan mulai semester ganjil 2008 atau sekitar Juli. Untuk dua semester selanjutnya
akan diusulkan ke DPR,'' kata Menko Kesra, Aburizal Bakrie, usai rapat kabinet di Kantor Presiden di
Jakarta, Selasa (27/5). Mendiknas, Bambang Sudibyo, menjelaskan, pemberian beasiswa ini dilakukan
karena Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melihat adanya asimetri dalam subsidi pendidikan. Untuk
wajib belajar sembilan tahun sudah ada biaya operasional sekolah (BOS) dan sekolah menengah ada
bantuan khusus murid. ''Tapi, mahasiswa tidak ada.''
Padahal, kenaikan harga BBM turut memengaruhi biaya hidup mahasiswa. ''Presiden meminta Menkeu
memindahkan dana dari pos subsidi BBM ke beasiswa atau BKM ini,'' kata Bambang. Jumlah 400 ribu
mahasiswa itu, lanjutnya, mewakili 8-11 persen mahasiswa aktif di Indonesia. ''Saat ini total ada 83
perguruan tinggi negeri dan 2.700-an swasta.''
Selain meminta mahasiswa diberikan beasiswa, Presiden juga meminta uang transpor dan uang makan
buruh dinaikkan. Menurut Menakertrans, Erman Suparno, hasil koordinasi antara Asosiasi Pengusaha
Indonesia (Apindo) dan serikat pekerja di tingkat nasional menyepakati hal itu. Besaran kenaikannya,
tergantung kemampuan perusahaan masing-masing. Pengusaha, sambung Erman, juga berupaya agar
tak terjadi PHK sebagai akibat kenaikan harga BBM.
''Ini komitmen tripartit. Pemerintah mendorong dan memonitor realisasinya. Apindo juga menyadari
pekerja bagian dari produksi,'' kata Erman dalam kesempatan yang sama. Pengusaha diharapkan juga
melakukan efisiensi manajemen operasi dan biaya produksi. Terkait hal ini, surat edaran kepada
gubernur, bupati/wali kota telah dikirimkan. ''Semua ini untuk memerhatikan buruh yang kena dampak
BBM.''
Tak hanya mahasiswa dan buruh, pengusaha juga akan memperoleh insentif fiskal maupun nonfiskal.
Insentif fiskal berupa harmonisasi tarif pajak pertambahan nilai dan barang mewah (PPNBM) di sektor riil.
wed
( )

Beasiswa BBM Politeknik Negeri Pontianak [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 18 Jul 2008 07:36 PM CDT

Beasiswa BBM

BBM (Bantuan Belajar Mahasiswa)

Beasiswa BBM merupakan beasiswa yang diberikan kepada Mahasiswa yang mempunyai prestasi dibidang Akademik dan diutamakan untuk Mahasiswa yang kurang mampu untuk semester II dan IV, dibiayai dari sumber dana DIPA POLNEP. Beasiswa ini diterima selama 12 bulan (1 tahun) sebesar Rp. 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah) setiap bulan, diterima setiap 6 bulan sekali yaitu Januari sd Juni diterima pada bulan juli 2008 dan periode 2 untuk bulan Juli sd Desember diterima pada bulan Desember 2008
Syarat mendapatkan beasiswa:
- Aktif kuliah di Politeknik Negeri Pontianak
- Mahasiswa yang kurang mempu, dibuktikan dengan surat keterangan dari Lurah.
- Syarat-syarat lain yang ditentukan di jurusan masing-masing

Rekapitulasi penerima beasiswa BBM dari tahun 2003-2007 ditampilkan pada tabel di bawah ini.


Keterangan Kode Program Studi :TSI : Teknik Sipil
TME : Teknik Mesin
ELT : Teknik Listrik
ADB : Administrasi Bisnis
AKK : Akuntansi
THP : Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan
ARS : Teknik Arsitektur
BDP : Budidaya Perikanan
TPI : Teknologi Penangkapan Ikan
THI : Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan
ELC : Teknik Elektronika

Mahasiswa FTI UII Terima Beasiswa BBM [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 18 Jul 2008 07:34 PM CDT

27 Mahasiswa FTI Terima Beasiswa BBM Sebesar Rp 1.200.000

Beasiswa ini memberikan uang sebesar Rp 1.200.000,- per mahasiswa. Sistem penyerahannya akan dilakukan perbulan sebesar Rp 100.000,-. Untuk FTI UII, 27 mahasiswa berkesempatan mendapatkan Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM). Jumlah ini merupakan sebagian dari keseluruhan 71 mahasiswa UII yang mendapatkan beasiswa serupa.

No
Nama
NIM
Jurusan

1
Abubakar Mahfot Bahzer
03522084
T. Industri

2
Agus Setyawan
01521126
T. Kimia

3
Alfiyan Hilmi Aminudin
02523250
T. Informatika

4
Andhika Hardhanu
02521041
T. Kimia

5
Arifa Hanani
02521228
T. Kimia

6
Asri Nurkomala
02524085
T. Elektro

7
Chandra Sari
02521258
T. Kimia

8
Dawammudin
02524096
T. Elektro

9
Dhewi Maftuhah
03521104
T. Kimia

10
Dwi Susilowati
02521239
T. Kimia

11
Galuh Arlini Anggri Gesakti
04523033
T. Informatika

12
Hepta Ardhi Mawarno
03521188
T. Kimia

13
Heru Hermanto
01521072
T. Kimia

14
Irma Jayatri
03521198
T. Kimia

15
M. Reza Waziruddin
01521024
T. Kimia

16
Miko Mei Irwanto
01521094
T. Kimia

17
Muhammad Rifai
03521169
T. Kimia

18
Noviandri Kusumaningtyas
04522008
T. Industri

19
Novianto Sutrisno
02521005
T. Kimia

20
Nur Laila Sayekti
03521139
T. Kimia

21
Nur Rofingah
03523193
T. Informatika

22
Prasetyo Wibowo
04521109
T. Kimia

23
Ragaya Abd.R. Balafif
03521085
T. Kimia

24
Rian Utama
03523113
T. Informatika

25
Siti Nurul Jannah
03523207
T. Informatika

26
Tesya Hermawan
01524104
T. Elektro

27
Yurisch Subyanita
03521026
T. Kimia

1 comment:

Just For Music said...

mbak/mas hehehe... blognya pasangi iklan biar dapat duit aku liat di search engine blog saudara lumayan teratas , ni link program bisnis www.kumpulblogger.com yang menyediakan iklan dan kita dapat bayaran