Friday, July 25, 2008

Job Vacancy Indonesia

Job Vacancy Indonesia

Konsolidasi Pinjaman mahasiswa [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 25 Jul 2008 07:09 AM CDT

Konsolidasi Pinjaman mahasiswa
Diliputi oleh Utang Pinjaman Mahasiswa? Pertimbangkan Consolidate Student Loan
Oleh: Mike Yeager
Mengkonsolidir mahasiswa meminjami adalah pemecahan sempurna terhadap orang yang perlu menolong mengelola utang mereka. Jika anda mempunyai beberapa bayaran pinjaman berbeda tetapi mau memperoleh hanya satu bayaran sebulan, anda sebaiknya melamar Pinjaman Konsolidasi Federal. Dengan konsolidasi pinjaman, anda lender akan menggabungkan pinjaman sekarang anda ke dalam satu pinjaman tunggal. Jika anda mengambil keputusan untuk mendapat mengkonsolidir mahasiswa meminjami, anda akan membayar bunga atas laju tertentu. Laju ditentukan oleh rata-rata pinjaman anda, dan dirata-rata ke yang sebanyak ,125 persen yang paling dekat. Jika anda membuat langsung pinjam bayaran elektronik, anda mungkin mendapat suku bunga lebih rendah. Sewaktu utang pinjaman mahasiswa adalah biasanya tak ada utang yang paling besar orang mempunyai, mungkin dapat dimengerti untuk memasukkannya di mengkonsolidir mahasiswa meminjami.


Membalikkan di membalas Consolidate Student Loan anda
Kebanyakan orang memakai konsolidasi pinjaman mahasiswa sebagai cara untuk mengelola utang. Paling sering, mengkonsolidir mahasiswa meminjami akan menghemat uang. Sadar bahwa walaupun mengkonsolidir meminjami mengurangi bayaran bulanan, itu akan mungkin mengangkat jumlah bunga. Karena ini, gagasan baik mencoba membayar dari sebanyak anda mengkonsolidir mahasiswa meminjami secepat-cepatnya. Lakukan ini dengan mencoba menambah bayaran bulanan anda. Tahu bahwa ada program penundaan tertentu yang ada. Misalnya, pengangguran atau kesukaran ekonomi mungkin menyebabkan mengkonsolidir mahasiswa meminjami untuk dikurangi.

CPNS POLRI 2008 LOWONGAN KERJA [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 25 Jul 2008 07:02 AM CDT

LOWONGAN KERJA CPNS POLRI 2008
Job Career Vacancy opportunity (Informasi Lowongan Lamaran Peluang kerja karir pekerjaan terbaru):

dibuka Lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil CPNS Polri Tahun 2008

Persyaratan Pendaftaran:

- Warna negara Indonesia
- Sehat jasmani dan rohani (surat keterangan sehat dari institusi kesehatan)
- beriman dan bertagwa kepada tuhan YME

pendaftaran 3 s/d 28 desember 2007

Info lebih lanjut silahkan lihat disini

Beasiswa S1, D2, D3 Monbukagakusho Jepang tahun 2008 [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 25 Jul 2008 06:55 AM CDT

Bagi anda yang berminat menempuh pendidikan di Jepang, tahun ini pemerintah Jepang telah membuka kembali peluang studi ke Jepang melalui program beasiswa Monbukagakusho 2008. Program ini meliputi beasiswa S1, beasiswa D3, dan beasiswa S2 bagi lulusan SLTA dan sederajat. Program beasiswa S1 meliputi seluruh jurusan kecuali musik dan olahraga, sedangkan program beasiswa D3 hanya diperuntukkan bagi siswa SLTA lulusan IPA yang berminat di bidang teknik (Engineering). Pendaftaran program beasiswa monbukagakusho 2008 ini akan dibuka 31 Mei 2007 dan ditutup tanggal 27 Juni 2007.


Program S1


Program S-1 merupakan program beasiswa 5 tahun (kecuali jurusan Kedokteran Umum, Gigi dan Hewan, 7 tahun) yang bisa diikuti lulusan SLTA baik jurusan IPA ataupun IPS Semua bidang bisa dipilih, kecuali bidang musik dan olah raga. Masa 5 atau 7 tahun sudah termasuk 1 tahun belajar bahasa di Jepang. Dan universitasnya baru ditentukan setelah tiba di Jepang berdasar hasil persaingan saat belajar bahasa selama 1 tahun di Jepang.

Program D-3 atau Politeknik

Program D-3 merupakan program beasiswa 4 tahun (termasuk 1 tahun belajar bahasa Jepang) yang dikhususkan bagi lulusan IPA yang berminat dibidang teknik (engineering) . Program yang materinya lebih pada praktek dan eksperimen ini memungkinkan bagi lulusan yang berprestasi untuk melanjutkan ke jenjang S-1. Sekolah tujuan sudah ditentukan sebelum keberangkatan ke Jepang.

Program D-2

Program yang setara dengan akademi yang akan mendidik para calon spesialis (profesional) ini ditempuh dalam waktu 3 tahun (termasuk belajar bahasa Jepang 1 tahun) dan bisa diikuti oleh lulusan SLTA jurusan IPA maupun IPS. Sama dengan program D-3, sekolahnya sudah ditentukan sebelum keberangkatan.

Fasilitas :

* Bebas biaya ujian masuk universitas, biaya kuliah, dan matrikulasi. (tidak termasuk biaya buku paket dan alat tulis).

* Tunjangan biaya hidup sebesar 134.000 yen setiap bulannya. Tunjangan pertama di Jepang sebesar 25.000 yen.

* Kursus Bahasa Jepang Gratis, baik saat di Indonesia ataupun di Jepang. Di Indonesia sekitar 3 minggu sebelum berangkat dan di Jepang selama setahun sebelum masuk kuliah. Dan tempatnya untuk peserta program S-1 dan D2 dibagi antara Tokyo dan Osaka, untuk program D3 semua di Tokyo.

* Kemudahan dalam pencarian asrama, apartemen atau sejenisnya. Di jepang, terutama untuk mahasiswa asing, sering mendapat kesulitan dalam pencarian tempat tinggal. Namun banyak pemilik apartemen atau asrama yang gmemperlunak h syarat bagi penerima beasiswa mombukagakusho.

* Diikutsertakan dalam asuransi kesehatan nasional Jepang dan program subsidi biaya kesehatan AIEJ.

* Tiket pesawat JAL Indonesia-Jepang kelas ekonomi. Tiket pesawat ini hanya diberikan 2 kali, saat pertama kali berangkat dari Indonesia, dan saat kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan studi dengan beasiswa mombukagakusho

Syarat pendaftaran untuk Program S-1, D-3 dan D-2 :

* Lulusan SLTA baik itu SMU, STM ataupun Madrasah Aliyah
* Berusia di bawah 22 tahun saat keberangkatan.
* Memenuhi batas minimal nilai rata-rata UAN dan nilai rata-rata rapor kelas semester akhir (dengan perincian sebagai berikut) :

Program Nilai minimal

Program Nilai Minimal S1 8,2 D3 8,0 D2 7,7

Tahapan seleksi :

* Seleksi Dokumen, hanya yang memenuhi syarat-syarat di atas yang diperbolehkan mengambil formulir pendaftaran di Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang atau Konsulat Jenderal Jepang terdekat (Medan, Surabaya, Makassar).

* Tes Tertulis, diperuntukkan bagi yang lulus seleksi dokumen, dan mendapat panggilan untuk mengikuti tes tertulis (tidak semua pelamar dipanggil untuk tes tertulis). Biasanya tes diadakan akhir bulan Juli.

* Tes Wawancara, bagi yang lulus Tes Tertulis akan dipanggil untuk mengikuti Tes Wawancara di Kedubes Jepang di Jakarta. Wawancara dalam bahasa Indonesia. Isi pertanyaan lebih mengarah kepada kesiapan mental pendaftar untuk hidup sendiri melanjutkan studi ke Jepang.

* Seleksi akhir oleh Monbukagakusho, Pelamar yang lulus Tes Tertulis dan Tes Wawancara, datanya akan diserahkan (direkomendasikan) kepada Monbukagakusho. Keputusan akhir ditetapkan oleh Monbukagakusho sekitar akhir bulan Januari tahun berikutnya. Bagi yang lolos semua seleksi dan berhasil mendapatkan rekomendasi dari Monbukagakusho, akan berangkat ke Jepang awal bulan April.

* Untuk Tes Tertulis, semua soal dalam bahasa Inggris (boleh menggunakan kamus bahasa Inggris-Indonesia kecuali dalam ujian bahasa Inggris).

* Materi ujian disesuaikan dengan Program beasiswa dan jurusan yang dipilih.

- Untuk Program S-1 jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial & Humaniora materi ujiannya adalah Bahasa Inggris, Matematika, Sejarah Dunia

- Untuk Program S-1 jurusan Ilmu Pengetahuan Alam, materi ujiannya adalah Bahasa Inggris, Matematika, Kimia dan Fisika/Biologi*

- Untuk Program D-3, materi ujiannya adalah Matematika dan Fisika / Kimia*.

- Untuk Program D-2, materi ujiannya adalah Bahasa Inggris dan Matematika.

(*:tergantung pilihan bidang studi yang dipilih)

Pendaftaran dilakukan di Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia, di Jakarta, atau di 3 Konsulat Jenderal Jepang yang tersebar di Surabaya, Medan dan Makassar. Adapun formulir pendaftaran bisa didownload disini

Alamat dan nomor teleponnya adalah sebagai berikut :

Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang,
Jl. M.H. Thamrin No. 24 Jakarta 10350
Telp. (021) 3192-4308

Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya,
Jl. Sumatera No. 93
Telp. (031) 503-0008
Konsulat Jenderal Jepang di Medan,
Wisma BII Lt. 5, Jl. P. Diponegoro No. 18
Telp. (061) 457-5193

Konsulat Jenderal Jepang di Makassar,
Jl. Jend. Sudirman No. 31
Telp. (0411) 871-030

Informasi selengkapnya:
http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_slta.html

Yogyakarta Beasiswa Mahasiswa Berprestasi & Kurang Mampu [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 25 Jul 2008 06:53 AM CDT

Beasiswa Mahasiswa Berprestasi dan Mahasiswa Kurang Mampu di Yogyakarta
Wakil Gubernur Kepri H. M. Sani menyerahkan beasiswa kepada 48 orang mahasiswa kurang mampu dan berprestasi di Yogyakarta (Minggu, 20/7) di Ruang Amarta Hotel Melia Purosani Yogyakarta. Mahasiswa penerima bantuan tersebut terdiri dari mahasiswa D3 sebanyak 3 orang, S1 sebanyak 45 orang.

Kepala Biro Administrasi Pembangunan dari tim belanja bantuan beasiswa Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, Bapak Ir. Lamidi, MM menyampaikan bahwa Proses pemberian beasiswa kepada mahasiswa yang belajar di Perguruan Tinggi diluar Provinsi Kepulauan Riau adalah sebagai berikut :

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menyurati pengurus KMPKR di beberapa provinsi antara lain Yogyakarta, Bandung, Jakarta, dan Pekanbaru untuk menyampaikan usulan dan sekaligus membantu Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau memverifikasi beberapa Mahasiswa yang telah mengajukan bantuan beasiswa secara perorangan ke Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan mengajukan usulan tersebut kepada Tim Pengelola Belanja Bantuan Pendidikan/Beasiswa yang dibentuk berdasarkan SK Gubernur Nomor 142a Tahun 2008 tentang Perubahan Keputusan Gubernur Kepulauan Riau Nomor 29 Tahun 2008 tentang Tim Pengelola Belanja Bantuan Pendidikan/ Beasiswa Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2008.

Adapun syarat pemberian beasiswa untuk mahasiswa berprestasi minimal memiliki IPK 3.20 sedangkan untuk mahasiswa kurang mampu minimal memiliki IPK 2,30 dan ditambah dengan Surat Keterangan kurang mampu dari Kelurahan/Kecamatan. Disamping itu persyaratan lain yang harus dilengkapi mahasiswa adalah antara lain fotocopy Kartu Mahasiswa, Surat Keterangan Aktif Kuliah dari Perguruan Tinggi, fotocopy KTP mahasiswa, fotocopy KTP Orangtua/Wali dan fotocopy Kartu Keluarga serta Surat Permohonan Bantuan Beasiswa.

Tim Pengelola Belanja Bantuan selanjutnya melakukan verifikasi terhadap usulan penerima beasiswa yang disampaikan oleh Pengurus KMPKR dari masing-masing daerah maupun usulan dari perorangan. Hasil Verifikasi Tim kemudian disampaikan kepada Gubernur Kepulauan Riau untuk mendapatkan persetujuan.

Penyerahan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi dan mahasiswa kurang mampu oleh Wakil Gubernur H.M. Sani diakhiri dengan dialog bersama mahasiswa dan perwakilan masyarakat dari KMPKR di Yogyakarta.

Pendaftaran Ujian Masuk UGM Yogyakarta [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 25 Jul 2008 01:42 AM CDT

Komponen Biaya Pendidikan
1. Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) : Rp. 500.000,00/semester
2. Biaya Operasional Pendidikan (BOP):

Program studi kelompok ilmu kesehatan dan eksakta : Rp. 75.000,00/sks/semester
Program studi kelompok non-eksakta : Rp. 60.000,00/sks/semester

3. Sumbangan Peningkatan Mutu Akademik (SPMA) :

Merupakan sumbangan wajib, disesuaikan dengan Fakultas/Program Studi masing-masing (lihat tabel SPMA).
Peserta Ujian Tulis, PBOS Mandiri dan SPMB wajib mengisi salah satu dari kolom SPMA sesuai dengan kondisi ekonomi peserta, yaitu SPMA 1, SPMA 2, atau SPMA 3.
Dibayarkan tunai pada saat pertama kali registrasi dan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.
Khusus untuk peserta PBS dan PBUPD, besarnya SPMA dapat dilihat di booklet UM UGM atau di-download di sini.


No Fakultas/Prodi SPMA (dalam juta rupiah)
Ujian Tulis, PBOS, PBUB Mandiri dan SNMPTN
SPMA 1 SPMA 2 SPMA 3
1 Biologi 5 10 ≥ 20
2 Ekonomika dan Bisnis




• Ekonomi 10 15 ≥ 20

• Manajemen 10 15 ≥ 20

• Akuntansi 10 15 ≥ 20
3 Farmasi 10 15 ≥ 20
4 Filsafat 5 8 ≥ 10
5 Geografi 5 10 ≥ 20
6 Hukum 5 10 ≥ 20
7 Ilmu Budaya 5 10 ≥ 15
8 ISIPOL




• Ilmu Administrasi Negara 10 15 ≥ 20

• Ilmu Hubungan Internasional 10 15 ≥ 20

• Ilmu Komunikasi 10 15 ≥ 20

• Sosiologi 5 10 ≥ 15

• Ilmu Sosiatri 5 10 ≥ 15

• Ilmu Pemerintahan 5 10 ≥ 15
9 Kedokteran




• Pendidikan Dokter 10 15 ≥ 20

• Ilmu Keperawatan 10 15 ≥ 20

• Gizi Kesehatan 10 15 ≥ 20
10 Kedokteran Gigi 15 20 ≥ 20
11 Kedokteran Hewan 5 10 ≥ 20
12 Kehutanan 5 10 ≥ 20
13 MIPA




• Matematika 5 10 ≥ 20

• Statistika 5 10 ≥ 20

• Ilmu Komputer 7 15 ≥ 20

• Fisika 5 10 ≥ 20

• Geofisika 5 10 ≥ 20

• Elektronika dan Instrumentasi 7 15 ≥ 20

• Kimia 5 10 ≥ 15
14 Pertanian 5 10 ≥ 20
15 Peternakan 5 10 ≥ 20
16 Psikologi 5 10 ≥ 20
17 Teknik




• Teknik Arsitektur 5 10 ≥ 20

• Perenc. Wilayah & Kota 5 10 ≥ 20

• Teknik Elektro 5 10 ≥ 20

• Fisika Teknik 5 10 ≥ 20

• Teknik Nuklir 5 10 ≥ 20

• Teknik Geodesi 5 10 ≥ 20

• Teknik Geologi 5 10 ≥ 20

• Teknik Kima 5 10 ≥ 20

• Teknik Industri 5 10 ≥ 20

• Teknik Mesin 5 10 ≥ 20

• Teknik Sipil 5 10 ≥ 20
18 Teknologi Pertanian 5 10 ≥ 20


UGM memberikan beasiswa Sumbangan Peningkatan Mutu Akademik (SPMA) untuk 1.000 mahasiswa baru tahun akademik 2008/2009 yang mempunyai prestasi akademik unggul dan secara ekonomi kurang mampu.




Apabila calon mahasiswa telah diterima pada salah satu program studi di UGM kemudian mengundurkan diri maka dianggap melepaskan haknya sebagai mahasiswa S1 UGM selama 3 tahun pada semua program studi melalui program seleksi apapun.



Semua biaya yang telah dibayarkan ke UGM tidak dapat ditarik kembali. Oleh karena itu, sebelum melakukan pembayaran calon mahasiswa harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan orangtua/wali.




Mantapkan hati Anda untuk bergabung dengan UGM.

Cara Mendapatkan Beasiswa Monbusho [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 25 Jul 2008 01:29 AM CDT

Beasiswa D2, D3, D4, S1, S2, dan S3 Monbusho atau Monbukagakusho. Pemerintah Jepang tiap tahunnya selalu menawarkan beasiswa bagi mahasiswa asal Indonesia. Beasiswa ini dinamakan Monbusho Research Student, sebab pada dasarnya beasiswa diberikan untuk program research student (program non gelar selama 1.5 atau 2 tahun saja, tergantung
Monbusho recommended by Embassy atau recommended by University). Jadi penerima beasiswa ini pada awalnya diberikan hanya untuk 1.5 th atau 2 th buat Research Student (program Non Gelar). Tetapi selama 1.5 th atau 2 th itu jika penerima beasiswa bisa masuk program S2 ataupun S3, beasiswa akan diperpanjang dan statusnya jadi beasiswa S2 atau beasiswa S3.


Untuk mendapatkan beasiswa monbusho research student ini ada 2
macam :

Monbusho Recommended by Embassy (di Indonesia, dikenal dengan nama Monbusho G to G)
Monbusho Recommended by University (di Indonesia, dikenal dengan nama Monbusho U to U)
untuk selanjutnya sebut aja beasiswa Monbusho G to G dan Monbusho
U to U (tapi ingat istilah ini hanya ada di Indonesia).

Cara untuk mendapatkan beasiswa Monbusho Research Student :

1. Untuk mendapatkan beasiswa Monbusho G to G
untuk mendapatkan beasiswa ini, pelamar bisa menghubungi Kedutaan
Besar Jepang di Jakarta. Tetapi syarat mutlak yang mesti dipenuhi
adalah bahwa pelamar harus statusnya PNS (pegawai Negeri Sipil)
atau karyawan BUMN. Selain tersebut tidak bisa mendaftar. Pihak
kedutaan besar Jepang telah bekerja sama dengan Pemerintah
Indonesia (dalam hal ini pemerintah Indonesia memohon kepada pihak
Kedutaan Jepang agar pelamar hanya diperbolehkan khusus untuk PNS
atau karyawan BUMN). Sebenarnya Pihak Monbusho (Ministry of
Education, Science, Sports and Culture JAPAN) tidak mensyaratkan
demikian, hanya pemerintah Indonesia saja yang menginginkannya.
Jadi kita tidak menjumpai syarat-syarat demikian di berbagai
negara lain seperti : China, Korea, Malaysia. Thailand, Philipina,
Perancis, Kroasia, German, USA, Inggris, Mesir, Iran dll.
Persyaratan lain, sistem seleksi diatur oleh masing-masing
Kedutaan Besar Jepang di negara yang bersangkutan. Beasiswa
Monbusho G to G ini untuk Indonesia quotanya sekitar 50 orang, dan
biasanya jatah buat PNS dari Departemen Pendidikan (dalam hal ini
dosen) sekitar 35 orang dan 15 orang dari Departemen lain atau
dari BUMN. Bagi yang berhasil lulus atau berhasil mendapatkan
beasiswa ini, maka penerima akan mendapatkan beasiswa research
student selama jangka waktu 2 tahun (non gelar).

Dalam masa research student tersebut di universitas jepang yang dipilihnya,
mereka sekolah bahasa jepang, dan persiapan untuk ujian masuk S2
bagi yang ingin melanjutkan program S2 dan ujian masuk S3 bagi
yang ingin melanjutkan program S3. Ujian masuk universitas diatur
oleh masing-masing universitas yang dipilih. Ada universitas
jepang yang tiap setengah tahun ngadakan ujian masuk, ada juga
setiap tahun sekali ujian masuknya. Jika dalam tahun pertama atau
pertengahan tahun pertama saudara lulus ujian masuk S2 atau S3
maka status beasiswa research student yang masa waktunya masih
lebih akan otomatis di cancel (dihentikan) dan saudara di daftar
sebagai penerima beasiswa S2 (dua tahun lagi, buat yang akan masuk
S2) dan S3 (tiga tahun lagi, buat yang akan masuk S3). Tetapi jika
dalam masa research student tsb saudara gagal masuk ujian pertama,
maka saudara bisa mengikuti ujian masuk ke dua dan ketiga sampai
masa research habis. Jika sampai masa research student habis dan
saudara belum bisa masuk ujian, maka saudara di pulangkan. Untuk
yang masuk S2, setelah saudara menyelesaikan program Master, dan
jika saudara berkeinginan untuk melanjutkan program S3 maka
saudara bisa memperpanjang beasiswa itu untuk masuk program S3
(dan beasiswa akan diperpanjang lagi 3 tahun ke depan).
Informasi mengenai syarat-syarat beasiswa ini (silahkan klick
disini).

2. Untuk mendapatkan beasiswa Monbusho U to U
Bagi yang bukan PNS atau karyawan BUMN, yang sudah jelas-jelas
nggak bisa ikut Monbusho G to G, jangan kuatir ada cara lain untuk
mendapatkan beasiswa Monbusho yaitu beasiswa Monbusho U to U (tapi
ini istilah di Indonesia saja) untuk istilah di Jepangnya,
Monbusho Recommended by University (artinya universitas Jepang
merekomendasikan calon ke Monbusho). Sebenarnya rekomendation
diberikan oleh Professor Jepang yang diteruskan ke Universitasnya
dan Universitas merekomendasikan ke Monbusho.
Lalu bagaimana cara untuk mendapatkannya ?

Kontak salah satu Professor Jepang yang sesuai bidang anda, dan
mulailah kenalan-kenalan baik lewat e-mail, surat pos, Facsimile,
maupun telepon. Pertama katakan bahwa saudara tertarik/interest
dengan research topik di lab. Profesor tersebut, dan katakan juga
bahwa saudara pengen sekali gabung dengan lab. tsb untuk
melanjutkan study master atau doktor. Dalam surat perkenalan
pertama itu sedapat mungkin saudara menyertakan CV, ringkasan
riset yang pernah saudara kerjakan dan rencana riset/tema riset
yang ingin saudara lakukan. Setelah menjalin beberapa kali kontak
dengan Professor (artinya kalau Professor sudah OK untuk menerima
saudara) maka tanyakan ada kemungkinan dia mencalonkan
(merekomendasikan ) orang asing untuk mendapatkan beasiswa
Monbusho nggak. Saat saudara tanya tentang beasiswa Monbusho ke
Professor tersebut, biasanya saudara di anjurkan untuk mengikuti
Monbusho yang lewat Embassy di negara masing-masing, setelah
saudara berhasil, saudara bisa ngontak Professor tersebut lagi
untuk membimbing saudara. Memang jawaban seperti diatas sering
sekali diucapkan oleh Professor Jepang.

Ada kemungkinan bahwa
Professor sibuk dan nggak mau ngurus (sebab untuk apply monbusho
recommended by university, Professor lah yang sibuk sekali mulai
dari ngambil application ke Foreign Student Office di
Universitasnya, terus Professor mengirimkan application itu ke
calon mahasiswa, dan setelah diisi oleh calon mahasiswa, terus
Professor memberikan application itu ke Foreign Student Office
lagi setelah dia ngasih rekomendasi). Kemungkinan lainnya adalah
bahwa Professor itu tidak tahu bagaimana cara apply Monbusho
recommended by University, mereka hanya tahu cuman dari Embassy
saja. Dalam hal ini Saudara harus dengan hati-hati menjelaskan
bahwa Professor punya hak untuk merekomendasikan mahasiswa asing
untuk mendapatkan beasiswa Monbusho dan bisa ditanyakan ke Foreign
Student Office Universitasnya.

Dalam mengontak Professor Jepang usahakan Professor yang ada di
universitas negeri. Universitas negeri dapat jatah beasiswa
Monbusho besar sekali. Universitas-universitas negeri yang
terkenal misalnya :
The University of Tokyo http://www.u-tokyo.ac.jp/
Tokyo Institute of Technology http://www.titech.ac.jp/
Kyoto University http://www.kyoto-u.ac.jp/
Tsukuba University http://www.tsukuba.ac.jp/
Osaka University http://www.osaka-u.ac.jp/
Nagoya University http://www.nagoya-u.ac.jp/
Tidak jarang juga Professor negeri yang tidak tahu tentang
beasiswa Monbusho recommended by University.

Surat perkenalan pertama ke Professor Jepang kadang-kadang tidak
di jawab. Banyak kemungkinannya, antara lain Professor tersebut
tidak bagus Englishnya sehingga untuk membalas dalam bahasa
Inggris dia butuh waktu lama, padahal dia sibuk sekali.
Kemungkinan lain di lab. Professor tersebut udah penuh, artinya
tidak bisa menampung lagi mahasiswa baru. Tapi jangan kuatir masih
ada ribuan Professor-professor yang tersebar di seluruh
Universitas di Jepang, silahkan saudara mencoba untuk kontak ke
Professor lainnya.
Cara yang terbagus adalah jika kenalan dengan Professor Jepang
dilakukan pada saat ketemu di Conference, Scientific meeting,
Kunjungan-kunjungan lab, atau pas ada kerja sama sehingga
Professor Jepang datang ke Indonesia. Kalau ada kesempatan seperti
itu, bisa saudara manfaatkan sebaik-baiknya.

Jika semuanya udah OK, dalam arti Professor sanggup menguruskan
beasiswa Monbusho, maka Professor lah yang sibuk. Mulai dari
ngambil application di Foreign Student Office di Universitasnya,
terus ngirim application itu ke saudara (setelah saudara isi
lengkap, saudara diharapkan ngembalikan ke Professor lagi), terus
Professor ngembalikan lagi application yang sudah saudara isi
lengkap ke Foreign Student Office dengan Professor tsb menyertakan
rekomendasi bahwa saudara diterima di lab-nya.
Akhirnya Foreign Student Office merekomendasikan candidate ke
Monbusho. Setelah diproses oleh Monbusho hasil pengumumannya di
beritahukan ke Universitas, dan Universitas memberitahu ke
Professor bahwa calon yang direkomendasikan oleh Professor tsb
berhasil. Barusan setelah itu Professor memberi tahu saudara.
Segala urusan mengenai kedatangan dan penjemputan saudara di urus
oleh Professor.

Setelah dapat pemberitahuan bahwa saudara dinyatakan sukses
sebagai penerima beasiswa Monbusho, saudara akan mendapatkan
sertifikat pernyataan bahwa saudara berhak menerima beasiswa
Monbusho untuk research student selama 1.5 tahun. Setelah
mendapatkan beasiswa research student, maka proses berikutnya sama
persis dengan beasiswa Monbusho G to G. Hanya waktu research
student beasiswa monbusho U to U cuman 1.5 tahun.

Dalam masa research student tersebut saudara harus belajar
bahasa jepang, dan persiapan untuk ujian masuk S2 bagi yang ingin
melanjutkan program S2 dan ujian masuk S3 bagi yang ingin
melanjutkan program S3. Ujian masuk universitas diatur oleh masing-
masing universitas yang dipilih. Ada universitas jepang yang tiap
setengah tahun ngadakan ujian masuk, ada juga setiap tahun sekali
ujian masuknya. Jika dalam tahun pertama atau pertengahan tahun
pertama saudara lulus ujian masuk S2 atau S3 maka status beasiswa
research student yang masa waktunya masih lebih akan otomatis di
cancel (dihentikan) dan saudara di daftar sebagai penerima
beasiswa S2 (dua tahun lagi, buat yang akan masuk S2) dan S3 (tiga
tahun lagi, buat yang akan masuk S3). Tetapi jika dalam masa
research student tsb saudara gagal masuk ujian pertama, maka
saudara bisa mengikuti ujian masuk ke dua dan ketiga sampai masa
research habis. Jika sampai masa research student habis dan
saudara belum bisa masuk ujian, maka saudara di pulangkan. Untuk
yang masuk S2, setelah saudara menyelesaikan program Master, dan
jika saudara berkeinginan untuk melanjutkan program S3 maka
saudara bisa memperpanjang beasiswa itu untuk masuk program S3
(dan beasiswa akan diperpanjang lagi 3 tahun ke depan).

Nah kesempatan ini, yang bisa di dapat oleh setiap orang tanpa
kecuali (tidak harus PNS ataupun karyawan BUMN). Disamping tidak
ada quota kita bisa meminta rekomendasi dari berbagai pilihan
banyak Professor-Professor Jepang yang tersebar di seluruh
universitas Jepang. Dan prosedur beasiswa ini tidak ada
hubungannya dengan Kedutaan Jepang di Indonesia. Hanya saja jika
saudara diterima beasiswa ini pihak kedutaan jepang mengharapkan
saudara untuk melapor bahwa saudara di terima beasiswa monbusho.

Beasiswa Monbusho recommended by university di TOKYO INSTITUTE OF
TECHNOLOGY (TIT)
Ini adalah sebagai contoh cara apply beasiswa Monbusho U to U di
TIT.
Formulir beasiswa monbusho U to U ini bisa di dapat di Foreign
Student Office TIT sekitar bulan Desember, tetapi yang berhak
mengambil hanya Professor TIT saja, mahasiswa tidak diperbolehkan.
Formulir harus diserahkan ke Foreign Student Office TIT paling
lambat 31 Maret, setelah formulir diisi lengkap oleh applicant dan
sudah di kasih rekomendasi oleh Professor TIT. Penyerahan formulir
ke Foreign Student Office hanya bisa dilakukan oleh Professor TIT.
Aplicant tidak diperbolehkan menyerahkan application langsung.
Pihak Foreign Student Office TIT akan merekomendasikan calon ke
Monbusho sekitar pertengahan April. Monbusho akan menyeleksi dan
menginformasikan ke Pihak Foreign Student Office TIT pada
pertangahan Agustus. Awal Oktober calon mahasiswa diharapkan
kedatangannya ke Jepang. Semua urusan eligibility untuk pengurusan
VISA, tiket pesawat ke Jepang diurus semua oleh Foreign Student
Office TIT.

Untuk universitas lain seperti The University of Tokyo, Kyoto
University dll, deadline penyerahan application, pengumuman serta
tata caranya berbeda dengan TIT. Setiap universitas punya aturan
yang berbeda-beda.

Perbedaan Beasiswa Monbusho G to G dengan Monbusho U to U
1. Saat pengajuan (saat apply)
Untuk Monbusho G to G, pengajuannya di Kedutaan Jepang
(Jakarta), proses seleksi di atur oleh pihak kedutaan Jepang.
Syarat utamanya adalah harus PNS atau karyawan BUMN
Untuk Monbusho U to U, pengajuannya ke Professor Jepang dan
diteruskan ke Universitas Jepang. Tidak ada persyaratan khusus
untuk mendapatkan beasiswa ini (tidak harus PNS atau karywana
BUMN).
2. Seleksi
Untuk Monbusho G to G, seleksi diadakan oleh kedutaan Jepang.
seleksi tahap pertama penyeleksian dari dokumen-dokumen yang
diserahkan pada saat aply, seleksi berikutnya adalah wawancara.
Untuk Monbusho U to U, tidak ada sistem seleksi, jika Professor
sudah OK (dalam arti ngasih rekomendasi), maka universitas akan
melanjutkan untuk merekomendasikan ke Monbusho. Tetapi jika di
universitas tsb terlalu banyak permintaan dari Professor (jumlah
Professor yang apply banyak) maka universitas mengadakan seleksi,
biasanya seleksi di dasarkan pada kesenioritasan Professor. Untuk
itu, usahakan nyari Professor yang senior, yang sudah Full
Professor bukan yang Associate Professor. Hal ini untuk menjaga
kemungkinan adanya kejadian diatas.
3. Jangka waktu research student
Untuk Monbusho G to G , jangka waktu beasiswa research student
adalah 2 tahun
Untuk Monbusho U to U , jangka waktu beasiswa research student
adalah 1.5 tahun
4. Pengurusan keberangkatan ke Jepang
Untuk Monbusho G to G, pengurusan keberangkatan ke Jepang di
urus atau dibantu oleh pihak kedutaan Jepang. Kedatangan di Jepang
di jemput dan diatur oleh AIEJ (Association International
Education Japan).
Untuk Monbusho U to U, pengurusan keberangkatan ke Jepang di
urus sendiri, tidak ada hubungan dengan kedutaan Jepang, hanya
pihak kedutaan Jepang meminta laporan data tentang calon sebelum
keberangkatan. Dan kedatangan di Jepang di jemput atau diurus oleh
Professornya.

Persamaan Beasiswa Monbusho G to G dengan Monbusho U to U
Setelah sampai di Universitas Jepang, semua sama. Hak-hak yang
diperoleh oleh penerima beasiswa monbusho G to G dengan hak yang
diterima oleh penerima beasiswa monbusho U to U adalah sama. Hak-
haknya antara lain :

Tiket pesawat pulang - pergi dari negara asal ke Jepang
Uang kedatangan pertama kali di Jepang sebesar 25.000 yen
Uang beasiswa perbulan 185.500 yen
Bebas biaya ujian masuk universitas, matrikulasi dan biaya kuliah
Tunjangan bagi yang tinggal di apartemen
Tunjangan untuk scientific meeting, travellling.
Perpanjangan beasiswa dari research student status ke program master atau doktor, dan juga perpanjangan beasiswa dari master ke doktor.
Sumber: www.geocities.com/amwibowo/monbusho.txt

Daftar Yayasan Pemberi Beasiswa [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 25 Jul 2008 01:28 AM CDT

Berikut ini merupakan daftar lembaga/yayasan penyalur dan atau pemberi beasiswa dari luar negeri baik dari Pemerintah (Government) atau NGO (Non-Government Organization):

Amerika
AMINEF the American-Indonesian Exchange Foundation
Ford Foundation
Fullbright

Australia:
ADS - Australian Development Scholarship
APS - Australian Partnership Scholarships Indonesia
Flinders University

Belanda:
Delta Programme
DAAD Jakarta
Huygens Scholarship Program
NFP - National Fellowships Programmes

Belgia:
Université Catholique de Louvain

Jepang:
AYF - Asian Youth Fellowship
Fujitsu
Panasonic
Beasiswa Monbukagakusho S-2 & S-3 untuk Umum
Beasiswa Monbukagakusho S-2 & S-3 antar Universitas
Beasiswa Monbukagakusho S-1
Beasiswa Monbukagakusho D-3 Teknologi
Beasiswa Monbukagakusho D-2 Special Training
Beasiswa Monbukagakusho D-2 Teacher Training
Beasiswa Monbukagakusho Japanese Studies
Study in Japan Comprehensive Guide for Indonesian
rotary yoneyam memoriala foundation, Inc

Korea:
Fellowship - The Korea Foundation

Yunani:
Alexander Onassis Scholarship

Cara Mencari Profesor Universitas di Luar Negeri [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 25 Jul 2008 01:24 AM CDT

Cara Mencari Profesor Universitas di Luar Negeri
Bagi Anda yang ingin meraih beasiswa di luar negeri, rekomendasi sangat diperlukan. Untuk itu Anda perlu juga menghubungi seorang profesor di luar negeri yang bersedia menerima kita untuk bersama-sama melakukan penelitian di bidang yang ditekuni profesor tersebut.

Mencari profesor bisa jadi merupakan pekerjaan pertama seseorang untuk memenangkan beasiswa. Untuk itu perlu belajar dan banyak bertanya dari para alumni atau mahasiswa lain yang sudah pernah meraih beasiswa. Pada tulisan kali ini akan dirangkum beberapa tips atau cara mencari profesor di Jepang.

Langkah Pertama: Cari profesor pembimbing yang sesuai dengan bidang Anda melalui website universitas di Jepang. Biasanya website perguruan tinggi di Jepang menggunakan akhiran domain .ac.jp
Langkah Kedua: Cari dan temukan daftar departemen atau laboratorium yang ada di perguruan tinggi tersebut. Usahakan perguruan tinggi negeri. Biasanya nama lab disesuaikan dengan nama profesor, misal Tanaka Laboratory, Suzuki Laboratory, Kobayashi Laboratory dll.
Langkah Ketiga: Jika sudah cocok dengan profesor yang sesuai dengan bidang Anda, langkah selanjutnya adalah menulis surat baik lewat e-mail, fax, atau via pos. Gunakan bahasa yang sopan sesuai adat ketimuran. Uraikan tentang diri Anda terutama mengenai riwayat pendidikan, penelitian yang pernah dilakukan, dan penelitian macam apa yang Anda harapkan ke depan. Buat agar profesor sangat tertarik dengan Anda, tapi jangan gunakan bahasa yang terlalu berlebihan.
Pada dasarnya profesor Jepang tidak keberatan menerima mahasiswa asing jika ada dana. Untuk itu Anda perlu juga mengungkapkan pada profesor bahwa Anda sedang melamar beasiswa dari berbagai lembaga/foundation penyalur beasiswa seperti panasonic, hitachi, JICA, ataupun dari Depdiknas-nya Jepang (Monbukagakusho).

Jika semua langkah tersebut sudah diterapkan, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui yaitu: Tidak semua profesor Jepang mahir dalam berbahasa Inggris, karena itu terkadang e-mail kita tidak dibalas, atau dibalas di kemudian hari beberapa bulan kemudian. Jika profesor sangat sibuk, e-mail kita akan lewat begitu saja. Anda sangat dianjurkan untuk menghubungi lebih dari satu profesor. Dan sabar…berdoalah, rajin-rajinlah mampir ke website sisteam informasi perguruan tinggi negeri yang ada di Jepang.

Untuk mencari profesor dari negeri lain, caranya kurang lebih sama dengan cara yang sudah diutarakan diatas. Semoga bermanfaat.

FORMULIR PENDAFTARAN PROGRAM DOKTOR Universitas Brawijaya Malang [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 25 Jul 2008 01:20 AM CDT

FORMULIR PENDAFTARAN PROGRAM DOKTOR

Jl. Mayjend Haryono 169 Malang 65145
Telp. : 0341-571260 Faks. : 0341-580801
E-mail : ppsub@brawijaya.ac.id
Home page : www.ppsub.brawijaya.ac.id



FORMULIR INI DAPAT DIPERBANYAK SENDIRI

PROGRAM
PASCASARJANA
Universitas Brawijaya

FORMULIR PENDAFTARAN (S3)

1. Nama Lengkap
2. Tempat & Tanggal Lahir tgl. bln. thn.
3. Jenis Kelamin Laki-laki Perempuan
4. Golongan Darah A B O AB
5. Alamat Rumah

No.Telp. No. HP
6. Instansi
7. NIP
8. Pangkat/Golongan
9. Alamat Instansi

No.Telp.
10. Pengalaman Pendidikan
Perguruan Tinggi Fakultas Jurusan Tahun Lulus IPK
S1
S2
11. Karya Ilmiah Ada (lampirkan) Tidak ada
12. Program Studi Pilihan
Ilmu Pertanian Ilmu Hukum
Ilmu Kedokteran Ilmu Administrasi
Ilmu Ekonomi Ilmu Teknik
Ilmu-Ilmu Lingkungan Manajemen Agribisnis

13. Kekhususan Studi

14. Kelas Pagi Sore
15. Pengajuan Lamaran ke Program Pascasarjana Universitas Brawijaya
Belum Pernah Pernah, pada tahun
16. Pemberi Rekomendasi Kelayakan Akademik
Nama Jabatan Alamat
a.
b.
c.
17. Sumber Biaya Sendiri Instansi BPPS
Lain-lain, sebutkan
- - 2008

Tanda tangan & Nama Terang

PROGRAM
PASCASARJANA
Universitas Brawijaya

REKOMENDASI KELAYAKAN AKADEMIK (S3)

1. Nama Pelamar
2. Minat Program Studi
3. Kekhususan Studi
4. Pengenalan terhadap Pelamar : - sebagai mahasiswa selama tahun
- sebagai bawahan selama tahun
- sebagai kolega selama tahun
5. Penilaian akademik terhadap pelamar untuk mengikuti program pendidikan
Hal-hal yang dianggap kuat

Hal-hal yang dianggap lemah


6. Dalam mengikuti program pendidikan diperkirakan pelamar akan,
berhasil dengan memuaskan
cukup cakap untuk mengikuti pendidikan
memerlukan bimbingan khusus untuk berhasil
7. Apabila terdapat persoalan yang berhubungan dengan kemajuan pendidikan pelamar,
bersedia memberikan pertimbangan
tidak bersedia memberikan pertimbangan
8. Identitas Pemberi Rekomendasi
Nama Lengkap
Jabatan
Alamat
No.Telp.

- - 2008

Tanda tangan Pemberi Rekomendasi

PROGRAM
PASCASARJANA
Universitas Brawijaya

REKOMENDASI KELAYAKAN AKADEMIK (S3)

1. Nama Pelamar
2. Minat Program Studi
3. Kekhususan Studi
4. Pengenalan terhadap Pelamar : - sebagai mahasiswa selama tahun
- sebagai bawahan selama tahun
- sebagai kolega selama tahun
5. Penilaian akademik terhadap pelamar untuk mengikuti program pendidikan
Hal-hal yang dianggap kuat


Hal-hal yang dianggap lemah

6. Dalam mengikuti program pendidikan diperkirakan pelamar akan,
berhasil dengan memuaskan
cukup cakap untuk mengikuti pendidikan
memerlukan bimbingan khusus untuk berhasil
7. Apabila terdapat persoalan yang berhubungan dengan kemajuan pendidikan pelamar,
bersedia memberikan pertimbangan
tidak bersedia memberikan pertimbangan
8. Identitas Pemberi Rekomendasi
Nama Lengkap
Jabatan
Alamat
No.Telp.

- - 2008

Tanda tangan Pemberi Rekomendasi

PROGRAM
PASCASARJANA
Universitas Brawijaya

REKOMENDASI KELAYAKAN AKADEMIK (S3)

1. Nama Pelamar
2. Minat Program Studi
3. Kekhususan Studi
4. Pengenalan terhadap Pelamar : - sebagai mahasiswa selama tahun
- sebagai bawahan selama tahun
- sebagai kolega selama tahun
5. Penilaian akademik terhadap pelamar untuk mengikuti program pendidikan
Hal-hal yang dianggap kuat


Hal-hal yang dianggap lemah

6. Dalam mengikuti program pendidikan diperkirakan pelamar akan,
berhasil dengan memuaskan
cukup cakap untuk mengikuti pendidikan
memerlukan bimbingan khusus untuk berhasil
7. Apabila terdapat persoalan yang berhubungan dengan kemajuan pendidikan pelamar,
bersedia memberikan pertimbangan
tidak bersedia memberikan pertimbangan
8. Identitas Pemberi Rekomendasi
Nama Lengkap
Jabatan
Alamat
No.Telp.

- - 2008


Tanda tangan Pemberi Rekomendasi

PENUGASAN MENGIKUTI PENDIDIKAN S3



Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama
NIP
Jabatan
Instansi


Menugaskan kepada :

Nama
NIP
Jabatan
Instansi


Untuk mengikuti program pendidikan pascasarjana (S3) di Program Pascsarjana Universitas Brawijaya.

Untuk menjamin kelancaran aktivitas selama mengikuti program pendidikan tersebut, yang bersangkutan dibebaskan dari tugas-tugas di Instansi/Lembaga.


- - 2008


Tanda tangan & Nama Terang



PERNYATAAN TENTANG SUMBER BIAYA
PENDIDIKAN PASCASARJANA (S3)




Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama
NIP
Jabatan
Instansi


Menyatakan bahwa, jika saya telah diterima sebagai mahasiswa program doktor di Program Pascasarjana Universitas Brawijaya Tahun Akademik 2008/2008 maka,

Saya bersedia menanggung seluruh biaya pendidikan selama belajar di Program Pascasarjana Universitas Brawijaya

Instansi saya menanggung seluruh biaya pendidikan selama belajar di Program Pascasarjana Universitas Brawijaya

Seluruh biaya pendidikan selama belajar di Program Pascasarjana Universitas Brawijaya akan ditanggung oleh pemberi beasiswa/sponsor

Saya berharap memperoleh beasiswa dari


- - 2008


Menyetujui
Pimpinan Instansi/Lembaga/Sponsor, Pelamar,


Tanda Tangan & Nama Terang Tanda Tangan & Nama Terang

Pendaftaran PPSUB Unibraw Malang [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 25 Jul 2008 01:17 AM CDT

PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS BRAWIJAYA
JADWAL KEGIATAN AKADEMIK TAHUN AKADEMIK 2008/2009

NO KEGIATAN PROGRAM SEMESTER GANJIL 2008/2009 PROGRAM SEMESTER GENAP 2008/2009
1. Pendaftaran Pascasarjana 4 Februari – 2 Mei 2008 1 Sept. – 27 Des 2008
2. Pendaftaran BPPS 4 Februari – 26 April 2008 -
3. TPA Bappenas & Toefl Periode I 01 Maret 2008 13 Desember 2008
4. TPA Bappenas & Toefl Periode II 29 Maret 2008
5. TPA Bappenas & Toefl Periode III 26 April 2008
6. TPA Bappenas & Toefl Periode IV 24 Mei 2008
7. TPA Bappenas & Toefl Periode V 28 Juni 2008
8. TPA Bappenas & Toefl Periode VI 26 Juli 2008
9. Pengumuman Hasil Seleksi Maba Akhir Juni 2008 Awal Februari 2009
10. Daftar Ulang Program Alih Tahun 1 – 5 Juli 2008
11. Pelaksanaan Program Alih Tahun 7 Juli – 16 Agust. 2008
12. Pengumuman BPPS Akhir Agustus 2008
13. Daftar Ulang Semester I 19 – 23 Agustus 2008 5 – 10 Februari 2009
14. Kegiatan Semester I Sept. 2008 – Jan. 2009 Pebruari – Juni 2009

Keterangan :
a. Pendaftaran TPA (Tes Potensi Akademik) OTO-Bappenas setiap periode ditutup seminggu (7 hari) sebelum tanggal tes
b. Program BPPS (Beasiswa Pendidikan Pascasarjana) Ditjen Dikti hanya di buka pada semester Ganjil


Download Formulir Pendaftaran TPA

Download Formulir Pendaftaran BPPS

PERSYARATAN PENDAFTARAN MAHASISWA BARU
Calon peserta S2 & S3 mengajukan permohonan secara tertulis dengan mengisi formulir yang telah disediakan yang ditujukan kepada; Direktur Program Pascasarjana Universitas Brawijaya dengan alamat Jl. Mayjen Haryono 169 Malang 65145 serta dilampiri dengan :
1. Foto terbaru ukuran 4 x 6 cm sebanyak 4 (empat) lembar;
2. Salinan ijazah yang telah dilegalisir;
3. Salinan daftar nilai selama di Perguruan Tinggi yang telah dilegalisir.
4. Surat rekomendasi dari 2 (dua) orang untuk program magister dan 3 (tiga) orang untuk program doktor (pembimbing/atasan), tentang kelayakan akademik pendaftar;
5. Karya ilmiah setelah lulus sarjana/magister (wajib untuk yang menjadi persyaratan); (S3)
6. Salinan tesis program magister/S2 (khusus pelamar S3) (1copy)
7. Rencana proposal disertasi (khusus pelamar S3) (1 copy)
8. Surat ijin belajar dari atasan, jika pelamar telah bekerja;
9. Surat Keterangan tentang sumber dana dan penanggung jawab studi;
10. Daftar riwayat hidup;
11. Surat keterangan kesehatan;
12. Salinan sertifikat TOEFL
13. Salinan setifikat TPA OTO-BAPPENAS
14. Membayar biaya pendaftaran secara langsung ke bagian Pendaftaran
Persyaratan 2 s/d 11 masing-masing dibuat rangkap 3 (tiga) kecuali no. 6 & 7 satu copy.

ALAMAT PENDAFTARAN

Bagian Pendaftaran Mahasiswa Baru
Program Pascasarjana Universitas Brawijaya
Jl. Mayjen Haryono 169 Malang 65145 Telp. (0341) 571260 Faks. (0341) 580801
HP. 081-23314124 an. Heri Prawoto W. E-mail : ppsub@brawijaya.ac.id
Website : ppsub.brawijaya.ac.id
BIAYA PENDIDIKAN PROGRAM MAGISTER

1. Biaya Pendaftaran Rp. 250.000
2. Biaya Pendataran TPA Rp. 300.000
3. Biaya Pendataran TOEFL Rp. 150.000
4. Biaya Penataran Alih Tahun (Kelas Pagi) Rp. 1.000.000
5. Biaya Penataran Alih Tahun (Kelas Sore) Rp. 2.000.000
6. Biaya pendidikan untuk masing-masing program studi adalah sebagai berikut :

A. Program Studi Magister Bidang Ilmu Hayati dan Teknik

No Program Magister Tempat Kuliah SPP/Semester Dana SPFP *)
Ilmu Tanaman Fak. Pertanian 5.000.000 **)
Pengelolaan Tanah & Air Fak. Pertanian 5.000.000 **)
Teknologi Hasil Pertanian Fak. Teknologi Pertanian 5.000.000 **)
Ilmu Ternak Fak. Peternakan 5.000.000 **)
Biomedik Pascasarjana 5.000.000 1.500.000
Biologi Fak. MIPA 5.000.000 **)
Budidaya Perairan Fak. Perikanan 5.000.000 **)
Teknik Sipil Pascasarjana 5.000.000 2.500.000
Teknik Sipil (Kelas Sore) Pascasarjana 7.500.000 2.500.000
Teknik Mesin Pascasarjana 5.000.000 2.500.000
Teknologi & Manajemen Industri Pertanian Fak. Teknologi Pertanian 5.000.000 **)
Teknik Elektro Pascasarjana 5.000.000 2.000.000
Kimia Fak. MIPA 5.000.000 **)

B. Program Magister Bidang Ilmu Ekonomi, Sosial dan Hukum


No Program Magister Tempat Kuliah SPP/Semester Dana SPFP *)
Ilmu Ekonomi Pertanian Fak. Pertanian 5.000.000 **)
Manajemen Fak. Ekonomi 5.000.000 2.500.000
Manajemen Rumah Sakit (Sore) Pascasarjana 7.500.000 2.000.000
Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan Fak. Ekonomi 5.000.000 2.500.000
Sain Akuntansi Fak. Ekonomi 5.000.000 2.500.000
Ilmu Administrasi Bisnis/Bisnis Fak. Ilmu Adm. 5.000.000 **)
Ilmu Administrasi Bisnis/Bisnis (Kelas Sore) Fak. Ilmu Adm. 7.500.000 **)
Ilmu Administrasi Negara/Publik Fak. Ilmu Adm. 5.000.000 **)
Ilmu Administrasi Negara/Publik (Kelas Sore) Fak. Ilmu Adm. 7.500.000 **)
Ilmu Hukum Fak. Hukum 5.000.000 **)
Ilmu Hukum (Kelas Sore) Fak. Hukum 7.500.000 **)
Sosiologi Fak. Pertanian 5.000.000 **)
Pengelolaan Sumberdaya Lingkungan & Pembangunan Pascasarjana 5.000.000 1.500.000


Download Formulir Pendaftaran Program Magister

BIAYA PENDIDIKAN PROGRAM DOKTOR
1. Biaya Pendaftaran sebesar : Rp. 300.000,-
2. Biaya TPA : Rp. 300.000,-
3. Biaya Pendataran TOEFL : Rp. 150.000,-
4. Biaya Penataran Alih Tahun : Rp. 2.000.000,-
5. Biaya pendidikan untuk masing-masing program studi adalah sebagai berikut :

No. Program Doktor Tempat Kuliah SPP per Semester Dana SPFP *)
Ilmu Pertanian Fak. Pertanian 7.500.000 **)
Ilmu Kedokteran Pascasarjana 7.500.000 3.000.000
Ilmu Ekonomi Fak. Ekonomi 7.500.000 **)
Ilmu Hukum Fak. Hukum 7.500.000 **)
Ilmu Administrasi Fak. Ilmu Adm. 7.500.000 **)


Download Formulir Pendaftaran Program Doktor

*) SPFP (Sumbangan Pengembangan Fasilitas Pendidikan), hanya dibayarkan pada semester I.
**) Dintanyakan ke Fakultas masing-masing sesuai ketentuan yang ada di Fakultas.

Seleksi Bea Siswa S2 [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 25 Jul 2008 01:16 AM CDT

Seleksi Bea Siswa S2 Dalam dan Luar Negeri

Pusdiklat Pegawai Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan membuka kesempatan bagi seluruh pegawai Departemen Keuangan yang memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku untuk mengikuti proses seleksi Program Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri Tahun Anggaran 2008.
Keterangan lebih lanjut beserta formulir isian dapat dilihat pada website pusdiklat pegawai atau klik di sini

Beasiswa & Keluarga di Korea [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 25 Jul 2008 01:12 AM CDT

Beasiswa, Keluarga, dan Tempat Tinggal

Bacalah terlebih dahulu artikel tentang Tempat Tinggal. Berikut ini adalah hal-hal yang pernah ditanyakan kepada kami.

Jika beasiswa saya 600ribu won per bulan, mampukah saya membawa istri dan anak untuk tinggal di luar kampus?
Biaya hidup per orang sekitar 300ribu won per bulan kalau tinggal di asrama, maka beasiswa segitu hanya cukup untuk tinggal sendiri. Jika istri anda juga mendapat beasiswa atau bekerja part-time di luar rumah, maka anda bisa menyewa rumah di luar dan membiayai hidup istri dan anak anda.

Beasiswa saya 1,5 juta won per bulan, mampukah saya membawa istri dan dua anak?
Jika anak-anak anda belum sekolah, maka beasiswa anda masih cukup untuk membiayai hidup istri dan anak-anak.

Jika saya dan istri sama-sama harus kuliah, bagaimana dengan pengasuhan anak-anak?
Biaya penitipan anak balita sekitar 150ribu s.d. 350ribu won per bulan per anak, termasuk juga biaya taman kanak-kanak. Besarnya biaya ditentukan dari umur si anak. Kalau sekolah negeri (SD ke atas) bisa dikatakan gratis.

Apakah di Korea Selatan ada sekolah Indonesia seperti di Korea Utara?
Di sini tidak ada sekolah Indonesia, jadi anak seusia SD bisa didaftarkan ke sekolah negeri, walaupun si anak jadi terpaksa belajar bahasa Korea dengan cepat. Ada beberapa SD yg punya guru-guru yang bisa menjelaskan dalam bahasa Inggris sehingga si anak lebih bisa menangkap (tentunya lebih baik si anak sudah bisa bahasa Inggris terlebih dahulu). Tapi, bahasa Inggris biasanya untuk kelas 4-6 SD. Di bawah itu (kelas 1-3) masih terpaksa menggunakan bahasa Korea (menurut pengalaman anak-anak para pelajar asing di sini). Walaupun demikian, biasanya anak kecil cepat belajar bahasa. Ada yang anaknya dileskan privat bahasa Korea dengan gurunya di rumah (tentunya perlu ada dana tambahan untuk ini).

Bagaimana sekolah anak tingkat SMP? Apakah harus bahasa Korea?
Sekolah negeri di Korea s.d. tingkat SMU semuanya dalam bahasa Korea, di mana anak anda akan lebih sulit belajar cepat bahasa Korea dibandingkan anak-anak yang lebih kecil (TK/SD). Untuk sekolah internasional (yg dalam bahasa Inggris) biayanya sangat mahal, di atas 10 juta won per tahun. Salah satu solusi yang sudah pernah dicoba (terutama yg masih SD atau SMP) adalah dengan mendatangkan guru privat bahasa Korea di rumah dengan intensif (kalau bisa setiap hari) selama beberapa bulan pertama si anak bersekolah.

sumber: http://perpika.wordpress.com

Tempat Tinggal Mahasiswa di Korea [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 25 Jul 2008 01:10 AM CDT

Tempat Tinggal Pelajar di Korea

Asrama Kampus
Pada umumnya, universitas-universitas di Korea Selatan menyediakan asrama bagi para mahasiswanya. Rata-rata hampir semua mahasiswa tertampung di dalam asrama kampus. Biaya asrama kampus biasanya sangat murah dibandingkan tinggal di luar kampus, yaitu berkisar antara 70 s.d. 300ribu won tergantung jenis kampusnya (biasanya kampus negeri lebih murah daripada kampus swasta terkenal). Dengan rata-rata sekitar 100 s.d. 200ribu won dan kamar yang cukup besar walaupun kadang harus berbagi dengan 1 s.d. 5 orang lain, maka lebih murah dibandingkan tinggal di "tempat kost" di luar kampus. Biasanya untuk mahasiswa graduate (S2/S3) jenis asramanya rata2 hanya 2 orang per kamar, sedangkan mahasiswa S1 bisa 4 orang dalam satu kamar.

Kamar-kamar dalam asrama biasanya sudah berisi tempat tidur, meja belajar, dan lemari baju. Fasilitasnya bisa kamar mandi di dalam atau di luar, dan tidak semua asrama mempunyai dapur umum (kebanyakan hanya ruang makan dengan dispenser air minum dan oven microwave). Ruang cuci baju biasanya disediakan dengan isi beberapa mesin cuci dan ada juga mesin pengering baju. Mesin cucinya ada yang gratis, ada yang harus bayar dengan koin sekali pencucian. Ada asrama yang menyediakan 1 kulkas kecil untuk tiap kamar, ada yang tidak. TV biasanya dipasang di ruang duduk untuk umum.

Tidak banyak kampus yang menyediakan asrama untuk mahasiswa yang berkeluarga. Sepengetahuan kami, baru SNU (Seoul National University) dan KAIST (Korea Advanced Institute of Science and Technology) yang menyediakannya. Kebetulan mereka adalah kampus-kampus milik pemerintah (negeri). Bagi yang ingin membawa keluarga, disarankan untuk mempersiapkan diri untuk tinggal di luar kampus.

Kost "Gosiwon"
Gosiwon artinya "tempat untuk yang mau ujian", asalnya dibuat bagi para pelajar yang ingin "mengasingkan diri" berkonsentrasi untuk menghadapi suatu ujian/tes. Oleh karena itu, biasanya gosiwon terdiri dari single room (1 kamar utk 1 orang) tapi sempit sekali pas 1 orang saja (sekitar 2 x 2,5 m) dan kamar mandi di luar, dengan biaya sekitar 150 s.d. 280ribu won per bulan. Biasanya dapat nasi dan kimchi gratis, dan ada dapur berisi kompor, microwave dan kulkas untuk umum, juga ada mesin cuci umum. Fasilitas ini persis dengan asrama kampus pada umumnya, tetapi di kampus biasanya tidak ada sistem nasi dan kimchi gratis. Selain itu, selain tempat tidur dan meja belajar, banyak juga gosiwon yang menyediakan kulkas mini dan TV kecil di dalam setiap kamar. Ada gosiwon yang cukup luas kamarnya dan punya kamar mandi di dalam. Biayanya cukup mahal yaitu sekitar 300 s.d. 500ribu won per bulan.

Kost "Hasukjib"
Hasukjib artinya "boarding house" atau "rumah kost" sehingga fasilitasnya mirip rumah-rumah kost di Indonesia, yaitu rumah besar dengan kamar-kamar yang tidak sempit seperti gosiwon. Biasanya kamar mandi di luar dan dapat makan 2 kali sehari. Tarifnya sekitar sekitar 350-500ribu won per bulan. Fasilitas isi kamar, mesin cuci dan tempat masak juga mirip gosiwon. Tetapi, biasanya pemilik hasukjib tidak mengijinkan penghuninya memasak sendiri, dan mewajibkan semua penghuni ikut makan di situ, supaya tidak sulit mengatur distribusi makanan dan mudah menjaga kebersihan dapur.

Kontrak Rumah ("apateu" - apartment)
Untuk kontrak rumah 1 kamar tidur (oneroom), sewa bulanannya bisa 150ribu won saja, tapi depositnya (uang yg dipegang oleh si pemilik rumah dan lalu dikembalikan lagi di akhir kontrak) bisa besar sekali s.d. 5juta won. Kontrak rumah biasanya minimal 1 tahun. Yang membedakan kontrak rumah dengan asrama dan tempat kost di atas adalah sistem depositnya (asrama dan tempat kost biasanya tidak butuh deposit). Biasanya rumah-rumah jenis ini berisi 1 kamar dan 1 kamar mandi, dengan saluran gas (rata-rata sudah menyediakan kompor gas). Oleh karena itu, perlengkapan rumah tangga harus dilengkapi sendiri (bisa beli bekas supaya harganya rendah). Ada juga pemilik rumah yang menyediakan mesin cuci dan kulkas, sehingga penghuni tidak perlu membeli alat elektronik yang paling dibutuhkan tersebut.

Rumah 2 kamar tidur (tworoom) biasanya harganya masih terjangkau jenis beasiswa tertentu. Jika beasiswa berkisar 1 juta won ke atas, maka rumah tworoom bisa dijadikan pilihan oleh yang sudah punya anak. Dengan deposit 3 s.d. 7juta won, biaya bulanan bisa sekitar 250ribu won. Biaya 250ribu won bisa juga terjadi pada rumah oneroom jika depositnya kecil (1 s.d. 3juta won).

sumber: http://perpika.wordpress.com/2007/03/28/tempat-tinggal-pelajar-di-korea/

Beasiswa Lebanon Timteng [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 24 Jul 2008 10:14 PM CDT

Lebanon Sediakan 10-50 Beasiswa untuk Kader NU

Thursday, 27 March 2008

Jakarta, NU Online
Peluang menimba ilmu bagi para kader NU kini semakin terbuka lebar. Kali ini kesempatan beasiswa datang dari Lebanon yang menyediakan kuota 10-50 orang untuk belajar di Global University Lebanon.

Tawaran ini disampaikan oleh Sheikh Dr. Tarek Muhammad Nageeb Al lahman dalam kunjungannya ke PBNU yang diterima oleh KH Hasyim Muzadi, Rabu (26/3).

"Jumlah yang berangkat nanti tergantung kemampuan calon mahasiswa dan kemampuan PBNU membantu," kata Hasyim.

Sebelumnya PBNU telah mengirimkan mahasiswa ke Sudan, Libya, Marokko dan negara Timur Tengah lainnya untuk meningkatkan SDM di lingkungan NU.

Kiai Hasyim juga menuturkan Dr. Tarek yang juga menjadi guru tarekat ini akan mengirimkan buku-buku perbandingan ajaran ahlusunnah wal jamaah, tetapi dengan perbandingan terhadap Syiah, Hizabut Tahrir atau ajaran lainnya.

"Ini sangat penting buat kita sekarang ini dalam menghadapi tantangan-tantangan baru," ujarnya.

Kebutuhan buku ini semakin mendesak dengan kembali dipertanyakannya amalan-amalan yang selama ini dilakukan oleh warga NU akibat masuknya jaringan Islam trans nasional ke Indonesia dengan ajaran-ajaran yang berbeda.

Pertentangan terbaru terjadi di Jawa Timur dengan terbitnya buku Mantan Kiai NU Menggugat yang dikarang oleh Mahrus Ali yang menganggap amalan-amalan yang dijalankan nahdliyyin syirik dan bid'ah. Meskipun sudah dibuat buku tandingan, hal ini menunjukkan memanasnya hubungan diantara golongan umat Islam. (mkf)

Beasiswa S1 Libya [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 24 Jul 2008 10:12 PM CDT

Jakarta – Indonesia


Biro Rakyat Libya - Jakarta menyampaikan penghargaan yang setinggi¬tingginya kepada Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia dan dengan hormat melampirkan persyaratan-persyaratan program Beasiswa di Libya Arab Jamahiriya bagi pelajar-pelajar Indonesia.

Biro Rakya Libya - Jakarta sekali lagi menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia.
KEMENTRIAN LUAR NEGERI
REPUBLIK INDONESIA
JAKARTA


SYARAT PENERIMAAN MAHASISWA
DI FAKULTAS DA'WAH ISLAMIYAH LIBYA
SYARAT-SYARAT

1. Ijazah SMA Umum, untuk melanjutkan studi ke Fakultas Ekonomi, Manajemen dan Keuangan atau Ijazah SMA Sastra atau yang setara untuk melanjutkan studi ke Fakultas Bahasa Arab, studi Islam dengan nilai (balk sekali)

2. Untuk calon mahasiswa tidak lebih dari berusia 27 tahun. 3. Paspor dengan masa berlaku paling kurang 3 tahun.

4. Memilih kesehatan yang baik yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter yang menyatakan bahwa yang bersangkutan bebas dari penyakit menular, AIDS dan TBC.


Dok-umen-dokumen Yang Diperlukan Untuk Pendaftaran

1. Ijazah dan Daftar Nilai serta fotocopy terjemahannya yang dilegalisir di Konsul Libya di negara yang bersangkutan.
2. Surat Keterangan Sehat
3. Akta Kelahiran
4. Fotocopy passport
5 Pas Foto4x6=8bush

Seleksi Calon Mahasiswa NU ke Libya [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 24 Jul 2008 10:10 PM CDT

Seleksi Calon Mahasiswa NU ke Libya, Hari ini
Kamis, 24 Juli 2008

Jakarta, NU Online
Tim Pelaksana Beasiswa Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ke Timur Tengah, hari ini, Kamis (24/7) mengadakan tes seleksi penerimaan beasiswa PBNU ke Libya. Tes seleksi ini dilaksanakan dari jam 09.00-16.00 WIB bertempat di Gedung PBNU lantai 5 Jl. Kramat Raya 164, Jakarta Pusat.

Tes Seleksi Penerimaan Beasiswa PBNU ke Libya tahun ini diikuti oleh 25 peserta putra-putri yang lolos seleksi awal. Lima diantaranya akan mendapatkan kesempatan belajar di negeri Muammar Qadafi.

Materi tes Seleksi dibagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama adalah tes seleksi materi tertulis pada pagi hari dan dilanjutkan dengan materi tes seleksi wawancara pada sore harinya. Materi tertulis bertujuan untuk menguji kemampuan siswa dalam menguraikan pendapat dengan menggunakan bahasa Arab yang baik dan benar (fushah).

Materi Wawancara bertujuan menguji sejauh mana kemampuan para peserta calon penerima beasiswa dalam berkomunikasi lisan dengan menggunakan bahasa Arab. Para penguji Tes Wawancara ini adalah para Alumni terbaru dari Timur Tengah yang tinggal di negara-negara Arab dalam tempo yang lama.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Tes Seleksi Penerimaan Beasiswa PBNU ke Libya, Ulil Abshar Hadrawi, seleksi kali ini merupakan pemberangkatan beasiswa PBNU ke Timur tengah yang ke-5. "Keduapuluh lima peserta kali ini akan menjalani ujian tulis dan ujian lisan yang akan kita laksanakan dari pagi hari hingga sore," katanya.

"Para peserta seleksi wajib menyerahkan persyaratan-persyaratan berupa forokopi ijazah madrasah aliyah yang telah dilegalisir rangkap dua, akte kelahiran dan SKCK serta pas foto masing-masing," paparnya.

Pemberangkatan beasiswa PBNU ke Tmur tengah sendiri dimulai pada tahun 2004 sebagai gelombang perdana dan terus berlanjut hingga sekarang.

"Alhamdulillah sekarang sudah yang kelima. Beberapa Negara yang menjadi tujuan Beasiswa ini adalah, Libya, Sudan, Maroko dan Mesir," kata Ulil Hadrawi di sela-sela kesibukannya meminpin pelaksanaan seleksi kali ini.

Menurut pelaksana harian Program Beasiswa PBNU ke Timur Tengah, Muhammad Dawam Sukardi, PBNU hingga saat ini masih terus menjajaki kemungkinan pengiriman mahasiswa-mahasiswa NU ke beberapa negara Timur Tengah lainnya, seperti Syiria, Uni Emirat Arab dan Yordania. "Mohon didoakan semoga hubungan yang dilakukan di tingkat pimpinan dapat segera membuahkan hasil," katanya. (min)

Duta Besar Mesir Tawarkan Beasiswa [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 24 Jul 2008 10:09 PM CDT

Duta Besar Mesir Tawarkan Beasiswa untuk Kader Muhammadiyah

Jakarta-Selasa, 13 Maret 2007 Pukul 14.00 -15.00 Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. HM.Din Syamsuddin, MA beserta Drs. H. Muhyiddin Junaidi, MA Wakil Ketua Lembaga Hubungan dan Kerjasama Luar Negeri PP Muhammadiyah, menerima kunjungan Duta Besar Mesir untuk Indonesia HE. Mohammad el-Sayed Taha.
Selain bersilaturrahim, Dubes Mesir menawarkan program beasiswa untuk kader Persyarikatan Muhammadiyah untuk kuliah di Unversitas Muhammadiyah Al-Azhar Cairo Mesir dengan kuota 115 mahasiswa untuk jenjang S1, S2 dan S3 dengan sistem pendaftaran kolehtif melalui PP Muhammadiyah yang akan difasilitasi oleh Lembaga Hubungan dan Kerjasama Luar Negeri PP Muhammadiyah seperti program-program beasiswa ke Libya dan lainnya.



Program lain yang ditawarkan adalah program Tarining untuk Dai dan Ulama Muhammadiyah di Mesir selama 3 (tiga) bulan, memfollow up program-program ini PP Muhammadiyah kantor Jakarta telah mengirimkan surat kepada PW Muhammadiyah seluruh Indonesia, Perguruan Tinggi/Universitas Muhammadiyah dan Pesantren-pesantren Muhammadiyah, diharapkan surat usulan calon mahasiswa dan copy Ijazah sudah diterima di sekretariat PP Muhammadiyah kantor Jakarta paling lambar tanggal 24 Maret 2007.(Arif)

NU Berangkatkan Santri ke Libya [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 24 Jul 2008 10:08 PM CDT

PBNU Berangkatkan Santri ke Libya
Jakarta (GP—Ansor): Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) kembali mengirim kader terbaiknya untuk menempuh pendidikan S-1 ke Universiats Tripoli Libya. Tahun ini, sebanyak lima pelajar NU dinyatakan berhak mendapat beasiswa pendidikan di negara di kawasan Timur Tengah tersebut.

"Alhamdulillah, lima orang lulus seleksi untuk belajar di Universitas Tripoli. Setelah melalui sejumlah tes, mereka dinyatakan berhak mendapat beasiswa," ungkap Sekretaris Umum Biro Kerjasama Beasiswa dan Pengembangan SDM ICIS-PBNU untuk Timur Tengah, Muhammad Dawam Sukardi kepada Duta di Jakarta, Rabu (24/10).

Kelima kader NU yang beruntung tersebut adalah Muntaha (Indramayu/pondok pesantren As-Syafi'iyah), Muhammad Wasi' Hilmi (Pati/pondok pesantren Mathaliul Huda) Irfan Hilmi (Kuningan/pondok pesantren Manba'ul Huda), Fatimah Qurotul Aini (Kudus/pondok pesantren Yanbu'ul Qur'an), Syahruwardi (Ciganjur/Jakarta).

Menurut Dawam, mereka telah berangkat ke Libya dengan menggunakan pesawat udara Egypt Air Line dari Bandara Sukarno-Hatta, Banten, Selasa lalu. "Mereka telah berangkat hari Selasa diantar ke bandara oleh keluarga masing-masing," kata alumni Universitas Ibnu Saud, Jakarta itu.

Wakil Sekretaris Biro Kerjasama Beasiswa dan Pengembangan SDM ICIS-PBNU untuk Timur Tengah, Muhammad Shobri mengatakan, para pelajar NU yang kini belajar di berbagai negara, termasuk di Timur Tengah, menjadi perpanjangan tangan NU di luar negeri. "Selain itu, mereka akan menjadi perekat hubungan antara NU dan negara-negara di belahan dunia," ungkapnya.

Dengan keberangkatan lima pelajar NU tersebut, kini total kader NU yang menimba ilmu di Libya mencapai 22 orang. Selain ke Libya, PBNU juga mengirim pelajarnya ke Syiria, Tunisia, Iran, Saudi Arabia dan Lebanon.

Secara keseluruhan, PBNU telah memberangkatkan 70 kadernya ke negara-negara tersebut. Program beasiswa tersebut ada setelah ormas terbesar di Indonesia itu berhasil menggelar dua kali International Conference of Islamic Scholars (ICIS) di Jakarta. (duta/aji)

Hubungan RI-Libya [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 24 Jul 2008 10:07 PM CDT

Makin Hangatnya Hubungan RI-Libya
Di tengah melonjaknya harga minyak dunia, setiap hari Libya mampu mengekspor minyak ke Indonesia dengan keuntungan melimpah.


Sedikitnya ekspor minyak Libya ke RI itu 50.000 barel per hari senilai US$ 90 juta dari total US$ 700 juta transaksi ekonomi negara tersebut.

Dubes Libya untuk Indonesia Salaheddin M El Bishari menyatakan hubungan Jakarta dan Tripoli maju pesat sejak era Presiden BJ Habibie.


Pada era Presiden Soeharto, Indonesia takut atau khawatir terhadap AS dan negara-negara Barat jika Jakarta membangun hubungan baik dengan Libya.

"Hubungan kedua negara semakin baik dan saya sangat senang bertugas di Jakarta. Masyarakatnya ramah dan hangat dengan kekayaan aneka budaya dan sumber daya alam yang kaya," kata Dubes Libya Salaheddin kepada INILAH.COM, Senin (11/2) sambil menikmati jamuan minum teh dan kopi di siang hari.


Hubungan Libya dan Indonesia diawali pada 1993. Namun baru mencapai kemajuan pesat pada era Presiden Habibie pada 1998, dengan melakukan peningkatan kerjasama di bidang ekonomi, politik, dan pendidikan serta membuka kedubes di masing-masing negara.


"Di era kepemimpinan SBY-JK (Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla) mulai 2004, kerjasama antara Libya dan Indonesia mengalami kemajuan yang semakin pesat terutama di sektor ekonomi dan perdagangan," kata Dubes Libya yang menyelesaikan pasca sarjana di Lousiana University, AS itu.


Libya, katanya, menyambut undangan Wapres M Jusuf Kalla untuk Presiden Moammar Khadafi agar bisa berkunjung ke Tanah Air.


Libya merupakan salah satu negara yang mengandalkan sumber devisa negara dari industri energi terutama minyak dan gas.


Di bidang pendidikan, Libya juga menyediakan beasiswa bagi mahasiswa Indonesia berprestasi sebanyak 50 orang per tahun. Kini total mahasiswa Indonesia yang beruntung mendapat beasiswa dari pemerintah Libya kurang lebih 250 orang.


Pemerintah Libya pun selalu kooperatif melakukan hubungan dengan Indonesia dengan meningkatkan kerjasama kebudayaan dan pendidikan.


Baru-baru ini pemerintah Libya membangun sebuah mesjid terletak di Sentul Bogor dengan total biaya US$ 3,5 juta. Pembangunan mesjid itu rencananya selesai pada Januari 2009.


Libya sebagai salah satu negara Afrika Utara/Timur Tengah posisinya sangat strategis, karena termasuk salah satu produsen minyak terbesar, yang cukup diperhitungkan oleh Amerika Serikat.


Di masa lalu, kata Dubes Salaheddin, peta politik Timur Tengah setelah pemboman WTC 11 September dan invasi Amerika ke Irak, mengalami distabilisasi yang akhirnya menjadi kekacauan, sehingga memperburuk situasi politik dan ekonomi di Timur Tengah.


Namun posisi Libya tetap pada kebijakan luar negeri yang mengutamakan dialog, perdamaian dan pembangunan kawasan.


"Dan kami kini memiliki relasi yang baik dengan AS maupun Eropa Barat, bahkan kami sudah mengirimkan para mahasiswa Libya belajar di AS/Barat dalam jumlah ratusan, terutama bidang teknologi (engineering)," tuturnya.[

Beasiswa Sudan Libya Syiria [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 24 Jul 2008 10:06 PM CDT

Penerima Beasiswa ke Sudan Diberangkatkan, ke Libya dan Syiria Menyusul
Ahad, 12 November 2006 21:17



Jakarta, NU Online
Pada Sabtu, 11 November kemarin, sebanyak 5 orang penerima beasiswa dari PBNU berangkat untuk belajar di International University of Africa di Sudan. Selanjutnya dalam waktu dekat, juga akan diberangkatkan 4 orang penerima beasiswa ke Libya dan 12 orang ke Syiria.

Rombongan ke Libya diberangkatkan sekitar tanggal 14-17 November. "Saat ini visanya sudah diterima, tinggal mengurus tiket ke Tripoli Libya," tandas HM Dawam Sukardi dari Biro Kerjasama Beasiswa Timur Tengah, kemarin.

Sebenarnya yang berangkat ke Libya sebanyak 5 orang. Namun satu orang pada saat aplikasi visa sudah sedikit lewat dari batas maksimal ketentuan umur padahal pada saat pendaftaran, ia masih bisa lulus.

Keberangkatan ke Syiria sedikit mengalami hambatan karena persyaratan untuk memperoleh visa di negara tersebut sangat ketat dengan alasan keamanan. Mahasiswa yang diterima di Syiria harus menunjukkan surat penerimaannya dari universitas tempat ia belajar. Selain itu juga harus menunjukkan surat dari PBNU sebagai organisasi yang memberangkatkan.

Dawam mengungkapkan bahwa pihaknya sampai harus melibatkan kedutaan Indonesia di Syiria untuk membantu memudahkan urusan ini. "Jangan sampai ada yang kena deportasi karena persyaratannya kurang lengkap seperti yang dialami oleh beberapa mahasiswa dari Indonesia tahun lalu," tandasnya.

Untuk Syiria, 4 orang akan belajar di University of Damascus sedangkan 8 orang akan belajar di Abu Nur, sebuah institusi pendidikan seperti pesantren yang tidak mengeluarkan ijazah, dibawah asuhan Syeikh Kaftaro.

"Kuliah di Syiria banyak peminatnya dan sebagian besar merupakan anak para kyai dari pesantren-pesantren besar. Disana pendidikannya dianggap lebih berkualitas," tambahnya.

Sebenarnya, universitas-universitas di Timur Tengah tersebut sudah memasuki ajaran baru pasca Idul Fitri. Namun kesulitan teknis yang dihadapi menyebabkan keberangkatannya terlambat.

"Tapi itu tak masalah karena belum dihitung absensi karena mereka belum masuk. Yang telat bukan hanya dari Indonesia, tapi juga dari negara lainnya," katanya.

Keberangkatan ke Sudan dan Libya sudah berjalan beberapa kali sedangkan pengiriman ke Syiria baru kali ini yang merupakan usaha memperluas jaringan beasiswa untuk para nahdliyyin yang berprestasi. (mkf)

Beasiswa Ke Libya [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 24 Jul 2008 10:04 PM CDT

SYARAT PENERIMAAN MAHASISWA DI FAKULTAS DA'WAH ISLAMIYAH LIBYA

SYARAT-SYARAT

1. Ijazah SMA Umum, untuk melanjutkan studi ke Fakultas Ekonomi, Manajemen dan Keuangan atau Ijazah SMA Sastra atau yang setara untuk melanjutkan studi ke Fakultas Bahasa Arab, studi Islam dengan nilai (baik sekali)

2. Untuk calon mahasiswa tidak lebih dari berusia 27 tahun. 3. Paspor dengan masa berlaku paling kurang 3 tahun.

4. Memiliki kesehatan yang baik yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter yang menyatakan bahwa yang bersangkutan bebas dari penyakit menular, AIDS dan TBC.

Dokumen-dokumen Yang Diperlukan Untuk Pendaftaran

1. Ijazah dan Daftar Nilai serta fotocopy terjemahannya yang dilegalisir di Konsul Libya di negara yang bersangkutan.
2. Surat Keterangan Sehat
3. Akta Kelahiran
4. Fotocopy passport
5 Pas Foto4x6=8 buah

Alamat kedutaan besar Libya di Jakarta
Embassy of Libya. Jl. Pekalongan No. 24. Menteng, Jakarta Pusat 10310

Beasiswa Libya [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 24 Jul 2008 10:03 PM CDT

Beasiswa Libya
Beasiswa Fakultas Dakwah Islamiyah

Untuk: S1

Biro Rakyat Libya menyampaikan kesempatan kepada warga negara Indonesia untuk mengambil studi ke Fakultas Ekonomi, Manajemen dan Keuangan atau melanjutkan studi ke Fakultas Bahasa Arab, studi Islam

Beasiswa Libya Fakultas Dakwah Islamiyah [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 24 Jul 2008 10:02 PM CDT

Beasiswa Fakultas Dakwah Islamiyah Libya



Biro Rakyat Libya - Jakarta menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia dan dengan hormat melampirkan persyaratan-persyaratan program Beasiswa di Libya Arab Jamahiriya bagi pelajar/mahasiswa Indonesia.

Biro Rakya Libya - Jakarta sekali lagi menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia.

KEMENTRIAN LUAR NEGERI REPUBLIK INDONESIA JAKARTA

SYARAT PENERIMAAN MAHASISWA DI FAKULTAS DA'WAH ISLAMIYAH LIBYA

SYARAT-SYARAT

1. Ijazah SMA Umum, untuk melanjutkan studi ke Fakultas Ekonomi, Manajemen dan Keuangan atau Ijazah SMA Sastra atau yang setara untuk melanjutkan studi ke Fakultas Bahasa Arab, studi Islam dengan nilai (baik sekali)

2. Untuk calon mahasiswa tidak lebih dari berusia 27 tahun. 3. Paspor dengan masa berlaku paling kurang 3 tahun.

4. Memiliki kesehatan yang baik yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter yang menyatakan bahwa yang bersangkutan bebas dari penyakit menular, AIDS dan TBC.

Dokumen-dokumen Yang Diperlukan Untuk Pendaftaran
1. Ijazah dan Daftar Nilai serta fotocopy terjemahannya yang dilegalisir di Konsul Libya di negara yang bersangkutan.
2. Surat Keterangan Sehat
3. Akta Kelahiran
4. Fotocopy passport
5 Pas Foto4x6=8 buah

Alamat kedutaan besar Libya di Jakarta
Embassy of Libya. Jl. Pekalongan No. 24. Menteng, Jakarta Pusat 10310

Tel: (62-21) 335-308
Fax: (62-21) 335-726

Beasiswa Luar Negeri [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 24 Jul 2008 10:00 PM CDT

Beasiswa Kedokteran
Informasi beasiswa s1 s2 s3 dalam negeri dan luar negeri klik di sini Jenis Beasiswa & Sumber Isi Tawaran Keterangan
Beasiswa Master & Ph.D.
Keio University Master Program 2006 International Graduate Programs on Advanced Science & Technology Batas Waktu
1 November 2005

Tujuan
Fakultas: MIPA, Teknik

Keterangan
1. Berkas pencalonan (rangkap 2) mohon disampaikan ke Kantor Urusan Internasional UGM.

2. Keterangan lebih lanjut mengenai program ini dapat dilihat pada website: www.st.keio.ac.jp/english/index.html.


Informasi sekolah
Utrecht University Studying at Utrecht University in the Netherlands Batas Waktu
1 November 2005

Tujuan
Ekonomi, Hukum, MIPA, Geografi, Filsafat, Kedokteran Hewan

Keterangan
informasi lebih lanjut dapat dilihat pada: www.uu.nl/internationalmasters


Beasiswa Master
Inpex Foundation, Jepang INPEX Scholarship Foundation for 2006 Batas Waktu
1 November 2005

Tujuan
Fakultas: Biologi, Farmasi, MIPA

Keterangan
1. Bagi dosen UGM yang berminat dipersilahkan untuk mengumpulkan berkas pencalonan (rangkap 7) ke Kantor Urusan Internasional UGM.
br>2. Form aplikasi dan keterangan mengenai beasiswa ini dapat dilihat di Kantor Urusan Internasional UGM.


Beasiswa Dosen (Master & Doktor)
DAAD Jakarta Office DAAD Scholarship for Academic Year 2006/2007 for MAster & Doctoral Programs and for Post-docs Short-term Research in Germany for Academics & Scientists from Indonesia Universities & Research Institutes Batas Waktu
7 November 2005

Tujuan
Para Dekan di lingkungan UGM

Keterangan
1. Berkas pencalonan (rangkap 7) & Form A (Rangkap 2) disampaikan ke Kantor Urusan Internasional UGM.

2. Form Aplikasi dan keterangan mengenai program ini dapat dilihat di Kantor Urusan Internasional UGM>


Beasiswa S1(student exchange
Saga University, Jepang 2006-2007 Academic Year SPACE Program Batas Waktu
14 November 2005

Tujuan
Biologi, Farmasi, Kedokteran, MIPA, Teknik

Keterangan
1. Beasiswa ini diutamakan untuk mahasiswa S1 UGM tahun ke 3 (semester 5).

2. Berkas pencalonan (rangkap 2) harus disampaikan ke Kantor Urusan Internasional (Bagian Kerjasama) UGM

3. Keterangan lebih lanjut dapat dilihat pada website : www.isc.saga-u.ac.jp, atau tunggu berkas asli dari Saga yang akan dikirim bulan Desember.


Beasiswa S2 untuk dosen PNS
JICE JDS, Jakarta, Indonesia Tawaran Beasiswa JICE JDS 2006-2007 Batas Waktu
14 November 2005

Tujuan
Fakultas : Ekonomi, ISIPOL, Hukum, Teknik

Keterangan
1. Berkas Pencalonan (rangkap 4) disampaikan ke Kantor Urusan Internasional UGM.

2. Keterangan lebih lanjut mengenai program ini dapat di lihat di Kantor Urusan Internasional UGM.


Konferensi
Universiti Putra Malaysia Invitation to Participate in the C.A.R.E. International Conference 2005 Batas Waktu
14 November 2005

Tujuan
Fakultas: Psikologi, Kedokteran

Keterangan
Keterangan lebih lanjut mengenai program ini dapat dilihat di Kantor Urusan Internasional UGM.


Beasiswa (dosen) S2, S3, Riset Fellowship
Hitachi Scholarship Foundation Hitachi Scholarship Foundation Program 2006 Batas Waktu
15 November 2005

Tujuan
Biologi, Farmasi, Kedokteran, Kedokteran Gigi, KEdokteran Hewan, Kehutanan, MIPA, PErtanian, Teknologi Pertanian, Peternakan, Teknik

Keterangan
1. Berkas pencalonan (rangkap 3) dikumpulkan ke Kantor Urusan Internasional UGM.

2. Keterangan lebih lanjut mengenai program ini dapat dilihat di Kantor Urusan Internasional.


Beasiswa Doctoral Program
Ehime University, Jepang Special Three-Year Doctoral Program for Foreign Students in Tropical and Subtropical Agricultural and Related Sciences 2006/07 Batas Waktu
15 November 2005

Tujuan
Kehutanan, Biologi, Pertanian, Teknik,

Keterangan
1. Berkas pencalonan (rangkap 2) mohon disampaikan ke Kantor Urusan Internasional UGM.

2. Keterangan lebih lanjut mengenai program ini dapat dilihat di KUI UGM.


Informasi sekolah S2
The CUltural Attache of the Embassy of Itally, Jakarta Information on Master in International Studies in Philantropy and Social Entrepreneurship Batas Waktu
21 November 2005

Tujuan
Fakultas : Ekonomi, ISIPOL

Keterangan
1. Keterangan lebih lanjut mengenai program ini dapat dilihat pada: www.misp.it/english_04/index-english.htm

2. Bagi dosen yang berminat dapat mengumpulkan berkas pencalonan (rangkap 2) ke Kantor URursan Internasional UGM.


Prize
Tel Aviv University, Israel Dan David Prize Batas Waktu
21 November 2005

Tujuan
Filsafat, Hukum ,Ilmu Budaya, Psikologi, Ekonomi, MIPA, Biologi, Teknik

Keterangan
Bagi yang berminat silahkan download pada website: www.dandavidprize.org.


Doctor Program
Nagaoka University of Technology, Japan Doctor Program at Nagaoka University of Technology, in the fields of Environmental Science & Technology Information & Control Engineering Batas Waktu
21 November 2005

Tujuan
Fakultas: Teknik

Keterangan
1. Bagi dosen UGM yang berminat dipersilahkan untuk mengumpulkan berkas pencalonan ke Kantor Urusan Internasional UGM.

2. Keterangan lebih lanjut mengenai program ini dapat dilihat pada website: pelican.nagaokaut.ac.jp/coegreen/index-e.html


Informasi Program Bantuan
Japan Foundation Pedoman Program Bantuan The Japan Foundation untuk tahun fiskal 2006/2007 Batas Waktu
21 November 2005

Tujuan
Fakultas : Ilmu Budaya, ISIPOL

Keterangan
Informasi lebih lanjut dapat dilihat ke Kantor Urusan Internasional UGM


Beasiswa Riset untuk dosen UGM
Fukuoka University, Jepang Recruitment of the candidates recommended for the 2006's Japanese Government (Monbukagakusho: MEXT) Scholarship Program Batas Waktu
22 November 2005

Tujuan
Fakultas: Ilmu Budaya, ISIPOL, Farmasi, MIPA, Teknik,

Keterangan
1. Berkas Pencalonan (rangkap 2) mohon disampaikan ke Kantor Urusan Internasional UGM.

2. Keterangan lebih lanjut mengenai program ini dapat dilihat di Kantor Urusan Internasional UGM.


Informasi sekolah untuk Master
Kedutaan BEsar Italia di Jakarta Information on International Master in Nanotechnologies 2006 Batas Waktu
25 November 2005

Tujuan
Fakultas : MIPA, Teknik

Keterangan
Informasi lebih lanjut mengenai program ini dapat dilihat pada : www.civen.org/IMN


Beasiswa S1 (undergraduate)
AUN Secretariat, Bangkok Thailand International College Student Exchange Program 2006 (Beasiswa Daejeon University) Batas Waktu
28 November 2005

Tujuan
Ekonomi, ISIPOL,Hukum, ilmu Budaya, Psikologi, Filsafat (Social Sciences)

Keterangan
1. Berkas pencalonan (rangkap 2) harus disampaikan ke Kantor Urusan Intenrasional UGM.

2. Application form dapat dipinjam di Kantor Urusan Intenrasional UGM.


Riset
Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO UNESCO/Keizo Obuchi Research Fellowship Programme Batas Waktu
30 November 2005

Tujuan
Fakultas: Ilmu Budaya, ISIPOL, Teknik, PPLH, Pusat Studi Keamanan & Perdamaian

Keterangan
1. Keterangan lebih lanjut mengenai program ini dapat dilihat di Kantor Urusan Internasional.

2. Berkas pencalonan (rangkap 7) disampaikan ke Kantor Urusan Internasional.


Beasiswa Dosen (Master & Doktor)
Schlumberger Foundation Schlumberger "Faculty for the future" Program (Program yang ditujukan untuk wanita) Batas Waktu
1 Desember 2005

Tujuan
Biologi, MIPA, Teknik

Keterangan
1. Bagi dosen UGM yang berminat dapat menyampaikan berkas pencalonannya (rangkap 2) ke Kantor Urusan Internasional UGM.

2. Keterangan lebih lanut mengenai program ini dapat dilihat pada : www.foundation.slb.com


Riset
DAAD Jakarta Office Research in Germany: Special "DAAD-Helmholt" Scholarship Programme for Doctoral Candidates and Post-Docs Batas Waktu
1 Desember 2005

Tujuan
Fakultas : Kedokteran, MIPA, Pertanian, PPLH

Keterangan
1. Berkas pencalonan (rangkap 4) bagi dosen UGM dapat disampaikan ke Kantor Urusan Internasional UGM.

2. Keterangan lebih lanjut mengenai program ini dapat dilihat di kantor Urusan Internasional UGM.


Beasiswa Master
Ehime University, Jepang Special Master's Course Program in Bioresource Science Batas Waktu
5 Desember 2005

Tujuan
Fakultas Pertanian

Keterangan
1. Bagi dosen UGM yang berminat dapat mengumpulkan berkas pencalonan (rangkap 2) ke Kantor Urusan Internasional UGM.

2. Keterangan lebih lanjut mengenai program ini dapat dilihat di Kantor Urusan Internasional UGM.


Program Doktor
Nagoya University, Jepang Doctoral Program for October 2006 Enrollment : Special Program of Sciences of Atmosphere and Hydrosphere Batas Waktu
15 Desember 2005

Tujuan
Fakultas Biologi, Geografi, Teknik

Keterangan
1. Berkas pencalonan (rankap 2) dapat disampaikan ke Kantor Urusan Internasional UGM.

2. Keterangan lebih lanjut mengenai program ini dapat dilihat ke Kantor Urusan Internasional UGM.


Informasi training di Swedia
Kedutaan Besar Swedia, Jakarta Catalogue of Swedish International Development Cooperation Agency sponsored International Training Programmes Batas Waktu
31 Desember 2005

Tujuan
Para Dekan di lingkungan UGM

Keterangan
Keterangan lebih lanjut mengenai informasi ini dapat didownload pada website http://www.swedenabroad.com/jakarta/developmentcooperation/international atau baca buku katalognya di Bagian Kerjasama UGM.


informasi Fellowship untuk Master & Doktor
Utrecht University Netherlands Fellowship Programme (NFP), Nuffic Batas Waktu
31 Desember 2005

Tujuan
Para Dekan di lingkungan UGM

Keterangan
Keterangan lebih lanjut mengenai program ini dapat dilihat pada website: www.nuffic.nl


Doctoral Course (untuk dosen UGM)
The University of Tokyo The Special Doctoral Course in Agricultural Development at the University of Tokyo (monbukagakusho) Batas Waktu
1 Januari 2006

Tujuan
Fakultas: Kehutanan, PErtanian, Peternakan, Kedokteran Hewan

Keterangan
1. Berkas pencalonan (rangkap 2) dikumpulkan ke Kantor Urusan Internasional.

2. Keterangan lebih lanjut mengenai program ini dapat dilihat di Kantor Urusan Internasional UGM.


Informasi sekolah S2
Direktur MRI, Utrecht Master Class and the 2006 Spring School in Mathematics in Netherlands Batas Waktu
15 Januari 2006

Tujuan
Fakultas MIPA

Keterangan
1. Deadline ke MRI, Netherlands

2. Brosur ada di Kantor Urusan Internasional UGM


Beasiswa Master & Doctoral
Kepala Pusat Pengelolaan Lingkungan Hidup Regional Jawa Tawaran kerjasama dari CIDA-AIT Partnership SEA-UEMA Project Batas Waktu
15 Maret 2006

Tujuan
Fakultas Ekonomi, ISIPOL, PPLH

Keterangan
Keterangan lebih lanjut mengenai beasiswa ini silahkan ditanyakan ke Sdr. ATM Nurul Amin, Ph.D., Prof. UEM, Coordinator, Graduate Education, SEA-UEMA Project, UEM, School of Environment, Resources and Development, AIT, P.O. Box 4, Klong Luang, Pathumthani 12120, Thiland, Telp. 66-2-524-5604/5777, Fax : 66-2-524-6380/8338, E-mail: ueernaplication@ait.ac.th. atau download pada website: www.sea-uema.ait.ac.th/ge.htm


Info Beasiswa untuk riset
The University of sheffield Postgraduate International Scholarships 2006 Batas Waktu
15 Maret 2006

Tujuan
Fakultas: Ekonomi, Filsafat, Isipol,Farmasi, Geografi, Hukum, Ilmu Budaya, KedokteranMIPA, Psikologi,

Keterangan
Keterangan lebih lanjut mengenai program ini dapat dilihat pada : www.sheffield.ac.uk/asksheffield, www.sheffield.ac.uk/international

Adidas Indonesia; Lowongan Kerja Diploma [Job Career Vacancy]

Posted: 24 Jul 2008 09:54 PM CDT

PT. Adidas Indonesia; JOB CAREER VACANCY

URGENTLY REQUIRED

Associate Product Administration

Main Activity and Responsibility:

· Coordinate with the product team in all administration related aspects.
· Assist in the consolidating and preparing product info data base from GTM into system.
(more…)

Kao Indonesia; Lowongan Kerja Terbaru [Indonesia Job Vacancy]

Posted: 24 Jul 2008 09:50 PM CDT

Lowongan kerja pekerjaan juli agustus terbaru PT. Kao Indonesia is one of the leading multinational companies in consumer goods. We are looking for qualified candidates for the position as: QUALITY ASSURANCE MANAGEMENT TRAINEE Job Function: Person in charge must be responsible for all process concern with quality of product. Job Description:

Visit lowongankerjas.com for complete story, other content and more...

Lowongan Kerja Sarjana S1 [Informasi Lowongan Kerja]

Posted: 24 Jul 2008 09:44 PM CDT

Lowongan Kerja Sarjana S1 Public Relations Supervisor Job Description : Mainly responsible media relations functions as well as other media related events, this means: * Organizing press...

Visit http://lowongankerjas.blogs.ie for details or click the title link above

BP Migas; Lowongan Kerja Migas Terbaru Juli Agustus [Info Lowongan Kerja]

Posted: 24 Jul 2008 09:40 PM CDT

BP; 6 positions Lowongan Kerja Migas Terbaru Thursday, July 24, 2008 Expiry date : Sunday, August 03, 2008 bp In our quest to become a leading force in proving energy without damaging the natural environment, our exploration and production business plays a major part. BP has operated for over 35 years in Indonesia (www.bp.com/Indonesia). Today, [...]

Kunjungi http://kerja.blogs.ie untuk info lebih detail

NFORMASI BEASISWA BAPPENAS 2009/2010 [Info Beasiswa Internasional]

Posted: 24 Jul 2008 09:38 PM CDT

NFORMASI BEASISWA GELAR PUSBINDIKLATREN BAPPENAS TAHUN 2009

Deadline : 1 Agustus 2008

Dalam rangka meningkatkan kapasitas institusi perencanaan pemerintah pusat dan pemerintah Provinsi/Kabupaten/ Kota melalui peningkatan potensi SDM di dalamnya serta sejalan dengan fungsi Bappenas sebagai Instansi Pembina Jabatan Fungsional Perencana, maka Bappenas pada Anggaran Tahun Dinas 2009 Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Perencana (Pusbindiklatren) Bappenas kembali memberikan kesempatan yang sebesar-besarnya bagi staf perencana yang bekerja di Bappenas, Unit Perencanaan di Departemen/LPND, Bappeda atau nama lain,
dan unit perencanaan di Dinas Teknis pada Pemerintah Provinsi/Kabupaten/ Kota untuk memperoleh Beasiswa Gelar Pusbindiklatren Bappenas Tahun 2008 untuk program :
(a) S2 Dalam Negeri 13 Bulan;
(b) S2 Double Degree, (c) S2 Luar Negeri, S3 Dalam Negeri dan
(d) S3 Linkage.

Untuk seleksi beasiswa tahun 2009 dan seterusnya, Pusbindiklatren Bappenas membuka kesempatan menyampaikan usulan calon peserta melalui pendaftaran sepanjang tahun. Dengan demikian, dimulai dengan seleksi yang akan dilaksanakan pada tahun 2008 ini, selanjutnya Pusbindiklatren Bappenas akan memiliki jadwal tetap, yaitu untuk pelaksanaan TPA setiap bulan Agustus dan pelaksanaan TOEFL setiap bulan September.

Untuk Selengkapnya silahkan download dibawah ini.

1. Informasi Diklat Gelar Tahun 2009
http://www.pusbindi klatren.bappenas .go.id/files/ editor/File/ Tahun%202009/ INFORMASI% 20DIKLAT% 20GELAR%20TAHUN% 202009.pdf

2. Formulir Pendaftaran
http://www.pusbindi klatren.bappenas .go.id/files/ editor/File/ Tahun%202009/ form%20gelar% 202009.pdf

Beasiswa Amerika: Fellowships in Washington (USA) [Beasiswa Indonesia Scholarship]

Posted: 24 Jul 2008 09:31 PM CDT

Beasiswa Amerika: Fellowships in Washington (USA) Fellowships at Woodrow Wilson Center, Washington (USA) The Woodrow Wilson International Center invites applications for (approximately 20-25) residential fellowships for the year 2009-10, from individuals with outstanding project proposals in a broad range of the social sciences and humanities on national and/or international issues. Topics and scholarship should relate to key [...]

For details and more daily-updated scholarship visit: http://beasiswa.blogsome.com

No comments: