Sunday, July 20, 2008

Job Vacancy Indonesia

Job Vacancy Indonesia

Beasiswa Fulbright Amerika untuk Indonesia [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 20 Jul 2008 06:48 AM CDT

Beasiswa Fulbright Amerika untuk pelajar / mahasiswa / profesional / guru / dosen Indonesia yang hendak sekolah / studi / belajar / kuliah di Amerika Serikat dg bea siswa.


> Sejarah Fulbright

>Program

>> Program S2

- Fulbright Master's Degree Program
- Fulbright-Freeport MA Master's Degree Program
- Fulbright-Telkom Master's Degree Program


>> Program S3

- Fulbright Presidential Scholarship Ph.D. Program

>> Program Penelitian

- Fulbright Doctoral Dissertation Research Program
- Fulbright Senior Research Program


>> Program Khusus

- Fulbright Foreign Language (Bahasa Indonesia) Teaching Assistant (FLTA) Program
- Hubert H. Humphrey Fellowship Program for Mid-Career Professionals
- Fulbright Visiting Specialist Program
- Fulbright Tsunami Relief Initiative Master's Degree Program
- Community College Summit Initiative Program
- ILEP/IREX Teacher Exchange Program
- Fulbright Science & Technology Award

>> Batas Waktu Pengembalian Formulir Aplikasi

>> Tanya Jawab Seputar Beasiswa Fulbright




Politeknik PIKSI Ganesha Beasiswa Pendidikan Tinggi [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 20 Jul 2008 03:19 AM CDT

Program Beasiswa

DAPARTEMEN PENDIDIKAN NASIOAL RI
SK. MENDIKNAS RI NO. 04/D/0/2004
POLITEKNIK PIKSI GANESHA
PROGRAM BEASISWA PENDIDIKAN TINGGI
TAHUN ANGGARAN 2008/2009


Nomor : 07/Bea-Diknas/Poltek-PG/2008

Kepada : Para Lulusan SLTA/Sederajat dan Mahasiswa Pindahan/Lanjutan

Salah satu program Pemerintah dalam rangka memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk dapat melanjutkan pendidikan dengan biaya yang terjangkau, POLITEKNIK PIKSI GANESHA pada tahun anggaran 2008/2009 memberikan Kesempatan Kuliah Singkat dengan Fasilitas Beasiswa Pendidikan Tinggi sebagai berikut :

1. Bebas biaya kuliah persemester tiap tahun selama kuliah.
2. Bebas biaya gedung/bangunan sampai lulus.
3. Bebas biaya SKS matakuliah.
4. Bebas biaya seragam jurusan.
5. Bebas biaya kesehatan (termasuk biaya dokter dan obat-jika sakit).

Beasiswa tersebut berlaku untuk Umum (yang belum bekerja) maupun Pegawai yang ingin kuliah ke Perguruan Tinggi di POLITEKNIK PIKSI GANESHA dengan pilihan Jurusan sebagai berikut :

1. Administrasi dan Keuangan (AKE) Program : D-1, D-3 dan S-1
2. Manajemen Informatika (MIF) Program : D-1, D-3 dan S-1
3. Rekam Medis dan Informatika Kesehatan (ARM) Program : D-3 dan S-1
4. Teknik Komputer (TIK) Program : D-3
5. Manajemen Pelayanan Rumah Sakit (MPRS) Program : D-3

Untuk mengikuti kuliah dengan besiswa tersebut, cukup dengan mengisi dan menyerahkan persyaratan pada formulir pendaftaran dan persetujuan beasiswa. Mengingat kapasitas/daya tampung mahasiswa terbatas, agar segera mendaftarkan diri baik secara langsung/dikirim via pos dengan jadwal penerimaan yang ditentukan. Semua pendaftar yang tidak diterima kuliah dengan fasilitas beasiswa ini maka seluruh biaya dikembalikan (tanpa potongan biaya apapun).

Selain itu seluruh mahasiswa POLITEKNIK PIKSI GANESHA berkesempatan memperoleh beasiswa pemerintah seperti Beasiswa Peningkat Prestasi Akademik (BPPA), Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBBM) dan Beasiswa Supersemar. Beasiswa dari swasta antara lain PT. Telkom, Pertamina, Sampoerna dan Djarum. Segera tentukan masa depan Anda dengan mengikuti kuliah singkat cepat kerja di POLITEKNIK PIKSI GANESHA.
Salam sukses selalu.


POLITEKNIK PIKSI GANESHA
Direktur,


Drs. K. Prihartono AH., S.Sos., MM.
NIP : 130.93.04.1001

==

Masa Pendaftaran Program Reguler & Karyawan
Gelombang I
Pendaftaran dan Her-Registrasi, 7 April - 5 Juli 2008 (300 Orang).
Pembayaran Angsuran Ke-1 Paling lambat 5 Juli 2008.
Pengarahan Mahasiswa Gelombang I, Selasa 8 Juli 2008
Gelombang II
Pendaftaran dan Her-Registrasi, 7 Juli - 25 Agustus 2008 (250 Orang)
Pembayaran Angsuran Ke-1 Paling lambat 25 Agustus 2008
Pengarahan Mahasiswa Gelombang II, Selasa 26 Agustus 2008
Gelombang III (Terakhir)
Pendaftaran dan Her-Registrasi, 26 Agustus - 19 September 2008 (200 Orang)
Pembayaran Angsuran Ke -1,2 Paling lambat 19 September 2008
Pengarahan Mahasiswa Gelombang III:
Jumat 19 September 2008/AKE,ARM,MPRS
Sabtu 20 September 2008/MIF,TIK dan S-1

Perkuliahan di Mulai : Senin, 22 September 2008

Beasiswa Dikti Depdiknas: S2/S3 ke Luar Negeri bagi Dosen PTN/PTS [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 20 Jul 2008 03:16 AM CDT

Jakarta, Senin (7 Juli 2008) — Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional (Ditjen Dikti Depdiknas) memberikan beasiswa program master (S2) dan doktor (S3) untuk menempuh pendidikan ke luar negeri. Beasiswa tersebut ditujukan bagi para dosen pada perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia. Adapun jumlah beasiswa yang diberikan pada 2008 sebanyak 1076 beasiswa.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Depdiknas Fasli Jalal menyebutkan, Depdiknas mengirimkan sebanyak 400 dosen ke wilayah Asia, 250 dosen ke Australia, dan 300 dosen ke Eropa. "Tahun depan Insya Allah kita tambah lagi 800 orang dosen baru," katanya pada Penandatanganan Kontrak Kerja Pelaksanaan Beasiswa Program Master (S2) dan Doktor (S3) ke Luar Negeri dengan para perwakilan PTN dan Koordinator PTS, di Gedung Ditjen Dikti Depdiknas, Senin (7/07/2008).
Fasli mengatakan, disamping program beasiswa ke luar negeri, Depdiknas juga akan meneruskan program pengalaman pembelajaran. Program ini ditujukan bagi dosen - dosen yang sedang menempuh S3 di dalam negeri untuk selanjutnya mendalami ilmu di luar negeri di universitas pilihan selama satu semester. "Tahun depan kita akan perkaya lagi program dosen yang akan kita kirim melalui kerjasama selama satu semerster dalam bentuk riset, penulisan, ataupun menyiapkan bahan ajar," ujarnya.

Fasli menyebutkan, total dana untuk beasiswa ini sebanyak Rp.600 milyar untuk berbagai program dan pada 2009 akan menyediakan dana lebih dari Rp.1 triliun khusus untuk dosen. Dia menambahkan, jumlah dosen tetap negeri dan swasta sebanyak 130.000 orang. "Kita upayakan delapan tahun mendatang tidak ada lagi dosen PTN dan PTS di Indonesia yang mengajar di perguruan tinggi, tetapi memiliki kualifikasi di bawah S2," katanya.
Direktur Ketenagaan Ditjen Dikti Muchlas Samani menyebutkan, awal perkuliahan untuk beasiswa pada Batch III adalah pada bulan September dan Oktober 2008 bagi sebanyak 617 dosen, sedangkan sebelumnya, pada Batch I dan II telah terseleksi sebanyak 459 dosen.

Adapun lama pemberian beasiswa maksimum tiga tahun untuk program S3 dan dua tahun untuk program S2. Komponen biaya yang diberikan meliputi uang kuliah, biaya hidup untuk penerima beasiswa (tidak termasuk keluarga), tiket pesawat pergi - pulang, asuransi kesehatan, biaya buku, biaya kedatangan di negara lain (settling allowance), biaya persiapan keberangkatan (visa, cek kesehatan, paspor, fiskal) biaya kelebihan bagasi kepulangan, biaya program khusus (seminar), biaya penelitian dan penulisan tugas akhir, dan biaya pendaftaran ke universitas. Besaran beasiswa disesuaikan dengan kondisi di negara - negara tujuan.

Sementara persyaratan bagi pelamar adalah sudah memperoleh letter of acceptance yang masih berlaku dari institusi dan/atau calon pembimbing dari perguruan luar negeri yang berkualitas (diutamakan dari perguruan tinggi negara maju), melampirkan copy ijazah dan transkrip indeks prestasi kumulatif (IPK) yang telah dilegalasi, melampirkan copy sertifikat bukti kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL Institusional 500, IELTS 6,0) atau bahasa asing lainnya sesuai dengan ketentuan dari perguruan tinggi tujuan masing-masing, dan untuk pelamar S3 melampirkan usulan penelitian yang telah disetujui oleh (atau paling tidak sudah dikomunikasikan) calon pembimbing di perguruan tinggi luar negeri.

(sumber : www.dikti.go.id , 10/07/2008)

Beasiswa Fulbright Tanya Jawab [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 19 Jul 2008 08:22 PM CDT

Formulir dan jenis tes apakah yang saya butuhkan untuk melamar program beasiswa Fulbright?

Silakan kirimkan formulir pendaftaran yang sudah diisi dengan lengkap, satu surat rekomendasi, dan salinan dari nilai TOEFL internasional atau institutional.


Apa yang disediakan beasiswa fullbright?

Beasiswa Fulbright dan Humphrey menyediakan biaya untuk perjalanan internasional, dana selama transit perjalanan, biaya hidup, uang sekolah dan biaya belajar, asuransi kesehatan dan kecelakaan, dana bulanan untuk buku, komputer, dan kegiatan profesional.

Berapa maksimum dana yang bisa diperoleh?

Beasiswa untuk program Master (S2) awalnya diberikan untuk setahun dan diperpanjang untuk tahun kedua tergantung pada prestasi akademis yang dicapai. Beasiswa untuk program Ph.D. (S3) awalnya diberikan untuk setahun dan diperpanjang sampai 3 tahun tergantung pada prestasi akademis yang dicapai. Beasiswa untuk program Disertasi Doktor (S3) dan penelitian/pengajaran pendidikan tinggi diberikan selama 2 - 6 bulan.

Apakah prasyarat umum untuk melamar beasiswa Fulbright?

Prasyarat minimum untuk melamar program beasiswa Fulbright adalah pelamar harus memiliki kewarganegaraan Indonesia, sudah lulus program sarjana (S1), dalam kondisi sehat jasmani dan rohani, dan memiliki kemampuan bahasa Inggris yang cukup. Batasan umur biasanya bukan salah satu prasyarat dalam beasiswa Fulbright. Silakan cek masing-masing prasyarat dari program yang ditawarkan untuk informasi lebih rinci. Pelamar untuk program penelitian/pengajar tamu harus memiliki kewarganegaraan Indonesia, sudah lulus program doktor (S3) atau yang setara dengan kualifikasi pelatihan profesional dibidangnya, sehat jasmani dan rohani dan mahir berbahasa Inggris secara aktif dan pasif.



Kapankah saya harus mulai melamar program beasiswa Fulbright?

Program beasiswa Fulbright diumumkan sepanjang tahun untuk semua kategori program. Formulir beasiswa Fulbright bisa anda dapatkan melalui surat, email atau bisa diambil langsung di kantor Fulbright Indonesia / AMINEF atau anda bisa download dari situs kami. Formulir yang sudah diisi dan kelengkapannya harus sudah diterima oleh Fulbright Indonesia / AMINEF sebelum atau pada tanggal 31 May setiap tahunnya.

Beasiswa Fulbright: BATAS WAKTU PENGEMBALIAN FORMULIR [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 19 Jul 2008 08:20 PM CDT

BATAS WAKTU PENGEMBALIAN FORMULIR

Setiap program beasiswa Fulbright mempunyai batas waktu pengembalian dokumen yang berbeda. Berikut informasinya:

PROGRAM S2

Fulbright Master's Degree Program: 31 Mei 2008
Fulbright Freeport Master's Degree Program: 31 Mei 2008
PROGRAM S3

Fulbright Presidential Scholarship Program: 31 Mei 2008
PROGRAM PENELITIAN

Fulbright Doctoral Dissertation Program: 31 Mei 2008
Fulbright Senior Research Program: 31 Agustus 2008
PROGRAM KHUSUS

Fulbright Foreign Language (Bahasa Indonesia) Teaching Assistant (FLTA) Program:3 Nopember 2008
Hubert H. Humphrey Fellowship for Mid-career Proffesionals: 31 Mei 2008
Fulbright Visiting Specialist Program: 31 Mei 2008
Fulbright Tsunami Relief Initiative Master's Degree Program: 31 Mei 2008
Community College Summit Initiative Program: 1 Nopember 2008
ILEP/IREX Teacher Exchange Program: 16 Mei 2008
Fulbright Science & Technology Award: 15 April 2008
Dokumen lamaran beasiswa yang terlambat atau tidak lengkap tidak akan diproses.

Beasiswa Amerika: 2008 INTERNATIONAL FULBRIGHT SCIENCE AND TECHNOLOGY AWARD [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 19 Jul 2008 08:19 PM CDT

2008 INTERNATIONAL FULBRIGHT SCIENCE AND
TECHNOLOGY AWARD FOR Ph.D. STUDY

American Indonesia Exchange Foundation (AMINEF) mengumumkan tersedianya 40 beasiswa yang ditawarkan di dunia internasional yaitu International Fulbright Science and Technology Award untuk level Ph.D. di institusi pendidikan ternama di Amerika di bidang ilmu pengetahuian alam, teknologi, atau teknik untuk tahun akademik 2008-2009. Program Fulbright di Indonesia ini bertujuan meningkatkan rasa saling pengertian antara Indonesia dan Amerika Serikat melalui pertukaran pendidikan dan pengadaaan beasiswa. Beasiswa Fulbright untuk program ini tersedia bagi warga negara Indonesia yang memenuhi persyaratan seperti yang dicantumkan di bawah ini.

PERSYARATAN

Peserta harus memiliki:

Gelar Sarjana (S1) dan/atau S2 dengan minimum IPK 3.0 (pada skala 4.00). Mahasiswa S1 yang akan lulus dan emnerima ijasah sebelum 1 August 2008 diperbolehkan mendaftar
jiwa kepemimpinan
pemahaman dengan baik kebudayaan Indonesia dan asing
komitmen pada bidang studi pilihan
kesediaan untuk kembali ke Indonesia setelah Program Fulbright selesai
Nilai TOEFL minimum 580 pada saat mendaftar.
Nilai GRE quantitative 700 (test GRE akan diwajibkan kepada para peserta yang lolos nominasi).
BIDANG STUDI

Bidang studi yang ditawarkan: Aeronautics and Astronomics/Aeronautical Engineering, Astronomy/Planetary Sciences, Biology, Biomedical Engineering, Chemistry, Computer Sciences/Engineering, Energy, Engineering (Electrical, Chemical, Civil, Mechanical, Ocean, and Petroleum), Environmental Science/Engineering, Geology/Earth and Atmospheric Sciences, Information Sciences/Engineering, Materials Science/Engineering, Mathematics, Neuroscience/Brain and Cognitive Sciences, Oceanography, and Physics. (Deskripsi mengenai setiap bidang studi dapat dilihat di: http://foreign.fulbrightonline.org/scienceandtech)

PENDAFTARAN

Peserta dapat mengakses formulir pendaftaran secara online langsung di https://apply.embark.com/student/fulbright/international atau men-download formulir dalam bentuk PDF di bawah ini. Formulir pendaftaran yang akan diserahkan termasuk formulir pendaftaran online atau dalam bentuk PDF format, transkrip akademis, tiga (3) surat referensi, CV, dan nilai TOEFL.

INFORMASI PENDAFTARAN

Pertanyaan lebih lanjut mengenai proses pendaftaran dapat dikirim melalui e-mail ke: infofulbright_ind@aminef.or.id. Pengiriman formulir pendaftaran tidak dapat dikirim melalui e-mail. Formulir pendaftaran asli dikirim ke American Indonesian Exchange Foundation.

BATAS WAKTU PENDAFTARAN

Batas waktu penyerahan formulir pendaftaran secara online 5 MEI 2008.

Formulir pendaftaran dapat di-download di link berikut:


To download form click here

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beasiswa Amerika: INTERNATIONAL LEADERSHIP IN EDUCATION [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 19 Jul 2008 08:17 PM CDT

INTERNATIONAL LEADERSHIP IN EDUCATION PROGRAM (ILEP)

PENGUMUMAN PROGRAM

The International Leadership in Education Program (ILEP) adalah program dari Biro Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar negeri Amerika Serikat, dan dilaksanakan oleh IREX (the International Research & Exchanges Board), Lembaga Swadaya Masyarakat Amerika yang berpusat di Washington, DC . ILEP memberikan kesempatan kepada 52 guru-guru sekolah menengah dari Asia Timur, Asia Selatan dan Asia Tenggara untuk mengembangkan keahlian mereka di berbagai bidang studi, meningkatkan kemampuan pengajaran dan menambah wawasan dan pengetahuan mereka mengenai Amerika. Program ini merupakan program semester penuh di suatu universitas di Amerika yang terdiri dari mata kuliah dan training yang intensif di bidang metodologi pengajaran, pengembangan kurikulum, strategi pengajaran di negara asal, pendidikan kepemimpinan, penggunaan komputer untuk Internet, word processing sebagai alat-alat pengajaran. Program satu semester ini juga termasuk magang di sekolah menengah untuk memberikan kesempatan kepada para guru-guru untuk secara aktif berinteraksi dengan guru-guru dan pelajar Amerika. Program ini juga menyertakan para peserta untuk berkunjung ke pusat-pusat kebudayaan dan pendidikan Amerika.

PERSYARATAN UNTUK PARA PENDAFTAR:

Guru-guru permanen sekolah menengah atas dengan masa mengajar 5 tahun atau lebih di bidang: Bahasa Inggris, Ilmu Sosial; Ilmu Kewarganegaraan; Matematika; Ilmu Pengetahuan Alam.
Warga negara Indonesia
memiliki kemampuan berbicara dan menulis dalam Bahasa Inggris yang memadai dengan melampirkan nilai minimum ITP TOEFL 500
Pelamar harus melampirkan formulir pendaftaran yang asli dan lampirkan empat duplikat dari formulir tersebut (total menjadi 5 dokumen). Setiap lamaran harus disusun sesuai dengan urutan berikut ini:

Formulir pendaftaran
Daftar Riwayat Hidup (contoh terlampir pada formulir),
Esei,
surat rekomendasi dan surat pendukung dari institusi (format surat terlampir pada formulir),
Hasil fotokopi dari KTP atau passport (atau kartu indentitas lain yang berfoto)
hasil fotokopi dari nilai ITP TOEFL
INFORMASI PENDAFTARAN

Peserta mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkannya ke AMINEF pada batas waktu yang ditentukan. Formulir dapat dikirim melalui pos atau diantar langsung ke kantor AMINEF, Gedung Balai Pustaka, Lantai 6, Jl. Gunung Sahari Raya 4, Jakarta 10720.

Pertanyaan lebih lanjut mengenai proses pendaftaran dapat dikirim melalui e-mail ke: infofulbright_ind@aminef.or.id. Pengiriman formulir pendaftaran tidak dapat dikirim melalui e-mail. Formulir pendaftaran asli dikirim ke American Indonesian Exchange Foundation.

BATAS WAKTU PENDAFTARAN

Batas waktu penyerahan formulir pendaftaran dan lampiran yang diperlukan paling lambat 16 Mei 2008 jam 4:00 sore.


To download form click here

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beasiswa Amerika: PROGRAM COMMUNITY COLLEGE SUMMIT INITIATIVE [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 19 Jul 2008 08:16 PM CDT

PROGRAM COMMUNITY COLLEGE SUMMIT INITIATIVE

Biro Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengumumkan adanya program Community College Summit Initiative. Program baru pertukaran pendidikan bertaraf international ini memberikan kesempatan kepada warga Brazil, Mesir, Indonesia, Pakistan, Turki dan Afrika Selatan untuk belajar di suatu Community College di Amerika untuk mengembangkan keahlian profesi mereka.

Bidang yang ditawarkan: Business Management and Administration; Tourism and Hospitality Management; Health Professions, including Nursing; Media; Information Technology; Security dan Public Safety; dan Engineering Science.

PERSYARATAN

Untuk mendaftarkan diri, peserta harus:

Telah lulus SMA;
Mempunyai pengalaman kerja di bidang yang relevan dengan program yang mereka inginkan;
Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang cukup untuk mengikuti program yang merupakan mata kuliah di tingkat akademis dengan program Bahasa Inggris intensif selama 6 bulan di Amerika;
Menyerahkan formulir pendaftaran yang sudah diisi; dan
Minimum Institutional TOEFL score 500 atauTOEIC score 650 (score yang berlaku harus kurang dari 2 tahun).
PROGRAM DI AMERIKA

Program Community College Summit Initiative menyediakan tiket pesawat pulang pergi ke Amerika, biaya hidup selama mengikuti pendidikan bahasa, pendidikan akademis dan profesi serta training yang ditawarkan, biaya mengikuti program, asuransi kesehatan dan biaya mengikuti kegiatan kebudayaan. Peserta akan mengikuti program bersama dalam satu kelompok yang di suatu community college pilihan. Program bervariasi jangka waktunya antara 6 bulan sampai 1 tahun dan peserta akan mendapatkan sertifikat atau ijasah Diploma. Peserta diharuskan untuk kembali ke negara asal setelah program berakhir dan tidak diperbolehkan untuk langsung meneruskan ke jenjang pendidikan S1 di universitas di Amerika.

PROSES SELEKSI

Kedutaan Besar di Afrika Selatan dan kantor komisi Fulbright di Brazil, Mesir, Indonesia, Pakistan, dan Turki bertanggungjawab untuk mempromosikan program dan menerima pendaftaran dan penominasian peserta untuk pertimbangan lebih lanjut. Ahli pendidikan di Amerika akan melakukan seleksi dan keputusan penempatan untuk disetujui oleh Biro Pendidikan dan Kebudayaan Amerika.

PENYERAHAN FORMULIR PENDAFTARAN

AMINEF melakukan pendaftaran program ini atas nama Biro Pendidikan dan Kebudayaan Amerika Departemen Luar Negeri Amerika Serikat. Silahkan mengirimkan formulir pendaftaran(formulir asli dan dua fotokopi) ke AMINEF dengan melampirkan dokumen dibawah ini:

Formulir aplikasi yang sudah diisi.
Fotokopi hasil tes TOEFL yang paling baru, masih berlaku dan kurang dari 2 tahun.
Fotokopi ijasah SMA dan atau SKHUN (terjemahan bahasa Inggris).
Fotokopi kartu identitas (KTP atau paspor).
ke AMINEF, Gedung Balai Pustaka Lt. 6, Jl. Gunung Sahari Raya No. 4, Jakarta 10720 PALING LAMBAT November 1, 2008.

Pertanyaan lebih lanjut mengenai proses pendaftaran dapat dikirim melalui e-mail ke: infofulbright_ind@aminef.or.id. Pengiriman formulir pendaftaran tidak dapat dikirim melalui e-mail. Formulir pendaftaran asli dikirim ke American Indonesian Exchange Foundation.


To download form click here

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beasiswa Amerika: FULBRIGHT TSUNAMI RELIEF INITIATIVE [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 19 Jul 2008 08:15 PM CDT

FULBRIGHT TSUNAMI RELIEF INITIATIVE PROGRAM

Program ini khusus dirancang untuk pelamar dari daerah yang baru-baru ini tertimpa bencana tsunami yang berkeinginan melanjutkan studi di universitas Amerika di bidang keilmuan yang berkaitan dengan upaya rekonstruksi tsunami atau kegiatan bantuan di masa mendatang. Staf pengajar perguruan tinggi dan peminat yang memenuhi persyaratan lainnya dipersilahkan mengajukan lamaran.

Pelamar harus memiliki:
gelar Sarjana (S1) dengan IPK minimal 3,0 (skala 4,00)
jiwa kepemimpinan
pemahaman dengan baik kebudayaan Indonesia dan asing
komitmen pada bidang studi pilihan yang relevan dengan upaya rekonstruksi dan mengatasi bencana tsunami
nilai TOEFL paling rendah 520 pada waktu melamar.
PENDAFTARAN

Pelamar beasiswa harus mengisi dan melengkapi formulir pendaftaran. Formulir yang sudah dilengkapi dapat dikirim melalui pos atau diantar langsung ke kantor AMINEF, Gedung Balai Pustaka, Lantai 6, Jl. Gunung Sahari Raya 4, Jakarta 10720.

Pendaftaran dapat diserahkan ke AMINEF sesuai tenggat waktu termasuk:

Formulir aplikasi yang sudah diisi. Disertakan pula Study Objective yang jelas dan ditulis rapi.
Fotokopi hasil tes TOEFL yang paling baru, masih berlaku dan kurang dari 2 tahun.
Satu surat rekomendasi dari atasan tempat kerja atau dosen di tempat belajar.
Fotokopi transkrip akademik (terjemahan bahasa Inggris).
Fotokopi kartu identitas (KTP atau paspor).
INFORMASI

Pertanyaan lebih lanjut mengenai proses pendaftaran dapat dikirim melalui e-mail ke: infofulbright_ind@aminef.or.id. Pengiriman formulir pendaftaran tidak dapat dikirim melalui e-mail. Formulir pendaftaran asli dikirim ke American Indonesian Exchange Foundation.

BATAS WAKTU PENDAFTARAN

Batas waktu untuk penyerahan formulir pendaftaran dan lampiran untuk semua program adalah 31 Mei 2008.

Catatan: Persyaratan program dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Formulir pendaftaran dapat di-download di link berikut:


To download form click here

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beasiswa Amerika: FULBRIGHT VISITING SPECIALIST [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 19 Jul 2008 08:13 PM CDT

FULBRIGHT VISITING SPECIALIST PROGRAM

FULBRIGHT VISITING SPECIALIST PROGRAM: DIRECT ACCESS TO THE MUSLIM WORLD

Program Pengajar Tamu Fulbright menyediakan beasiswa untuk jangka waktu tiga sampai enam minggu kepada sarjana dan praktisi dari Indonesia untuk mengajar dan berceramah di berbagai forum di Amerika Serikat mengenai peradaban Islam dan perkembangan di dunia Islam. Pelamar yang dinilai cocok adalah sarjana atau praktisi yang memiliki rekam jejak yang bagus di bidang akademis, profesional, pelayanan masyarakat, mampu berbicara mengenai peradaban Islam di samping mengajar di bidang keahliannya masing-masing serta mengenai Indonesia, fasih berkomunikasi dalam bahasa Inggris dan diplomatis serta sanggup menjadi duta bangsa di bidang kebudayaan. Peserta program akan memberi kuliah singkat atau seminar di bidang keahlian masing-masing yang berkaitan dengan Islam dan dunia Islam, mengajar bersama staf pengajar Amerika, lokakarya bersama mahasiswa atau dosen, memberi masukan kepada para dosen atau mahasiswa, mengembangkan kurikulum, ikut dalam diskusi informal dengan para mahasiswa, dan kegiatan-kegiatan di luar kampus, termasuk program kegiatan kelompok masyarakat tertentu, dan bersedia diwawancarai media setempat. Dalam program singkat ini tidak tersedia waktu bagi peserta untuk mengadakan penelitian atau kegiatan-kegiatan pribadi lainnya. Bidang studi yang termasuk dalam program ini adalah kajian wilayah dan Islam, seni, ilmu komunikasi dan jurnalistik.

PERSYARATAN

Pelamar harus bergelar Doktor atau memiliki pengalaman yang setara atau memiliki gelar tertinggi di bidang masing-masing, memiliki prestasi tinggi di bidang akademis, profesional, dan pelayanan masyarakat, pengetahuan mendalam mengenai Islam sebagai agama dan kebudayaan, berkepribadian matang, dapat diandalkan, fleksibel, memiliki integritas dan keahlian di bidang profesi masing-masing. Pelamar harus berdomisili di Indonesia pada waktu melamar.


PENDAFTARAN

Pelamar beasiswa harus mengisi dan melengkapi formulir pendaftaran. Formulir yang sudah dilengkapi dapat dikirim melalui pos atau diantar langsung ke kantor AMINEF, Gedung Balai Pustaka, lantai 6, Jl. Gunung Sahari Raya 4, Jakarta 10720.



INFORMASI

Pertanyaan lebih lanjut mengenai proses pendaftaran dapat dikirim melalui e-mail ke: infofulbright_ind@aminef.or.id. Pengiriman formulir pendaftaran tidak dapat dikirim melalui e-mail. Formulir pendaftaran asli dikirim ke American Indonesian Exchange Foundation.

BATAS WAKTU PENDAFTARAN

Batas waktu untuk penyerahan formulir pendaftaran dan lampiran untuk semua program adalah June 30, 2008.

Catatan: Persyaratan program dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Formulir pendaftaran dapat di-download di link berikut:


To download form click here

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beasiswa Amerika: HUBERT H. HUMPHREY FELLOWSHIP [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 19 Jul 2008 08:12 PM CDT

HUBERT H. HUMPHREY FELLOWSHIP PROGRAM
FOR MID-CAREER PROFESSIONALS

Beasiswa Hubert H. Humphrey ditawarkan kepada profesional tingkat-menengah Indonesia untuk mengambil program nir-gelar yang menggabungkan perkuliahan tingkat pascasarjana dengan kegiatan pengembangan keprofesionalan di Amerika Serikat selama 9 bulan. Pelamar umumnya tenaga administrator dalam posisi memimpin dan berpengalaman kerja paling sedikit lima tahun di lembaga publik atau swasta nir-laba termasuk Lembaga Swadaya Masyarakat yang berkomitmen pada pelayanan masyarakat.

Pelamar harus memiliki:

gelar Sarjana (S1) dengan IPK minimal 2.75 (pada skala 4,00)
angka TOEFL paling rendah 525.
BIDANG STUDI

Agricultural Development/Agricultural Economics; Communications/Journalism; Economic Development; Finance and Banking; Human Resources Management; Public Policy Analysis and Public Administration; Technology Policy and Management; Urban & Regional Planning; and Public Health Policy and Management (including HIV/AIDS policy and prevention, drug abuse education, treatment, and prevention). Researchers, treatment providers, prevention specialists, and program planners at governmental or non-governmental organizations will also be considered).


PENDAFTARAN

Pelamar beasiswa harus mengisi dan melengkapi formulir pendaftaran. Formulir yang sudah dilengkapi dapat dikirim melalui pos atau diantar langsung ke kantor AMINEF, Gedung Balai Pustaka, lantai 6, Jl. Gunung Sahari Raya 4, Jakarta 10720.

Pendaftaran dapat diserahkan ke AMINEF sesuai tenggat waktu termasuk:

Formulir aplikasi yang sudah diisi. Disertakan pula Study Objective yang jelas dan ditulis rapi.
Fotokopi hasil tes TOEFL yang paling baru, masih berlaku dan kurang dari 2 tahun.
Satu surat rekomendasi dari atasan tempat kerja atau dosen di tempat belajar.
Fotokopi transkrip akademik (terjemahan bahasa Inggris).
Fotokopi kartu identitas (KTP atau paspor).
INFORMASI

Pertanyaan lebih lanjut mengenai proses pendaftaran dapat dikirim melalui e-mail ke: infofulbright_ind@aminef.or.id. Pengiriman formulir pendaftaran tidak dapat dikirim melalui e-mail. Formulir pendaftaran asli dikirim ke American Indonesian Exchange Foundation.

BATAS WAKTU PENDAFTARAN

Batas waktu untuk penyerahan formulir pendaftaran dan lampiran untuk semua program adalah 31 Mei 2008.

Catatan: Persyaratan program dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Formulir pendaftaran dapat di-download di link berikut:


To download form click here

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beasiswa Amerika: FULBRIGHT FOREIGN LANGUAGE (BAHASA INDONESIA)TEACHING ASSISTANT [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 19 Jul 2008 08:11 PM CDT

FULBRIGHT FOREIGN LANGUAGE (BAHASA INDONESIA)TEACHING ASSISTANT (FLTA) PROGRAM

Beasiswa ditawarkan kepada pengajar bahasa Inggris atau yang saat ini tengah mengikuti pelatihan untuk menjadi pengajar bahasa Inggris serta berkomitmen pada pengajaran bahasa tersebut setelah kembali ke Indonesia kelak. Beasiswa diberikan untuk satu tahun akademi (sembilan bulan). Penerima beasiswa akan mengajar bahasa dan kebudayaan Indonesia di Amerika Serikat selama 20 jam per minggu. Selain itu penerima beasiswa diberi kesempatan mengambil paling sedikit dua mata kuliah per semester di bidang Kajian Amerika Serikat dan/atau metodologi pengajaran bahasa Inggris tanpa dikenai biaya kuliah.
Pelamar harus belum berusia 29 tahun pada tenggat waktu pendaftaran dan memiliki:

gelar sarjana (S1) dengan IPK minimal 3.0 (skala 4.00)
jiwa kepemimpinan
pemahaman dengan baik kebudayaan Indonesia dan asing
komitmen pada bidang studi pilihan
kesediaan untuk kembali ke lembaga asal setelah Program Fulbright selesai
angka TOEFL paling rendah 550.
PENDAFTARAN

Pelamar beasiswa harus mengisi dan melengkapi formulir pendaftaran. Formulir yang sudah dilengkapi dapat dikirim melalui pos atau diantar langsung ke kantor AMINEF, Gedung Balai Pustaka, Lantai 6, Jl. Gunung Sahari Raya 4, Jakarta 10720.

Pendaftaran dapat diserahkan ke AMINEF sesuai tenggat waktu termasuk:

Formulir aplikasi yang sudah diisi. Disertakan pula Study Objective yang jelas dan ditulis rapi.
Fotokopi hasil tes TOEFL yang paling baru, masih berlaku dan kurang dari 2 tahun.
Satu surat rekomendasi dari atasan tempat kerja atau dosen di tempat belajar.
Fotokopi transkrip akademik (terjemahan bahasa Inggris).
Fotokopi kartu identitas (KTP atau paspor).
INFORMASI PENDAFTARAN

Pertanyaan lebih lanjut mengenai proses pendaftaran dapat dikirim melalui e-mail ke: infofulbright_ind@aminef.or.id. Pengiriman formulir pendaftaran tidak dapat dikirim melalui e-mail. Formulir pendaftaran asli dikirim ke American Indonesian Exchange Foundation.

BATAS WAKTU PENDAFTARAN

Batas waktu untuk penyerahan formulir pendaftaran dan lampiran untuk semua program adalah November 3, 2008.

Catatan: Persyaratan program dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Formulir pendaftaran dapat di-download di link berikut:


To download form click here

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beasiswa Penelitian di Amerika: FULBRIGHT SENIOR RESEARCH [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 19 Jul 2008 08:08 PM CDT

FULBRIGHT SENIOR RESEARCH PROGRAM

Beasiswa untuk penelitian di Amerika ini ditawarkan kepada sarjana Indonesia yang bergelar doktor atau memiliki kualifikasi profesional yang setara. Jangka waktu penelitian antara tiga sampai enam bulan. Pelamar harus mampu berbahasa Inggris agar penelitian dapat terlaksana dengan baik.

PENDAFTARAN

Pelamar beasiswa harus mengisi dan melengkapi formulir pendaftaran. Formulir yang sudah dilengkapi dapat dikirim melalui pos atau diantar langsung ke kantor AMINEF, Gedung Balai Pustaka, Lantai 6, Jl. Gunung Sahari Raya 4, Jakarta 10720.

Pendaftaran dapat diserahkan ke AMINEF sesuai tenggat waktu termasuk:
Formulir aplikasi yang sudah diisi. Disertakan pula Study Objective yang jelas dan ditulis rapi.
Fotokopi hasil tes TOEFL yang paling baru, masih berlaku dan kurang dari 2 tahun.
Satu surat rekomendasi dari atasan tempat kerja atau dosen di tempat belajar.
Fotokopi transkrip akademik (terjemahan bahasa Inggris).
Fotokopi kartu identitas (KTP atau paspor).
INFORMASI PENDAFTARAN

Pertanyaan lebih lanjut mengenai proses pendaftaran dapat dikirim melalui e-mail ke: infofulbright_ind@aminef.or.id. Pengiriman formulir pendaftaran tidak dapat dikirim melalui e-mail. Formulir pendaftaran asli dikirim ke American Indonesian Exchange Foundation.

BATAS WAKTU PENDAFTARAN

Batas waktu untuk penyerahan formulir pendaftaran dan lampiran untuk semua program adalah 31 Agustus 2008.

Catatan: Persyaratan program dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Formulir pendaftaran dapat di-download di link berikut:


To download form click here

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penelitian Amerika: FULBRIGHT DOCTORAL DISSERTATION RESEARCH [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 19 Jul 2008 08:06 PM CDT

FULBRIGHT DOCTORAL DISSERTATION RESEARCH PROGRAM

Beasiswa untuk penelitian di Amerika ini ditawarkan kepada mahasiswa program S3 di universitas Indonesia yang tengah menulis disertasi. Jangka waktu penelitian antara tiga sampai enam bulan. Pelamar diwajibkan memiliki angka TOEFL paling rendah 575.

PENDAFTARAN

Pelamar beasiswa harus mengisi dan melengkapi formulir pendaftaran. Formulir yang sudah dilengkapi dapat dikirim melalui pos atau diantar langsung ke kantor AMINEF, Gedung Balai Pustaka, Lantai 6, Jl. Gunung Sahari Raya 4, Jakarta 10720.

Pendaftaran dapat diserahkan ke AMINEF sesuai tenggat waktu termasuk:

Formulir aplikasi yang sudah diisi. Disertakan pula Study Objective yang jelas dan ditulis rapi.
Fotokopi hasil tes TOEFL yang paling baru, masih berlaku dan kurang dari 2 tahun.
Satu surat rekomendasi dari atasan tempat kerja atau dosen di tempat belajar.
Fotokopi transkrip akademik (terjemahan bahasa Inggris).
Fotokopi kartu identitas (KTP atau paspor).
INFORMASI PENDAFTARAN

Pertanyaan lebih lanjut mengenai proses pendaftaran dapat dikirim melalui e-mail ke: infofulbright_ind@aminef.or.id. Pengiriman formulir pendaftaran tidak dapat dikirim melalui e-mail. Formulir pendaftaran asli dikirim ke American Indonesian Exchange Foundation.

BATAS WAKTU PENDAFTARAN

Batas waktu untuk penyerahan formulir pendaftaran dan lampiran untuk semua program adalah 31 Mei 2008.

Catatan: Persyaratan program dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Formulir pendaftaran dapat di-download di link berikut:


To download form click here

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Amerika S3: FULBRIGHT PRESIDENTIAL SCHOLARSHIP [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 19 Jul 2008 08:05 PM CDT

FULBRIGHT PRESIDENTIAL SCHOLARSHIP PROGRAM (PH.D. PROGRAM)

DESKRIPSI PROGRAM

American Indonesia Exchange Foundation (AMINEF) menyediakan 40 beasiswa Fulbright baru di bawah Program Fulbright Presidential Scholarship untuk gelar S3 atau Doktor di Amerika periode tahun 2009-2010. Program Fulbright di Indonesia ini ditujukan untuk meningkatkan saling pengertian antara RI dan Amerika Serikat melalui pertukaran pendidikan dan program beasiswa. Beasiswa Fulbright tersedia bagi bangsa Indonesia sesuai persyaratan yang ditentukan seperti yang dicantumkan di bawah ini.

PERSYARATAN

Prioritas diberikan kepada staf pengajar perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia dan belum pernah menerima beasiswa.

Pelamar harus memiliki:

gelar PascaSarjana (S2) dengan IPK minimal 3,0 (skala 4,00)
jiwa kepemimpinan
pemahaman dengan baik kebudayaan Indonesia dan asing
komitmen pada bidang studi pilihan
kesediaan untuk kembali ke Indonesia setelah Program Fulbright selesai
angka TOEFL paling rendah 575.
Catatan: Berdasarkan perubahan terakhir dari persyaratan institusi akademis di Amerika, persyaratan nilai TOEFL untuk program ini telah diubah. Persyaratan yang baru adalah sebagai berikut: "Biasanya, persyaratan nilai TOEFL untuk program PhD adalah 575 atau lebih. Namun untuk beberapa bidang studi pilihan, nilai 550 akan dipertimbangkan."

* (Beasiswa untuk 3 tahun)

BIDANG STUDI

All disciplines and fields of study are eligible for a Fulbright award. Priority fields are: Social Sciences, Religious Studies, Science and Engineering, Law, and Education—specifically, English Teaching and Higher Education Administration.



PENDAFTARAN

Pelamar beasiswa harus mengisi dan melengkapi formulir pendaftaran. Formulir yang sudah dilengkapi dapat dikirim melalui pos atau diantar langsung ke kantor AMINEF, Gedung Balai Pustaka, Lantai 6, Jl. Gunung Sahari Raya 4, Jakarta 10720.

Pendaftaran dapat diserahkan ke AMINEF sesuai batas waktu pendaftaran termasuk:

Formulir aplikasi yang sudah diisi. Disertakan pula Study Objective yang jelas dan ditulis rapi.
Fotokopi hasil tes TOEFL yang paling baru, masih berlaku dan kurang dari 2 tahun.
Satu surat rekomendasi dari atasan tempat kerja atau dosen di tempat belajar.
Fotokopi transkrip akademik (terjemahan bahasa Inggris).
Fotokopi kartu identitas (KTP atau paspor).
INFORMASI PENDAFTARAN

Pertanyaan lebih lanjut mengenai proses pendaftaran dapat dikirim melalui e-mail ke: infofulbright_ind@aminef.or.id. Pengiriman formulir pendaftaran tidak dapat dikirim melalui e-mail. Formulir pendaftaran asli dikirim ke American Indonesian Exchange Foundation.


BATAS WAKTU PENDAFTARAN

Batas waktu untuk penyerahan formulir pendaftaran dan lampiran untuk semua program adalah 31 Mei 2008.

Catatan: Persyaratan program dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Formulir pendaftaran dapat di-download di link berikut:


To download form click here

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Amerika: FULBRIGHT-FREEPORT MASTER’S DEGREE PROGRAM [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 19 Jul 2008 08:03 PM CDT

FULBRIGHT-FREEPORT MASTER'S DEGREE PROGRAM

Prioritas diberikan kepada staf pengajar perguruan tinggi negeri dan swasta di Papua. Pelamar harus memiliki:

gelar Sarjana (S1) dengan IPK minimal 3,0 (skala 4,00).
jiwa kepemimpinan.
pemahaman dengan baik kebudayaan Indonesia dan asing.
komitmen pada bidang studi pilihan.
komitmen pada pembangunan dan pengabdian di Papua.
kesediaan untuk kembali ke Papua setelah Program Fulbright selesai.
PENDAFTARAN

Pelamar beasiswa harus mengisi dan melengkapi formulir pendaftaran. Formulir yang sudah dilengkapi dapat dikirim melalui pos atau diantar langsung ke kantor AMINEF, Gedung Balai Pustaka, Lantai 6, Jl. Gunung Sahari Raya 4, Jakarta 10720.

Pendaftaran dapat diserahkan ke AMINEF sesuai batas waktu pendaftaran termasuk:

Formulir aplikasi yang sudah diisi. Disertakan pula Study Objective yang jelas dan ditulis rapi.
Fotokopi hasil tes TOEFL yang paling baru, masih berlaku dan kurang dari 2 tahun.
Satu surat rekomendasi dari atasan tempat kerja atau dosen di tempat belajar.
Fotokopi transkrip akademik (terjemahan bahasa Inggris).
Fotokopi kartu identitas (KTP atau paspor).
INFORMASI PENDAFTARAN

Pertanyaan lebih lanjut mengenai proses pendaftaran dapat dikirim melalui e-mail ke: infofulbright_ind@aminef.or.id. Pengiriman formulir pendaftaran tidak dapat dikirim melalui e-mail. Formulir pendaftaran asli dikirim ke American Indonesian Exchange Foundation.

BATAS WAKTU PENDAFTARAN

Batas waktu untuk penyerahan formulir pendaftaran dan lampiran untuk semua program adalah 31 Mei 2008.

Catatan: Persyaratan program dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Formulir pendaftaran dapat di-download di link berikut:


To download form click here

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Amerika: Fulbright Master's Degree Program [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 19 Jul 2008 08:01 PM CDT

FULBRIGHT MASTER'S DEGREE PROGRAM

Prioritas diberikan kepada staf pengajar perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Pelamar harus memiliki:

gelar Sarjana (S1) dengan IPK minimal 3,0 (skala 4,00)
jiwa kepemimpinan
pemahaman dengan baik kebudayaan Indonesia dan asing
komitmen pada bidang studi pilihan
kesediaan untuk kembali ke Indonesia setelah Program Fulbright selesai
angka TOEFL paling rendah 550
PENDAFTARAN

Pelamar beasiswa harus mengisi dan melengkapi formulir pendaftaran. Formulir yang sudah dilengkapi dapat dikirim melalui pos atau diantar langsung ke kantor AMINEF, Gedung Balai Pustaka, Lantai 6, Jl. Gunung Sahari Raya 4, Jakarta 10720.

Pendaftaran dapat diserahkan ke AMINEF sesuai batas waktu pendaftaran termasuk:

Formulir aplikasi yang sudah diisi. Disertakan pula Study Objective yang jelas dan ditulis rapi.
Fotokopi hasil tes TOEFL yang paling baru, masih berlaku dan kurang dari 2 tahun.
Satu surat rekomendasi dari atasan tempat kerja atau dosen di tempat belajar.
Fotokopi transkrip akademik (terjemahan bahasa Inggris).
Fotokopi kartu identitas (KTP atau paspor).
INFORMASI

Pertanyaan lebih lanjut mengenai proses pendaftaran dapat dikirim melalui e-mail ke: infofulbright_ind@aminef.or.id. Pengiriman formulir pendaftaran tidak dapat dikirim melalui e-mail. Formulir pendaftaran asli dikirim ke American Indonesian Exchange Foundation.

BATAS WAKTU PENDAFTARAN

Batas waktu untuk penyerahan formulir pendaftaran dan lampiran untuk semua program adalah 31 Mei 2008.

Catatan: Persyaratan program dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Formulir pendaftaran dapat di-download di link berikut:


To download form click here

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

SEJARAH FULBRIGHT [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 19 Jul 2008 07:42 PM CDT

SEJARAH FULBRIGHT

AWAL DIDIRIKAN

Pada bulan September 1945. Perang yang telah terjadi hampir diseluruh dunia, yang meninggalkan sedikit dari penghuninya tidak tersentuh, akhirnya berakhir pemimpin dari negara-negara yang memenangkan perang mencari cara untuk mengumpulkan yang tersisa - atau menciptakan jika memang memungkinkan, masa depan yang damai dan sejahtera untuk semua bangsa. Seorang senator Amerika dari negara bagian Arkansas, yang bernama J.William Fulbright, mempunyai ide.

"Praduga dan pandangan yang salah yang selama ini ada di setiap negara mengenai masyarakat asing lainnya," seperti yang dia beritahukan ketemannya, "adalah penghalang yang sangat besar terhadap sistem pemerintahan dimanapun." Jika, masyarakat diseluruh dunia bisa saling mengenal satu sama lain dengan lebih baik, bekerjasama dengan lebih baik dan belajar bersama, mungkin mereka akan lebih berkeinginan untuk bekerjasama dan melupakan keinginan untuk berperang dan saling membunuh.

Fulbright telah menjelajah diseluruh daratan Eropa Timur dan telah berkunjung ke Universitas Oxford di Inggris sebagai salah satu peneliti dari Rhodes, pengalaman tersebut telah memperluas pandangannya dan membuat dia merasa sebagai warga negara dunia. Selama dia berada di Inggris, dia mengetahui nilai dari pertukaran pendidikan secara langsung. Mengapa tidak menciptakan program yang akan terjadi diseluruh dunia, dengan siswa dari berbagai negara yang mungkin akan belajar - dan tinggal serta dapat mengenal masyarakat - di Eropa, Asia, Afrika, dan wilayah dunia bagian barat, dan mungkin wilayah samudera Pasifik?

Sebuah penekanan yang diperkenalkan Fulbright ke Dewan Kongres Amerika di musim gugur, "untuk mempromosikan niat baik internasional melalui pertukaran pelajar di bidang pendidikan, kebudayaan dan ilmu pengetahuan," disetujui oleh Kongres dan di tandatangani pada tanggal 1 Agustus 1946 oleh Presiden Amerika Harry S. Truman.

Program yang menurut sejarawan Arnold Toynbee disebut sebagai "salah satu hal yang luar biasa baik dan tak terbayangkan dilakukan didunia sejak Perang Dunia II" dan yang investasi yang sangat menguntungkan yang pernah di otorisasikan oleh Kongres" akan segera dimulai.

SETELAH PERANG DUNIA II

Setelah Perang Dunia ke II berakhir, jutaan keuntungan dari properti ditinggalkan di gudang-gudang dan tempat penyaluran di seluruh dunia. materi tersebut telah disalurkan oleh Amerika sebagai salah satu program Pinjam-Sewa; negara yang telah dipinjamkan harus membayar kembali terhadap negara Amerika untuk pinjaman tersebut. Situasi tersebut dijadikan oleh Senator Fulbright sebagai cara untuk memperkenalkan cara mendanai program pertukarannya. Kenapa tidak membiarkan setiap negara membeli keuntungan properti dengan mata uang negara tersebut, dan kemudian gunakan uang tersebut untuk membiayai pengeluaran yang diperlukan oleh warga negara Amerika yang sedang belajar di negara tersebut dan untuk transportasi bagi pemuda dari negara tersebut untuk pergi ke Amerika dan belajar disana?

Rencana tersebut berkerja dengan sangat baik. Program Pertukaran Fulbright pertama kali terjadi di tahun 1948, ketika 35 siswa dan satu professor pergi ke Amerika dan 65 orang Amerika pergi keluar negeri. Saat ini, hampir seperempat juta orang dari 150 negara dan berbagai macam bidang studi telah mendapatkan keuntungan dari "Pengalaman Fulbright". Individu tersebut telah berkontribusi baik dalam skala kecil dan besar, langsung maupun tidak langsung, untuk mengurangi tekanan politik dari era paska Perang Dunia ke II. Keberhasilan mereka adalah kesaksian dari pentingnya distribusi ilmu pengetahuan dan pertukaran ide dalam mencari solusi bagi masalah yang dihadapi oleh manusia.

Bagian yang terbaik dari program Fulbright adalah kealamian dwi kebangsaannya. Di setiap negara dimana program tersebut dijalankan, hal ini adalah tanggung jawab bersama antara pemerintah Amerika dan negara yang menjadi tuan rumah. Di setiap bangsa, hal tersebut di administrasikan melalui suara yang sama. Peneliti, siswa dan guru yang berpartisipasi dalam program Fulbright adalah - seperti 50 tahun yang lalu - dipilih sesuai dengan dasar kemampuan akademik dan kehebatan yang mencerminkan ketertarikan seimbang dengan untuk bekerja sama dengan bangsa lain.

J. William Fulbright wafat di bulan February 1995. Dalam pidatonya pada upacara Senator Fulbright, Presiden Bill Clinton mengatakan, "Saya sangat bersyukur hari ini untuk keyakinan yang telah beliau tanamkan kepada saya saat saya masih muda, bahwa kita bisa membuat perdamaian di dunia jika kita mencari cara untuk saling memahami dengan lebih baik, jika kita mempromosikan pertukaran diantara masyarakat, jika kita mengetahui lebih awal dari akibat pendidikan global."

MASA DEPAN

Program Fulbright dilahirkan pada saat peperangan dengan harapan dengan menganut pertukaran antara masyarakat di Amerika dan masyarakat lain yang akan menciptakan saling pengertian dan toleransi yang akan menyingkirkan dasar dari konflik di masa depan. Hal ini merupakan percobaan yang jelas dan maju serta,selama lebih dari 50 tahun, hal ini telah secara jelas sukses.

Dunia telah berubah selama hampir 50 tahun, tumbuh mengecil dengan tenaga jet, satelit dan jaringan komputer telah memudahkan perjalanan dan komunikasi menjadi lebih cepat. Tapi masih, ketertarikan terhadap kebudayaan dari suatu negara lain - seperti untuk tinggal di salah satu kotanya, berjalan di jalan-jalannya, berbelanja di pasar dalam negara tersebut, berbincang-bincang sambil minum kopi dengan seseorang yang tumbuh besar disana - tidak dapat digantikan dengan melalui layar komputer. Pertukaran informasi dari sisi dunia yang satu ke sisi lainnya dapat dilakukan dengan satu kedipan mata melalui kabel fiber-optic, pertukaran pengertian yang benar tentang hal berikut ini pada jaman kita - dari segi politik, sosial, ekonomik, budaya - dan masih membutuhkan waktu dan kehadiran dari dua orang dengan pikiran yang saling tertarik dan hati yang terbuka, hubungan yang aktif dan berkomitmen terhadap faktor manusianya, yang idenya, tidak hanya berupa data, tapi juga sebagai seorang manusia itu sendiri menjadi faktor yang penting.

Inti dari Program Fulbright adalah kepercayaan tentang kebebasan dan tanggung jawab individu yang dapat membuat perbedaan di dunia, dan ini adalah urusan dari pemerintah, laki-laki dan perempuan untuk mempromosikan dan menggalakan hal tersebut secara terus menerus. Individu tersebut harus menterjemahkan dan memetakan dunia, menjelaskan pentingnya hal tersebut dengan yang lain melalui pertanyaan dan refleksi. Penerima beasiswa Fulbright, individu oleh individu, orang dengan orang, harus di perhitungkan diantara pemain penting dalam usaha yang terus menerus dilakukan oleh semua bangsa untuk mengerti satu sama lain.

Apakah kita seorang yang membuat kebijakan publik atau seseorang yang berkerja dibidang swasta, pengertian kita terhadap dunia jauh dari batasan kita sendiri - dan pengertian dunia terhadap kita - adalah faktor yang penting untuk mempertahankan demokrasi dan kesejahteraan ekonomi untuk semua orang.

Pada tahun 1965, Senator J William Fulbright mengatakan bahwa tujuan dari program yang memakai nama beliau ini adalah "untuk membawa sedikit ilmu, alasan, dan kasih sayang kedalam urusan dunia dan oleh karena itu meningkatkan kesempatan untuk suatu negara belajar untuk hidup dalam damai dan persaudaraan."

Hal ini tetap menjadi tujuan program tersebut sampai detik ini.

DIKTI Depag RI tunjangan pendidikan pasca sarjana [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 19 Jul 2008 07:12 PM CDT

DPP PPMI Mesir 2007-2008 Berprestasi Dan Peka Sosial
Rubrik : Laporan Khusus
Depag RI vis a vis Masisir: Peluang dan Harapan

by : ppmicairo
Hembusan angin segar jarang datang dari Jakarta, barangkali terlalu jauh untuk sampai ke Kairo. Apalagi yang menghembuskan adalah institusi pemerintah yang bernama departemen agama (DEPAG). Percayakah Anda, kalau Depag RI ternyata juga bisa menghembuskan angin sejuk menyapa entitas mahasiswa Indonesia di Mesir? Mampukah angin itu benar-benar membelai wajah masisir, yang kadang terlihat sayu saat mendengar institusi departemen agama RI?

Masalah percaya atau tidak tentang adanya angin segar Jakarta merupakan tema tersendiri —barang kali kurang urgen untuk dibicarakan lebih dalam. Sebab yang menarik untuk kita bincangkan saat ini, bukan sekadar angin lalu atau kabar burung yang entah kapan berlaku. Siapa, yang gak suka mendengar tema peluang dan harapan bagi dirinya? Harapan itu muncul dari tumpukan keinginan —walau masih sebatas angan. Ketika keinginan sedang menemukan celah konkret untuk mencapai dataran realisasi, pada saat itulah harapan membuncah menjelma angin segar tadi.

Rabu (28/02/2007) adalah awal dari landasan realitas angin segar Depag RI di Mesir tahun ini. Sedikitnya ada 50 mahasiswa pasca sarjana yang tersenyum lepas sore itu. Jaminan bebas rusum (beban administrasi) awal tahun akademik 2006-2007 sudah jelas di depan mata. Karena pembebasan itu sekarang bernama tunjangan pendidikan pasca sarjana, di bawah jangkauan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (DIKTI) Depag RI. Walaupun tidak terlalu besar, angka 200 USD bagi masyarakat Muntada (Forum Mahasiswa Pasca Sarjana) Mesir begitu berarti. Hal itu terbukti dari pancaran wajah antusias penerima bantuan penyelesain tesis (S2) dan Disertasi (S3) di Aula Wisma Nusantara, bersama staf Atase Pendidikan dan kebudayaan KBRI Cairo.

Selain itu, Menteri Agama Maftuh Basyuni, SH juga membuka peluang emas bagi lulusan S2 dan S3 Mesir untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS) di departemen yang dipimpinnya. Hal itu disampaikan beliau melalui Atdikbud Drs. Slamet Sholeh, M.Ed. pada sela-sela kunjungan beliau akhir Februari kemarin di Jakarta. "Untuk lebih jelasnya, menteri Agama akan menjelaskan sendiri 27 Maret mendatang", sambung alumnus Amerika ini menceritakan rencana kedatangan Menag ke Mesir kepada DPP-PPMI. Penerimaan PNS Depag RI tersebut dibuka kepada lulusan pasca sarjana Mesir di semua pos dan profesi; baik dosen maupun pegawai biasa.

Lalu adakah angin segar Depag RI merambah kawasan alumnus S1 Masisir? Berikut kabar dari Jakarta: "Untuk S1, peluang penerimaan PNS diprioritaskan bagi alumnus UIN, IAIN atau PTAIN dalam negeri", jelas pria asal Kediri di kantornya sesaat sebelum rapat soal renovasi gedung Wisma Nusantara. Jadi, khusus yang berkenaan dengan masalah pendidikan untuk jenjang S1 Mesir memang tidak banyak mendapatkan perhatian. Beberapa alasan yang sedikit menguatkan penjelasan tadi, adanya beberapa problem mahasiswa S1 yang sampai sekarang belum ada jawaban pasti. Sebut saja, 11 orang mahasiswa baru yang mendapatkan beasiswa Al-Azhar tahun ini belum bisa diberangkatkan, 120-an calon mahasiswa baru di Mesir juga belum bisa bernafas lega, penyatuan ijazah dalam satu format khusus untuk mempermudah urusan administrasi pendaftaran di Al-Azhar pun tidak direspon dan lain sebagainya.

Walaupun demikian, di aspek lain Bapak Menteri menjanjikan penambahan dua kali lipat jatah Temus bagi lulusan S1 Masisir. Penambahan tersebut sangat bergantung kepada hasil evaluasi Temus Mesir tahun ini. Bagaimana kemungkinan realisasi janji ini untuk tahun depan? Menurut penilaian sementara, Temus Mesir tahun ini banyak mendapatkan penilaian "positif". "Ya, Pak Nur Shomad sempat bilang sama saya: 'Tahun ini Temus Mesir, bagus'", tutur Bapak Atdikbud yang baru saja datang dari Umrah dan kunjungan ke Jeddah. Senada dengan ini, Presiden PPMI Nur Fu`ad Shofiyullah berkomentar: "Karena Temus tahun ini lebih dewasa", sindir beliau akan persyaratan harus S1 untuk temus tahun ini.

Masih adakah harapan lain Masisir untuk Depag RI di masa-masa mendatang? Jawaban simpelnya sudah pasti dapat ditebak. Tapi untuk mengkonkretkan sebuah harapan —agar tidak disebut impian yang utopis, ada beberapa poin yang kemungkinannya sangat dekat dengan realitas; pelaksanaanya hanya terpaut persetujuan dan tanda tangan.

Pertama, kebijakan khusus untuk kader pesantren terpencil dalam tes kemampuan dasar calon mahasiswa Al-Azhar. Karena tidak mustahil, apabila banyak camaba yang tidak lulus tes tahun ini adalah para kader pesantren terpencil yang belum mampu berkompetisi dengan madrasah atau pesantren-pesantren yang sudah maju. Kebutuhan untuk memperbaiki mutu pendidikan pesantren tersebut kadang bergantung kepada kader-kader yang diproyeksikan ke Al-azhar Mesir. Demikian, harapan yang sempat terlontar oleh Atdikbud KBRI Cairo dengan menyebutnya sebagai "Penyanggah Pesantren".

Kedua, asuransi mahasiswa yang ditangani oleh PPMI Mesir sebagai ganti dari persyaratan Bank draft $ 2500 USD untuk semua mahasiswa baru yang lulus tes Depag RI. Hal ini mempunyai makna multi fungsi yang sangat bermanfaat bagi keberlangsungan hidup mahasiswa selama menjalankan studi di Mesir. Berbeda dengan persyaratan bank draft tadi, di mana penggunaan formalitas rekening sangat rentan terjadi. Sehingga misi utama untuk mempersiapkan ekonomi mahasiswa malah menjadi beban psikologis dan tidak efektif. Harapan ini terlontar oleh Presiden PPMI menangkap kegelisahan camaba, hasil evaluasi pelaksanaan pendaftaran Maba tahun ini yang secara keseluruhan dilaksanakan oleh PPMI Mesir.

Ketiga, tidak diberlakukan sistem tunggu satu tahun bagi penerima beasiswa Al-Azhar. Hal ini, di samping menyita efektifvitas waktu studi selama satu tahun, pada prakteknya masih terjadi keterlambatan pemberangkatan di tahun berikutnya. Sehingga keinginan untuk melanjutkan pendidikan tinggi kadang dihambat oleh sistem seperti ini. Ini, diperkuat oleh kasus terlambatnya 11 maba penerima beasiswa Al-azhar yang sampai sekarang masih nunggu di Indonesia.

Keempat, penyatuan ijazah untuk camaba Al-Azhar. Untuk mempermudah pengurusan administrasi dan menjaga efektifitas kebijakan Depag RI tentang seleksi camaba Al-Azhar. Karena dengan demikian, tidak ada jalan lain untuk mendaftar di Universitas Al-Azhar kecuali setelah mendapatkan Ijazah Akriditasi dari Depag RI. Sistem ini terbukti efektif dan efesion dalam pendaftaran maba Malaysia.

Hanya satu kata yang selalu menjadikan harapan sebagai cita-cita, yaitu ketika harapan itu terhenti pada satu titik tekan: "Visioner". Di mana ramalan masa depan acap kali bersandar pada peluang dan antisipasi. Pemerintah adalah pintu gerbang yang sangat efektif dalam mencapai harga mutiara kemajuan anak bangsanya.[]


(Anoeh)




DPP PPMI Mesir 2007-2008 Berprestasi Dan Peka Sosial : http://ppmimesir.info
Versi Online : http://ppmimesir.info/?pilih=lihat&id=207

Tips Beasiswa MBA Korea [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 19 Jul 2008 06:22 PM CDT

Iwan: Two Thumbs Up For The Moderators
Dear Bung Togap,

Pertama, saya Iwan, ingin menyampaikan bahwa saya berencana start program MBA Finance and Banking di KDI School of Public Policy, Seoul, mulai Spring semester tahun ini. Dasar hoki, studi saya di-support dengan scheme Global Ambassador Fellowship yang mencakup tuition fee and living cost.

Sekalian saya ingin minta bantuan rekan-rekan dan moderator di Perpika untuk saya di-add dalam databasenya sbg member karena kali pertama saya belum berhasil masuk. Terima kasih.

Menjadi member milis Beasiswa sejak 2002 (mohon dikoreksi jika keliru :)), banyak manfaat yang saya peroleh dari milis ini. Selama ini pula, moderators yg secara selektif dipilih untuk membantu kelancaran milis membuktikan personal quality mereka yg bisa dilihat dari isi posting, komentar, ide, dan peran moderasinya. Two thumbs
up for the moderators!!

Saya lagi-lagi lupa-lupa ingat, kira-kira 5 tahun yg lalu pernah membaca artikel yg diposting/ditulis (?) oleh Bung Togap mengenai leadership and career yg menurut pemahaman saya bhw potensi seseorang untuk maju dan sukses tidak terlalu tergantung background studi. Analisis senada juga diungkapkan oleh beberapa publikasi lain. Beberapa rekan yg mendalami ilmu manajemen dan ekonomi sering guyonan bhw engineering (under)graduate umumnya punya quantitative skills yg bagus.

Email ini juga secara pribadi saya tulis untuk meminta bantuan kepada Bung Togap sekiranya anda tahu/punya rekan-rekan yang dapat menjadi mentor saya dalam bidang MBA study and its career. Membaca berbagai sumber, saya semakin sadar pentingnya punya (lebih dari satu) mentor. Barbara Thomas, CEO NBMBAA berkomentar: "...the higher you go, the more you need a mentor."

Mohon posting saya diedit jika ada yg kurang sesuai.

Gu Jin Feng
Assistant Political Economy
Environmental Engineering and Sustainable Infrastructure
School of Architecture and the Built Environment
Royal Institute of Technology (KTH)
Stockholm

Tips Memenangkan Beasiswa [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 19 Jul 2008 06:21 PM CDT

Susi: Be Passion, Patient, and Persistent!
Halo Bung Togap dan rekan-rekan milis,

Setelah membaca artikel Bung togap dan artikel singkat Prof. Carol Drewck, saya tertarik untuk berbagi pengalaman dengan rekan-rekan yang lain.

Pertama-tama saya menyadari bahwa saya bukan anak jenius dan berbakat, yang bisa mengerjakan dan mendapatkan sesuatu dengan less effort. Buat saya motivasi dan konsentrasi sangat penting.

Seperti yang dialami bung Togap dan penerima beasiswa yang lain, kegagalan demi kegagalan baik dalam mendapatkan beasiswa mewarnai kehidupan saya. Jangankan untuk sekolah ke luar negeri, untuk bisa diterima di universitas terbaik di pulau Jawa saja, saya kurang berhasil. Dulu untuk masuk perguruan tinggi negeri, kami diwajibkan mengikuti UMPTN. Orang tua saya bilang jika tidak diterima di negeri tidak ada biaya, dari 3 kesempatan mengikuti UMPTN, semuanya berakhir diterima di perguruan tinggi negeri di provinsi tempat saya tinggal. Akhirnya saya mencoba menekuni bidang yang saya sendiri saat itu tidak jelas. Sangat berat mengikuti perkuliahan dengan sistem pendidikan di Indonesia yang saya rasa sebagian kurang kondusif. Dengan alasan ekonomi dan nilai IPK yang rendah, saya hanya bisa menamatkan Diploma 3 di Fakultas Teknik.

Harapan saya tidak padam, saya ingin sekolah setinggi-tingginya dan sekarang target saya di luar negeri. Mungkin bisa dibilang ide gila, di universitas saya saja saya tidak bisa diterima bagaimana dengan studi di luar negeri.

Pertama saya mencoba melamar AIT krn dari informasi yang kurang valid yang saya terima, saya bisa langsung melanjutkan ke Master. Dengan segala 'keluguan' saya, aplikasi beasiswa itu gagal. Kemudian saya berpikir, bagaimana kalo melanjutkan S1 ke universitas swasta dulu baru mencoba mencari S2 ke luar negeri. Saya hanya berpikir mungkin beberapa perusahaan/institusi akan melihat kompetensi seseorang berdasarkan IPK dan almamater, tapi bukan berarti orang seperti saya tidak bisa meraih kesempatan tersebut. Dengan mempertaruhkan gaji saya sekitar 10 bulan, saya membayar uang masuk sekolah di PTS dan saya lulus. Kembali karena saya melanjutkan D3 ke S1, tentunya sebagus apapun nilai saya di S1 belum bisa meningkatkan IPK saya secara drastis. Mengutip gaya bung Togap, IPK saya masih 2, XX.

Saya mulai kerja di kontraktor/konsultan dan semua berdasarkan kontrak, jika tidak ada proyek berarti tidak ada pekerjaan. Terkadang diskriminasi terhadap perempuan juga saya rasakan, dianggap pekerjaan teknik hanya milik pria. Keinginan untuk sekolah di LN tidak -pernah mati. Kemudian saya mulai karir saya di univ. swasta sebagai asisten laboratorium dengan harapan bisa jadi dosen dan sekolah ke luar negeri. Terlalu jauh untuk bermimpi saat itu dan sangat tidak realistis.

Setelah hampir satu thn, satu orang dosen mengundurkan diri yang notabene juga sekretaris laboratorium. Dia juga sekretaris proyek di universitas yang diprediksikan untuk berangkat sekolah ke LN. Akan tetapi dia mengundurkan diri karena diterima PNS dan amanah orangtua nya sebelum meninggal utk melihat anaknya menjadi pegawai negeri. Setelah perjuangan batin yang keras, dia mengundurkan diri. Kemudian dia mempromosikan saya untuk menggantikan posisinya dia sebagai sekretaris yang sangat ditentang keras oleh kepala laboratorium dengan berbagai alasan. Saya diwawancara oleh beberapa asisten direktur hingga direktur dan diterima tanpa sepengetahuan kepala laboratorium. Dosen yang mengundurkan diri tersebut juga melakukan training beberapa hari sebelum dia benar-benar meninggalkan kampus. Ketika kepala laboratorium mengetahui saya akan menjadi sekretaris di proyek tersebut, dia sampai menghadap kepala yayasan meminta saya untuk kembali ke laboratorium dengan berbagai alasan yang saya kurang tahu. Setelah terombang ambing, karena yang meminta saya adalah direktur dan asisten direktur, akhirnya saya bisa menjadi sekretaris projek. Tapi tidak ada satu orang pun yang bicara kemungkinan saya bisa diberangkatkan ke luar negeri atau bisa menjadi dosen.

Setelah 6 bulan menjadi sekretaris proyek, saya dipercaya untuk mengajar satu kelas dan terkadang menggantikan dekan mengajar mata kuliahnya. Kemudian pihak pimpinan memberi tantangan kepada saya, kami akan mengirimkan kamu sekolah ke luar negeri, full scholarship dengan catatan kamu bisa diterima sekolah tersebut, mengikuti TOEFL atas biaya sendiri, dan mendapatkan visa. Setelah kamu siap berangkat semua dana termasuk application fee, TOEFL, dan visa kami ganti.

Mengajar dan proyek sangat menyita waktu saya dari pagi sampai tengah malam, bahkan sabtu dan minggu. Saya mencuri waktu di tengah2 pekerjaan, pagi2 sekali dan tengah malam, mempersiapkan TOEFL dan aplikasi dan lain-lain. Singkat kata akhirnya saya diterima di beberapa universitas di Netherland, Australia, dan Amerika Serikat.

Agustus 2004, saya berangkat sekolah di AS dan tahun lalu menyelesaikan master saya dengan GPA yang hampir 4.0. Bahkan awal tahun ini saya bisa melanjutkan S3 dengan tuition dibiayai oleh doctoral fund dan research di universitas yang sama di AS.

Saya yakin motivasi yang kuat dan mindset selalu berkembang bisa membuat seseorang mendapatkan impiannya. Saya banyak belajar dari berbagai kegagalan dan kesuksesan dan terus akan belajar. Kesempatan tidak hanya buat mereka yang IPK-nya lebih dari 3.0 dari universitas favorite, dll, tapi buat semua orang. Jangan pernah menyerah!

Be passion, patient, and persistent!


Salam kangen,

Susi

Info Beasiswa Milis [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 19 Jul 2008 05:19 PM CDT

Dr. Ir. Sony Suwasono, MApp.Sc.: Terima Kasih untuk Milis Beasiswa
Ass. Wr. Wb.
Salam sejahtera

Saya sampaikan ucapan terima kasih kepada Pengelola Milist Beasiswa. Bangga karena mampu mengembangkan milis ini dengan anggota puluhan ribu dari yang semula hanya kurang dari 10 orang. Info dari milis ini yang bermanfaat dan sesuai selalu saya print dan tempelkan di ruang dan lab saya, agar mudah terbaca oleh mahasiswa saya dan lulusan baru. Saya yakin itu pasti bermanfaat. Alamat milis ini pun sudah saya distribusikan kepada mahasiswa saya agar mereka bisa bergabung. Saya akan semaksimal mungkin memanfaatkan info milis ini. Sekali lagi terima kasih kepada Ibu Pangesti dan pengelola milis beasiswa.

Wassalam
Dr. Ir. Sony Suwasono, MApp.Sc.
Mikrobiologi Pangan dan Hasil Pertanian
Laboratorium Pengendalian Mutu
Universitas Jember.
Jl. Kalimantan 37 Jember 68121
Tel.0331-323022 Fax. 0331-321784

Beasiswa Korea [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 19 Jul 2008 05:18 PM CDT

Bayu Fajar Nugroho: Terimakasih untuk milis beasiswa
Hi, nama saya Bayu, saya bekerja di salah satu Departemen di Jakarta. Saya sekarang keterima dan sudah mulai kuliah di KDI School of Public Policy and Management, Seoul - Korea, untuk mengambil program Master Public Policy.

Meski saya mendapat tawaran dari kantor, tapi setiap hari saya membuka milis ini dan mengambil banyak pelajaran, tips-tips dan semangat untuk tidak menyerah dalam mengejar beasiswa.

Terima kasih banyak untuk para pengurus milis dan teman-teman semua yang secara tidak langsung selalu memotivasi saya.

Memang tidak mudah untuk mendapatkan beasiswa, tapi alangkah baiknya kita selalu berusaha pada tiap kesempatan dan berdoa tiap saat.

Sekali lagi terima kasih kepada Bapak dan Ibu sekalian.

Wassalam,
Bayu Fajar Nugroho
Master Program of Public Policy - Class 0f 2006
KDI School of Public Policy and Management
Seoul - Korea

keterima di ADS Australia [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 19 Jul 2008 05:18 PM CDT

Ayu Ambarini: Aku keterima di ADS!
Hi, akhirnya aku keterima di ADS , aku mau ucapin trims banyak untuk milis beasiswa, terus terang sejak masuk shortlist interview kemaren aku langsung cari banyak info di milis ini dan bahkan bisa kenal Mas Made Andi di sydney, yg juga banyak kasi informasi dan saran .. and amazing ' info yg aku dapatkan dari milis ini sangat berguna dan mendukung banget saat interview kemaren.

Ketika aku dpt informasi kalo aku diterima oleh ADS minggu lalu, aku senang banget dan mau say very big thanks ke milis penuh informasi yg berkwalitas ini dan thanks juga ke semua membernya yg "gak pelit" share pengetahuannya.

sukses untuk semua dan jangan patah semangat untuk teman2 yg belu lolos saat ini.

Regards,
Ayu Ambarini

Tips Di Milis Beasiswa Membantu [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 19 Jul 2008 05:17 PM CDT

Retno Sayekti: Tips Di Milis Beasiswa Membantu Saya
Saya bukan milister yang aktif alias hanya pasif. Tetapi meskipun pasif saya selalu membaca semua informasi yang tersedia. Tidak jarang saya menyarankan ke teman untuk ikut milis ini, juga meng-copykan beberapa informasi yang saya anggap perlu untuk rekan-rekan saya.

Dan Alhamdullilah saat ini saya sudah dapat beasiswa dari kantor untuk sekolah lagi di Magister Manajemen-Universitas Indonesia (pengennya sih keluar negeri, tetapi saya baru punya baby dan tidak sanggup membayangkan untuk berpisah dengan lelaki kecil saya....).

Tercapainya keinginan saya untuk dapat beasiswa tidak lepas dari tips-tips yang ada di milis ini.

Terima kasih kepada semua moderator atas segala jerih payahnya (bahkan tanpa dibayar gitu lho.). Sekali lagi terima kasih.

Regards,
Retno Sayekti

No comments: