Monday, July 28, 2008

Job Vacancy Indonesia

Job Vacancy Indonesia

BEASISWA S2 Pemerintah Spanyol [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 28 Jul 2008 06:28 AM CDT

INFORMASI STUDI LANJUT S-2 AKUNTANSI/MANAJEMEN
BEASISWA BECAS MAEC-AECI (Pemerintah Spanyol)
UNIVERSIDAD AUTONOMA DE MADRID
Informasi ini dimaksudkan untuk memberitahukan kepada para peminat atau mahasiswa tahun terakhir tentang kesempatan untuk melanjutkan S-2 di universitas-univesitas di Spanyol dengan beasiswa pemerintah Spanyol yang dikenal dengan nama BECAS MAEC-AECI.
Informasi umum:
• Periode pendaftaran: November – Desember setiap tahunnya
• Periode pengumuman: Juni setiap tahunnya
• Periode dimulainya beasiswa/kuliah: September setiap tahunnya
• Proses pendaftaran: mengisi langsung di website www.becasmae.es
Proses pengisian pendaftaran beasiswa ini, walaupun semua instruksinya dalam bahasa Spanyol, namun cukup mudah dimengerti dan dilakukan.
Peluang mendapatkan beasiswa pemerintah Spanyol untuk studi lanjut S-2 di Spanyol ini cukup besar, berdasarkan beberapa alasan:
1. Tidak cukup banyak orang yang bisa/sanggup berbahasa Spanyol.
2. Belum banyak orang yang mengetahui kesempatan ini.
3. Sedikit kalangan civitas akademika yang tahu dan berminat untuk mendaftar.
4. Besarnya upaya pemerintah Spanyol menjalin kerjasama dengan negara-negara lainnya, khususnya dalam memperluas bahasa dan kebudayaan Spanyol dalam bentuk kerjasama pendidikan (pemberian beasiswa).
Berdasarkan pengamatan dan pengalaman saya selama setahun terakhir ini, kesempatan untuk masyarakat Indonesia untuk bisa mendapatkan beasiswa ini sangat besar. Karena rata-rata yang mendapatkan kesempatan beasiswa adalah para mahasiswa dan dosen, yang datangnya dari berbagai negara yang selama ini telah mengenal Spanyol, seperti negara-negara Amerika Latin, Timur Tengah, Afrika dan Indochina (Kamboja, Vietnam, Laos) dan China. Hal ini berarti terbuka juga kesempatan bagi para mahasiswa dan masyarakat Indonesia untuk studi lanjut di Spanyol.
Sebagai contoh, jurusan Manajemen yang ada, khususnya di Universidad Autonoma de Madrid, menawarkan berbagai bidang keilmuan Manajemen yang dapat diikuti, seperti:
1. Manajemen Sumber Daya Manusia
2. Manajemen Pemasaran (Jasa dan Turisme)
3. Manajemen Ekonomi Dunia Baru (Nueva Mundial)
4. Manajemen Ekonomi Eropa
5. Manajemen Keuangan Perusahaan (Finanzas de Empresa)
6. Manajemen Umum (MBA/Master of Business Administration)
7. Manajemen Perbankan dan Bursa
8. Manajemen Regional Internasional (kerjasama dengan universitas di Belanda dan universitas di Malaysia)
Dan perlu juga diketahui, 90% materi kuliah (artikel dan buku teks) yang ada adalah dalam bahasa Inggris, yang dalam penyampaian kuliah tutorial memang banyak dalam bahasa Spanyol, kecuali untuk beberapa mata kuliah tertentu yang bertopik internasional. Berbagai universitas lainnya di Spanyol juga menawarkan beragam bidang yang menarik untuk studi lanjut.
Bilamana ada peminat atau mahasiswa tahun terakhir yang betul-betul berminat studi lanjut S-2 di Spanyol, khususnya di Universidad Autonoma de Madrid, ada beberapa hal yang dapat saya lakukan untuk membantu "yang moga-moga" bisa "makin meyakinkan" pemerintah Spanyol memilih Anda sebagai penerima beasiswa, yaitu:
1. Menghubungi direktur departemen bidang manajemen yang Anda minati, untuk mempresentasikan "prestasi akademik" Anda, memungkinkan kontak langsung Anda dengan direktur departemen yang diminati, mendapatkan "pre-admission letter" dan bila memungkinkan "rekomendasi" bagi Anda untuk disertakan dalam proses pendaftaran beasiswa ini.
2. Menghubungi kantor hubungan internasional (oficina de relaciones internacionales) Universidad Autonoma de Madrid – UAM, untuk nantinya membantu pula Anda untuk dapat dipilih sebagai penerima beasiswa ini.
Untuk studi lanjut di Spanyol, dengan besar uang beasiswa yang diterima, dirasa cukup (bahkan mungkin berlebih), dengan alasan sebagai berikut:
Uang beasiswa yang diterima dari Pemerintah Spanyol per bulannya
€ 1200
Biaya sewa apartemen perbulan (rata-rata)
€350
Biaya transportasi per bulan (rata-rata)
€50
Biaya makan per bulan (rata-rata)
€300
Biaya kebersihan diri (sabun, shampo dll)
€25
Biaya lain-lain (internet, alat tulis, cetak dll)
€75
Sisa
€400
Normalnya, masih dapat ditabung untuk kondisi tak terduga sekitar €200, sehingga relatif uang beasiswa yang diterima tidak akan "mengganggu" konsentrasi belajar. Hitungan di atas adalah hitungan hidup di Madrid dan Barcelona, yang akan jauh lebih murah apabila studi di kota-kota yang lebih kecil, seperti Salamanca, Oviedo, Granada, Valencia, Alicante, Valladolid, Santander, Murcia, Sevilla.
Gambaran di atas diberikan dengan harapan Anda dapat lebih mendapatkan informasi yang lebih jelas dan dapat lebih termotivasi untuk ikut. Mempelajari bahasa Spanyol juga bukanlah hal yang sulit. Terlebih bagi mahasiswa yang tidak "berbahasa ibu" bahasa Spanyol, di Universidad Autonoma de Madrid (UAM), diberikan kuliah non-kredit gratis selama setahun untuk belajar bahasa Spanyol di kampus. Kita pun dapat mengikuti kelas bahasa Spanyol bagi orang asing yang diberikan pemerintah Spanyol di sekolah-sekolah milik pemerintah secara gratis. Contohnya saya mengikuti 2 kelas bahasa Spanyol untuk makin memperlancar kemampuan dalam bahasa Spanyol, yaitu satu di kampus dan satu lagi di sekolah milik pemerintah dekat apartemen. Dan yang membuat percaya diri mengikuti kelas bahasa Spanyol tersebut adalah belajar bersama dengan mahasiswa-mahasiswa Jerman, Itali, Belanda, Inggris, Cekoslowakia, Perancis, dan banyak negara Eropa lainnya yang ternyata "juga tidak bisa bahasa Spanyol" dan seringkali "bahasa Inggris-nya" lebih payah dari kita orang Indonesia.
Bilamana memang Anda betul-betul berminat mempelajari bahasa Spanyol, Anda dapat mencari beberapa buku pelajaran bahasa Spanyol dengan pengantar bahasa Inggris yang mudah dipelajari di beberapa toko buku besar seperti Gramedia, QB, atau Kinokuniya. Selain buku-buku tersebut, Anda dapat pula mengakses situs belajar bahasa Spanyol di www.studyspanish.com yang memberikan cara dan materi belajar bahasa Spanyol dengan mudah.
Untuk belajar langsung bahasa Spanyol di Yogyakarta, Anda dapat mendaftarkan diri di Pusat Bahasa Universitas Atmajaya di kampus UAJY Mrican-Demangan. Dan untuk meningkatkan
kemampuan "listening" bahasa Spanyol, dapat membeli antena parabola seharga Rp1,5 juta (setara dengan harga HP kelas menengah saat ini di Indonesia), guna mendapatkan siaran TVE (TV España). Ketika saya belajar bahasa Spanyol di Yogya sebelum berangkat, saya memesannya di OX Parabola (Jl. HOS Cokroaminoto). Saya rasa ada tempat-tempat lainnya yang dapat memberikan harga lebih murah.
Demikian informasi yang coba saya berikan pada Anda sebagai peminat atau mahasiswa tahun terakhir saya berharap informasi ini dapat bermanfaat dan mendorong Anda mengambil kesempatan studi lanjut S-2 di Spanyol yang terbuka lebar saat ini.
Hormat saya,
Ari Warokka
Koordinator PPMIS
Perhimpunan Pelajar/Mahasiswa Indonesia di Spanyol
Plaza de Concurbion No. 10 3° Letra 2 (Barrio del Pilar)
Madrid 28029
Telefono movile:
+34 636 61 4485
+34 666 00 9704
e-mail:
ari_warokka@yahoo.com
ari_warokka@excite.com

Pengumuman Rekrutmen Pegawai PT PLN (Persero) S1 D3 [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 28 Jul 2008 05:12 AM CDT

PENGUMUMAN TES KESEHATAN BAGI PESERTA KATEGORI B

Kepada para Peserta Rekrutmen Pegawai PT PLN (Persero) S1 D3 tahun 2006 Kategori B, dengan ini disampaikan bahwa PT PLN (Persero) memanggil Saudara untuk menjalani tes kesehatan. Surat panggilan tes kesehatan dikirim pada tanggal 24 Oktober 2007. Untuk keperluan tes kesehatan tersebut diharapkan Saudara melaporkan diri kepada Manajer SDM pada tanggal 7 November 2007 pukul 10.00 – 11.00 dengan ketentuan sebagai berikut :



Peserta dengan/berasal dari lokasi Tes Padang, agar melapor ke alamat :
PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Barat

JL. Dr. Wahidin no. 8

PADANG 25121 Telp. (0751) 33446



Peserta dengan/berasal dari lokasi tes di Bandung agar melapor ke alamat :
PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat
JL. Asia Afrika no. 63

BANDUNG 40111 Telp. (022) 4230747

Peserta dengan/berasal dari lokasi tes di Surabaya agar melapor ke alamat :
PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur
Jl. Embong Trengguli no. 19 – 21
SURABAYA 60271 Telp. (031) 5340651



Pada saat melapor agar menunjukkan :

1. Surat Panggilan Tes Kesehatan

2. Kartu Peserta Seleksi Tes

3. KTP/ Tanda Pengenal yang lain

Contact person untuk pelaporan di masing-masing lokasi tes kesehatan :

Padang : Bpk. Syafril Abbas, 08126793688.
Bandung : Bpk. Iwan Sundawa, 08122426635.
Surabaya : Bpk. Lucas Chriswantara, 08123267214.


Atas perhatian Saudara diucapkan terima kasih
TIM REKRUTMEN PT PLN (PERSERO)

Beasiswa S2 UGM Tahun Ajaran 2008/2009 [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 28 Jul 2008 04:25 AM CDT

Beasiswa S2 UGM Tahun Ajaran 2008/2009
The Graduate school of Gadjah Mada University established a Doctoral Program in 1950 and Graduate Program in 1980. The era of Globalization and modernization had been influencing society to always improve their formal education to the graduate and doctoral level. It can be seen in the increasing number of graduate and doctoral students at GMU. In 2007, Graduate school of GMU had 31.873 students that graduated from the graduate level and 801 from the doctoral level.

Graduate School of Gadjah Mada University offers scholarship for Mater Degree (S2) study at Gadjah Mada University.

Requirements:

Earned S1 from GMU
GPA Minimum 3.25
Toefl score minimum 450
Submit application form along with documents needed
Attend and pass from interview which will be held on 20 June 09.00 – 11.00 WIB at Graduate School of GMU Building
Study Program

American Studies
Art Performance
Biomedical Engineering
Biotechnology
Center for Religious and Cross-cultural Studies
Communication and Instruction on Development
Culture and Media Studies
Environmental Management
Environmental Science
Geoinformation for Spatial Planning and Disaster Risk Management
Library and Information Management
Medical Law
Middle Eastern Studies
National Resistance
Peace and Conflict Resolution Master Program
Policy Studies
Population Master Program
Public Administration
Tourism
Application Deadline: 13 June 2008

For further information please contact:
Marem Warsito (mobile: 0818 277 198), Gedung Sekolah Pascasarjana UGM, Jl. Teknika Utara, Pogung, Yogyakarta, 55281, Tlp: (0274) 544976; Fax: (0274) 564239, Email: ppsugm@idola.net.id; website: www.pasca.ugm.ac.id

Please download click here

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lowongan Kerja PT. Pertamina 2008 [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 28 Jul 2008 02:25 AM CDT

Info Lowongan Kerja PT. Pertamina 2008


Info-Baru : PT. Pertamina membuka kesempatan Anda untuk berkarir, jika Anda memenuhi beberapa kualifikasi berikut ini :
Tenaga Ahli Pengembangan AplikasiKualifikasi yang Dibutuhkan :
Pengalaman min. 3 tahun sebagai Programmer Berpengalaman membangun aplikasi mulai dari awal hingga go-live menggunakan opensource (Linux, Apache, MySQL, PHP) Menguasai perintah SQL Berpengalaman membangun aplikasi berbasis Object Oriented sebagai credit point Berpengalaman membangun jaringan berbasis Opensource untuk layanan DNS, email,ftp, ntp, LDAP dan services lainnya sebagai credit point Menguasai Oracle Database sebagai credit point
Tenaga Ahli Web Designer (juga sebagai programmer)Kualifikasi yang Dibutuhkan :
Pengalaman min. 3 tahun bekerja sebagai WEB Engineer; Pengalaman merancang dan membangun desain website suatu perusahaan; Memahami bahasa pemrograman PHP, syntax SQL basisdata; Menguasai salah satu paket pengolahan citra dan animasi (Photoshop, 3D Studio; Max, Macromedia Flash); Menguasai syntax CSS (Cascading Style Sheet);
Tenaga Ahli System Administrator (juga sebagai Sysadmin)Kualifikasi yang Dibutuhkan :
Pengalaman min. 3 tahun bekerja menangani jaringan TCP/IP; Menguasai penuh konsep jaringan TCP/IP (LAN & WAN); Berpengalaman sebagai System Administrator sistem berbasis Opensource; (Linux, freeBSD, dan lain-lain) ? MandatoryBerpengalaman secara sistem dengan beberapa distro linux co. Slackware,Debian/Ubuntu, CentOS/RedHat. Berpengalaman membangun jaringan berbasis Opensource untuk layanan mail server,web server, proxy, ftp, SNMP, DNS dan sekuriti jaringan (firewall, IPS/IDS,VPN, 802.1q, NAT). Berpengalaman sebagai System Administrator sistem Windows (Acrive Directory & Domain) sebagai credit point
Silakan kirimkan berkas lamaran dan CV sebelum 30 Juni 2008 dan dialamatkan ke email: pwt@pertamina- ep.com dengan subject email posisi yang diinginkan. Mohon agar attachment tidak melebihi 500 kb. Apabila ada gambar silakan di simpan dalam format GIF dan atau JPG berukuran maksimum 1024 x 768 piksel baru kemudian dimasukkan kedalam berkas lamaran berformat DOC.Bagi pelamar yang memenuhi syarat maka akan dipanggil untuk melakukan test psikologi pada awal Juli 2008.

IAIN-UIN Beasiswa Mahasiswa Miskin [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 28 Jul 2008 01:39 AM CDT

IAIN-UIN se-Indonesia Siapkan Beasiswa Mahasiswa Miskin

Surabaya (ANTARA News) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan Universitas Islam Negeri (UIN) se-Indonesia sepakat untuk menyiapkan dana rutin bagi beasiswa untuk mahasiswa miskin berprestasi sebesar Rp1,8 juta per tahun.

"Itu merupakan hasil kesepakatan dari pertemuan 17 Pembantu Rektor (PR) II (bidang Administrasi Umum) IAIN-UIN se-Indonesia di Surabaya pada 13-14 Juni lalu," ujar Pembantu Rektor II IAIN Sunan Ampel Surabaya, Prof Dr Nur Syam Msi, di Surabaya, Sabtu.

Menurut ketua penyelenggara pertemuan PR II IAIN dan UIN se-Indonesia itu, jumlah mahasiswa miskin di Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) se-Indonesia yang akan mendapatkan beasiswa tercatat 48.900 orang.

"Jumlah itu akan mencapai 24-30 persen dari jumlah mahasiswa PTAIN se-Indonesia, tapi di IAIN Sunan Ampel Surabaya akan ada sekitar 20 persen dari total mahasiswa yang akan menerima bantuan beasiswa tersebut," tegasnya.

Ia menjelaskan beasiswa yang akan diberikan dalam bentuk pembayaran SPP, praktikum, dan buku referensi itu sesuai dengan surat MoU (Memorandum Of Understanding) antara Depag RI, Depdiknas, Depkeu, dan Bappenas dalam program prioritas pendidikan bagi mahasiswa miskin.

"Kami sendiri sepakat memberikan beasiswa mahasiswa miskin itu khusus bagi mahasiswa miskin yang berprestasi. Parameternya, Indek Prestasi Komulatif (IPK), mahasiswa yang aktif dalam kegiatan akademik, olahraga, seni, dan organisasi sosial kemasyarakatan," ucapnya.

Beasiswa itu, katanya, akan diambilkan dari APBN sehingga sifatnya akan tahunan. "Karena itu, mahasiswa yang mampu mempertahankan prestasi akan menerimanya setiap tahun sesuai dengan hasil evaluasi prestasi," ungkapnya.

Bagi para pembantu Rektor UIN dan IAIN se-Indonesia, katanya, diharapkan melakukan pendataan secara akurat tentang mahasiswa miskin agar tak menimbulkan dampak negatif bagi mahasiswa secara keseluruhan.

"Apalagi, jumlah penerima bantuan beasiswa miskin itu mencapai 48.900 orang yang merupakan jumlah yang besar dan memungkinkan untuk direvisi sesuai dengan data di masing-masing perguruan tinggi.

Ia menambahkan besaran beasiswa yang akan diterima adalah SPP yang dibayarkan mulai dari Rp300.000 sampai Rp600.000 per-semester (tergantung IAIN/UIN yang bersangkutan), sumbangan praktikum antara Rp200.000 hingga Rp400.000, dan bantuan buku referensi yang dibutuhkan.

"Setiap mahasiswa miskin akan menerima bantuan beasiswa berkisar Rp1.800.000 dengan perhitungan SPP sebesar Rp1.200.000 per-tahun, biaya praktikum Rp400.000 per-tahun, dan bantuan buku referensi Rp200.000," katanya.(*)

Beasiswa IELSP ke Amerika belajar Bahasa Inggris [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 28 Jul 2008 01:37 AM CDT

Info Beasiswa: 8 weeks in United States / amerika serikat

Dear all,

Setelah sukses dengan Batch 1 dan 2 sebelumnya, kami sampaikan lagi
informasi beasiswa Indonesia English Language Study Program (IELSP) untuk
belajar Bahasa Inggris (English for Academic Purposes) dalam program
immersion dalam kelas-kelas internasional selama 8 minggu di universitas
ternama di Amerika Serikat. Program ini diperuntukkan bagi mahasiswa S1
(masih aktif & belum sidang kelulusan)
dari berbagai jurusan dari universitas manapun di seluruh Indonesia.

Kami mohon bantuan Bapak-Ibu sekalian
untuk dapat menyebarkan informasi ini kepada para anak didiknya karena
beasiswa ini sangat memberikan pengalaman yang berharga bagi para
mahasiswa kita. Informasi lengkap dapat dilihat pada info dibawah ini, dan
kami sertakan pula formulir pendaftaran dalam bentuk attachment. Formulir
ini boleh difotokopi.

Terima kasih,
Indonesian International Education Foundation (IIEF)

INFO BEASISWA (Full-Funding)



INDONESIA ENGLISH LANGUAGE STUDY PROGRAM (IELSP)


1. Apakah IELSP itu?

Indonesia English Language Study Program adalah program beasiswa yang
menawarkan kesempatan untuk mengikuti kursus Bahasa Inggris di
universitas- universitas di Amerika Serikat selama 8 (delapan) minggu.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris
peserta, khususnya dalam English for Academic Purposes. Selain itu,
peserta akan memiliki kesempatan untuk mempelajari secara langsung
kebudayaan dan masyarakat Amerika Serikat karena peserta akan mengikuti
program immersion dalam kelas internasional dimana mereka akan bergabung
dengan peserta lain dari berbagai bangsa dan negara. Dalam program ini,
peserta tidak hanya akan belajar Bahasa Inggris, namun juga akan mengikuti
berbagai program kultural yang akan memberikan pengalaman yang sangat
berharga.


2. Siapa yang berhak mendaftar?

IELSP terbuka untuk mereka yang berumur 19 â€" 24 tahun dan masih aktif
sebagai mahasiswa S1 minimal tahun ketiga (semester 5 keatas) di
perguruan tinggi mana pun di Indonesia dari berbagai jurusan. Pendaftar
juga harus memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik yang ditunjukkan
dengan nilai TOEFLآ® baik International TOEFLآ® atau TOEFLآ® ITP minimal 470.
Peserta terpilih juga harus bersedia untuk meninggalkan kuliah di tanah
air selama 8 minggu karena akan mengikuti kursus intensif di Amerika
Serikat selama waktu tersebut.


3. Apa saja persyaratannya?

- berumur 19 â€" 24 tahun, dan
- aktif sebagai mahasiswa S1 minimal tahun ketiga (semester 5
keatas) di perguruan tinggi manapun di seluruh Indonesia (belum menempuh
sidang kelulusan)

- memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik yang ditunjukkan
dengan nilai TOEFLآ® baik International TOEFLآ® atau TOEFLآ® ITP minimal 470
(bukan Prediction Test)
- memiliki prestasi akademik yang baik
- aktif dalam berbagai kegiatan atau organisasi
- memiliki komitmen penuh untuk segera kembali ke tanah air
segera setelah program ini selesai
- tidak memiliki pengalaman belajar di Amerika Serikat atau
negara lain selain Indonesia
- memiliki sifat-sifat: aktif, mandiri, bertanggung jawab,
percaya diri dan berpikiran luas.


4. Bagaimana cara mendaftar?

Untuk mendaftar, dapat mengambil formulir di kantor Indonesian
International Education Foundation (IIEF), Menara Imperium Lt. 28 Suite
B, Jl. HR Rasuna Said Kav 1,
Jakarta 12980. Formulir juga dapat di-download dari website IIEF di
www.iief.or. id. Formulir boleh di fotokopi.


5. Dokumen apa saja yang harus disertakan dalam formulir
pendaftaran?

Pendaftar harus melampirkan dokumen-dokumen berikut dalam formulir
pendaftaran yang telah dilengkapi:

- 1 (satu) buah pasfoto berwarna ukuran 4x6
- 1 (satu) buah fotokopi Kartu Identitas (KTP)
- 1 (satu) buah surat keterangan resmi dari universitas bahwa
yang bersangkutan masih aktif terdaftar di universitas tersebut
-
transkrip nilai dari semester 1
- 1 (satu) buah fotokopi Ijazah SMA (tidak perlu diterjemahkan)
- 1 (satu) buah fotokopi Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) SMA
(tidak perlu diterjemahkan)
- 1 (satu) buah Surat Referensi dari dosen di universitas â€"
menggunakan form khusus yang terlampir dalam Formulir Pendaftaran. Form
Referensi yang telah dilengkapi harap dimasukkan kedalam amplop tertutup
dan
disertakan bersama Formulir Pendaftaran yang telah dilengkapi. Surat
Referensi dari Dosen Matakuliah Bahasa Inggris lebih baik.
- 1 (satu) buah fotokopi nilai TOEFLآ® (International TOEFLآ®
atau
TOEFLآ® ITP)


6. Formulir ditujukan kemana?


Formulir yang telah dilengkapi dan disertai oleh dokumen persyaratan
dialamatkan ke:

Indonesian International Education Foundation (IIEF)

Menara Imperium Lt. 28 Suite B
Jl. H.R. Rasuna Said Kav. 1 Kuningan
Jakarta 12980
(harap menuliskan IELSP di sudut kiri atas amplop)


7. Kapan batas waktu pendaftaran?


Untuk Gelombang III, formulir yang telah dilengkapi dan disertai oleh
dokumen persyaratan harus diterima oleh IIEF paling lambat tanggal 4
Januari 2008.


8. Apakah saya harus sudah memiliki paspor dan visa Amerika
Serikat sebelum mendaftar?

Seseorang tidak perlu sudah memiliki paspor dan visa Amerika Serikat
untuk bisa mendaftar. Jika terpilih, peserta akan diberikan waktu untuk
mengurus paspor. Visa Amerika Serikat akan diurus oleh IIEF sebelum
keberangkatan. Perhatian: Penerima beasiswa dijadualkan untuk berangkat ke
Amerika Serikat pada tanggal bulan Maret 2008. (catatan: keputusan hasil
seleksi tidak dapat diganggu gugat)


9. Apakah ada biaya tertentu yang harus saya bayar dalam program
beasiswa ini?
Program ini merupakan beasiswa penuh, dan peserta tidak dipungut biaya
apapun. Penerima beasiswa akan ditanggung seluruh biaya kecuali biaya
pembuatan paspor.

10. Kemana saya harus bertanya untuk mendapatkan informasi?
Untuk informasi dapat menghubungi:

Indonesian International Education Foundation
(IIEF)
Menara Imperium Lt. 28 Suite B
Jl. H.R. Rasuna Said Kav. 1 Kuningan Jakarta 12980
Telp: 021 â€" 831 7330,Fax: 021 â€" 831 7331 (pada
jam kerja) Email: scholarship@ iief.or.id[b][/b]

Beasiswa Calon Mahasiswa PTN [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 28 Jul 2008 01:34 AM CDT

Beasiswa Bagi Calon Mahasiswa PTN
Pemerintah menyediakan beasiswa bagi para peserta yang akan mengikuti ujian seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Beasiswa yang disediakan sebanyak Rp 10 milyar bagi 2.000 calon mahasiswa. Para nominasi penerima beasiswa diajukan oleh kepala sekolah berdasarkan peringkat siswa yang tidak mampu secara ekonomi, tetapi memiliki prestasi secara akademik.


Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Fasli Jalal mengatakan, beasiswa diberikan kepada calon mahasiswa melalui perguruan tinggi yang menerima mereka. Dia mengatakan, beasiswa sebanyak Rp.5 juta per orang diberikan untuk satu tahun pertama mengikuti perkuliahan. "Jadi ini untuk menjangkau supaya (calon mahasiswa) jangan ragu-ragu bahwa walaupun dia belum mahasiswa, tetapi sudah tersedia beasiswa untuk menjemput mereka," katanya saat memberikan keterangan pers di Gerai Informasi dan Media, Depdiknas, Selasa (13/05/2008) .

Fasli menyampaikan, beasiswa tersebut juga meliputi biaya pendaftaran maupun biaya relokasi ke kota tempat tes. Selain itu, untuk biaya penginapan minimal dua hari dan biaya makan. Fasli menambahkan, Depdiknas telah mengirimkan sebanyak 16.000 formulir ke 3.000 sekolah di seluruh Indonesia untuk mensosialisasikan SNMPTN berikut informasi penyediaan beasiswa.

Lebih lanjut Fasli mengatakan, disediakan juga beasiswa bagi sebanyak 170.000 mahasiswa. Dia menyebutkan, penyaluran beasiswa tersebut terdiri atas dua macam skema. Pertama, beasiswa bagi sebanyak 85.000 mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi. Kedua, beasiswa bagi sebanyak 85.000 mahasiswa berprestasi. "Kemudian dari yang berprestasi itu disisir mana yang juga karena ketidakmampuan ekonomi," katanya.

Fasli menambahkan, beberapa perguruan tinggi di Indonesia juga telah menyediakan beasiswa bagi mahasiswanya. Dia mencontohkan, sebanyak 24 persen mahasiswa Universitas Gadjah Mada memperoleh beasiswa, 40 persen mahasiswa Universitas Mulawarman juga menerima beasiswa, dan lebih 20 persen mahasiswa Institut Pertanian Bogor memperoleh beasiswa.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Sesditjen Dikti) Depdiknas Suryo Hapsoro Tri Utomo, selaku Ketua Umum Panitia SNMPTN menyampaikan, terkait penyelenggaraan SNMPTN, panitia menerima pendaftaran peserta ujian secara kolektif yang dilakukan melalui sekolah. "Pada prinsipnya SNMPTN selain perekat bangsa juga memberikan kemudahan bagi calon mahasiswa," katanya.

Sementara, terkait penetapan hasil SNMPTN, kata Suryo, sepenuhnya merupakan kewenangan rektor masing-masing perguruan tinggi, sedangkan panitia SNMPTN hanya melaksanakan tugas seleksi. "Penetapan oleh para rektor sesuai kewenangannya," katanya.

Fasli menyebutkan, perguruan tinggi peserta SNMPTN sebanyak 57 PTN dan dibagi menjadi tiga wilayah yakni, barat, tengah, dan timur. Adapun wilayah barat meliputi PTN di Sumatera, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten, sedangkan wilayah tengah meliputi PTN di Jawa Tengah dan Kalimantan. Sementara, wilayah timur meliputi PTN di Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Adapun Ketua 1 SNMPTN adalah Rektor Universitas Indonesia, Ketua 2 Rektor adalah Universitas Airlangga, dan Ketua 3 adalah Rektor Institut Teknologi Bandung. Sementara, panitia lokal terdapat di 38 lokasi dan terdapat satu panitia khusus luar negeri di Kuala Lumpur, Malaysia. Penggandaan soal SNMPTN dilakukan di tujuh lokasi.


Panitia SNMPTN membuka pendaftaran mulai 16-28 Juni 2008. Sementara penyelenggaraan ujian pada 2-3 Juli 2008, sedangkan pengumuman pada 1 Agustus 2008. Adapun biaya pendaftaran untuk kelompok IPA dan IPS masing-masing sebanyak Rp.150.000,00, sedangkan kelompok IPC sebanyak Rp.175.000,00. Pembayaran dilakukan mulai 16-27 Juni 2008 di Bank Mandiri.

UIN Alauddin Makassar Beasiswa Mahasiswa Miskin [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 28 Jul 2008 01:33 AM CDT

UIN Beri Beasiswa 400 Mahasiswa Miskin



GOWA, BKM -- Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar kembali membuat gebrakan. Sebanyak 1.468 mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu, mendapat beasiswa. Khusus untuk mahasiswa yang berkampus di UIN Samata Gowa, yang mendapat beasiswa sebanyak 400 orang.

Syarat mendapatkan beasiswa itu, mereka merupakan mahasiswa dari keluarga miskin tapi cukup berprestasi. "Indeks prestasinya minimal 2,75," ujar Kepala Bagian Kemahasiswaan Nureni Gani, Senin (7/7) kemarin.
Nama-nama mahasiswa yang mendapat beasiswa diumumkan Senin (7/7) kemarin, baik di Kampus I UIN Alauddin Jl Sultan Alauddin maupun kampus II di Kelurahan Samata, Kec. Somba Opu, Gowa.
Penerimaan beasiswa tahun 2008 merupakan tahap awal. Beasiswa itu akan dikirim melalui rekening masing-masing mahasiswa untuk mempermudah mereka menerimanya. "Ini merupakan aturan langsung dari pusat dimana setiap mahasiswa akan menerima sekitar Rp 1,2 juta per tahun," katanya.
Menurut Nureni Gani, beasiswa bagi mahasiswa miskin yang berprestasi ini sangat membantu mahasiswa. "Utamanya untuk kegiatan perkuliahan," katanya. (MD4)

UIN Suska Pekanbaru Siapkan Beasiswa untuk 15 Dosen [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 28 Jul 2008 01:29 AM CDT

UIN Siapkan Beasiswa untuk 15 Dosen
Posted March 3rd, 2008 by redaksi in Edukasi
Penulis: Azumar, Pekanbaru

PEKANBARU - Sekitar 15 dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Pekanbaru bakal mendapat bantuan beasiswa untuk pendidikan S2 dan S3. Bantuan itu juga pernah sebelumnya diberikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk kalangan dosen perguruan tinggi dan umum.

Hal itu disampaikan Rektor UIN Suska Pekanbaru, Prof DR HM Nazir kepada wartawan di kantor gubernur, baru-baru ini. Nazir menyebutkan, pihaknya sudah mengadakan rapat dengan Pemprov Riau. Rapat tersebut untuk mengevaluasi bantuan tahun lalu dan membahas rencana pendistribusian bantuan tahun 2008.

"Tiap tahun Pemprov Riau memberikan bantuan beasiswa bagi dosen guna melanjutkan S2 dan S3. Tak hanya UIN saja, tapi juga dosen perguruan tinggi lainnya. Termasuk dosen umum," ungkapnya.

Lebih lanjut Nazir mengatakan, pihaknya berharap kuota bantuan untuk UIN mengalami peningkatan. Atau paling tidak sama dengan tahun lalu, yakni 15 orang. "Tahun lalu 15
orang. Sekarang kita belum tahu pasti kuotanya berapa. Kalau bisa ada peningkatan," harapnya.

Ketika ditanya berapa besar dana yang akan diterima per dosen, Nazir tidak bisa menyebutkan. Karena kebutuhan untuk S2 dan S3 berbeda. Apalagi tempat kuliahnya nanti tidak
sama. Yang jelas, terangnya, beasiswa yang akan ditanggung meliputi SPP dan biaya hidup selama mengikuti perkuliahan. "Jumlahnya berbeda-beda. Berapa yang diminta tentu disesuaikan dengan anggaran yang ada," jelasnnya.

Ditambahkan, saat ini UIN berorientasi pada peningkatan SDM dosen S3. Karena sekarang umumnya dosen di UIN sudah S2. "Ke depan kita harapkan minimal dosen UIN 70 persen sudah S3. Kalau yang S1 sekarang tinggal sedikit. Dan untuk pengangkatan ke depan tidak lagi dari S1, tapi minimal S2," tutupnya. *

Beasiswa Supersemar 2008 2009 UIN SUKA Yogyakarta [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 28 Jul 2008 01:27 AM CDT

Beasiswa Supersemar 2008


Proses Pengajuan Bantuan Beasiswa Supersemar Tahun 2008

Diumumkan kepada segenap mahasiswa (nama terlampir) Calon Penerima Beasiswa Supersemar Tahun 2008/2009, bahwa untuk melengkapi syarat administrasi pengajuan bantuan beasiswa Supersemar Tahun 2008 Saudara diminta segera menanda tangani berkas usulan yang akan di kirim ke Yayasan Supersemar di Jakarta. Penanda tanganan dilakukan di Bagian Kemahasiswaan Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta pada tanggal 13 Maret s.d. 25 Maret 2008 (Ibu Drs. Sarjinem) setiap jam kerja dengan membawa Kartu Mahasiswa yang berlaku beserta foto copy 1 lembar.

Demikian harap menjadi maklum.

Catatan : Apabila tidak menanda tangani pada hari yang ditentukan tidak akan diproses pengajuan beasiswanya.

Yogyakarta, 12 Maret 2008

an. Kepala Biro AAK

KABAG Kemahasiswaan

ttd.

Drs. AS Ardani, MA

NIP. 150214603



Lampiran Keputusan Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Nomor : 81 Tahun 2008, tanggal 3 Maret 2008

Daftar Nama-nama Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Calon Penerima Beasiswa Supersemar Periode 2008.

Dari Fakultas Dakwah

1. Erisa Mirzalina Siregar NIM 05210031
2. Indah Permata Sari NIM 06220001
3. Listiana Indawati NIM 05220044
4. Yusuf Hidayatur Rohman NIM 05230010
5. Suharno Putro NIM 05230013
6. Fera Agustina NIM 04240017
7. M, Abduh Muttaqin NIM 05240040

Fakultas Kedokteran dan Ilmu kesehatan (FKIK) UIN Jakarta [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 28 Jul 2008 01:25 AM CDT

Menjemput Impian Jadi Dokter


Repoter: Jamilah dan Nina Rahayu
Siang itu, Senin (14/7) sejumlah peserta tampak serius mengikuti program matrikulasi yang diadakan Fakultas Kedokteran dan Ilmu kesehatan (FKIK). Di tangan kanannya tampak memegang bolpoint dan kertas, sementara di depan kelas, seorang tutor sedang menyampaikan materi. Hampir tidak ada satupun di antara mereka yang lengah dari penjelasan itu.

Demikian pemandangan yang lazim disaksikan selama dua pekan ini. Peserta itu adalah para mahasiswa yang tengah mengikuti program matrikulasi, yaitu sejenis program pra perkuliahan yang diperuntukan bagi para mahasiswa berlatar belakang santri yang mendapatkan beasiswa dari Departemen Agama dan pemerintah daerah.



Doni Maradona (18), misalnya, mengaku sangat senang mengikuti program matrikulasi. Ia adalah santri yang mendapatkan beasiswa dari Depag, untuk melanjutkan kuliah di FKIK UIN Jakarta. "Pendidikan ini merupakan anugerah tersendiri buat saya. Berbekal prestasi, saya bisa masuk Jurusan Farmasi," ujar santri pesantren al-Hikmah, Lampung.




Mendapat kesempatan untuk kuliah di FKIK UIN Jakarta, dirasakan Doni sebagai nikmat yang tak terkira. Karena selain berasal dari daerah terpencil, ia juga memiliki latar belakang keluarga yang kurang mampu. Berkuliah di kedokteran UIN Jakarta bagaikan langkah menjemput impian menjadi seorang dokter yang profesional.




Program penawaran beasiswa ternyata memberikan harapan besar bagi para mahsiswa yang mendapatkannya. Jenjang pendidikan tinggi dan masa depan yang cerah merupakan mimpi bagi mereka yang mendapat kesempatan emas ini. Tidak salah bila kemudian para mahasiswa yang mengikuti matrikulasi melabuhkan harapan besarnya.




Harapan besar itu ditemukan dalam diri Mahmudah (18), mahasiswa asal Palembang. Mahasiswa yang mendapat beasiswa dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) itu, berharap cita-citanya akan dengan mudah tercapai. "Saya merasa sangat bersyukur karena beasiswa ini membuat saya yakin akan sebuah cita-cita," paparnya dengan mata berbinar.




Kegiatan matrikulasi ini diikuti oleh 50 peserta, 40 di antaranya berasal dari seleksi beasiswa yang diadakan oleh Depag, dan sisanya dari Pemkab. Mereka yang mendapat beasiswa rata – rata yang berprestasi tiga besar di pondok Psantren dan Madrasah Aliyah (MA).




Disamping mendapat beasiswa tampaknya santri berbakat ini juga memiliki cita-cita yang luhur. Dengan berbekal kemampuan kodokteran mereka berencana akan mengabdi pada pondok pesantren asalnya.




"Kami berharap dapat berbakti pada pesantren, karena kami sadar tanpa ada beasiswa ini tidak mungkin Kami sampai di UIN Jakarta untuk melanjutkan studi yang cukup menguras biaya, jika hanya mengandalkan pendapatan orang tua, Kami tidak yakin bisa kuliah di FKIK ini, " kata Doni seraya tersenyum bangga.*

Beasiswa UIN Jakarta untuk 1.000 Mahasiswa [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 28 Jul 2008 01:22 AM CDT

UIN Jakarta Sediakan Beasiswa untuk 1.000 Mahasiswa

Gedung Akademik, UIN Online – UIN Jakarta tahun akademik 2007/2008 ini menyediakan beasiswa untuk sedikitnya 1.000 mahasiswa. Bantuan tersebut bersumber dari anggaran Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran atau DIPA tahun 2008.
Rincian ke 1.000 mahasiswa yang akan menerima beasiswa adalah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan sebanyak 212 orang, Fakultas Adab dan Humaniora (77 orang), Fakultas Syariah dan Hukum (143 orang), Fakultas Usuluddin dan Filsafat (66 orang), Fakultas Dakwah dan Komunikasi (105 orang), Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial (137 orang), Fakultas Sains dan Teknologi (111 orang), Fakultas Psikologi (45 orang), Fakultas Dirasat Islamiyah (21 orang), dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (49 orang). Hanya saja, menurut Kepala Bagian Kemahasiswaan Nurul Jamali SAg, besarnya nilai beasiswa belum diketahui. "Kami belum mengetahui berapa besaran angka untuk per mahasiswanya," katanya kepada UINJKT Online di ruang kerjanya, Selasa (17/6).

Beasiswa diberikan kepada para mahasiswa yang memiliki prestasi akademik dan berasal dari keluarga kurang mampu. Adapun syarat untuk memproleh beasiswa di antaranya terdaftar sebagai mahasiswa aktif semester III-VII, surat keterangan kurang mampu dari kelurahan, memiliki IPK minimal 2,75, dan memiliki rekening di bank BNI 46. "Bagi yang berminat dan memenuhi syarat, calon peserta dapat mengajukannya melalui fakultas masing-masing," tutur Jamal.

Menurut Jamal, jumlah bantuan biaya pendidikan tahun ini merupakan angka terbesar yang diberikan pemerintah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. "Pemerintah biasanya hanya memberikan beasiswa untuk 40 orang," jelasnya.

Mahasiswa UIN Jakarta hampir setiap tahunnya menerima beasiswa dari berbagai lembaga, baik pemerintah maupun swasta, dalam dan luar negeri. Lembaga-lembaga (funding agency) yang aktif memberikan bantuan di antaranya Yayasan Beasiswa Supersemar, PT Gudang Garam, Bank BRI, Bank BNI, Chin Kung Schoolarship, PT Coca Cola, dan sejumlah media massa.

"Jika dikalkulasikan, beasiswa dari pemerintah hanya mencapai 12 persen dari seluruh beasiswa yang masuk ke UIN Jakarta," Jamal menambahkan.*

Beasiswa Penulisan Penerjemahan Novel [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 28 Jul 2008 12:51 AM CDT

Beasiswa Penulisan & Penerjemahan Novel - Majelis Kata Indonesia 2008

Majelis Kata Indonesia merupakan lembaga filantropi yang berikhtiar menumbuhkan dan mewadahi bentuk-bentuk penciptaan sastra yang menggerakkan kritisisme sosial, semangat toleransi, dan kesadaran kebangsaan. Lembaga ini mendorong dan mendukung bentuk-bentuk penciptaan sastra yang memperluas cakrawala memahami kemanusiaan.

Majelis Kata Indonesia menyelenggarakan beasiswa penulisan dan penerjemahan novel 2008 dengan ketentuan-ketentuan ini:

1.

Gagasan penulisan dan penerjemahan novel yang menggerakkan kritisisme sosial, semangat toleransi, dan kesadaran kebangsaan dengan topik apa pun dan tanpa batasan jumlah halaman.
2.

Penerima beasiswa penulisan novel diberi dana setiap bulan sebesar Rp 1.000.000,- selama 6 bulan. Masa penulisan novel selama 6 bulan.
3.

Penerima beasiswa penerjemahan novel diberi dana setiap bulan sebesar Rp 1.000.000,- selama 6 bulan dan setiap hasil terjemahannya dihargai sesuai harga pasar. Masa penerjemahan novel selama 6 bulan.
4.

Penerima beasiswa penulisan novel bisa mendapatkan data atau konsultan yang relevan dari penyelenggara beasiswa.
5.

Novel penerima beasiswa akan diterbitkan oleh penyelenggara beasiswa dengan royalti sebesar 10% dari setiap kontrak penerbitannya. Penerima beasiswa penulisan novel berhak menawarkan novelnya ke penerbit lain setelah 4 tahun sejak penerbitannya yang pertama.
6.

Novel terjemahan penerima beasiswa akan diterbitkan oleh penyelenggara beasiswa tanpa royalti dari setiap penerbitannya. Penerima beasiswa penerjemahan novel berhak menawarkan novel terjemahannya ke penerbit lain setelah 4 tahun sejak penerbitannya yang pertama.
7.

Pelamar beasiswa mengirimkan 3 rangkap sinopsis novel yang akan ditulis atau 3 rangkap sinopsis novel yang akan diterjemahkan disertai judul novel, nama pengarang, nama penerbit, tahun terbit, dan fotokopi sampul depan. Pelamar beasiswa penulisan dan penerjemahan novel menyertakan fotokopi bukti identitas yang masih berlaku, nomor telepon, alamat pos, alamat e-mail, dan biodata singkat. Alamat penyelenggara beasiswa ini: MAJELIS KATA INDONESIA 2008, Pusat Studi Islam dan Kenegaraan, Jl. Gatot Subroto Kav. 96-97, Mampang, Jakarta 12700
8.

Gelombang pertama beasiswa ini menerima surat lamaran hingga 1 Agustus 2008 (cap pos). Pelamar gelombang pertama yang disetujui akan dihubungi via telepon atau e-mail oleh penyelenggara beasiswa pada Minggu kedua September 2008. Penyelenggara beasiswa tidak mengembalikan dokumen para pelamar.
9.

Sinopsis penulisan novel dan sinopsis novel yang akan diterjemahkan akan diseleksi dan dinilai oleh tim kurator penyelenggara beasiswa. Semua keputusan tim kurator tidak untuk diganggu gugat.
10.

Demi profesionalitas, setiap penerima beasiswa akan menandatangi surat kontrak penulisan novel atau penerjemahan novel.

Mahasiswa UIN Jakarta Terima Beasiswa [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 28 Jul 2008 12:47 AM CDT

91 Mahasiswa UIN Jakarta Terima Beasiswa

Akademik Pusat, UINJKT,Online – Kasubag Kesejahteraan Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Sri Ratih Farida, mengatakan, sebanyak 91 mahasiswa UIN Jakarta di awal tahun 2006 ini menerima beasiswa. Hal tersebut disampaikan Sri Ratih ketika ditemui UINJKT Online, di ruang kerjanya, Rabu, (5/4).



Menurut Ratih, dari 91 mahasiswa itu, ada 51 mahasiswa yang menerima beasiswa dari Gudang Garam. Masing-masing mahasiswa menerima Rp 100 000, per bulan. Beasiswa tersebut langsung ditransfer ke rekening para mahasiswa setiap bulannya selama setahun.



Sedangkan sisanya, sebanyak 40 mahasiswa menerima beasiswa dari Bank Indonesia (BI). Masing-masing mahasiswa menerima Rp 200 000, per bulan selama 6 bulan. Untuk beasiswa dari BI itu langsung diberikan secara cash kepada mahasiswa.



"Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa diutamakan dari mereka (mahasiswa, red.) yang berprestasi sekaligus kurang mampu. Selain syaratnya harus melampirkan
surat keterangan tidak mampu dari kelurahan, indeks prestasinya minimal 3,0," kata Ratih.



Lebih lanjut Ratih menjelaskan, dalam waktu dekat UIN Jakarta juga akan mendapatkan beasiswa dari Supersemar untuk 30 mahasiswa. Sedangkan dalam DIPA terdapat 200 mahasiswa yang bakal terima beasiswa dengan nominal Rp 450 000 per semester.



"Hanya saja kedua beasiswa ini masih dalam proses dan rencananya untuk yang DIPA dikhususkan bagi aktifis mahasiswa," ujar Ratih

Pengumuman Pendaftaran Ulang CPNS Departemen Keuangan (DEPKEU) [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 28 Jul 2008 12:34 AM CDT

Pengumuman Pendaftaran Ulang CPNS Departemen Keuangan (DEPKEU)

DEPARTEMEN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
PENGUMUMAN
NOMOR : PENG-02/PANPEN/VII/2008
TENTANG
TEMPAT DAN WAKTU PENDAFTARAN ULANG DALAM RANGKA
PENYARINGAN/PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL TINGKAT SARJANA
DI LINGKUNGAN DEPARTEMEN KEUANGAN
TAHUN ANGGARAN 2008
Berdasarkan Hasil Pendaftaran secara online melalui website Panitia Pusat Penyaringan/Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil www.ppns.depkeu.go.id yang telah dilaksanakan mulai tanggal 30 Juni 2008 pukul 00.00 WIB sampai dengan tanggal 6 Juli 2008 pukul 24.00 WIB, dan Hasil Rapat Panitia Pusat pada hari Kamis, 10 Juli 2008, maka Panitia Pusat Penyaringan/Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tingkat Sarjana di Lingkungan Departemen Keuangan Tahun Anggaran 2008, menetapkan:


Pelamar yang telah memiliki nomor Registrasi dan namanya tercantum dalam Lampiran Pengumuman ini berhak untuk mendaftar ulang sesuai dengan tempat dan waktu yang telah ditetapkan;
Pendaftaran Ulang akan dilaksanakan dengan jadual, tempat dan ketentuan sebagai berikut:
2.1 Jadual Pelaksanaan Pendaftaran Ulang:
NO. KOTA JUMLAH HARI TANGGAL
1. Banda Aceh 4 hari 14 s.d. 17 Juli 2008
2. Medan 7 hari 14 s.d. 20 Juli 2008
3. Padang 6 hari 14 s.d. 19 Juli 2008
4. Palembang 6 hari 14 s.d. 19 Juli 2008
5. Jakarta 7 hari 14 s.d. 20 Juli 2008
6. Yogyakarta 7 hari 14 s.d. 20 Juli 2008
7. Surabaya 6 hari 14 s.d. 19 Juli 2008
8. Denpasar 5 hari 14 s.d. 18 Juli 2008
9. Pontianak 2 hari 14 s.d. 15 Juli 2008
10. Banjarmasin 3 hari 14 s.d. 16 Juli 2008
11. Balikpapan 3 hari 14 s.d. 16 Juli 2008
12. Makassar 6 hari 14 s.d. 19 Juli 2008
13. Manado 2 hari 14 s.d. 15 Juli 2008
14. Kupang 1 hari 14 Juli 2008
15. Jayapura 1 hari 14 Juli 2008

2.2 Tempat Pelaksanaan Pendaftaran Ulang:
NO. KOTA TEMPAT ALAMAT
1. Banda Aceh Gedung Keuangan Negara Banda Aceh Lt.2 Jl. Tengku Cik Ditiro Banda Aceh
2. Medan Gedung Keuangan Negara Medan Jl. Diponegoro No.30A Medan
3. Padang Kantor Wilayah III DJPbn Padang Jl. Khatib Sulaiman No.3 Padang
4. Palembang Balai Diklat Keuangan II Palembang Jl. Sukabangun II Kec. Sukarami Palembang
5. Jakarta a. Aula Pusdiklat Perpajakan Jl. Kemanggisan Kebon Jeruk Jakarta Barat
b. Aula Pusdiklat Bea dan Cukai Jl. Bojana Tirta Rawamangun Jakarta Timur
c. Lobby Gedung Dhanapala Departemen Keuangan Jl. Senen Raya Jakarta Pusat
6. Yogyakarta Jogja Expo Center Jl. Raya Janti Yogyakarta
7. Surabaya a. Kanwil XV DJPbn Surabaya Jl. Indrapura No. 5 GKN Surabaya I
b. Kanwil DJP Jawa Timur I Jl. Jagir Wonokromo 1041 Surabaya
c. Kanwil DJP Jawa Timur II Jl. Raya Juanda Sidoarjo
d. Kanwil DJBC Jawa Timur I Jl. Perak Timur 498 Surabaya
e. Kanwil X DJKN Surabaya Jl. Dinoyo No.111 GKN Surabaya II
8. Denpasar Kanwil XX DJPbn Denpasar Jl. DR Kusumaatmadja Niti Mandala Renon Denpasar
9. Pontianak Kanwil DJPbn Pontianak Jl. KS. Tubun No.36 Pontianak
10. Banjarmasin Aula Kanwil XVIII DJPbn Banjarmasin Jl. S.Parman No.27 Banjarmasin
11. Balikpapan Gedung Keuangan Negara Balikpapan Gedung Keuangan Negara Lt.2 Jalan Jenderal Ahmad Yani No.68-69 Balikpapan
12. Makassar Gedung Keuangan Negara II Makassar Gedung Keuangan Negara II Lt.2 Jl.Urip Sumoharjo KM.4
13. Manado Gedung Keuangan Negara Manado Jl. Bethesda No.6 Manado
14. Kupang Kanwil XXII DJPbn Kupang Gedung Keuangan Negara Kupang Lt.1 Jl.El Tari II Walikota Baru Kupang
15. Jayapura Kanwil XXX DJPbn Jayapura Aula Gedung Keuangan Negara Lt.3 Jl. Ahmad Yani No.8 Jayapura

2.3 Masing-masing peserta saat Pendaftaran Ulang harus membawa:
Formulir Pendaftaran yang telah dicetak dan ditandatangani serta dibubuhi pas photo Formulir Pendaftaran di-download dan dicetak dari website Panitia Pusat Penyaringan/Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil;
Surat lamaran yang ditulis tangan sendiri dan ditujukan kepada Menteri Keuangan;
Daftar Riwayat Hidup Singkat;
Asli dan Foto copy:
Ijazah (S1/S2);
Surat Keputusan Penyetaraan dari Departemen Pendidikan Nasional (khusus bagi lulusan Luar Negeri);
Transkrip Nilai (khusus bagi lulusan Luar Negeri yang dalam transkripnya tidak mencantumkan Grade Point Average (GPA) akan dilakukan konversi oleh Panitia Pusat Penyaringan/Penerimaan Calon Pegawai Negeri Tingkat Sarjana);
Sertifikat Akuntan (khusus untuk akuntan beregister);
Kartu Tanda Pengenal (KTP) yang masih berlaku;
Pas Photo berwarna terbaru ukuran 4 x 6 cm sebanyak 3 (tiga) lembar;
Surat Pernyataan bermaterai Rp 6.000,00 (blanko Surat Pernyataan dapat di-download dan dicetak dari website Panitia Pusat Penyaringan/Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil).
Semua persyaratan tersebut dimasukkan ke dalam map, dan diberi nama dan nomor registrasi dengan huruf kapital.

Pelamar yang melakukan pendaftaran ulang harus menepati waktu (shift) yang telah ditentukan dan tidak diperkenankan menggunakan kendaraan pribadi;
Peserta yang telah melakukan pendaftaran ulang dan telah mendapatkan Tanda Peserta Ujian (TPU) berhak mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) yang akan dilaksanakan secara serentak pada:
Hari/Tanggal : Rabu, 30 Juli 2008;
Waktu : 08.00 WIB s.d. selesai;
Tempat : sesuai dengan Lokasi Tes yang akan diumumkan pada tanggal 25 Juli 2008 pada website Panitia Pusat Penerimaan/Penyaringan Calon Pegawai Negeri Sipil www.ppns.depkeu.go.id.
Pada saat Tes Potensi Akademik (TPA) peserta harus membawa:
Tanda Peserta Ujian (TPU) Asli;
Kartu Tanda Pengenal (KTP) Asli yang masih berlaku;
Alas Tulis;
Alat Tulis (Pensil 2B dan Karet penghapus);
Pada saat Tes Potensi Akademik (TPA), Peserta dilarang mengaktifkan alat komunikasi (Handphone/Radio Panggil) dan dilarang menggunakan kalkulator/alat hitung lainnya;
Pada saat Tes Potensi Akademik (TPA), Peserta diharuskan berpakaian rapi dan sopan;
Hasil Tes Potensi Akademik (TPA) akan diumumkan melalui website Panitia Pusat Penyaringan/Penerimaaan Calon Pegawai Negeri Sipil www.ppns.depkeu.go.id serta di tempat-tempat Pendaftaran pada hari Sabtu, 23 Agustus 2008;
Dalam Rangka Penyaringan/Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil ini tidak diadakan surat-menyurat dan tidak dipungut biaya apapun;
Keputusan Panitia Pusat Penyaringan/Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tingkat Sarjana di Lingkungan Departemen Keuangan Tahun Anggaran 2008 tidak dapat diganggu gugat.Demikian Pengumuman disampaikan, untuk dimaklumi.
Jakarta, 11 Juli 2008
Sekretaris Jenderal

ttd.

Mulia P. Nasution

PTK Akamigas - Cepu [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 28 Jul 2008 12:25 AM CDT

daftar tuk
PTK Akamigas - Cepu
Kode TUK : 58315019
Status : Verified
Nama TUK : PTK Akamigas - Cepu
Kategori TUK : Universitas / Perguruan Tinggi
Alamat : Jl. Gajah Mada No.38
Kabupaten Blora
Cepu - 58315
Propinsi : Jawa Tengah
Rating Not Available
No Telpon : 0296 - 421897
No Fax : 0296 - 421897
Nama Pemohon : Ir. Hermadi Sayono, MM
Nama Jabatan : Direktur
Nama Assessor : Joko Kuncoro
Denah Lokasi* :
Foto Bangunan* :

REKRUTMEN 2.000 LULUSAN SMK UNTUK BEASISWA MIGAS [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 28 Jul 2008 12:22 AM CDT

KEMENTERIAN BUMN MEREKRUT 2.000 LULUSAN SMK UNTUK BEASISWA MIGAS
Kementerian Negara BUMN bekerjasama dengan Akamigas-STEM Cepu Jawa Tengah akan merekrut 2.000 lulusan SMK jurusan Elektro arus kuat, arus lemah, kimia, mesin dan instrumen untuk dididik menjadi tenaga siap pakai Migas setara Diploma I yang akan dipekerjakan di Cepu.

Pendaftaran dilakukan mulai 20 Agustus 2007 dan berkas selambat-lambatnya sudah diterima panitia pada 1 September 2007, sementara pendidikan menggunakan sistem gugur dan panitia tidak menerima pendaftaran secara langsung, kata Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Depdiknas Djoko Sutrisno di Jakarta, Kamis (23/8).

Pendaftaran ditujukan kepada : Panitia penerimaan Mahasiswa, Akamigas – STEM P2B, Kotak Pos No. 7 Akamigas – STEM, Cepu, Jawa Tengah, dan kepada peserta yang lolos seleksi administrasi dapat dilihat di Webssite BUMN http://www.bumn-ri.com.

Menurut Djoko, kerjasama yang cukup baik antara Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan Depdiknas dengan pers ternyata hasilnya sangat signifikan dan pertumbuhan SMK tahun ini mengalami peningkatan sebesar 30% sampai data per Agustus 2007.

Jumlah siswa SMK pada tahun 2006 sebanyak 2.4juta siswa dan pada tahun 2007 menjadi 2,8juta siswa, jadi terjadi kenaikan sekitar 400ribu pada tahun 2007 dan ini sangat signifikan.

Di seluruh Indonesia ada permintaan sekitar 50 SMA yang dikonversikan menjadi SMK, bahkan di Malang, Jawa Timur, ada 2 SMAN yang dikonversikan menjadi SMKN, sehingga Depdiknas akan terus berbenah dengan menambah peralatan dan juga jumlah ruang kelas, termasuk mendorong Pemda untuk mengangkat guru-guru kejuruan menjadi guru PNS.

Di samping itu Depdiknas juga akan mencari guru-guru untuk mengajar dari pihak swasta/perusahaan yang artinya bersedia mengajar sesuai dengan bidang keahliannya, karena terus terang kalau menunggu aliran guru PNS itu pasti tidak seimbang dengan pertumbuhan jumlah siswa.

Djoko mengatakan, pihaknya menempuh beberapa strategi yang langsung dinstruksikan oleh Mendiknas untuk terus membesarkan SMK yang sudah ada, di samping juga menambah SMK-SMK yang baru.

"Membesarkan SMK yang sudah ada, artinya sudah ada guru, sudah ada nama baik, mempunyai jam terbang yang baik untuk mendidik para calon teknisi dan keahlian lainnya, dan kembangkan SMK didaerah-daerah yang belum ada SMK," katanya.

Seiring dengan adanya Undang-Undang Sisdiknas dan juga rencana kenaikan anggaran pada tahun 2008, nampaknya sekolah-sekolah yang diluar sistem pendidikan di Indonesia, misalnya dulu ada Sekolah Menengah Farmasi, Sekolah Perawat, Sekolah Perawat Gigi di bawah Depkes dan sekarang sekolah tersebut sudah dikonfersi menjadi SMK Farmasi di bawah Depdiknas, dan juga Sekolah Pertanian Menengah Atas (SPMA) yang tadinya di bawah Dep. Pertanian, sekarang sudah di bawah Depdiknas.

Juga sekolah-sekolah pelayaran yang di bawah Departemen Kelautan sekarang sudah mulai dikonversikan ke SMK, hanya masalah standar-standar kompetensi Depdiknas akan mengikuti standar yang sudah distandarkan oleh Dep. Kelautan. "Jadi prinsipnya pembinaan pendidikan ada pada Depdiknas," katanya menambahkan.

Ada 22 SPMA di Indonesia yang dikonfersikan dari Deptan ke SMK Pertanian Depdiknas, dari Dep. Kelautan dan Perikanan ada 11 sekolah yang dikonversikan dan ada 28 sekolah dari Depkes yang dikonversikan ke SMK.(Kominfo News room)

Lulusan Akamigas Cepu 2008 2009 Diwisuda Menteri ESDM [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 28 Jul 2008 12:18 AM CDT

Sebanyak 311 Lulusan Akamigas Cepu Diwisuda Menteri ESDM

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Purnomo Yusgiantoro, Jum'at (15/6) mewisuda sebanyak 311 mahasiswa PTK Akamigas-STEM Cepu tahun akademik 2006/2007.


Mereka adalah lulusan jenjang DI, DII, DIII dan DIV dari berbagai program studi. Selain itu juga dilepas peserta pendidikan dan latihan tenaga kerja bidang migas di Pusdiklat Migas Cepu serta pemagangan di PT Arun NGL.


"Atas nama pribadi dan pimpinan Departemen ESDM saya menyampaikan selamat kepada para wisudawan dan keluarga serta peserta pendidikan dan pelatihan yang hari ini telah melaksanakan studi di PTK Akamigas-STEM," ujar Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro. Diingatkan selepas dari kampus mereka akan menghadapi dunia kerja yang membutuhkan professionalisme dan kerja keras.

Hadir pada acara tersebut antara lain sejumlah pejabat eselon I dilingkungan Departemen ESDM, Kepala BP Migas Kardaya Warnika, Kepala BPH Migas Tubagus Haryono, Kepala Badan Diklat Departemen ESDM, Direktur Utama PT Pertamina, Direktur Utama PT PGN, Direktur Utama PT Arun NGL, para pimpinan KPS Joint Venture PT Pertamina, mantan Dirut PT Garuda Indonesia Soeparno, pejabat Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Deplu, Setneg, BNP2TKI dan BNSP.

Diungkapkan oleh Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro, lulusan PTK Akamigas-STEM berbeda dengan lulusan Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta, terutama dalam hal pengalaman dan pemahaman kegiatan industri migas. "Kedekatan dan sarana prasarana sektor yang menunjang diharapkan lulusan yang telah siap pakai ini dapat mendukung suksesnya pengelolaan bisnis minyak dan gas bumi pada saat ini dan masa depan," ujarnya.

Saat kembali memasuki tempat kerja, para wisudawan diharapkan bisa memenuhi kompetensi yang dibutuhkan. Sebab, selama menjalani masa pendidikan mereka telah diberikan kompetensi yang mengandung unsure knowledge, skill dan attitude yang telah dicoba untuk diakui dalam bentuk Sertifikasi melalui Ujian Sertifikasi. Di lingkungan PTK Akamigas-STEM, Ujian Sertifikasi ini mulai dilakukan sejak tahun akademik 2005-2006.

Saya menyambut gembira hal itu karena persyaratan untuk berdaya saing baik secara regional, nasional maupun global adalah dimilikinya Sertifikasi Kompetensi,'' papar Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro. Berdasarkan berbagai bekal itulah diharapkan para wisudawan bukan hanya mampu menjawab berbagai tantangan yang ada ditempat kerja, namun juga mampu mencari peluang untuk menyiapkan diri menjadi pemimpin-pemimpin di masa depan sesuai dengan lingkup kerjanya.

(PUSDATIN)

Program Beasiswa Diploma I Akamigas Cepu [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 28 Jul 2008 12:17 AM CDT

Program Beasiswa Diploma I Akamigas Cepu
JUM'AT, 18 JULI 2008 19:38 WIB
PENGUMUMAN

Program Beasiswa Pendidikan Diploma I Siap Kerja Untuk Tenaga Kerja Bidang Migas

Kementerian Negara BUMN memfasilitasi putra terbaik bangsa Indonesia untuk dididik Diploma I dengan beasiswa di PTK Akamigas – Sekolah Tinggi Energi Dan Mineral (STEM), Cepu, Jawa Tengah menjadi tenaga kerja siap pakai.

I. Persyaratan dan Ketentuan Administrasi
a. Pendidikan Akhir: SMK/STM (Jurusan Listrik Arus Kuat/Arus Lemah, Kimia, Mesin, Las, Instrumentasi, Industri).
b. Tahun Kelulusan TA 2005/2006 s.d TA 2007/2008.
c. Laki-laki, Usia Maksimum 24 tahun (Pada bulan Agustus 2008)
d. Status Belum Menikah (melampirkan foto fopy KTP yang masih berlaku)
e. Nilai UAN :- Bahasa Inggris: Minimal 70 dan -Matematika : Minimal 70
f. Melampirkan Foto Copy Ijasah Terakhir atau Foto Copy SKHU untuk lulusan tahun ajaran 2007/2008 (legalisir)
g. Melampirkan Surat Ijin Orang Tua atau Wali (Asli)
h. Melampirkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari POLRI (Asli/Legalisir)
i. Melampirkan Foto Copy Nilai Rapor dua Semester Terakhir (Legalisir)
j. Rapor Asli, Ijasah Asli/SKHU untuk lulusan tahun ajaran 2007/2008, KTP Asli dibawa pada saat Tes.
k. Melampirkan Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kelurahan/Kepala Desa setempat.

II. Membuat lamaran pendaftaran dengan format seperti di bawah ini(dapat diketik atau ditulis tangan):
NAMA :…………………………………………… …………………………………….
JENIS KELAMIN :……………….
PENDIDIKAN SMK/STM JURUSAN :……………………………………………LULUS TAHUN…………………..
TEMPAT/TANGGAL LAHIR/USIA :……………………......./………………………../………….………………….
ALAMAT :…………………………………………........................................................
KOTA : ............................ PROPINSI : ................. KODE POS : ..............
No.TELEPON/HP…………………..
RAYON TES (lingkari nomor rayon terdekat yang dipilih):……………..
1.BANDA ACEH, 2. MEDAN, 3. PALEMBANG, 4.PADANG, 5. DUMAI 6.JAKARTA, 7. BANDUNG, 8.CILACAP, 9. CEPU, 10.BALIKPAPAN, 11.BONTANG, 12. MAKASAR, 13. JAYAPURA, 14.KUPANG.
NILAI UAN : - BAHASA INGGRIS :…… – MATEMATIKA :…..
BERSEDIA MENGIKUTI DAN TUNDUK PADA PERATURAN YANG BERLAKU DALAM PROGRAM INI

III. Lulus seleksi administrasi
IV. Lulus tes mata pelajaran: Matematika, Fisika dan Bahasa Inggris
V. Lulus wawancara dan lulus tes kesehatan (Berbadan sehat dan tidak cacat fisik, bebas narkoba dan miras, tidak buta warna dan tidak berkaca mata/soft lens atau alat bantu lain).
VI. Biaya: 1. Pendaftaran tidak dipungut biaya apapun, 2. Biaya transportasi dan akomodasi selama tes ditanggung oleh peserta, 3. Bagi peserta yang diterima, biaya transportasi dari tempat asal ke Cepu akan mendapat penggantian sesuai ketentuan yang berlaku. 4. Biaya pendidikan dari beasiswa Program BUMN Peduli Pendidikan.
VII. Formulir isian dimasukkan ke dalam amplop coklat tertutup ukuran folio.
VIII. Pendaftaran ditujukan kepada:

Panitia Penerimaan Mahasiswa P2B II, PTK Akamigas - STEM.
Kotak Pos No. 7, Cepu, Jawa Tengah Kode Pos 58315

IX. Pendaftaran dimulai Tanggal 21 Juli 2008 dan selambat-lambatnya berkas diterima panitia tanggal 1 Agustus 2008.
X. Pendidikan menggunakan sistem gugur.
XI. Panitia tidak menerima pendaftaran secara Langsung
XII. Keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat dan tidak diadakan surat menyurat.
XIII. Pengumuman peserta yang lolos seleksi administrasi dapat dilihat di website www.bumn.go.id, www.akamigas-stem.esdm.go.id, www.diklat.esdm.go.id, www.esdm.go.id pada tanggal 7 Agustus 2008.
XIV. Informasi yang lebih jelas mengenai persyaratan dapat dilihat pada alamat website diatas.

Cepu, Juli 2008
Panitia Penerimaan Mahasiswa P2B II PTK Akamigas-STEM

(ADMINISTRATOR)

AKAMIGAS AKADEMI MINYAK DAN GAS BUMI CEPU [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 28 Jul 2008 12:14 AM CDT

AKADEMI MINYAK DAN GAS BUMI (AKAMIGAS), CEPU

Jenis Perguruan Tinggi : Kedinasan
A l a m a t : Jl. Sorogo No.1, Cepu, Kab. Blora, Jawa Tengah 58312
Telepon : 0296 - 21888
Nama Rektor : Ir. Namida Suparyono, M.Sc.
Profil Akademi Minyak dan Gas Bumi (AKAMIGAS), Cepu

Jumlah Mahasiswa : 408
Jumlah Dosen Tetap : 119
Jumlah Dosen Lulusan S2 : 13
Jumlah Dosen Lulusan S3 : 3
Luas Kampus : 43.552
Koleksi Perpustakaan : 108.960 judul, eksemplar, luas 1.522 m2
Laboratorium : 7.900 m2

Fasilitas Lain : Ruang kuliah (9.935 m2), ruang dosen (200 m2), ruang kantor/administrasi (2.480 m2), ruang aula (1.488 m2), asrama mahasiswa (17.046 m2), ruang olahraga (1.445 m2), ruang studio (150 m2), ruang komputer (1.150 m2), ruang penelitian/pengabdian pada masyarakat (3.280 m2), ruang serbaguna (2.096 m2), masjid (1.445 m2, gereja (350 m2).

Program Studi

1.Jurusan Produksi :
- Program Studi Produksi (D1, D2, D3)

2.Jurusan Pengolahan:
- Program Studi Pengolahan (D1, D2, D3)

3.Jurusan Teknologi Gas:
- Program Studi Teknologi Gas (D1, D2)

4.Jurusan Laboratorium Pengolahan:
- Program Studi Laboratorium Pengolahan (D1, D2)

5.Jurusan Utilities:
- Program Studi Utilities (D1, D2)

6.Jurusan Teknologi Mesin Lapangan:
- Program Studi Teknologi Mesin Lapangan (D1, D3)

7.Jurusan Teknologi Mesin Kilang:
- Program Studi Teknologi Mesin Kilang (D1, D2, D3)

8.Jurusan Teknologi Listrik Perminyakan:
- Program Studi Teknologi Listrik Perminyakan (D2, D3)

9.Jurusan Instrumen dan Elektro:
- Program Studi Instrumen dan Elektro (D1, D2, D3)

10.Jurusan Pembekalan Dalam Negeri:
- Program Studi Pembekalan Dalam Negeri (D1, D2, D3)

11.Jurusan Fire dan Safety:
- Program Studi Fire dan Safety (D1, D2, D3)

Bank Danamon Indonesia Management Trainee (MT) Jobs [Indonesia Job Vacancy]

Posted: 28 Jul 2008 12:06 AM CDT

PT BANK DANAMON INDONESIA Tbk; LOWONGAN KERJA MANAGEMENT TRAINEE Latest info job career vacancy opportunity.Informasi lowongan lamaran peluang kerja, karir, pekerjaan terbaru : Challenge you to join & grow together as a:

Visit lowongankerjas.com for complete story, other content and more...

Jadwal Ujian Saringan Masuk STSN 2008/2009 [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 27 Jul 2008 09:13 PM CDT

Ujian Saringan Masuk
Ujian Saringan Masuk Tahun Akademik 2008/2009 terdiri dari beberapa tahap dan dilaksananakan di di Kampus STSN. Jadwal ujian saringan masuk ditentukan kemudian oleh panitia penerimaan mahasiswa baru STSN dan dapat di lihat di website STSN.

Tahapan Ujian Masuk sebagai berikut :

Ujian Tahap I :
Tes Akademik
Tanggal : 8-9 Juli 2008
Materi : Matematika, Bahasa Inggris, Komputer, Fisika - Elektronika, Pengetahuan Umum dan Tes Potensi Akademik

Ujian Tahap II :
Tanggal : 16 Juli 2008
Materi : Tes Psiko

Ujian Tahap III :
Tes Kesehatan dan Tes Kebugaran
Tanggal : 22-25 Juli 2008


Ujian Tahap IV :
Clearance test
Tanggal :4 Agustus 2008

Ujian Tahap V :
Wawancara
Tanggal : 7-8 Agustus 2008


Ujian Tahap VI :
Pantukhir
Tanggal : 19 Agustus 2008

Ujian Saringan Masuk menggunakan sistem gugur pada setiap tahap.

CONTOH SURAT PERNYATAAN BELUM MENIKAH STSN [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 27 Jul 2008 09:12 PM CDT

CONTOH SURAT PERNYATAAN BELUM MENIKAH
(Harap dibuat dalam format seperti contoh)
Dengan ini, saya
Nama : ..............................................................................
No KTP : ..............................................................................
Tempat,tanggal lahir : .................................................. , .......................
Agama : .................................
Alamat : ..............................................................................
..............................................................................
................................................................................................................
orang tua / wali* dari .........................................................., menyatakan bahwa
benar yang bersangkutan (anak / tanggungan* saya tersebut) belum pernah menikah hingga
saat surat ini dibuat. Jika di kemudian hari ditemukan bukti bahwa pernyataan saya ini
tidak benar, maka saya akan menerima pembatalan keputusan-keputusan yang dibuat
berdasarkan surat keterangan belum menikah ini.
Surat ini dibuat dengan sejujur-jujurnya.
............................ , ..................
...................
Orang tua /wali*
( .............................................. )
* pilih salah satu dan coret yang tidak perlu
Materai
Rp. 6.000,-

CONTOH SURAT LAMARAN STSN [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 27 Jul 2008 09:11 PM CDT

CONTOH SURAT LAMARAN
(Harap ditulis oleh pelamar pada kertas double folio bergaris dengan tinta hitam)
Kepada Yth.
Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru
Sekolah Tinggi Sandi Negara
di
Tempat
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : ...................................................................
Tempat, tanggal lahir : ...................................................................
Jenis kelamin : ...................................................................
Alamat : ...................................................................
...................................................................
...................................................................
Telepon/HP : ...................................................................
SMU asal : ...................................................................
telah mendapatkan informasi tentang dimulainya seleksi penerimaan mahasiswa baru di
Sekolah Tinggi Sandi Negara. Dengan ini saya mengajukan lamaran untuk diterima menjadi
calon mahasiswa STSN.
Bersama surat ini saya lampirkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk proses seleksi.
Saya berharap informasi yang dilampirkan di dalamnya dapat menjadi pertimbangan bagi
Bapak untuk menerima saya. Saya bersedia mengikuti seleksi sesuai prosedur yang ada agar
dapat diterima sebagai mahasiswa STSN.
Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Atas perhatian Bapak saya ucapkan terima
kasih.
............................ , ..................
...................
Pelamar
( .............................................. )

STSN Sekolah Tinggi Sandi Negara [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 27 Jul 2008 09:10 PM CDT

STSN Sekolah Tinggi Sandi Negara (ikatan dinas)
Prospektus
Mahasiswa STSN terdiri dari mahasiswa ikatan dinas dan mahasiswa tugas belajar. Untuk mahasiswa ikatan dinas direkrut dari lulusan SMU/Madrasah Aliyah dengan persyaratan-persyaratan tertentu. Memasuki tingkat II, untuk mahasiswa ikatan dinas akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

STSN sebagai perguruan tinggi kedinasan menghasilkan lulusan yang nantinya bekerja untuk mengisi jabatan-jabatan negeri dalam bidang persandian. Lulusan STSN dapat bekerja di Lembaga Sandi Negara RI atau Unit Teknis Persandian yang tersebar di berbagai instansi pemerintah dan TNI/POLRI.

Ilmu Persandian merupakan multidisplin ilmu sehingga pengembangan kemampuan lulusan STSN dilakukan melalui pendidikan ke jenjang lebih tinggi pada disiplin ilmu pendukungnya, misal: matematika, komputer, elektronika, dan telekomunikasi.

Visi dan Misi
VISI STSN
Terdepan dalam Keilmuan, Pengembangan dan Penerapan Persandian.


MISI STSN

Menyelenggarakan pendidikan tinggi bidang persandian secara efektif dan efisien serta mandiri.
Membentuk SDM persandian yang bermental kepribadian tangguh dan bermoral tinggi.
Menyiapkan SDM persandian yang berbasis kompetensi dalam bidang manajemen persandian, rancang bangun peralatan sandi dan kripto analisis serta tanggap terhadap perubahan dan perkembangan iptek.
Melakukan penelitian ilmu kriptografi dan ilmu pendukung yang berbasis open sistem dan berorientasi kepada penerapan sesuai kebutuhan pengguna



Alamat
Jl Raya Haji Usa, Desa Putat Nutug, Ciseeng, Bogor - Jawa Barat 16330

Telp. 0251-541742
0251-541754
Fak. 0251-541720

E-mail SPMB : spmb@stsn-nci.ac.idThis e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it

E-mail Non SPMB : info@stsn-nci.ac.idThis e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) 2008 2009 [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 27 Jul 2008 08:56 PM CDT

No Kegiatan Waktu Keterangan
1. Pendaftaran mahasiswa baru
Wilayah Jakarta dan sekitarnya
Senin - Jum'at
9 Juni -18 Juli 2008
Kampus STIS
2. Pendaftaran mahasiswa baru
Luar Jakarta
Senin - Jum'at
9 Juni - 12 Juli 2008
Kantor BPS Provinsi
3. Tes Tahap I
(Matematika, Bahasa Inggris, Peng.
Umum)
26 Juli 2008 Pelaksanaannya di STIS dan
BPS Provinsi masing-masing
4. Pengumuman Tahap I 12 Agustus 2008 Kampus STIS dan Kantor BPS
Provinsi
5. Tes Tahap II
(Psikotes)
23 Agustus 2008 Pelaksanaannya di STIS dan
BPS Provinsi masing-masing
6. Tes Tahap II
(Wawancara)
25-29 Agustus 2008 Pelaksanaannya di STIS dan
BPS Provinsi masing-masing
7. Pengumuman Tahap II 9 September 2008 Kampus STIS dan Kantor BPS
Provinsi
8. Tes Tahap III
(Kesehatan)
10-12 September 2008 Pelaksanaannya di STIS dan
BPS Provinsi masing-masing
9. Pengumuman Tahap III 26 September 2008 Kampus STIS dan Kantor BPS
Provinsi
10. Daftar Ulang 6-8 Oktober 2008 Kampus STIS Jakarta
11. Kuliah Perdana 11 Oktober 2008 Dihadiri oleh orangtua/Wali dan
Mahasiswa di STIS Jakarta
12. Magradika dan Outbound 13-18 Oktober 2008 Kampus STIS
13. Awal Perkuliahan 20 Oktober 2008 Kampus STIS Jakarta
1. Lulus tes tahap I, II, III (setiap tahap berlaku sistem gugur),
2. Membayar biaya sebesar Rp 2.500.000 untuk keperluan antara lain: Outbound, Masa
Integrasi Pendidikan Kampus (Magradika), Pakaian Dinas Akademik (PDA) 2 stel,
jaket almamater, pakaian olah raga, sepatu, identitas mahasiswa, asuransi kecelakaan,
iuran mahasiswa dan lain-lain.

Kalender Kegiatan
Ketentuan menjadi mahasiswa STIS
JAKARTA
9 Juni s.d. 18 Juli 2008 jam 08.30 – 15.00 WIB di Kampus STIS, Jl. Otto Iskandardinata
No. 64C, Jakarta, 13330. Telp. (021) 8191437, 8508812. Faks. (021) 8197577
LUAR JAKARTA
9 Juni s.d. 12 Juli 2008 di Kantor BPS Provinsi
Tempat Pendaftaran
Alamat Kampus STIS
Jalan Otto Iskandardinata No. 64C, Jakarta, 13330. Telp. (021) 8191437,
8508812. Faks. (021) 8197577, http://www.stis.ac.id
BADAN PUSAT STATISTIK
SEKOLAH TINGGI ILMU STATISTIK
PENERIMAAN MAHASISWA BARU
SEKOLAH TINGGI ILMU STATISTIK
TAHUN 2008
Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) merupakan perguruan
tinggi kedinasan program D–IV, yang dikelola oleh Badan Pusat
Statistik (BPS) sejak tahun 1958, memanggil pemuda-pemudi
Indonesia lulusan Sekolah Menengah Atas yang memiliki motivasi
tinggi dalam belajar dan bekerja untuk dididik menjadi ahli statistik.
STIS mengemban visi menjadi lembaga pendidikan tinggi kedinasan
yang berfungsi untuk mengembangkan dan menyebarluaskan
ilmu pengetahuan, khususnya di bidang statistika dan komputasi
statistik dengan mendidik kader yang memiliki kemampuan
akademik/profesional.
STIS mempunyai dua jurusan: Jurusan Statistika (Ekonomi dan Sosial-
Kependudukan) dan Jurusan Komputasi Statistik. Jurusan Statistika menghasilkan
tenaga ahli statistik ekonomi serta tenaga ahli statistik sosial-kependudukan, dan
Jurusan Komputasi Statistik menghasilkan tenaga ahli komputasi statistik dan sistem
informasi. Dosen pengajar berasal dari lulusan perguruan tinggi dalam dan luar
negeri dengan jenjang S2 dan S3.
Kurikulum dibuat sesuai dengan perkembangan ilmu ekonomi, kependudukan,
sosial, manajemen dan teknologi informasi. Proses dan metode pembelajaran ditekankan
pada pengembangan keterampilan di bidang statistik dan komputasi statistik.
Selama kuliah mahasiswa mendapat Ikatan Dinas sesuai aturan pemerintah yang
berlaku.
Dengan demikian lulusan STIS merupakan tenaga yang mampu merencanakan dan
melaksanakan penelitian, melakukan analisis di bidang sosial-ekonomi serta merencanakan
dan mengembangkan sistem informasi.
Lulusan STIS mendapat gelar Sarjana Sains Terapan (S.S.T.)
Informasi Singkat
Lulusan STIS langsung diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)
golongan III a pada Badan Pusat Statistik dan ditempatkan di lingkungan BPS seluruh
Indonesia sampai dengan tingkat Kabupaten/Kota sesuai aturan yang berlaku.
Prospek Lulusan
Syarat Pendaftaran
STIS pada tahun akademik 2008/2009 menerima mahasiswa baru ikatan dinas (ID)
dan tugas belajar (TB) instansi/pemda dengan persyaratan:
• Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna dan bebas narkoba
• Lulus SMA-IPA, Madrasah Aliyah Jurusan IPA
• Nilai Matematika dan Bahasa Inggris minimal 7 pada rapor kelas XII semester I
dan II.
• Umur tidak lebih dari 22 tahun pada tanggal 1 Oktober 2008
• Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan sampai
dengan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil(PNS).
• Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
• Bersedia mematuhi peraturan STIS
• Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID)
• Bersedia ditempatkan di BPS seluruh Indonesia di tingkat Kabupaten/Kota
Apabila persyaratan sudah dipenuhi, maka tatacara mendaftar adalah sebagai berikut:
1. Membayar biaya tes sebesar Rp. 175.000,- (seratus tujuh puluh lima ribu rupiah)
ke rekening giro:
Nama : BADAN PUSAT STATISTIK
Nomor : 0261-01-000446-30-7
Bank : BRI Kantor Cabang Jakarta Krekot
Pada keterangan /remark tuliskan dengan huruf kapital maksimal 40 huruf:
NAMA PENDAFTAR/STIS08/TANGGAL LAHIR PENDAFTAR (6 digit:tanggal,
bulan, tahun)/JENIS KELAMIN/NAMA PROVINSI
Contoh 1 : ANWAR SALEH/STIS08/060790/L/BABEL
Contoh 2 : PUSPITA SARI/STIS08/181189/P/KALBAR
2. Mendaftar ke Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru di kantor BPS Provinsi atau
STIS (khusus DKI Jakarta) dengan menyerahkan dokumen pendaftaran:
a. Fotocopy Surat Tanda Kelulusan* yang sudah dilegalisir
b. Fotocopy Ijazah yang sudah dilegalisir
c. Fotocopy rapor kelas XII semester I dan II yang sudah dilegalisir,
nilai matematika dan bahasa inggris minimal 7
d. Pas foto terbaru ukuran 4X6 berwarna sebanyak 2 lembar
e. Memperlihatkan , untuk dicap, bukti pembayaran biaya tes dari BRI
* Bagi lulusan SLTA tahun 2008 yang belum menerima Ijazah
3. Mengisi Formulir Pendaftaran
4. Menerima KARTU PESERTA TANDA UJIAN MASUK yang sudah ditempeli
foto dan cap BPS Provinsi atau STIS.
Ada 3 tahapan seleksi dengan sistem gugur, yaitu:
1. Tahap I: Tes Tertulis Matematika, Bahasa Inggris, dan Pengetahuan Umum
2. Tahap II: Psikotes dan wawancara
3. Tahap III: Tes Kesehatan (biaya ditanggung peserta tes)
Cara Pendaftaran
Tahapan Seleksi

No comments: